Pertanian Solusi Sukses Petani Indonesia

Pertanian Solusi Sukses Petani Indonesia. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. LMGA AGRO jual berbagai kebutuhan petani lengkap. Kami menyediakan benih, alat tani, pupuk, zpt, dll.

LMGA AGRO bekerja sama dengan berbagai perusahaan jasa logistik untuk mengirim pesanan Anda. Kami memberi jaminan pesanan Anda pasti sampai ke alamat tujuan. LMGA AGRO siap mengirim pesanan Anda dengan menggunakan jasa logistik KI8, JNE, JNT, POS INDONESIA, dll.

Kebutuhan pertanian masyarakat Indonesia semakin besar dan tinggi setiap harinya. Dengan berkembangnya teknologi jaman sekarang yang makin canggih membuat petani ingin terus mengembangkan keahliannya di bidang ini.

Pemerintah selaku pemegang kekuasaan harus mendukung petani untuk bisa sukses dalam bertani. Dan petani harus bisa memanfaatkan keahlian miliknya untuk bisa menjadikan pertanian sebagai peluang bisnis dan meraih kesuksesan

Sejarah Pertanian

sejarah, pertanian, lmga agro, pertanian indonesia, peradaban

Pertanian dalam sejarahnya merupakan salah satu budaya manusia yang sudah sangat lama ada. Pada awalnya, pertanian terlahir dari kemampuan masyarakat untuk menghasilkan kebutuhan makanan secara mandiri.

Adopsi teknologi tani juga semakin berkembang dengan perubahan peradaban, sistem kepercayaan, kesenian dan pengembangan alat – alat kehidupan.

Kawasan – kawasan yang pertama kali mengembangkan hasil budidaya tanaman adalah daerah India, Mesir, dan daerah Hilal Subur (Asia Barat). Dahulunya, sebelum masyarakat di zaman itu mengembangkan hasil pembudidayaan tanaman sendiri mereka mencari bahan makanan dulu di alam liar.

Setelah menguasai bidang tani di zaman itu dan terus berkembang ke berbagai tempat di belahan dunia, pertanian mulai membawa dampak sangat besar dan signifikan dalam kehidupan manusia.

Kehidupan manusia yang mengalami revolusi dalam bidang pertanian adalah bentuk dampak berkembangnya bidang ini dimana hasilnya bisa terlihat sampai saat ini. Bahkan bisa dikatakan bahwa revolusi pertanian merupakan revolusi kebudayaan pertama di dunia sebelum era revolusi industri.

Meskipun pada waktu itu sistem tani tersebut terus berkembang di berbagai tempat, namun penguasaan teknologi dalam bertani berkembang dengan berbeda – beda di setiap tempatnya. Karena hal tersebut perkembangannya di berbagai tempat berbeda – beda tingkatannya sesuai tingkatan penguasaan teknologi pertaniannya.

Contohnya saja seperti di daerah Afrika. Di daerah – daerah Afrika masih bisa dijumpai penduduk semi – nomaden. Mereka sudah mampu melakukan kegiatan beternak dan bercocok tanam, tetapi tetap berpindah – pindah tempat tinggal untuk menjaga persediaan makanan.

Dan di daerah Eropa, hanya dengan mengunakan traktor – traktor berukuran besar dan dikendalikan satu orang saja mereka bisa mendukung persediaan untuk banyak orang.

Di awal perkembangannya teknologi pertanian tentu belum seperti sekarang. Perkembangannya terus berkembang seiring waktu berjalan. Dengan penelitian dan penemuan penemuan di bidang pertanian yang terus berkembang ke depannya petani harus bisa beradaptasi dengan keadaan tersebut.

Baca Juga : Budidaya Buncis Dengan Baik dan Benar

Luasan dan Cakupan Pertanian

Kegiatan Pertanian dalam perkembangannya kini sudah memiliki cakupan sangat luas. Semua kegiatan dengan pemanfaatan makhluk hidup (hewan, tanaman, dll) untuk kepentingan manusia termasuk dalam cakupan kegiatan pertanian.

Cakupan – cakupan kegiatan pertanian diantaranya yaitu :

  • Perikanan

Perikanan adalah kegiatan pemanfaatan makhluk hidup yaitu berupa hewan – hewan air. Contoh hewan yang biasa dikembang – biakkan dalam budidaya perikanan yaitu ikan mas, ikan koi, ikan mujair, ikan lele, ikan gurame, dll.

Indonesia merupakan Negara Maritim serta memiliki luas wilayah dimana sebagian besar terdiri dari lautan. Dengan wilayah geografis tersebut membuat potensi perikanan di Indonesia sangatlah besar untuk dimanfaatkan.

Maka sudah seharusnya Pemerintah perlu mengelola dengan sebaik – baiknya potensi hasil perikanan di Nusantara. Perlu undang – undang yang bisa melindungi nelayan dan pihak – pihak berkepentingan agar mampu melindungi sumber daya alam milik Indonesia ini.

Sejarah perikanan dunia yang terlama diketahui berdasarkan perdagangan ikan cod. Perdagangan ikan cod tersebut berada di daerah Lofoten menuju ke bagian selatan Italia, Portugal, Spanyol,  Eropa, dll.

Perdagangan ikan ini dimulai di masa Viking ataupun sebelumnya, yang dimana telah berlangsung selama lebih dari 1000 tahun. Perdagangan ikan kini  sudah termasuk ke dalam perdagangan yang termasuk sangat penting hingga hari ini.

  • Kehutanan

Kehutanan merupakan salah satu kegiatan pemanfaatan makhluk hidup yaitu tumbuhan (biasanya pohon) dan pada suatu tempat setengah liar dan liar (hutan).  Contoh – contoh pohon yang biasa dibudidayakan di hutan diantaranya yaitu pohon pinus, pohon rotan, pohon sagu, pohon mahoni, dll.

Bidang kehutanan di Indonesia dikelola oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Namun sayang kini hutan – hutan di Indonesia mengalami penebangan dan kegundulan yang makin parah. Akibatnya kini banyak terjadi musibah banjir dan tanah longsor yang merugikan masyarakat.

Pentingnya fungsi hutan harus bisa dilestarikan agar lingkungan tidak rusak. Bukan hanya oleh pemerintah saja tetapi masyarakat juga harus ikut serta memberikan aksi nyata dalam melestarikan hutan.

Maka dari itu pemerintah dan masyarakat harus bahu – membahu melakukan kegiatan agar tetap bisa menjaga kelestarian hutan demi anak cucu kita nanti.

  • Peternakan

Peternakan adalah kegiatan pemanfaatan makhluk hidup yaitu berupa hewan darat. Contoh hewan – hewan yang biasa diternakkan seperti bebek, domba, angsa, ayam, kambing, sapi dll.

Dari peternakan kita bisa mendapatkan hasilnya berupa telur, susu, daging,dan pakaian (dari bulu wol). Kotoran hewan tersebut juga bisa dimanfaatkan sebagai pupuk ataupun sebagai bahan bakar.

Sejarah peternakan mulai dikenal sejak tahun 13.000 SM. Proses domestikasi hewan untuk diternakkan mulai terjadi di banyak tempat dan di waktu berbeda – beda.

Selain hewan – hewan yang biasa diternakkan di atas, hewan – hewan lain yang mulai didomestikasi untuk diternakkan diantaranya yaitu kuda, kelinci, lebah madu, unta, llama, dll.

Dengan beragamnya hewan – hewan yang diternakkan membuat penguasaan atau keahlian manusia dalam beternak hewan makin lebih maju. Contohnya dalam budidaya ayam lahir dan berkembang mesin penetas telur ayam.

Pertanian di Indonesia

Pertanian akan terus berkembang di Indonesia. Dan kini pun 30 persen lahan di Indonesia sudah digunakan sebagai lahan pertanian oleh masyarakat.

Dengan luas lahan sebesar itu maka hal tersebut perlu diatur oleh pemerintah. Kementrian Pertanian Indonesia adalah lembaga pemerintah yang berwenang dan bertugas serta bertanggung jawab untuk mengatur semua kegiatan berkaitan dengan pertanian di Indonesia.

Letak Negara Indonesia yang terletak dekat dengan garis khatulistiwa membuat Indonesia termasuk ke dalam Negara beriklim tropis dan memiliki 2 musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau.

Dengan hal seperti itu, panas dan hujan yang diterima setiap tahunnya selalu seimbang sehingga Negara Indonesia sangat cocok digunakan untuk bercocok tanam di lahan pertanian.

Berbagai daerah di Indonesia baik di dataran rendah, menengah hingga dataran tinggi semua memiliki hasil pertanian berbeda – beda. Jenis – jenis tanaman yang ditanam juga berbeda – beda sesuai dengan ketinggian dataran.

Meskipun dalam beberapa dekade terakhir kontribusi sektor pertanian tiap tahunnya cenderung menurun, namun sektor ini tetap menjadi penyumbang pendapatan terbesar di Indonesia.

Dengan fakta seperti itu maka Indonesia perlu kiranya untuk terus berinovasi agar sektor ini terus memberikan pemasukan lebih banyak dari tahun – tahun sebelumnya.

Di Indonesia pertanian bisa dilakukan dalam beberapa bentuk. Bentuk Pertanian di Indonesia terdiri dari beberapa contoh, diantaranya seperti :

  • Pekarangan

Pekarangan adalah lahan yang berada di lingkungan rumah dan dimanfaatkan untuk ditanami tanaman. Contohnya seperti tanaman sawi hijau, bawang merah, bawang putih, dll.

  • Sawah

Sawah adalah pada umumnya lahan basah yang digarap dan diairi air yang digunakan untuk menanam tanaman pertanian (cabe, padi, jagung, tebu, dll). Untuk sistem irigasinya sawah biasanya menggunakan air yang berasal dari air hujan, sungai ataupun dari mata air.

  • Tegalan

Tegalan adalah daerah lahan kering yang sistem pengairannya bergantung dari pengairan air hujan. Biasanya tegalan sulit untuk dialiri air irigasi karena permukaannya yang tidak rata.

Tegalan biasanya ditanami tanaman tahunan atupun musiman. Pada musim kemarau biasanya tegalan akan lebih kering sehingga lebih sulit ditanami tanaman

Baca Juga : Benih Melon Action 88 Cap Kapal Terbang Murah

Pertanian Modern

pertanian, modern, teknologi, petani

Di zaman sekarang pertanian sudah sangat berkembang jauh penerapannya. Teknologi pertanian yang semakin modern terbukti sangat membantu petani. Alat – alat pertanian makin canggih dan beragam sangat membantu petani dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Penerapan – penerapan alat pertanian berteknologi tinggi di zaman sekarang diharapkan lebih merata penggunaannya. Penggunaan alat tani modern dan berbagai upaya – upaya yang dilakukan petani harus maksimal dalam menggunakan teknologi tani modern.

Alat tani modern yang kini semakin mudah didapatkan harus digunakan sebaik – baiknya. Penemuan – penemuan di bidang pertanian dalam beberapa tahun belakangan juga terus berkembang. Penemuan – penemuan tersebut akan memberikan banyak manfaat bagi petani dan insan pertanian.

Peran teknologi pertanian modern bukan dimaksudkan untuk menggantikan peranan manusia . Tetapi bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas pertanian. Dengan demikian maka petani dan teknologi tani modern akan saling melengkapi satu sama lain.

Zaman sekarang sudah masuk dalam zaman dimana perkembangan sistem pertanian lebih modern dan lebih maju akan menghasilkan banyak penemuan lain di bidang pertanian.

Benih tahan virus, tahan penyakit, tahan hama adalah salah satu produk penelitian bidang pertanian di zaman sekarang yang sudah bisa dilihat hasilnya.

Pertanian Sebagai Peluang Bisnis Meraup Untung

Banyak orang menilai pertanian bukanlah bisnis yang bisa menghasilkan keuntungan besar. Banyak orang menilai bahwa pertanian hanyalah pekerjaan yang dilakukan orang – orang di pedesaan. Justru orang – orang menilai bahwa jika bekerja di kantor maka mereka dianggap lebih sukses ketimbang di bidang pertanian.

Namun demikian kini argumen tersebut bisa saja salah. Kenyataannya kini banyak petani penghasilannya tidak kalah dari orang yang bekerja di kantor. Bahkan tidak sedikit juga petani penghasilannya jauh lebih banyak dibandingkan dengan gaji pekerja kantoran.

Peluang bisnis bertani bisa dijadikan sebagai penambah penghasilan untuk Anda. Contohnya seperti :

  • Budidaya Tanaman Organik

Gaya hidup sehat yang beberapa tahun menjadi tren membuat banyak orang lebih sadar akan kesehatannya. Mulai dari menjaga bentuk tubuh, menjaga pola makan, dll. Menyediakan benih tanaman organik bisa Anda manfaatkan dari peluang yang ada dari tren gaya hidup sehat yang makin berkembang.

Pertanian organik berbeda dengan pertanian pada umumnya. Tanaman yang ditanam pada proses pertanian organik tidak menggunakan bahan kimia sama sekali. Dengan tidak menggunakan bahan kimia sekali maka hasil tanaman akan lebih banyak memiliki kandungan vitamin dan nutrisi.

Daya saing tanaman organik bisa menjadi nilai tambah tersendiri di pasaran. Hasil panen dari tanaman organik juga biasanya lebih mahal daripada tanaman biasa jika dijual ke pasar.

Tanaman yang bisa Anda manfaatkan untuk ditanam diantaranya yaitu cabai, sawi, kangkung, tomat, bayam, timun, selada, lidah buaya, dll.

  • Membudidayakan Tanaman Hias

Tanaman hias tiap tahunnya selalu memiliki pesona sebagai usaha bisnis. Jika Anda enggan membudidayakan tanaman pangan maka budidaya tanaman hias bisa menjadi solusi alternatif.

Indonesia sebagai Negara tropis sangat cocok untuk mengembangkan budidaya tanaman hias. Walaupun konsumen tanaman hias lebih sedikit dibandingkan dengan konsumen tanaman pangan pada umumnya, budidaya tanaman hias memiliki peluang keuntungan yang menggiurkan.

Tanaman – tanaman hias yang sering dibudidayakan diantaranya yaitu : bunga anggrek, kaktus, cemara, palem, bunga lotus, dll. Harga jual yang lumayan tinggi dari tanaman hias bisa jadi salah satu faktor yang bisa Anda pertimbangkan untuk memulai usaha budidaya tanaman hias.

  • Membuat Pupuk

Membuat pupuk sendiri (entah itu pupuk kompos, pupuk kandang ataupun pupuk organik) bisa Anda pertimbangkan juga. Selain karena tidak terlalu sulit untuk membuat pupuk kandang atau pupuk kompos modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha membuat pupuk tersebut juga tidak terlalu besar.

Dengan modal kecil dan profit keuntungan cukup besar maka tentu hal tersebut tidak terlalu memberatkan Anda memulai usaha ini.

Jika Anda tidak tahu cara atau proses pembuatan dari pupuk tersebut, bisa langsung saja buka Google atau Youtube lalu ketikkan saja Cara Membuat Pupuk Ala LMGA AGRO. LMGA AGRO memberikan step – step cara membuat pupuk secara baik dan benar di artikel tersebut.

Setelah pupuk yang Anda buat sudah jadi nantinya bisa dijual kepada petani, pembudidaya tanaman ataupun toko – toko pertanian terdekat di kota Anda.

  • Budidaya Tanaman Hidroponik

Budidaya tanaman secara hidroponik dalam beberapa tahun belakangan mulai mengalami perkembangan. Peluang usaha ini bisa Anda tekuni untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Dengan memanfaatkan media atau tempat – tempat di sekitar yang tidak terlalu besar budidaya tanaman hidroponik tetap bisa dilakukan. Budidaya secara hidroponik bisa dengan memanfaatkan halaman atas rumah, teras rumah, atau tempat lain.

Media tanam yang sering digunakan dalam berhidroponik contohnya yaitu arang sekam, pasir, kerikil, serbuk kayu, sabut, pasir, perlite, dll.

Baca Juga : Jual Benih Sawi Putih Eikun Hibrida – Takii Seed

Belanja Online Kebutuhan Pertanian Murah di LMGA AGRO

belanja, online, pertanian, murah

LMGA AGRO siap memberikan kemudahan untuk Anda berbelanja kebutuhan tani dengan harga murah. Produk – produk yang Anda perlukan bisa Anda cari semua di website kami. Kami juga memberikan promo dan diskon dari produk yang tersedia.

LMGA AGRO juga melayani layanan konsultasi pertanian untuk Anda. Semua layanan tentang pertanian tersedia di toko online LMGA AGRO.

LMGA AGRO melayani pembelian produk tani oleh agen, reseller, distributor, toko tani, dan konsumen umum. Kami siap melayani dengan semangat sukses bersama – sama.

Untuk Anda semua yang ingin berkonsultasi ataupun ingin membeli produk pertanian bisa langsung menghubungi LMGA AGRO melalui CP. 08125222117 WA/SMS (Khusus Layanan WA/SMS) atau melalui 082141747141 (Khusus Layanan Telepon).

Sekian artikel tentang Pertanian ini saya tulis dan sampaikan. Semoga artikel ini bisa membawa manfaat untuk pembaca semua. Salam sukses selalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *