Manfaat Kacang Panjang Bagi Kesehatan Ini Mudah di Budidayakan

manfaat kacang panjang, peluang usaha, toko pertanian, jual benih hibrida, harga promo, online shop, lmga agro
Manfaat Kacang Panjang

Manfaat Kacang Panjang Bagi Kesehatan Ini Mudah Dibudidayakan. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro jual benih kacang panjang harga promo.

Toko Pertanian LMGA Agro online shop menyediakan segala kebutuhan bertani seperti benih, pupuk, ZPT, pestisida dan alat pertanian. Kami juga menerima layanan untuk konsultasi gratis pertanian. Konsultasi permasalahan petani di lahan seperti pemeliharaan dan pengendalian hama dan penyakit.

Manfaat kacang panjang bukan sayuran biasa. Manfaatnya besar bagi kesehatan tubuh manusia dan kecantikan. Manfaat kacang panjang juga terdapat pada variasi masakan kesukaan masyarakat Indonesia.

Manfaat kacang panjang terdapat pada olahan menu makanan seperti sayur lodeh atau aneka tumisan. Manfaat kacang panjang juga dapat dinikmati pada sayuran lalapan yaitu saat dimakan segar.

Budidaya kacang panjang mudah dan dapat ditanam pada saat apa pun. Manfaat kacang panjang dapat dirasakan sepanjang musim. Manfaat kacang panjang baik bagi kesehatan dan kecantikan tubuh kita.

Toko pertanian Online LMGA Agro berpengalaman sebagai supplier pertanian dan didukung perusahaan terkemukan pertanian. Kami mengajak dalam usaha online dropship dan reseller modal kecil dan menguntungkan.

Manfaat Kacang Panjang yang Penuh Gizi

Nama latin kacang panjang adalah Vigna ungiuculata. Tanaman polong-polongan, bentuk memanjang dari 30 – 120 cm. Berbeda dengan buncis, kulit kacang panjang berkeriput sebagai tanda telah siap untuk dipanen.

Cara mengolah kacang panjang sebaiknya juga perlu diperhatikan agar manfaat kacang panjang tidak berkurang. Pengolahan kacang panjang dengan cara direbus dan ditumis dapat menyebabkan nutrisi berubah. Nutrisi manfaat kacang panjang akan larut dalam air atau minyak goreng saat dimasak.

Kandungan gizi seporsi 100 gram kacang panjang adalah :

  • 47 Kalori.
  • 4 gram Natrium ( 0 % nilai rekomendasi harian ).
  • 8 gram karbohidrat total ( 2 % nilai harian ).
  • 3 gram protein ( 5% rekomendasi harian ).

Manfaat kacang panjang sebagai sumber folat adalah terbaik. Dalam 100 gram, manfaat kacang panjang sebanyak 62 mg atau 15% dari total kebutuhan harian. Folat bersama vitamin B12 komponen penting sintesisi DNA dan pembelahan sel.

Beberapa antioksidan penting dalam manfaat kacang panjang seperti vitamin C, Riboflavin dan betakaroten. Vitamin C dalam manfaat kacang panjang cukup memenuhi 31% kebutuhan sekitar 19 mg.

Manfaat kacang panjang sumber utama vitamin A. Dalam 100 gramnya mengandung 865IU vitamin A ( 16% dari kebutuhan harian ). Jumlah tersebut lebih banyak dari jenis kacang lain seperti buncis.

Manfaat kacang panjang juga mengandung beberapa mineral yang baik bagi tubuh. Seperti zat besi, tembaga, mangan, kalsium, magnesium dan fosfor.

Kacang panjang kaya akan karbohidrat namun indeks glikemiknya lebih rendah dari jagung. Artinya kacang panjang tidak menyebabkan kadar gula darah naik secara drastis. Didalam kacang panjang juga mengandung jenis karbohidrat kompleks. Hal ini manfaat kacang panjang baik bagi penderita diabetes.

Baca Juga : Penghijauan Perkotaan Dengan Tanaman Sayur

Manfaat Kacang Panjang Bagi Kesehatan dan Kecantikan

  1. Bermanfaat Untuk Kesehatan Jantung. Kandungan serat dalam manfaat kacang panjang membantu menekan jumlah kolesterol jahat ( LDL ). Manfaat kacang panjang terbukti mengurangi peradangan dan tensi darah. Selain itu, manfaatnya juga baik untuk diet.
  2. Serat kacang panjang tinggi, dapat membantu memperlambat proses pencernaan karbohidrat. Sehingga kadar gula darah menjadi stabil dalam jangka waktu yang lama. Kondisi ini baik bagi penderita diabetes. Serat membantu meningkatkan respon insulin terhadap gula dan membantu proses pembakaran lemak.
  3. Manfaatnya untuk kesehatan mata. Manfaat kacang panjang mengandung vitamin A cukup tinggi. Dalam 100 gram mengandung 865IU vitamin A.
  4. Bermanfaat untuk Mencegah Kanker. Manfaat kacang panjang mengandung antioksidan flavonoid dan riboflavin. Kedua senyawa tersebut bekerja sama dalam mencegah penyakit kanker. Folat dalam manfaat kacang panjang juga tinggi.  Folat bermanfaat mencegah perkembangan sel kanker.
  5. Manfaat kacang panjang untuk wajah karena kandungan vitamin C – nya tinggi. Manfaatnya memberikan efek kulit sehat seperti mengurangi risiko kulit wajah menjadi kering dan keriput.
  6. Bermanfaat meringankan nyeri haid. Kandungan mangan dalam kacang panjang bermanfaat mengurangi nyeri/kram saat haid. Bermanfaat juga dalam memberikan suasana hati yang lebih baik.
  7. Bermanfaat mencegah cacat pada bayi atau janin. Hal ini berhubungan dengan kandungan folat dalam kacang tanah dan baik bagi wanita/ibu hamil. Konsumsilah kacang tanah selama kehamilan. Karena dapat mencegah risiko cacat pada bayi baru lahir.
  8. Membuat tidur lebih nyenyak. Kandungan magnesium dalam manfaat kacang panjang terbukti mengatasi masalah hiperaktif tubuh. Mengatasi konflik dan susah tidur karena adanya masalah pada fungsi otak.

Baca Juga : Pupuk Organik dan Fungsinya Bagi Usaha Tanaman Kita

Peluang Usaha Budidaya Kacang Panjang

manfaat kacang panjang, jual benih hibrida, jual alat pertanian, peluang usaha, toko pertanian online, lmga agro
Tali salaran Untuk Mengikat Pada Lanjaran

Kacang panjang tumbuh dengan cara memanjat atau melilit. Kacang panjang muda sering dijadikan sayur atau lalapan. Karena serat manfaat kacang panjang muda masih lunak. Daunnya disebut lembayung dan bisa dimanfaatkan sebagai sayuran hijau.

Tanaman kacang panjang banyak ditemui di kawasan panas Asia. Cara menanamnya dengan cara tanam langsung. Yaitu memasukkan 2 – 3 benih ke dalam lubang 1 – 2 cm. Benih lalu ditimbun tanah dan akan berbunga umur 30 HST dan panen umur 45 HST.

Kendala dalam peluang usaha budidaya kacang panjang adalah salah satunya masalah hama. Hama utama kacang panjang adalah penggerek polong ( Maruca testulais ) dan kutu daun ( Aphis craccivora ).

Gejala serangan hama penggerek yaitu bakal polong rusak dan gugur. Satu ekor larva hama selama hidupnya dapat merusak 4 – 6 bunga/tanaman. Gerekan hama penggerek pada polong bisa tembus sampai bijinya dan menjadi rusak.

Kulit polong akan berlubang dan dari lubang tersebut keluar serbuk gerekan. Serbuk agak basah dan bercampur kotoran larva berwarna coklat.

Kutu daun A. craccivora menyerang kacang panjang mulai awal pertumbuhan sampai muncul bunga dan polong. Serangannya menyebabkan kerusakan di bagian-bagian tanaman yang masih muda. Seperti tunas, daun dan tangkai muda.

Kacang panjang tanaman asli dari India dan Afrika. Kemudian menyebar ke daerah Asia Tropis hingga tiba di Indonesia. Dapat tumbuh di berbagai jenis lahan baik lahan sawah, tegalan bahkan di pekarangan rumah.

Baca Juga : Usaha Tani Untung Tinggi Dengan Toko Pertanian Online

Syarat Tumbuh Budidaya Kacang Panjang

Manfaat kacang panjang merupakan budidaya tanaman dwiguna. Artinya, disamping sebagai kacang polong, manfaat kacang panjang juga sebagai penyubur tanaman. Sebagai penyubur tanah, akar kacang panjang terdapat bintil-bintil bakteri Rhizobium.

Bakteri Rhizobium pada manfaat kacang panjang mengikat Nitrogen bebas dari udara. Sebab itulah, Petani menanamnya di pematang sawah secara monokultur atau tanaman sela.

Budidaya kacang panjang tidak mengenal musim dan dapat ditanama setiap saat. Tumbuh baik di ketinggian 0 – 800 m dpl. Jenis tanah yang cocok adalah latosol ( lempung berpasir ), regosol dan alluvial. Nilai pH tanah 5,5 – 6,5.

Suhu udara ideal antara 18 – 32 °C dengan suhu optimal 25 °C. Kacang panjang menyukai sinar matahari banyak. Curah hujan berkisar antara 600 – 2000 mm/tahun. Meskipun bisa ditanam setiap saat, namun waktu tanam terbaiknya di awal atau akhir musim hujan.

Di Indonesia, budidaya kacang panjang dilakukan sepanjang musim. Namun petani terbiasa menanamnya di awal musim hujan. Kecuali bila ditanam di lahan sawah maka petani menanamnya di musim kemarau.

Kacang panjang menyukai tanah gembur dan tanah terkena sinar matahari langsung. Drainase juga baik. Kandungan hara berlebihan membuat tanaman makin subur namun produksi biji minimum.

Di tanah dengan kandungan unsur hara rendah, daun tanaman tidak tumbuh subur. Namun produksi biji bisa lebih baik. Jika Anda menyukai sayuran  dapat menikmati manfaat kacang panjang. Apalagi bila Anda memiliki lahan luas maka cocok untuk ditanam kacang panjang.

Menanam kacang panjang tidak membutuhkan modal besar. Kebutuhan modal digunakan untuk membeli alat, bibit, pupuk dan pestisida. Di Toko pertanian Online LMGA Agro menyediakan benih kacang panjang berkualitas dan tahan penyakit. Bibit yang baik pastilah berasal darin benih yang baik pula.

Baca Juga : Kacang Panjang Perdana Umur Genjah Adaptasi Luas

Manfaat Kacang Panjang di Benih Berkualitas

  1. Benih Kanton Tavi Cap Panah Merah. Tahan virus kuning/MYMIV dan bakteri layu/Bw dan Fw. Ketahanan dari penyakit tergantung kondisi serangan daerah masing-masing. Kanton Tavi baik di dataran rendah. Panjang mencapai 67 cm dan umur petik 48 – 55 HST. Potensi hasil 25 – 30 ton/ha. Produk berisi 200 butir.
  2. Benih Puspita 06 Cap Kapal Terbang. Panjang mencapai 70 cm. Polong keras dan tidak mudah gembos. Tanaman tahan dari virus kuning. Dipetik umur 40 HST.
  3. Benih Parade Tavi Cap Panah Merah. Panjang kacang panjang 70 cm, buah keras dan tidak mudah gembos. Tanaman tahan virus kuning dan dipetik umur 40 HST.
  4. Benih Maraton 169 Cap Kapal Terbang. Benih tahan dari virus Kuning. Polong tumbuh lebat, berwarna hijau, mengkilap, daging tebal dan kompak. Maraton 169 tahan selama di penyimpanana. Polong lurus dan panjang ± 65 cm, diameter ± 0,7 cm. Mulai dipetik umur 45 HST dan potensi hasil ± 26 ton/ha.
  5. Benih Blirik dari Sekar Agro Lestari. Kacang panjang 80 cm, keras dan tidak mudah gembos. Tahan dari Gemini virus dan dapat dipetik umur 43 HST.
  6. Benih Katrina dari Bintang Citra Asia. Kacang panjang cocok ditanam di dataran rendah sampai tinggi. Benih berwarna hitam putih. Panjang buah 70 cm, keras, mengkilap dan tidak mudah gembos. Tahan dari virus kuning, dapat dipetik umur 40 HST. Potensi panen 25 ton/ha.
  7. Benih Perdana dari Bintang Citra Asia. Cocok ditanam di dataran rendah sampai dataran tinggi. Panjang kacang panjang 80 cm, keras, mengkilap dan tidak mudah gembos. Tahan virus Gemini dan dipetik umur 45 HST. Potensi hasil 25 ton/ha.
  8. Benih Pangeran Anvi dari Agri Makmur Pertiwi. Cocok ditanam di dataran rendah sampai tinggi. Panjang 80 cm, keras, mengkilap dan tidak mudah gembos. Tahan virus Gemini dan dipetik umur 39 HST. Potensi hasil 28 ton/ha.

Persiapan Lahan Menanam Kacang Panjang

manfaat kacang panjang, toko pertanian, jual pupuk pertanian, harga promo, lmga agro
Pupuk Pertanian Berkualitas

Persiapan lahan berupa pengolahan tanah dengan cara tanah dibajak. Pengolahan ini harus dilakukan bila penanaman dilakukan di tanah sawah atau tanah padat. Bila tanah sudah gembur, tanah tidak perlu dibajak.

Setelah tanah digemburkan, selanjutnya dibuat guludan/bedengan. Bedengan dibuat sejajar arah timur – barat. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan penyinaran matahari. Bedengan dibuat dengan lebar 80 – 90 cm dan tingginya 20 – 25 cm. Khusus untuk tanah sawah ditinggikan 30 cm.

Panjang bedengan disesuaikan luas lahan. Jarak antar bedeng dibuat lebarnya 40 – 50 cm sebagai saluran air. Jarak dengan lebar demikian memudahkan dalam perawatan dan pemanenan bertahap kacang panjang.

Antar bedengan juga berfungsi sebagai saluran drainase bila penanaman di awal musim hujan. Penggenangan air di sekitar tanaman harus benar-benar dihindari.

Pemupukan dasar saat pembuatan bedengan. Pupuk lalu diaduk bersama tanah. Berikan pupuk organik kandang atau kompos. Pupuk kandang untuk kacang panjang adalah dari kotoran ayam, sapi, kerbau atau kambing.

Pemberian pupuk kandang kotoran ayam saja, tidak dianjurkan. Untuk kotoran ayam dicampurkan kotoran sapi dengan perbandingan 1 : 1. Kotoran hewan untuk pupuk harus benar-benar sudah matang.

Banyaknya pupuk yang diberikan dianjurkan sebanyak 20 ton/ha. Setelah bedengan dipupuk, tanah dibiarkan selama 4 – 5 hari sebelum penanaman benih.

Penanaman Benih Kacang Panjang

Penanaman kacang panjang langsung ditanam dari benh di lahan tetap. Benih dipilih yang berkualitas dan bebas dari penyakit. Benih berkualitas adalah benih F1 dapat dibeli di toko pertanian Online LMGA Agro.

Jarak tanam penanaman kacang panjang 40 x 30 cm. Dalam satu bedeng terdapat 2 baris. Selanjutnya membuat lubang tanam menggunakan tugal. Kemudian setelah jadi lubang tanamnya, masukkan 2 – 3 benih kacang panjang dan tutup dengan tanah. Kebutuhan benih dalam 1 hektar sebanyak 50 kg.

Selanjutnya ditunggu hingga tanaman menjadi besar. Secara rutin lakukan penyiraman di lahan kacang panjang. Pemberian air dengan adanya saluran irigasi dapat dengan cara penggenangan. Bila tanah dirasa sudah basah, air bisa dialirkan keluar.

Bila penanaman di lahan tadah hujan, penyiraman dilakukan secara manual. Terutama saat awal pertumbuhan benih.

Memasuki umur 15 – 20 HST, waktunya pemberian pupuk susulan. Pemupukan menggunakan kompos sebanyak 20 ton/ha dengan cara disebar di sekitar tanaman.

Setelah dipupuk, tutup dengan tanah disekitarnya sekaligus untuk meninggikan bedengan. Cara ini dapat memperkuat cengkraman oleh akar tanaman. Sehingga akar jga mudah menyerap kedalam tanah.

Baca Juga : Kemana Petani Beli Kebutuhan Pertanian

Pemasangan Lanjaran Kacang Panjang

Setelah melakukan pemupukan, pasang lanjaran di setiap tanaman untuk tempat mebelitnya batang kacang panjang. Lanjaran dibuat dari potongan bambu sepanjang 2 meter dan lebar ± 2 cm.

Cara memasang lanjaran yaitu menancapkan satu lanjaran sedalam 10 – 15 cm di sekitar tanaman. Satu lanjaran untuk satu tanaman. Setelah seluruh lanjaran ditancapkan, 4 lanjaran saling diikat di bagian ujung atasnya. Lakukan untuk setiap 4 lanjaran hingga habis.

 

Perawatan lainnya berupa penyiangan apabila ada tumbuh gulma dalam bedengan. Penyiangan dilakukan terutama saat awal pertumbuhan untuk mencegah adanya persaingan menyerap nutrisi tanah. Penyiangan dengan cara mencabut menggunakan tangan atau arit.

Pemberian pupuk organik cair dapat merangsan keluarnya bunga. Caranya dengan mengencerkan 1 liter pupuk dalam 10 liter air. Setiap satu liter pupuk yang telah diencerkan, cukup untuk menyemprot luasan 10 m².

Mengenal Hama Penyakit Kacang Panjang

Hama berikut sering ditemui pada budidaya kacang panjang, antara lain :

  • Kutu hitam dan kutu putih menyerang dengan cara menghisap cairan pada daun. Akibatnya timbul bercak kuning pada daun. Jika berlanjut dapat mengganggu proses fotosintesis sehingga produksi berkurang.
  • Kepik daun mengakibatkan lubang-lubang pada daun dengan bentuk tidak beraturan.
  • Penggerek polong membuat polong-polong muda ada lubang kecil. Di dalam polong terdapat ulat hijau beserta kotorannya.
  • Ulat grayak menyerang seluruh bagian tanaman di permukaan tanah. Serangannya bisa sangat hebat dan cepat meluas hingga menghabiskan seluruh areal tanaman.

Untuk penyakit yang biasa ada adalah penyakit karat dan bercak daun Cercospora. Namun serangan penyakit lebih kecil dibandingkan serangan hamanya.

Petani mengendalikan serangan hama kacang tanah dilakukan secara organik. Yaitu menggunakan pestisida hayati berupa larutan gadung dan kipait. Namun lebih efektif lagi diakukan pengendalian secara manual.

Secara manual, dengan cara mengambil hama yang ada. Biasanya untuk lahan seluas 100 m² bisa diperoleh hama sebanyak 50 – 100 ekor. Pengendalian dari hama juga dilakukan dengan cara mencegahnya. Yaitu memperbaiki drainase dan mencabut tanaman mati. Menggunakan benih bersertifikat, bebas penyakit serta melakukan rotasi tanaman.

Cara Panen Dalam Budidaya Kacang Panjang

Umur panen kacang panjang tergantung dari varietasnya, namun rata-rata 45 – 50 HST. Cara panen yaitu dengan memetik polong buahnya. Periode panen dalam satu kali bisa sebanyak 15 – 18 kali.

Hasil produksi kacang panjang tergantung dari banyak hal. diantaranya jenis varietas tanaman, mutu dari benhnya dan cara pemeliharaannya. Hasil panennya bisa mencapai 35 ton/ha.

Cara memetik kacang panjang pertama dapat menentukan produktivitas panen berikutnya. Ada 2 cara memetik kacang panjang. Pertama, dengan mematahkan tangkai buah ke arah berlawanan dengan lekukan buahnya.

Cara petik kedua, yaiu memutar buahnya hingga terlepas dari tangkainya. Dua cara tersebut terbukti dapat menghindarkan kerusakan pada bunga dan buah belum siap panen ( muda ).

Demikan artikel Kami judul : Manfaat Kacang Panjang Bagi Kesehatan Ini Mudah di Budidayakan. Hubungi di nomer HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian Online LMGA Agro jual benih kacang panjang harga promo.

Toko pertanian Online LMGA Agro juga menyediakan benih buah dan sayur lainnya. Juga tersedia berbagai jenis pupuk, ZPT, pestisida dan alat-alat pertanian. Kami menerima layanan konsultasi gratis tentang pertanian.

Toko pertanian LMGA Agro berpengalaman menjadi supplier bagi petani, online shop pertanian juga dropship dan reseller. Kami didukung perusahaan pertanian terkemuka seperti BISI, EWINDO, Known You Seed dan lain-lain.

Semoga artikel Kami ini bermanfaat dan dapat menginspirasi untuk menikmati manfaat kacang panjang. Selamat mencoba peluang usaha kacang panjang dan salam sukses…

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *