Jual Cabe Merah Elegance F1 Termurah Cap Kapal Terbang

cabe merah, cabai merah, cabe, cabai, cap kapal terbang, kapal terbang, f1, hibrida, cabe merah elegance, cabai merah elegance, hibrida

Jual Cabe Merah Elegance F1 Termurah Cap Kapal Terbang. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. LMGA AGRO adalah toko pertanian online yang sudah lama dikenal oleh masyarakat Indonesia dan terpercaya.

Produk – produk yang kami jual memiliki kualitas yang baik dan original dari pabrik. Beberapa produk yang kami jual diantaranya yaitu pestisida, pupuk, zpt, benih tanaman, alat pertanian dan spare part, dll. Semua produk pertanian bisa Anda beli dengan harga murah hanya di LMGA AGRO.

Tanaman Cabai

Kali ini LMGA AGRO ingin menulis sebuah tanaman yang sudah tidak asing bagi kita. Cabai. Ya, cabai. Tanaman satu ini bisa kita jumpai dengan mudah dalam kehidupan sehari – hari. Cabe, cabai, atau lombok digunakan untuk menambah cita rasa makanan sehingga menjadi pedas.

Orang Indonesia sendiri kebanyakan lebih menyukai makanan dengan cita rasa pedas. Maka tidak heran jika cabe menjadi salah satu komponen penting dalam membuat makanan memiliki cita rasa pedas yang khas.

Berdasarkan sejarah, tanaman satu ini sudah ditemukan sekitar ± 9000 tahun lalu. Diperkirakan cabai berasal dari Meksiko atau Peru. Kemudian mulai menyebar ke Eropa, lalu ke Hindia dan kembali lagi ke Eropa.

Sosok yang berpengaruh dalam penyebaran tanaman ini ke seluruh dunia adalah Christopher Columbus. Columbus mulai membawa cabai ke Benua Eropa pada akhir abad ke 15. Di abad ke 16, Eropa diserang oleh Kekaisaran Ottoman. Di masa itu orang – orang Hungaria mulai menganggap cabai berasal dari Hungaria, padahal asli dari Meksiko. Seiring berjalannya waktu, cabe pun mulai menyebar ke seluruh dunia.

Mengkonsumsi cabai bisa menjadi salah satu cara untk menyehatkan tubuh kita. Manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi cabe diantaranya yaitu :

  • Menurunkan berat badan

Zat capsaicin dalam cabai mampu mempercepat kerja metabolisme dan meningkatkan temperatur tubuh, sehingga kalori tubuh lebih cepat terbakar.

  • Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin B2 dalam cabai sangat bagus dalam membantu tubuh menjaga kesehatan mata. Dengan begitu, mengkonsumsi cabai dengan jumlah cukup akan membuat kesehatan mata tetap terjaga dan tidak terkena gangguan ataupun penyakit mata

  • Membantu proses pembentukan sel darah merah

Cabai sangat baik dikonsumsi oleh penderita anemia. Cabai kaya akan kandungan zat besi dan tembaga yang berperan penting dalam proses pembentukan sel darah merah tubuh, sehingga mampu menyembuhkan penyakit anemia.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Cabai kaya akan kandungan vitamin C di dalamnnya. Kandungan vitamin C ini terbukti mampu untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

  • Menjaga kesehatan jantung

Cabai kaya akan kandungan beta karoten, asam folat, potassium, dan vitamin B6. Kandungan nutrisi tersebut mampu menjaga kesehatan jantung, sehingga jantung terhindar dari serangan penyakit.

  • Meredakan nyeri sendi

Zat capsaicin dalam cabai mampu untuk meredakan rasa sakit, sehingga rasa nyeri pada sendi dan otot bisa diredakan dengan mengkonsumsi cabe.

  • Membunuh sel kanker

Cabai kaya akan kandungan capsaicin. Zat capsaicin berdasarkan penelitian mampu membunuh leukemia dan sel kanker, sehingga cabai cocok untuk dikonsumsi.

  • Mencegah Bau Nafas

Cabai yang kaya dengan kandungan capsaicin. Capsaicin mampu berperan sebagai desinfektan, terhadap udara yang dihirup, sehingga bau nafas bisa dicegah

  • Memperlancar sistem pencernaan

Senyawa capsaicin pada cabe akan membantu proses penyerapan nutrisi pada usus dan proses pencernaan makanan.

  • Mengatasi hidung tersumbat

Mengkonsumsi cabai dapat membantu untuk melegakan hidung tersumbat. Kandungan zat capsaicin dalam buah cabai akan membantu merangsang sekresisehingga lendir pada hidung akan keluar.

Selain itu, capsaicin memiliki sifat anti bakteri yang membantu memerangi infeksi sinus kronis, sehingga rongga hidung menjadi lebih lega.

Baca Juga : Irigasi Dan Pemanfaatannya Dalam Sistem Pertanian

Cabe Merah Besar Elegance F1

Cabe besar merupakan salah satu jenis cabe yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Varietas benih cabe besar di Indonesia sendiri sudah banyak beredar di pasaran dengan keunggulannya masing – masing.

Salah satu varietas benih cabe besar yang bisa menjadi pilihan untuk Anda adalah cabe Elegance F1. Cabe Elegance F1 merupakan benih cabe merah unggul produk dari PT Bisi International, Tbk dengan merk dagang Cap Kapal Terbang.

Karakteristik dari benih cabe besar Elegance F1 yaitu :

  • Cocok ditanam di daerah dataran rendah sampai dataran tinggi karena memiliki tingkat adaptasi sangat baik
  • Tahan terhadap hama Aphids, Thrips, Mite, penyakit layu bakteri, layu fusarium, dan memiliki ketahanan medium terhadap Gemini Virus
  • Memiliki vigor tanaman kokoh, tegak, banyak percabangan dan produktif
  • Buah cabe merah besar Elegance F1 memiliki ukuran diameter ± 1,4 cm, panjang ± 16 cm, dengan warna kulit buah hijau gelap saat muda dan menjadi merah mengkilat saat sudah siap panen
  • Buah cabe besar Elegance F1 memiliki tekstur lentur, sehingga mengurangi jumlah buah rusak akibat proses pengepakan dan pengangkutan
  • Jual Benih Cabe Merah Elegance F1 Termurah Cap Kapal Terbang bisa Anda beli di LMGA AGRO
  • Bisa dipanen setelah tanaman berumur ± 73 hari setelah pindah tanam
  • Potensi hasil panen cabe besar Elegance F1 yaitu sekitar ± 28 ton per ha
  • Pembentukan buah cabe Elegance F1 tetap mudah meskipun dalam kondisi buruk
  • Kebutuhan benih cabe besar Elegance F1 per ha sebanyak ± 140 – 150 gram, dengan diberikan jarak tanam 60 cm x 60 cm
  • Tersedia dalam kemasan sachet 10 gram
  • Jual Cabe Merah Besar Elegance F1 di LMGA AGRO dijamin memiliki kualitas original dari pabrik dengan harga termurah
  • Cabe Merah Elegance F1 murah bisa Anda beli secara online harga promo di LMGA AGRO
  • Budidaya cabe Elegance F1 Kapal Terbang bisa dilakukan dengan aman dan mudah karena memiliki ketahanan terhadap antivirus dan hama penyakit

Budidaya Cabe Merah Besar Elegance F1

budidaya, tanaman, cabe besar, cabai besar, cabe besar elegance f1, cabai besar elegance f1, budidaya tanaman, lmga, lmga agro

Budidaya cabe merah besar Elegance F1 harus dilakukan secara baik dan benar agar menghasilkan hasil yang berkualitas. Beberapa tahapan – tahapan dalam proses cara menanam cabe Elegance F1 yaitu :

  • Penyemaian Dan Pembibitan Cabe Elegance F1

Dalam proses penyemaian, sebaiknya gunakan polybag semai. Untuk menyemai benih, campurkan arang sekam, pupuk kompos/pupuk kandang, dan tanah dengan perbandingan 1 : 1 : 2. Namun pastikan bahan – bahan tersebut diayak terlebih dahulu agar lebih halus.

Kemudian buat naungan untuk benih. Naungan berfungsi agar benih terhindar dari air hujan dan terik sinar matahari berlebih. Lalu susun polybag semai dalam naungan tersebut.

Rendam benih cabe dengan menggunakan air hangat. Lakukan selama ± 3 jam. Setelah direndam, akan terlihat benih yang mengapung. Benih yang mengapung tersebut merupakan benih berkualitas baik.

Setelah itu, masukkan benih cabe ke dalam polybag sedalam 0,5 cm. Tutupi dengan menggunakan tanah, lalu sirami dengan air untuk menjaga tingkat kelembabannya.

Kemudian lakukan proses penyiraman secara rutin. Setelah bibit memiliki 3 – 4 helai daun permanen (sekitar 21 – 24 hari setelah semai), maka bibit pun sudah siap untuk dipindahkan ke lahan tanam. Jangan lupa untuk mempersiapkan sekitar 10 persen bibit sebagai cadangan untuk proses penyulaman bibit nantinya.

  • Pengolahan Tanah

Untuk mengolah tanah, pertama cangkul atau bajak tanah terlebih dahulu. Cangkul atau bajak tanah sedalam ± 20 – 40 cm. Bersihkan lahan tanam dari sisa – sisa akar ataupun tanaman serta batu dan kerikil. Pastikan agar tanah bersih dari material – material tersebut.

Setelah itu, buat bedengan pada lahan tanam. Buat bedengan tersebut dengan ukuran tinggi ± 30 – 40 cm dan lebar 1 meter. Sementara untuk panjangnya bisa disesuaikan dengan lahan, dengan panjang maksimal sekitar ±15 meter. Berikan juga jarak antar bedengan ± 60 cm. Buat juga saluran drainase yang baik untuk mencegah genangan air pada bedengan.

Ukur tingkat keasaman tanah. Pastikan agar pH tanah berkisar antara 6 -7. Jika tingkat keasaman terlalu rendah, berikan kapur pertanian atau dolomit untuk menetralkan tingkat keasaman tanah. Berikan kapur pertanian atau dolomit dengan dosis sebanyak 2 – 4 ton per ha pada saat proses pembuatan bedengan.

Setelah bedengan selesai dibuat, berikan pupuk dasar pada bedengan. Pupuk yang digunakan yaitu pupuk organik dan pupuk anorganik. Pupuk organik bisa berupa pupuk kandang atau pupuk kompos. Berikan dengan dosis sebanyak 20 ton per hektar.

Sementara untuk pupuk anorganik berikan pupuk KCl dan pupuk Urea. Berikan pupuk KCl dengan dosis sebanyak 200 kg per ha dan pupuk Urea dengan dosis sebanyak 350 kg per ha.

Gunakan mulsa plastik hitam perak pada bedengan. Mulsa digunakan untuk menutupi bedengan supaya tingkat kelembaban tetap terjaga, mencegah munculnya gulma, menekan tingkat erosi tanah, serta menjaga kebersihan lahan tanam.

Kemudian buat lubang tanam pada bedengan. Buat lubang tanam sebanyak  2 baris untuk 1 bedengan. Kedalaman dan diameter lubang tanam sekitar ± 10 cm. Berikan jarak tanam antar bedengan sekitar ± 60 – 70 cm. Buat lubang tanam secara zig zag dan tidak sejajar. Hal tersebut bertujuan agar penetrasi sinar matahari dan sirkulasi angin menjadi lebih baik.

  • Penanaman

Penanaman bibit bisa dilakukan setelah bibit memiliki 3 – 4 helai daun atau sudah berumur ± 3 minggu. Lakukan proses penanaman pada saat pagi atau sore hari. Hal itu bertujuan agar bibit terhindar dari stress. Pastikan penanaman dilakukan bersamaan dalam 1 hari.

Masukkan bibit ke dalam lubang tanam. Pindahkan secara hati – hati agar tidak merusak bibit. Tutupi lagi dengan tanah. Setelah itu siram bibit untuk mempertahankan tingkat kelembabannya.

Baca Juga : Arashi Manjur Mencegah Dan Mengobati Akar Gada

  • Pemeliharaan

Proses pemeliharaan dalam budidaya cabe merah Elegance F1 terdiri dari beberapa tahapan. Tahapan – tahapan dalam budidaya cabe merah Elegance F1 yaitu :

  1. Penyiraman

Lakukan proses penyiraman secara teratur. Untuk musim kemarau, pemberian air harus dilakukan lebih intensif. Untuk proses penyiramannya bisa dilakukan dengan melakukan penggenangan (sistem leb) setiap 2 minggu sekali.

  1. Penyulaman Bibit

Lakukan proses penyulaman bibit. Penyulaman bibit dilakukan untuk menggantikan bibit yang tumbuh secara tidak sempurna atau memiliki kualitas kurang baik

  1. Pemasangan Ajir

Pasang ajir pada bedengan. Pemasangan ajir lebih baik dilakukan pada hari ke 7 setelah pindah tanam. Tancapkan ajir sebagai penopang tanaman agar tumbuh tegak. Berikan jarak minimal 4 cm dari pangkal batang.

Lakukan pemasangan ajir saat tanaman masih muda agar tidak melukai akar tanaman. Ikatkan tanaman dengan ajir saat tanaman berumur lebih dari 1 bulan.

  1. Perempelan

Lakukan proses perempelan. Proses perempelan atau pemotongan tunas bertujuan agar memperkokoh cabe merah sebelum memasuki fase generatif.

  1. Pemupukan Susulan

Lakukan proses pemupukan susulan. Pemupukan susulan bisa dilakukan tiap 2 minggu sekali. Proses pemupukan dilakukan dengan cara dikocorkan pada tiap lubang tanam.

Agar lebih praktis dan mudah, gunakan pupuk cair organik. Siramkan pupuk sebanyak 100 ml pada tanaman. Bisa ditambahkan juga pupuk NPK pada larutan pupuk cair tersebut.

  1. Penyiangan Gulma

Lakukan penyiangan gulma seperlunya saja, asalkan tidak mengganggu pertumbuhan tanaman. Jika gulma tumbuh dan dibiarkan maka akan sangat mengganggu pertumbuhan tanaman.

  • Pengendalian Hama dan Penyakit

Hama dan penyakit merupakan ancaman dalam budidaya tanaman. Oleh karena itu kita harus selalu siap dalam mengatasi serangan berbagai hama dan penyakit.

Beberapa hama dan penyakit dalam budidaya cabe merah besar yaitu :

  1. Penyakit Bercak Daun

Penyakit bercak daun disebabkan oleh infeksi cendawan Cercospora sp. Cendawan ini bisa menyebar melalui air hujan, angin, alat pertanian, dan hama vector. Spora ini bahkan mampu menginfeksi benih sebelum ditanam.

Gejala serangan penyakit bercak daun diantaranya seperti terdapat bercak – bercak bulat berwarna abu – abu, lalu bagian pinggir daun menjadi berwarna coklat. Pada kondisi yang parah daun akan berwarna kuning dan menjadi rontok. Serangan penyakit ini akan lebih parah terjadi pada musim hujan.

Untuk mengendalikan serangan penyakit bercak daun, cara yang bisa dilakukan diantaranya yaitu mencabut dan memusnahkan tanaman yang terserang, menjaga kebersihan lahan tanam, melakukan rotasi tanaman, serta melakukan aplikasi fungisida sesuai dengan dosis.

  1. Belalang

Belalang merupakan hewan serangga yang menjadi salah satu hama dalam budidaya cabe. Hewan ini memiliki 2 antena di kepalanya dan termasuk ke dalam golongan herbivora.

Belalang bisa kita jumpai dengan mudah di sawah, perkebunan, hutan belantara, ataupun padang rumput. Pada umumnya hewan ini memiliki sayap, namun terkadang sayapnya tidak bisa digunakan untuk terbang.

Belalang mampu bertelur sebanyak 150 butir sekali bertelur dalam jangka waktu 3 – 4 hari saja. Telur tersebut diletakkan di bagian tubuh tanaman dan juga bagian bawah tanah. Telur tersebut bisa bertahan dalam waktu lama dan menetas pada musim kemarau.

Gejala serangan hama belalang pada tanaman cabe contohnya yaitu daun menjadi terkoyak akibat dimakan, dan bagian tunas muda dan batang ikut rusak akibat serangan hama belalang.

Untuk mengatasi hama belalang, cara yang bisa dilakukan diantaranya yaitu menggunakan predator alami belalang, melakukan rotasi tanaman, menjaga kebersihan lahan tanam, serta melakukan aplikasi insektisida sesuai dengan dosis.

  1. Lalat Buah

Lalat buah (Bactrocera dorsalis) mampu menyerang tanaman cabai dan menyebabkan penurunan kualitas buah cabe. Lalat ini meletakkan telurnya ke dalam buah, lalu telur tersebut akan menetas dan akan menggerogoti buah dari dalam.

Buah cabe yang sudah terserang lalat buah daging buahnya akan rusak dan biasanya gugur rontok sebelum matang. Buah yang sudah terinfeksi tersebut jika tidak dibersihkan akan menjadi penyebab serangan berkelanjutan pada tanaman nantinya.

Gejala serangan hama lalat buah diantaranya yaitu terdapat noda / bekas tusukan pada kulit buah, buah menjadi busuk, dan jika buah dibelah maka akan terdapat ulat / belatung di dalamnya.

Untuk mengatasi serangan hama lalat buah, cara yang bisa dilakukan diantaranya yaitu menjaga kebersihan lahan tanam, menggunakan perangkap lalat, memanfaatkan predator alami lalat buah, serta melakukan aplikasi insektisida sesuai dengan dosis.

  1. Layu Fusarium

Penyakit layu fusarium disebabkan oleh serangan infeksi cendawan Fusarium oxysporum. Penyakit ini bisa menjadi salah satu ancaman serius jika tidak segera diatasi.

Penyakit ini akan lebih mudah berkembang pada musim hujan. Tingkat kelembaban udara yang tinggi juga menjadi faktor pendukung mudahnya berkembangnya penyakit ini pada musim hujan.

Gejala tanaman yang terserang penyakit layu fusarium yaitu tanaman menjadi layu pada siang hari dan nampak segar kembali pada sore hari. Gejala ini mirip dengan penyakit layu bakteri, tetapi perbedaannya adalah fase infeksinya.

Untuk mengatasi penyakit layu fusarium, cara yang bisa dilakukan diantaranya yaitu mencabut dan memusnahkan tanaman yang terserang, melakukan rotasi tanaman, menggunakan pupuk secara tepat, serta melakukan aplikasi fungisida sesuai dengan dosis.

  1. Antraknosa

Penyakit antraknosa disebabkan oleh cendawan Colletotrichum gloeosporioides dan Colletotrichum capsici. Cendawan ini akan berkembang pesat pada suhu di bawah 32° C dengan tingkat kelembaban diatas 90 persen.

Cendawan ini mampu bertahan hidup di dalam tanah serta sisa – sisa buah atau tanaman  yang telah terinfeksi. Untuk penularannya penyakit antraknosa bisa ditularkan melalui alat pertanian, percikan air hujan, manusia, penyemprotan pestisida, dan hembusan angin.

Pada umumnya hampir semua bagian tanaman cabe – cabean bisa terserang antraknosa. Fase serangannya pun bisa mulai terjadi saat fase perkecambahan atau saat fase pembuahan.

Gejala serangan penyakit antraknosa diantaranya yaitu terdapat bercak melingkar berwarna coklat pada buah, lalu akan meluas dan menyebabkan buah menjadi busuk dan kering.

Untuk mengatasi serangan penyakit antraknosa, cara yang bisa dilakukan diantaranya yaitu menjaga kebersihan lahan tanam, melakukan rotasi tanaman, mencabut dan memusnahkan tanaman terserang, serta melakukan aplikasi fungisida sesuai dengan dosis.

  • Pemanenan

Proses pemanenan cabai merah besar Elegance F1 bisa dilakukan setelah tanaman berumur ± 73 hari setelah pindah tanam. Potensi hasil panen yang bisa didapatkan yaitu sekitar ± 28 ton per ha.

Cara pemanenan yang baik dan benar yaitu :

  1. Pilih buah cabai yang telah masak
  2. Petik secara manual (menggunakan tangan) dan hati – hati, agar menghindari menurunnya kualitas dan harga jual buah cabai
  3. Lakukan proses pemanenan pada pagi hari
  4. Sortir buah dengan kualitas kurang baik dari buah berkualitas baik
  5. Masukkan ke dalam wadah yang disiapkan
  6. Cabe Elegance F1 pun siap untuk dipasarkan

Baca Juga : Profesi Petani Di Indonesia Makin Cerah

Belanja Online Dan Jual Cabe Merah Besar Elegance F1 Termurah

jual, beli, belanja, online, jual beli, jual beli online, elegance f1 termurah

Belanja Online Dan Jual Cabe Merah Besar Elegance F1 Termurah bisa Anda beli dan dapatkan di toko pertanian LMGA AGRO. LMGA AGRO jual dan menyediakan cabe besar Elegance F1 Cap Kapal Terbang dengan harga termurah dan berkualitas. Produk kami dijamin pasti original dari pabrik produsen.

Untuk mengirimkan pesanan produk konsumen, LMGA AGRO bekerja sama dengan banyak perusahaan jasa pengiriman logistik di Indonesia. Perusahaan mitra pengiriman kami memiliki reputasi yang baik dan sudah banyak dikenal oleh masyarakat.

Perusahaan mitra pengiriman toko pertanian LMGA AGRO diantaranya yaitu Indah Logistik, Pos Indonesia, Wahana, JNT, JNE, Tiki, KI8, dll. Semua pesanan produk yang kami kirimkan bersama mitra kami dijamin pasti akan sampai ke alamat tujuan.

Toko Pertanian LMGA AGRO juga memberikan layanan konsultasi seputar masalah pertanian untuk Anda semua. Jadi untuk Anda yang ingin beli produk pertanian LMGA AGRO atau berkonsultasi seputar masalah pertanian bisa langsung menghubungi LMGA AGRO melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS) atau 082141747141 (Khusus Layanan Telepon).

Demikian artikel berjudul Jual Cabe Merah Elegance F1 Termurah Cap Kapal Terbang ini saya tulis dan sampaikan kepada Anda. Semoga artikel ini bisa memberikan berbagai manfaat positif untuk Anda semua. Jika terdapat beberapa hal yang masih kurang jelas Anda bisa langsung menghubungi LMGA AGRO melalui no. telepon diatas. Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *