Jual Benih Tomat TM Marvel Murah Terbaik Produk TM SEEDS

jual benih tomat, terbaik, produk, termurah, tomat tm marvel, tani murni, tm seed, lmga agro, toko pertanian, online

Jual Benih Tomat TM Marvel Murah Terbaik Produk TM SEEDS. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. LMGA AGRO adalah toko online pertanian yang jual kebutuhan petani terlengkap dengan harga promo dan diskon.

LMGA AGRO memberi jaminan pesanan produk pasti sampai ke alamat tujuan. Mitra pengiriman kami sudah banyak memiliki pengalaman di bidangnya, diantaranya seperti JNE, JNT, KI8, Pos Indonesia, Tiki, Wahana, Indah Logistik, dll. Semua pesanan pasti akan sampai ke tujuan.

Tomat Dan Manfaat Tomat

Tomat termasuk ke dalam tanaman hortikultura yang banyak ditanam di Indonesia. Tanaman asli Amerika Tengah dan Selatan ini menjadi salah satu bahan makanan pokok yang hampir pasti bisa dan banyak dijumpai di pasar.

Buah tomat memiliki warna merah, kuning atau hijau. Buahnya biasa dikonsumsi sebagai bahan makanan, baik diolah terlebih dahulu maupun dimakan secara langsung.

Olahan dari buah tomat yang banyak dijumpai seperti jus tomat, puding tomat, salad tomat, kue, sambal, manisan, keripik, dll. Semua olahan tersebut bisa dibuat dengan menggunakan buah tomat. Tentu tak mengherankan jika masyarakat banyak menyukai tanaman ini. Khasiat yang ditawarkan pun sangat banyak untuk tubuh.

Manfaat yang bisa dirasakan dari mengkonsumsi buah tomat untuk tubuh yaitu :

  • Menjaga Tekanan Darah

Membantu menjaga tekanan darah adalah salah satu manfaat yang bisa dirasakan dari mengkonsumsi tomat. Penderita hipertensi sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah ini

  • Terhindari dari penyakit sembelit

Kandungan serat dan air dalam tomat bermanfaat dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan, terutama pada usus. Karena itu, tidak mengherankan jika buah tomat dikonsumsi mampu untuk mencegah penyakit sembelit serta mengatasi sulit buang air besar.

  • Kesehatan mata tetap terjaga

Kandungan beta karoten, lutein, serta likopen merupakan beberapa antioksidan kuat yang terkandung dalam buah tomat dimana bermanfaat dalam melindungi dan menjaga kesehatan mata, sehingga terhindar dari kerusakan mata yang diakibatkan oleh faktor umur, cahaya, dan lain – lain.

  • Menyembuhkan diabetes

Penderita diabetes bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi buah tomat. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti di luar negeri menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah tomat selama 30 hari mampu membuat penderita diabetes tingkat 2 mengalami penurunan peroksidasi lipid.

Peroksidasi lipid adalah sebuah kondisi dimana radikal bebas menyerang lemak pada tubuh, sehingga resiko terserang penyakit jantung menjadi meningkat.

  • Menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin C pada tomat bermanfaat dalam meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Kolagen berperan besar dalam menjaga kesehatan kulit, sehingga kesehatan kulit tetap terjaga

  • Sebagai Zat Penangkal Kanker

Kandungan nutrisi antioksidan yang cukup banyak dan juga vitamin C yang tinggi bermanfaat dalam membantu memerangi pembentukan radikal bebas, sehingga resiko terserang penyakit kanker bisa dihindari dengan mengkonsumsi buah tomat

Jual Benih Tomat TM Marvel F1 Murah

Tomat TM Marvel F1 merupakan benih tomat hibrida yang diproduksi oleh PT Tani Murni Indonesia dengan merk dagang TM Seeds. Tomat TM Marvel cocok ditanam oleh petani dan memiliki berbagai keunggulan dari benih varietas lain di kelasnya.

Beberapa karakteristik dari benih tomat TM Marvel F1 yaitu :

  • Benih tomat TM Marvel F1 cocok ditanam di daerah dataran menengah hingga dataran tinggi
  • Memiliki vigor tanaman kokoh dengan tipe indeterminate
  • Tahan terhadap virus Gemini, penyakit layu Fusarium, layu bakteri, dan buahnya toleran busuk ujung buah dan tahan cracking
  • Pembentukan buahnya tetap mudah meskipun dalam kondisi cuaca tidak baik, sehingga banyak petani tomat menyukai benih tomat TM Marvel
  • Memiliki buah yang padat dan keras, sehingga juragan tomat dan pedagang di pasar karena memiliki nilai jual tinggi
  • Penanaman lebih aman dan mudah karena benih tomat TM Marvel sudah tahan terhadap hama dan penyakit
  • Buahnya berbentuk oval dan pada umur muda berwarna hijau keputihan serta buahnya memiliki berat 120 gram dengan hasil buah 6 kg per batang
  • Jual Benih Tomat TM Marvel murah dengan kualitas terbaik bisa Anda beli dan dapatkan di toko pertanian online LMGA AGRO
  • Umur panen tomat TM Marvel F1 ± 95 hst dengan potensi hasil panen ± 80 ton per ha
  • Bisa dibudidayakan dengan menggunakan teknik hidroponik
  • Kebutuhan benih per ha adalah sekitar 80 gram dengan diberikan jarak tanam ± 60 x 60 cm
  • Agribisnis budidaya tomat hibrida TM Marvel bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan untuk petani buah tomat
  • Tersedia dalam kemasan sachet dengan ukuran 10 gram

Baca Juga : Jual Tangki Sprayer Murah Berkualitas

Budidaya Tomat TM Marvel

budidaya, budidaya tomat, budidaya tomat tm marvel, f1, hibrida

Budidaya tomat TM Marvel bisa menjadi peluang bisnis menjanjikan untuk petani buah. Petani yang budidaya tomat TM Marvel pasti akan untung asalkan ditanam dengan cara menanam tomat yang baik dan benar.

Cara menanam tomat TM Marvel yang baik dan benar yaitu :

  • Penyemaian

Menyemai benih tomat TM Marvel harus dilakukan agar benih yang memiliki kualitas bagus yang akan digunakan di lahan tanam. Untuk menyemai benih tomat, gunakan media semai dengan polybag. Penggunaan media semai dengan polybag ini bertujuan agar mengurangi tingkat stress tanaman ketika dipindahkan di lahan tanam.

Selain menggunakan polybag, penggunaan bedengan juga bisa digunakan untuk menggunakan polybag. Lama proses penyemaian bibit hingga siap dipindahkan ke lahan tanam adalah sekitar ± 35 – 40 hari.

Buat bedengan dan beri larikan di atasnya. Buat larikan dengan kedalam 1 cm dan berikan jarak antar larikan sekitar ± 5 cm. Taburkan benih dalam larikan, berikan jarak antar benih 2 – 3 cm. Tutup larikan dengan tanah dan berikan air secukupnya.

Pemindahan bibit ke lahan tanam terdiri dari 2 cara. Cara pertama yang bisa dilakukan yaitu mengambil tanaman beserta dengan tanah di sekitarnya.

Cara yang kedua yaitu melunakkan media tanam dengan air secukupnya sebelum benih dicabut, sehingga saat ditarik akar tanaman tidak putus ketika ditarik.

  • Pengolahan Lahan

Pengolahan lahan tanam bertujuan agar kondisi tanah sebelum ditanami bisa memenuhi kondisi biologis, kimia dan fisik yang sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan benih tomat TM Marvel.

Pengolahan lahan tanam dilakukan dengan cara cara seperti dibajak (menggunakan traktor atau hewan seperti sapi, kerbau, dll) dan dicangkul. Bajak atau cangkul tanah dengan kedalaman ± 20 cm agar patogen dalam tanah bisa terbasmi dan tanah menjadi lebih gembur.

Setelah tanah selesai dicangkul atau dibajak, taburkan pupuk kandang dengan takaran dosis ± 20 ton per hektar. Atau bisa juga menggunakan pupuk NPK dengan takaran dosis 100 gram per m².

Jika pH tanah masih terlalu masam, berikan dolomite atau kapur pertanian, namun sesuaikan dosis sesuai tingkat pH tanah. Proses pengapuran tanah ini juga bermanfaat dalam memperbaiki struktur tanah yang rusak selain menambah tingkat pH tanah.

Kondisi pH tanah yang baik adalah 5,5 – 7. Buat bedengan dengan ketinggian 30 cm, lebar 1 meter serta panjangnya disesuaikan dengan kontur lahan tanam.

Berikan jarak antar bedengan sekitar ± 30 – 40 cm. Diamkan dan berikan waktu selama 1 minggu. Setelah 1 minggu, berikan pupuk dasar berupa pupuk kompos atau pupuk kandang. Berikan dengan takaran dosis ± 20 ton per hektar.

Campurkan secara merata pada bedengan. Pupuk TSP juga bisa diberikan secukupnya ( ± 5 gram per bibit tanaman) agar kandungan fosfor dalam tanah menjadi bertambah.

Setelah diberikan pupuk TSP, tutup bedengan dengan menggunakan mulsa plastik. Kegunaan dari penutupan mulsa ini akan lebih terlihat pada musim kemarau.

Tingkat kelembaban tanah, kebersihan tanah menjadi lebih terjaga dengan penggunaan mulsa plastik. Setelah mulsa plastik dipasang pada bedengan, biarkan selama 1 minggu sebelum proses penanaman dilakukan.

  • Penanaman

Buat lubang tanam berdiameter 5 – 7 cm pada mulsa. Buat 2 lajur lubang tanam tiap 1 bedengan, dan diberikan jarak antar lubang tanam dalam 1 lajur sekitar ± 40 – 50 cm. Tiap lubang tanam memiliki kedalaman sekitar ± 5 – 7 cm.

Setelah itu, bibit dipindahkan ke lubang tanam yang telah disiapkan. 1 lubang tanam untuk 1 bibit tanaman. Masukkan dan tutup serta ratakan dengan tanah di sekitar. Setelah itu siram dengan air agar tingkat kelembabannya tetap terjaga.

  • Pemeliharaan

Pemeliharaan termasuk ke dalam fase yang sangat berpengaruh dalam pertumbuhan tanaman tomat. Dalam masa pemeliharaan atau perawatan ini terdapat beberapa fase. Fase – fase pemeliharaan budidaya tomat yaitu :

  1. Penyulaman Bibit

Pertama, lakukan proses penyulaman. Bibit yang telah berumur 1 minggu bisa dilakukan penyulaman untuk menggantikan bibit dengan kualitas yang jelek.

Cabut bibit dengan kualitas kurang baik atau sudah mati. Gantikan dengan bibit lain yang telah disiapkan sebelumnya dan memiliki kualitas bibit tomat TM Marvel yang baik.

  1. Penyiangan Gulma

Kedua, lakukan penyiangan. Dalam sekali musim tanam, penyiangan dilakukan selama 3 sampai 4 kali. Penyiangan bertujuan agar kebersihan lahan tanam tetap terjaga dan terhindar dari adanya gulma yang bisa menjadi penyebar hama dan penyakit pada tomat. Selain itu, nutrisi yang diberikan tidak akan diserap oleh gulma yang akan mengganggu pertumbuhan tanaman utama.

  1. Pemangkasan

Ketiga, lakukan pemangkasan. Pemangkasan dilakukan tiap seminggu sekali. Lakukan pemangkasan tunas yang baru tumbuh sesegera mungkin agar tidak menjadi batang.

Pemangkasan bisa dengan memotongnya secara langsung dengan tangan. Jika tunas sudah terlalu keras, maka gunakan gunting atau pisau untuk memotongnya.

Ujung tanaman bisa dipotong agar ketinggian tanaman tomat bisa diatur. Jika dompolan buah sudah terlihat sekitar 5 – 7 buah, pemotongan ujung tanaman sudah bisa dilakukan.

  1. Pemupukan Tambahan

Keempat, berikan pemupukan tambahan pada saat bibit berumur 1 minggu. Pemupukan tambahan ini bisa menggunakan campuran antara pupuk KCl dan Urea dengan menggunakan perbandingan 1 : 1. Berikan pada tiap tanaman dengan dosis pemupukan sekitar 1 – 2 gram.

Setelah bibit berumur 2 – 3 minggu, berikan kembali pupuk yang sama dengan dosis 5 gram per tanaman. Setelah berumur 4 minggu, jika kebutuhan nutrisi pada tanaman dirasa kurang terpenuhi maka berikan lagi campuran pupuk diatas dengan dosis 7 gram per tanaman.

Selalu perhatikan selama pemberian nutrisi pupuk tersebut agar tidak mengenai bagian tumbuhan, karena dapat melukai tanaman tersebut. Berikan jarak sekitar ± 5 – 7 cm dari tanaman.

Baca Juga : Rekomendasi Benih Semangka dan Melon Berkualitas

  1. Penyiraman

Penyiraman dilakukan secukupnya saja, namun pastikan agar tanaman tidak kekurangan maupun kelebihan air. Kelebihan ataupun kekurangan air akan memberikan dampak negatif bagi pertumbuhannya.

Perhatikan juga saluran drainase pada bedengan. Pastikan agar pada saat penyiraman air tidak menggenang karena tomat tidak terlalu menyukai air. Dan pastikan agar tanah tidak mengalami keretakan akibat kekeringan berkepanjangan.

  1. Pemasangan Ajir

Pemasangan ajir dilakukan sebagai tempat mengikatkan tanaman. Buat ajir ini dengan bahan bambu dengan ukuran panjang 1,5 – 2 meter. Tancapkan dan berikan jarak dari tanaman sekitar ± 10 – 20 cm.

 Ikatkan satu ajir dengan ajir lain agar posisi ajir menjadi semakin kuat. Pemasangan ajir ini dilakukan saat bibit tanaman masih muda. Hal ini bertujuan agar akar bibit tidak mengalami luka akibat tusukan ajir yang ditancapkan karena sistem perakarannya masih belum terbentuk secara sempurna.

Ikatkan dengan menggunakan tali rafia atau tali plastik pada ajir. Gunakan model ikatan berbentuk angka 8 agar bagian batang tidak terluka akibat gesekan dengan ajir.

Jangan mengikat terlalu kuat pada ajir agar tidak menghambat pertumbuhan batang. Ikatkan dengan ajir lagi setiap tanaman tomat bertambah panjang 20 cm dengan menggunakan tali rafia atau tali plastik.

  • Pengendalian Hama dan Penyakit

Meskipun tomat TM Marvel sudah memiliki ketahanan virus, waspada terhadap serangan hama dan penyakit tetap perlu dilakukan.

Beberapa penyakit dan hama yang harus kita waspadai diantaranya yaitu :

  1. Bercak daun

Penyakit bercak daun merupakan salah satu penyakit yang menyerang tanaman tomat dan disebabkan oleh cendawan (Alternaria solani dan Cercospora capsici).

Gejala serangan penyakit bercak daun contohnya yaitu munculnya bintik berbentuk bulat berwarna hitam kecoklatan. Bercak tersebut akan meluas dan menyebabkan daun menjadi rontok.

Selain bagian daun, batang dan buahnya juga bisa terserang penyakit bercak daun. Buah yang terserang penyakit ini akan membusuk dan ditandai dengan bagian buah yang terlihat menekuk dan berwarna hitam.

Pada bagian batang yang terserang, bagian bawah batang akan menjadi lebih mudah roboh. Perkembangan penyakit ini akan semakin ganas serangannya pada musim hujan. Karena itu, perlu cara pengendalian penyakit bercak daun yang tepat dan efektif.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit bercak daun yaitu mengurangi tingkat kelembaban, memberikan jarak yang tidak terlalu rapat, menjaga kebersihan lahan tanam, menggunakan mulsa plastik serta melakukan aplikasi fungisida sesuai dengan dosis

  1. Lalat buah

Lalat buah merupakan hewan serangga berwarna hitam kekuningan. Bentuknya kecil dan seperti tawon. Serangannya dimulai saat hama ini menyuntikkan telurnya ke dalam bagian buah.

Telur tersebut akan berkembang di dalamnya dan menetas menjadi larva. Larva lalat buah akan memakan buah tomat, lalu buah pun akan menjadi busuk.

Cara yang bisa dilakukan untuk mengendalikan lalat buah yaitu menjaga kebersihan lahan tanam, menggunakan perangkat lalat, membungkus bagian buah menggunakan plastik atau koran, serta melakukan aplikasi insektisida sesuai dengan dosis

  1. Busuk daun

Penyakit busuk daun merupakan penyakit yang disebabkan oleh cendawan Phytopthora infestans. Gejala serangan dari penyakit busuk daun diantaranya seperti terdapat bercak basah di ujung daun berwarna hitam, dan akan menyebar ke semua bagian daun dan bahkan tangkai daun.

Penyebaran penyakit busuk daun akan lebih cepat pada musim hujan karena tingkat kelembaban tinggi. Serangannya biasanya akan terjadi pada pangkal daun, dan akan menyebabkan bercak berair berwarna coklat hingga hijau.

Cara pengendalian penyakit busuk daun diantaranya yaitu melakukan rotasi tanaman, memusnahkan tanaman yang terserang, serta melakukan aplikasi fungisida sesuai dengan dosis

  1. Kutu Daun

Kutu daun atau Aphids merupakan satu dari banyak jenis kutu dan termasuk ke dalam hama pengganggu tanaman tomat. Hama ini memiliki warna tubuh cokelat hingga hitam dengan panjang 2 mm.

Hama ini menyerang tanaman tomat dengan cara menghisap cairan dari bagian yang diserang (daun atau bagian lainnya), sehingga pertumbuhannya menjadi terhambat dan daun menjadi keriting.

Gejala serangan dari Aphids yaitu seperti adanya kumpulan semut pada tanaman yang terserang, tanaman menjadi kerdil, serta daun menjadi keriting dan akhirnya akan rontok.

Untuk bisa mengatasi serangan kutu daun, cara yang bisa dilakukan yaitu menjaga kebersihan lahan tanam, memusnahkan tanaman yang terserang, melakukan rotasi tanaman, serta melakukan aplikasi akarisida sesuai dengan dosis.

  1. Ulat Tanah

Ulat tanah (Agrotis ipsilon) adalah salah satu hama yang menjadi penyebab gagalnya panen tomat. Hama ini menyerang pangkal batang,sehingga menyebabkan tanaman menjadi roboh dan lama – kelamaan akan mati.

Hama ulat tanah berwarna kecoklatan dan tubuhnya berukuran lebih besar dibandingkan ukuran tubuh ulat daun. Gejala serangan ulat tanah bisa terlihat dari adanya tanaman yang terpotong pada bagian pangkal batangnya dimana akan menyebabkan tanaman menjadi rusak dan akhirnya mati.

Cara pengendalian hama ulat tanah yang bisa dilakukan yaitu menjaga kebersihan lahan tanam, melakukan rotasi tanaman, serta melakukan penyemprotan insektisida sesuai dengan dosis

  • Pemanenan

Pemanenan tomat dilakukan saat tanaman tomat TM Marvel berumur ± 95 hst. Potensi hasil panennya berkisar antara 80 ton per ha. Ciri – ciri buah tomat sudah siap panen diantaranya yaitu kulit buah berubah warna dari hijau menjadi kuning kemerahan, tepi daun menguning dan batang akan mengering.

Lakukan proses pemanenan pada pagi atau sore hari. Jika pemanenan dilakukan pada siang hari, akan menyebabkan buah tomat menjadi cepat layu.

Petik buahnya dengan memotong bagian buah bersama dengan tangkai buahnya menggunakan gunting. Hal ini bertujuan agar buah tidak mudah layu setelah masa panen.

Baca Juga : Bertanam Sayur Dalam Pot

Belanja Online Dan Jual Benih Tomat TM Marvel Murah

belanja, online, belanja online, murah, benih tomat tm marvel

Belanja Online dan Jual benih tomat Marvel murah bisa Anda beli dan dapatkan di toko pertanian LMGA AGRO. LMGA AGRO adalah agen, reseller, distributor, supplier, dan dropshipper yang menyediakan kebutuhan pertanian lengkap.

Kebutuhan pertanian yang kami jual dan sediakan seperti pestisida, alat pertanian dan spare part, zpt, pupuk, benih tanaman, dll. Semua produk tersebut tersedia dengan harga murah dan bersaing.

LMGA AGRO bekerjasama dengan banyak perusahaan jasa pengiriman logistik Nasional terpercaya di Indonesia. Perusahaan mitra pengiriman produk kami contohnya yaitu Tiki, KI8, JNE, JNT, Wahana, Pos Indonesia, Indah Logistik, dll. Semua produk pesanan pasti akan sampai ke alamat tujuan.

Konsultasi seputar masalah pertanian juga LMGA AGRO berikan untuk memberikan kepuasan kepada konsumen. Jadi untuk Anda yang ingin berkonsultasi seputar masalah pertanian ataupun tertarik ingin membeli produk yang kami jual bisa langsung saja menghubungi LMGA AGRO melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS) atau 082141747141 (Khusus Layanan Telepon).

Demikian artikel berjudul Jual Benih Tomat TM Marvel Murah Terbaik Produk TM SEEDS ini saya tulis dan sampaikan kepada Anda. Semoga artikel ini memberikan manfaat positif untuk Anda. Jika masih terdapat beberapa hal yang kurang jelas Anda bisa langsung menghubungi toko pertanian online LMGA AGRO melalui no. telepon diatas. Salam sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *