Pertanian Solusi Sukses Petani Indonesia

Sawah adalah pada umumnya lahan basah yang digarap dan diairi air yang digunakan untuk menanam tanaman pertanian (cabe, padi, jagung, tebu, dll). Untuk sistem irigasinya sawah biasanya menggunakan air yang berasal dari air hujan, sungai ataupun dari mata air.

  • Tegalan

Tegalan adalah daerah lahan kering yang sistem pengairannya bergantung dari pengairan air hujan. Biasanya tegalan sulit untuk dialiri air irigasi karena permukaannya yang tidak rata.

Tegalan biasanya ditanami tanaman tahunan atupun musiman. Pada musim kemarau biasanya tegalan akan lebih kering sehingga lebih sulit ditanami tanaman

Baca Juga : Jual Melon Action 88 Buah Manis Banyak Nutrisi Menyehatkan

Pertanian Modern

pertanian, modern, teknologi, petani

Di zaman sekarang pertanian sudah sangat berkembang jauh penerapannya. Teknologi pertanian yang semakin modern terbukti sangat membantu petani. Alat – alat pertanian makin canggih dan beragam sangat membantu petani dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Penerapan – penerapan alat pertanian berteknologi tinggi di zaman sekarang diharapkan lebih merata penggunaannya. Penggunaan alat tani modern dan berbagai upaya – upaya yang dilakukan petani harus maksimal dalam menggunakan teknologi tani modern.

Alat tani modern yang kini semakin mudah didapatkan harus digunakan sebaik – baiknya. Penemuan – penemuan di bidang pertanian dalam beberapa tahun belakangan juga terus berkembang. Penemuan – penemuan tersebut akan memberikan banyak manfaat bagi petani dan insan pertanian.

Peran teknologi pertanian modern bukan dimaksudkan untuk menggantikan peranan manusia . Tetapi bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas pertanian. Dengan demikian maka petani dan teknologi tani modern akan saling melengkapi satu sama lain.

Zaman sekarang sudah masuk dalam zaman dimana perkembangan sistem pertanian lebih modern dan lebih maju akan menghasilkan banyak penemuan lain di bidang pertanian.

Benih tahan virus, tahan penyakit, tahan hama adalah salah satu produk penelitian bidang pertanian di zaman sekarang yang sudah bisa dilihat hasilnya.

Pertanian Sebagai Peluang Bisnis Meraup Untung

Banyak orang menilai pertanian bukanlah bisnis yang bisa menghasilkan keuntungan besar. Banyak orang menilai bahwa pertanian hanyalah pekerjaan yang dilakukan orang – orang di pedesaan. Justru orang – orang menilai bahwa jika bekerja di kantor maka mereka dianggap lebih sukses ketimbang di bidang pertanian.

Namun demikian kini argumen tersebut bisa saja salah. Kenyataannya kini banyak petani penghasilannya tidak kalah dari orang yang bekerja di kantor. Bahkan tidak sedikit juga petani penghasilannya jauh lebih banyak dibandingkan dengan gaji pekerja kantoran.

Peluang bisnis bertani bisa dijadikan sebagai penambah penghasilan untuk Anda. Contohnya seperti :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *