Budidaya Kangkung Peluang Usaha Menguntungkan Petani

kangkung,budidaya kangkung,cara menanam kangkung,benih kangkung,bibit kangkung,budidaya tanaman,lmga agro
Beri Penilaian

Persiapan Benih

Langkah pertama yang harus petani lakukan sebelum memulai usaha budidaya kangkung pada lahan pertanian adalah menyiapkan benih. Pemilihan benih kangkung menjadi kunci sukses petani untuk menghasilkan panen sayuran kangkung berkualitas yang menjadi idola pedagang dan konsumen.

Benih kangkung kualitas terbaik dan jenis kangkung terbaik bisa petani dapatkan dengan mudah pada toko pertanian terdekat ataupun memesan pada toko pertanian online. Salah satu benih kangkung yang bisa petani jadikan rekomendasi petani untuk memulai usaha budidaya kangkung adalah benih kangkung hibrida.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan dan jual jenis kangkung terbaik untuk petani dan hobiis. Benih kangkung hibrida yang tersedia pada Toko Pertanian Online LMGA Agro memiliki harga murah dan terjangkau serta siap kirim ke seluruh wilayah Indonesia.

Persiapan Lahan Pertanian

Langkah selanjutnya dari cara menanam kangkung atau memulai usaha budidaya kangkung adalah melakukan persiapan lahan pertanian. Lokasi yang tepat untuk memulai usaha budidaya kangkung adalah daerah dataran rendah dan saat musim kemarau atau musim panas.

Pengolahan lahan pertanian bisa petani mulai dengan cara membersihkan lahan dari tanaman liar seperti gulma ataupun rumput liar. Gulma dan rumput liar termasuk dalam tanaman liar yang mampu menyerap unsur hara dalam tanah dan mengganggu pertumbuhan tanaman kangkung.

Setelah proses pembersihan lahan dari tanaman gulma dan rumput liar sudah selesai, maka langkah selanjutnya adalah menggemburkan tanah. Penggemburan lahan pertanian ini petani lakukan untuk mengolah tanah menjadi lebih cocok untuk penanaman bibit kangkung. Setelah itu lahan pertanian dibentuk menjadi bedengan agar penanaman bibit tanaman kangkung menjadi lebih teratur dan mudah dalam melakukan perawatan.

Pemupukan Pada Lahan Pertanian

Setelah lahan pertanian sudah diolah dengan cara dibersihkan dan digemburkan dengan alat pertanian, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pemupukan. Langkah pemupukan ini bertujuan untuk menambah kadar nutrisi dalam tanah untuk membantu pertumbuhan budidaya kangkung yang petani lakukan.

Proses pemupukan pada lahan pertanian dapat petani lakukan dengan memanfaatkan pupuk organik seperti pupuk kandang. Lahan pertanian petani beri pupuk kandang secukupnya dan petani biarkan selama 3 sampai 5 hari agar nutrisi dalam tanah siap untuk petani gunakan. Apabila tingkat keasaman tanah terlalu tinggi, maka petani bisa menambahkan kapur dolomit untuk menetralkan pH.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan pupuk pertanian kualitas terbaik harga murah untuk kebutuhan petani menyukseskan usaha budidaya kangkung. Toko Pertanian Online LMGA Agro siap mengirim pupuk pertanian pesanan konsumen ke seluruh wilayah Indonesia bekerjasama dengan jasa ekspedisi terpercaya.

Menanam Kangkung

Proses budidaya kangkung selanjutnya adalah melakukan penanaman benih kangkung di lahan pertanian yang sebelumnya telah diolah dan diberi pupuk. Proses penanaman benih kangkung dimulai dengan membuat lubang tanam dengan kedalaman 5 cm dan berjarak 20 cm antar lubang.

Setelah lubang tanam untuk budidaya kangkung telah siap maka langkah selanjutnya adalah memasukkan 3 sampai 5 benih di setiap lubang. Setelah benih kangkung dimasukkan maka selanjutnya lubang tanam ditutup dengan tanah tipis yang sudah dicampur NPK dan pupuk kandang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *