Cara Menanam Tomat Di Kebun Hasil 5 Kg Dengan Mudah !! Apa Bisa ???

Cara menanam tomat, Cara menanam tomat di kebun, Tanaman tomat, Tanam tomat, Jual benih tomat, Benih tomat anti virus, Lmga Agro

12. Proses Tanam Bibit Tomat Anti Virus Terbaik

Ambil bibit tanaman tomat yang sudah kita seleksi dengan ukuran seragam. Proses pindah tanaman bibit tomat dilakukan pagi hari jam 06.00 sampai 10.00 WIB, untuk sore hari bisa petani lakukan saat jam 14.30 – sampai selesai. Segera berhenti bila cahaya matahari terlalu terik yang akan mengakibatkan bibit tomat mati.

Tutup bibit tomat dengan tanah peres dan sumber tanah harus dari luar tidak boleh menggali tanah di bawah mulsa ( Dilarang keras !!! ).

Cara menanam tomat diawali dengan tanam bibit yang baik. Lakukan perawatan tanaman tomat yang baru saja pindah tanam dengan cara menyiram sebanyak 2 kali pada saat pagi dan sore hari. Pengairan dengan sistem leb, maka lakukan interval seminggu 2 kali sampai tanaman tomat berumur 20 hari.

13. Cara Menanam Tomat Di Kebun Bagian Perawatan Tanaman

Tiba saat kita melakukan perawatan terhadap bibit tomat yang sudah kita pindah di lahan sawah. Kegiatan perawatan tanaman termasuk bagian budidaya yang banyak dan beragam aktivitas kegiatannya.

Untuk mencapai target menanam tomat 5 kg per batang maka petani serta pembaca semua harus mengetahui langkah demi langkah cara menanam tomat pada aktivitas dalam perawatan usaha berkebun tomat ini.

Sampai di materi ini apa pembaca semua sudah jelas???? Apabila belum silakan langsung Sms / Wa : 0812 – 5227 – 1859 toko online Lmga Agro.

Team dari toko Lmga Agro akan mengulas satu demi satu secara bertahap agar bisa jelas dan mudah dimengerti.

Baca Juga : Belanja Online Benih Tomat Servo Murah

13 A. Cara Menanam Tomat Dengan Sulam Segera Mungkin

Sulam adalah proses penggantian tanaman yang mengalami gangguan sehingga pertumbuhan tidak normal. Sulam dilakukan di tanaman yang mati, cacat, kerdil atu dimakan hama.

Segera lakukan pengecekan secara keliling dan gantikan tanaman yang kurang baik dengan tanaman cadangan.

Cara menanam tomat yang baik saat tahapan sulam tanaman harus petani lakukan dengan cepat. Segera cek dan lakukan sulam terhadap tanaman kerdil dan mati karena hama penyakit.

Batas akhir pelaksanaan sulam tanam tomat adalah 10 hari setelah pindah tanah. Ini bertujuan agar tanaman pengganti tidak mengalami ketinggalan dengan tanaman yang normal.

Cara dan waktu sulam bisa mengikuti seperti saat anda pindah tanaman tomat ke lahan. Penggantian tanaman atau sulam menjadi salah satu kunci sukses agar tanaman tomat yang kita tanam bisa panen 5 kg / batang.

13 B. Wiwil Tunas Air Cara Menanam Tomat Di Kebun

Wiwil atau pewiwilan adalah aktivitas budidaya menghilangkan tunas air yang kurang produktif di tanaman budidaya. Cara menanam tomat hasil 5 kg hanya bisa dicapai kalau kita melakukan pewiwilan dengan cara benar dan tepat waktu.

Jangan meremehkan manfaat dan efek dari aktivitas wiwil tunas air. Petani masih banyak yang beranggapan tunas air tidak mengganggu.

Tentu pemahaman petani ini harus diluruskan sehingga produktivitas tanaman tomat petani bisa meningkat. Tunas air harus dihilangkan secepat mungkin. Pertanyaan yang ada sekarang adalah tunas air yang bagian mana yang harus dihilangkan????

Tanaman tomat akan keluar tunas airnya setelah pindah tanam. Hilangkan dengan segera semua tunas air yang ada dibawah cabang Y ( Khusus tomat Determinate / tomat pendek ).

Cara wiwil tanaman tomat indeterminate ( tomat dataran tinggi / tomat buah ) wiwil dilakukan terhadap tunas dibawah cabang Y dan di atas cabang Y. Jadi dalam satu tanaman tomat cuma ada 2 batang utama.

Aktivitas wiwil di cara menanam tomat ini anda lakukan sampai tanaman berumur 35 hari setelah tanam. Tindakan wiwil dilakukan dengan cepat dan tepat, membuat tanaman tomat mempunyai kesempatan tumbuh dengan cepat dan lebih sehat

13 C. Ikat Tanaman Tomat Yang Benar

Cara menanam tomat berkualitas terbaik dengan hasil 5 kg / batang jadi impian petani sayuran dalam menjalankan peluang usaha berkebun. Tanaman tomat harus diikat dengan baik agar bisa tumbuh dan produksi normal.

Pengikatan harus dengan tali kuat serta aman saat musim hujan dan panas. Gunakan tali salaran berkualitas terbaik serta kuat sehingga proses pengikatan bisa dilakukan secara cepat. Tali salaran untuk tanaman tomat bisa dibeli dengan harga murah di toko Lmga Agro.

Toko online Lmga Agro sudah pengalaman jual tali salaran untuk budidaya tanaman tomat ke suluruh Indonesia dengan jaminan barang pasti datang.

Cara pengikatan tanaman tomat dengan menggunakan motode seperti angka delapan. Cara ini membuat batang tanaman tomat tidak terluka.

13 D. Pengairan Tanaman Tomat Secara Rutin

Cara menanam tomat berkualitas terbaik dan bisa panen 5 kg / batang bila dari awal tanaman tercukupi kebutuhan airnya.

Kebutuhan air di tanaman tomat tinggi. Hal ini tidak lepas karena kadar air semua bagian tomat adalah air. Pengairan tomat di musim kemarau bisa dilakukan interval 5 – 7 hari sekali melihat kondisi tanaman.

Target panen buah tomat 5 kg / batang salah satu caranya adalah menjaga mulai dari fase vegetatif sampai vegetatif.

Suplay kebutuhan air tanaman tomat yang terganggu menyebabkan tanaman kerdil, mudah terserang penyakit, bunga dan buah rontok. Tanaman juga akan dengan mudah terserang virus saat kebutuhan air tidak tercukupi.

Baca Juga : Benih Tomat TM Marvel Harga Murah Produksi Tinggi

13 E. Pembersihan Gulma Dan Rumput Liar

Cara menanam tomat berkualitas terbaik dengan target panen 5 kg / pohon hal yang mudah didapatkan. Tanaman tomat harus sehat dari awal tanam sampai panen.

Gulma / rumput liar menjadi salah satu penghambat produksi tanaman tomat. Jaga agar sekitar tanaman bisa terbebas dari tumbuhnya tanaman pengganggu.

Gulma di sekitar tanaman tomat tidak cepat dikendalikan, menjadi sumber penularan penyakit dan berkompetisi merebut nutrisi, ruang dan cahaya.

Cara menanam tomat menggunakan benih anti virus terbaik harus terbebas dari masalah gulma tanaman. Pengendalian gulma yang ada di sekitar tanaman tomat, bisa dilakukan dengan cara manual agar aman. Pembaca semua bisa menggunakan alat pertanian manual seperti cangkul atau sabit.

Pengendalian rumput liar menggunakan bahan kimia pestisida herbisida ( racun rumput ) boleh dilakukan dan ditangani oleh orang yang sudah pengalaman. Gunakan pelindung atau sungkup yang bisa diletakan di ujung nozel.

Hentikan penyemprotan segera bila angin berhembus kencang. Penyemprotan pestisida di gulma tanaman idealnya dilakukan jam 07.00 – 10.00.

13 F. Penjarangan Buah Cara Menanam Tomat Di Kebun Hasil 5 Kg

Perawatan ini mungkin sangat jarang dilakukan oleh petani di Indonesia dengan dalih sayang untuk dilakukan. Buah tomat yang ideal dalam 1 tandan berjumlah 5 – 7 buah. Bila ada lebih dari itu lebih baik dihilangkan karena nanti tidak akan bisa besar maksimal.

Lakukan seleksi secara dini agar buah tomat bisa seragam dan besar memenuhi standart pasar. Cara menanam tomat hasil 5 kg / batang akan mustahil dihasilkan tanpa anda harus melakukan penjarangan buah.

Cara menanam tomat di bagian seleksi serta penjarangan buah ini harus ditempatkan orang yang sudah terampil. Hal ini bertujuan agar mereka bisa membedakan mana calon buah yang bagus dan bentuk sempurna serta membuang calon buah yang rusak.

13 G. Pengendalian Hama Penyakit  Tanaman Tomat Secara Benar

Cara Menanam Tomat, Pengendalan Hama Penyakit, Tanam Tomat, Jual Benih Tomat, Lmga Agro

Cara menanam tomat saat ini tantangan yang dihadapi berkaitan dengan hama penyakit adalah serangan gemini virus. Gemini virus saat ini menjadi penyakit utama yang paling besar merugikan petani dan pekebun tomat.

Menanam tomat dengan target panen 5 kg / batang bisa kita dapat jika kita menggunakan benih anti virus terbaik. Aplikasi anti virus terbaik kita harapkan mampu memasukkan sifat gen anti virus ke benih tanaman tomat.

Cara pengendalian hama penyakit yang menyerang tanaman tomat silahkan anda konsultasikan langsung pada team ahli toko Lmga Agro. Kami dengan senang hati akan membantu solusi permasalahan tanaman tomat anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *