Jual Benih Tomat TM Marvel Murah Terbaik Produk TM SEEDS

jual benih tomat, terbaik, produk, termurah, tomat tm marvel, tani murni, tm seed, lmga agro, toko pertanian, online

Meskipun tomat TM Marvel sudah memiliki ketahanan virus, waspada terhadap serangan hama dan penyakit tetap perlu dilakukan.

Beberapa penyakit dan hama yang harus kita waspadai diantaranya yaitu :

  1. Bercak daun

Penyakit bercak daun merupakan salah satu penyakit yang menyerang tanaman tomat dan disebabkan oleh cendawan (Alternaria solani dan Cercospora capsici).

Gejala serangan penyakit bercak daun contohnya yaitu munculnya bintik berbentuk bulat berwarna hitam kecoklatan. Bercak tersebut akan meluas dan menyebabkan daun menjadi rontok.

Selain bagian daun, batang dan buahnya juga bisa terserang penyakit bercak daun. Buah yang terserang penyakit ini akan membusuk dan ditandai dengan bagian buah yang terlihat menekuk dan berwarna hitam.

Pada bagian batang yang terserang, bagian bawah batang akan menjadi lebih mudah roboh. Perkembangan penyakit ini akan semakin ganas serangannya pada musim hujan. Karena itu, perlu cara pengendalian penyakit bercak daun yang tepat dan efektif.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit bercak daun yaitu mengurangi tingkat kelembaban, memberikan jarak yang tidak terlalu rapat, menjaga kebersihan lahan tanam, menggunakan mulsa plastik serta melakukan aplikasi fungisida sesuai dengan dosis

  1. Lalat buah

Lalat buah merupakan hewan serangga berwarna hitam kekuningan. Bentuknya kecil dan seperti tawon. Serangannya dimulai saat hama ini menyuntikkan telurnya ke dalam bagian buah.

Telur tersebut akan berkembang di dalamnya dan menetas menjadi larva. Larva lalat buah akan memakan buah tomat, lalu buah pun akan menjadi busuk.

Cara yang bisa dilakukan untuk mengendalikan lalat buah yaitu menjaga kebersihan lahan tanam, menggunakan perangkat lalat, membungkus bagian buah menggunakan plastik atau koran, serta melakukan aplikasi insektisida sesuai dengan dosis

  1. Busuk daun

Penyakit busuk daun merupakan penyakit yang disebabkan oleh cendawan Phytopthora infestans. Gejala serangan dari penyakit busuk daun diantaranya seperti terdapat bercak basah di ujung daun berwarna hitam, dan akan menyebar ke semua bagian daun dan bahkan tangkai daun.

Penyebaran penyakit busuk daun akan lebih cepat pada musim hujan karena tingkat kelembaban tinggi. Serangannya biasanya akan terjadi pada pangkal daun, dan akan menyebabkan bercak berair berwarna coklat hingga hijau.

Cara pengendalian penyakit busuk daun diantaranya yaitu melakukan rotasi tanaman, memusnahkan tanaman yang terserang, serta melakukan aplikasi fungisida sesuai dengan dosis

  1. Kutu Daun

Kutu daun atau Aphids merupakan satu dari banyak jenis kutu dan termasuk ke dalam hama pengganggu tanaman tomat. Hama ini memiliki warna tubuh cokelat hingga hitam dengan panjang 2 mm.

Hama ini menyerang tanaman tomat dengan cara menghisap cairan dari bagian yang diserang (daun atau bagian lainnya), sehingga pertumbuhannya menjadi terhambat dan daun menjadi keriting.

Gejala serangan dari Aphids yaitu seperti adanya kumpulan semut pada tanaman yang terserang, tanaman menjadi kerdil, serta daun menjadi keriting dan akhirnya akan rontok.

Untuk bisa mengatasi serangan kutu daun, cara yang bisa dilakukan yaitu menjaga kebersihan lahan tanam, memusnahkan tanaman yang terserang, melakukan rotasi tanaman, serta melakukan aplikasi akarisida sesuai dengan dosis.

  1. Ulat Tanah

Ulat tanah (Agrotis ipsilon) adalah salah satu hama yang menjadi penyebab gagalnya panen tomat. Hama ini menyerang pangkal batang,sehingga menyebabkan tanaman menjadi roboh dan lama – kelamaan akan mati.

Hama ulat tanah berwarna kecoklatan dan tubuhnya berukuran lebih besar dibandingkan ukuran tubuh ulat daun. Gejala serangan ulat tanah bisa terlihat dari adanya tanaman yang terpotong pada bagian pangkal batangnya dimana akan menyebabkan tanaman menjadi rusak dan akhirnya mati.

Cara pengendalian hama ulat tanah yang bisa dilakukan yaitu menjaga kebersihan lahan tanam, melakukan rotasi tanaman, serta melakukan penyemprotan insektisida sesuai dengan dosis

  • Pemanenan

Pemanenan tomat dilakukan saat tanaman tomat TM Marvel berumur ± 95 hst. Potensi hasil panennya berkisar antara 80 ton per ha. Ciri – ciri buah tomat sudah siap panen diantaranya yaitu kulit buah berubah warna dari hijau menjadi kuning kemerahan, tepi daun menguning dan batang akan mengering.

Lakukan proses pemanenan pada pagi atau sore hari. Jika pemanenan dilakukan pada siang hari, akan menyebabkan buah tomat menjadi cepat layu.

Petik buahnya dengan memotong bagian buah bersama dengan tangkai buahnya menggunakan gunting. Hal ini bertujuan agar buah tidak mudah layu setelah masa panen.

Baca Juga : Bertanam Sayur Dalam Pot

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *