Pertanian Solusi Sukses Petani Indonesia

Gaya hidup sehat yang beberapa tahun menjadi tren membuat banyak orang lebih sadar akan kesehatannya. Mulai dari menjaga bentuk tubuh, menjaga pola makan, dll. Menyediakan benih tanaman organik bisa Anda manfaatkan dari peluang yang ada dari tren gaya hidup sehat yang makin berkembang.

Pertanian organik berbeda dengan pertanian pada umumnya. Tanaman yang ditanam pada proses pertanian organik tidak menggunakan bahan kimia sama sekali. Dengan tidak menggunakan bahan kimia sekali maka hasil tanaman akan lebih banyak memiliki kandungan vitamin dan nutrisi.

Daya saing tanaman organik bisa menjadi nilai tambah tersendiri di pasaran. Hasil panen dari tanaman organik juga biasanya lebih mahal daripada tanaman biasa jika dijual ke pasar.

Tanaman yang bisa Anda manfaatkan untuk ditanam diantaranya yaitu cabai, sawi, kangkung, tomat, bayam, timun, selada, lidah buaya, dll.

  • Membudidayakan Tanaman Hias

Tanaman hias tiap tahunnya selalu memiliki pesona sebagai usaha bisnis. Jika Anda enggan membudidayakan tanaman pangan maka budidaya tanaman hias bisa menjadi solusi alternatif.

Indonesia sebagai Negara tropis sangat cocok untuk mengembangkan budidaya tanaman hias. Walaupun konsumen tanaman hias lebih sedikit dibandingkan dengan konsumen tanaman pangan pada umumnya, budidaya tanaman hias memiliki peluang keuntungan yang menggiurkan.

Tanaman – tanaman hias yang sering dibudidayakan diantaranya yaitu : bunga anggrek, kaktus, cemara, palem, bunga lotus, dll. Harga jual yang lumayan tinggi dari tanaman hias bisa jadi salah satu faktor yang bisa Anda pertimbangkan untuk memulai usaha budidaya tanaman hias.

  • Membuat Pupuk

Membuat pupuk sendiri (entah itu pupuk kompos, pupuk kandang ataupun pupuk organik) bisa Anda pertimbangkan juga. Selain karena tidak terlalu sulit untuk membuat pupuk kandang atau pupuk kompos modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha membuat pupuk tersebut juga tidak terlalu besar.

Dengan modal kecil dan profit keuntungan cukup besar maka tentu hal tersebut tidak terlalu memberatkan Anda memulai usaha ini.

Jika Anda tidak tahu cara atau proses pembuatan dari pupuk tersebut, bisa langsung saja buka Google atau Youtube lalu ketikkan saja Cara Membuat Pupuk Ala LMGA AGRO. LMGA AGRO memberikan step – step cara membuat pupuk secara baik dan benar di artikel tersebut.

Setelah pupuk yang Anda buat sudah jadi nantinya bisa dijual kepada petani, pembudidaya tanaman ataupun toko – toko pertanian terdekat di kota Anda.

  • Budidaya Tanaman Hidroponik

Budidaya tanaman secara hidroponik dalam beberapa tahun belakangan mulai mengalami perkembangan. Peluang usaha ini bisa Anda tekuni untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Dengan memanfaatkan media atau tempat – tempat di sekitar yang tidak terlalu besar budidaya tanaman hidroponik tetap bisa dilakukan. Budidaya secara hidroponik bisa dengan memanfaatkan halaman atas rumah, teras rumah, atau tempat lain.

Media tanam yang sering digunakan dalam berhidroponik contohnya yaitu arang sekam, pasir, kerikil, serbuk kayu, sabut, pasir, perlite, dll.

Baca Juga : Jual Benih Sawi Putih Eikun Hibrida – Takii Seed

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *