Manfaat Internet Untuk Pertanian Modern

Manfaat Internet Untuk Pertanian Modern. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. LMGA AGRO jual produk pertanian lengkap. Kami menyediakan benih, pupuk, pestisida, zpt, alat pertanian dan lain-lain. Kami siap mengirim pesanan Anda sampai ke alamat tujuan dengan menggunakan perusahaan logistik mitra kami seperti KI8, JNE, JNT, POS INDONESIA, Wahana, Indah Cargo, dll.

Internet. Barangkali semua pembaca sudah tak asing dengan kata ini. Namun apakah Anda tahu arti kata dari internet ?? Internet merupakan singkatan dari interconnected network. Internet adalah sistem jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain secara global dengan menggunakan paket internet protocol (TCP/IP) untuk menghubungkan semua perangkat di seluruh dunia

Asal Usul dan Perkembangan Internet

Daftar Isi :

internet, manfaat internet, manfaat

Internet pada awal mulanya adalah merupakan hasil penelitian dari pemerintah negara federal Amerika Serikat. Ditahun 1960-an pemerintah Amerika Serikat melalui Departemen Pertahanan meluncurkan Advanced Research Projects Agency atau yang disingkat ARPA merintis sistem jaringan ARPANET. Sistem jaringan inilah yang merupakan cikal bakal dari Internet.

Di tahun 1980-an penggunaan jaringan ARPANET mulai diuji coba secara terbatas di beberapa kalangan. Fungsi jaringan ARPANET juga mulai tampak dengan menghubungkan berbagai universitas atau kampus yang populer di Amerika Serikat.

Pada tahun 1982 protokol standar TCP/IP mulai disosialisasikan kepada publik. Dan di tahun 1984 penggunaan nama domain juga sudah mulai digunakan. Di tahun 1986 National Science Foundation Network (NSFNET) didirikan dan mulai berkembang.

Peranan NSFNET inilah yang secara perlahan mulai menggantikan jaringan ARPANET sebagai pusat riset di Negara Amerika Serikat. Jaringan-jaringan internasional dari beberapa Negara pun mulai dikembangkan dan dihubungkan dengan jaringan NSFNET milik Amerika Serikat.  

Di tahun 1990 ARPANET sudah mulai tidak digunakan. Namun jaringan internet yang merupakan hasil pengembangan jaringan ARPANET ini terus berkembang hingga hari ini. Dan di tahun ini pula WWW (World Wide Web) yang merupakan sejenis layanan berbasis grafis mulai dikembangkan oleh CERN (Conseil Européene pour la Recherche Nucléaire).

Tahun 1993 InterNIC didirikan. InterNIC didirikan dengan tujuan untuk melayani pendaftaran nama domain publik. Dan di tahun 1994 internet mulai masuk ke Negara Indonesia.

Baca Juga : Cara Menanam Tomat di Musim Hujan

Internet di Indonesia

Internet merupakan media komunikasi yang masih relatif baru jika dibandingkan dengan media komunikasi lain yang sudah ada di Indonesia. Jaringan internet yang ada saat ini mulai dari mobile internet hingga ADSL.

Di waktu awal perkembangannya dulu saat baru masuk ke Negara Indonesia, jaringan internet dikenal dengan nama Paguyuban Network. Paguyuban Network pada awalnya memiliki semangat kerjasama dan kekeluargaan dalam pengembangannya. Namun di zaman sekarang perkembangan jaringan internet lebih mengarah ke arah yang lebih komersial.

Meskipun terkesan negative, hal-hal positif dari perkembangan internet juga banyak. Perkembangan e-commerce dan perusahaan komersial  meningkat drastis sehingga turut membantu meningkatkan perekonomian bangsa.

Tahun 1992 – 1994 nama-nama seperti Soeryono, Adisoemarta, Firman Siregar, Robby Soebiakto, Onno Purbo, RMS Ibrahim, Putu, Muhammad Ihsan, dan Adi Idrayanto adalah pengembang-pengembang awal jaringan internet di Indonesia. Nama-nama tersebut sudah berkontibusi besar terhadap perkembangan IT di Indonesia hingga bisa seperti sekarang ini.

Pertanian Modern

pertanian, modern, pertanian modern

Pertanian modern merupakan inovasi atau teknologi pertanian yang lebih maju baik dari segi pengendalian hama sampai panen, pengendalian hama pasca panen, segi mesin dan dari segi lain.

Perkembangan teknologi di Indonesia yang semakin maju membuat Indonesia kini sudah mampu mengimbangi Negara lain dalam bidang pertanian.

Faktor-faktor yang mendukung pertanian modern antara lain :

  • Benih berkualitas tinggi
  • Hasil pertanian, perikanan, dan peternakan yang berkualitas
  • Mekanisasi berteknologi tinggi
  • Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas

Tujuan dari pertanian modern yaitu :

  • Hasil pertanian lebih teroptimalisasi

Segi kualitas dan kuantitas dari hasil pertanian menjadi tujuan utama dari pertanian modern. Bukan lagi hanya membahas tentang usaha pemuliaan spesies pertanian dan pemenuhan kebutuhan manusia

  • Jalan menuju keberhasilan modernitas di Indonesia

 

Bentuk pengembangan pertanian modern di Indonesia contohnya yaitu :

  • UAV (Unmanned Aerial Vehicle) Agriculture

UAV Agriculture merupakan bentuk penerapan drone / pesawat yang digunakan untuk membantu dalam bidang Agrikultur. Teknologi UAV Agriculture memiliki peranan yang penting, diantaranya yaitu untuk menginspeksi kesehatan tanaman dan juga sebagai sprayer cairan pestisida

  • Hidroponik

Hidoponik baru belakangan ini banyak digunakan di Indonesia meskipun konsep dasarnya sudah lama ada di Indonesia. Di jaman sekarang pertanian modern sudah menjadi hal yang lumrah. Hasil dari hidroponik juga sama dibandingkan dengan menggunakan media tanam tanah

  • Pertanian Hortikultura

Hortikultura (horticulture) terdiri dari 2 kata bahasa Latin yaitu hortus yang berarti tanaman kebun dan dari kata culture / colere yang memiliki arti budidaya. Jadi arti sederhananya adalah budidaya tanaman kebun. Namun di dalam perkembangannya hortikultura bukan hanya budidaya tanaman kebun, tetapi artinya lebih luas lagi.

Hortikultura merupakan cabang dari ilmu Agronomi (Agronomi merupakan ilmu dan teknologi untuk memproduksi dan memanfaatkan tumbuhan untuk bahan bakar, serat, bahan pangan, ataupun aplikasi pada lingkungan seperti reklamasi).

Namun hortikultura lebih memfokuskan pada budidaya tanaman bunga (florikultura), tanaman obat-obatan (biofarmaka), tanaman sayuran (olerikultura), tanaman buah (pomologi / frutikultur), dan taman (lanskap).

Contoh-contoh dari tanaman hortikultura yang banyak dibudidayakan antara lain rosella, salak, kunyit, tomat, durian, selada, mangga, apel, manggis, mawar, melati, bougenvil, bayam, selada, kentang,wortel, krisan, anyelir, begonia, melon, semangka, dan lain-lain

  • Pertanian Organik

Konsep pertanian organik muncul setelah konsep pertanian modern dari orde lama banyak membawa dampak buruk bagi lingkungan. Karena hal tersebut maka pertanian organik muncul sebagai sebuah konsep baru yang ternyata hasilnya tetap memberikan hasil yang maksimal dan tanpa merusak lingkungan

  • Smart Farming

Konsep pertanian Smart Farming digadang-gadang akan menjadi konsep pertanian yang banyak digunakan di masa mendatang.  Konsep smart farming ini memafaatkan beberapa teknologi seperti Internet of Things (IOT), big data, dan juga machine learning

          A) Internet Of Things

Internet Of things merupakan sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus – menerus. Penerapan sistem Internet Of Things dalam sistem pertanian modern di zaman sekarang contohnya yaitu dalam bentuk sensor untuk mendeteksi serangan hama, sensor untuk mempertahankan kondisi lingkungan dan juga dalam bentuk sensor untuk penggunaan air

           B) Big Data

Teknologi Big Data dalam Sistem Smart Farming biasa digunakan sebagai bahan analisis pertanian modern. Dengan menggunakan analisis menggunakan Teknologi Big Data sistem pertanian modern akan semakin berkembang

           C) Machine Learning

Machine Learning dapat terlihat dengan peranannya dalam sistem Smart Farming sebagai penganalisis data yang diperoleh. Data yang dianalisis tersebut nantinya akan menghasilkan data-data yang dibutuhkan

  • Bioteknologi

Salah satu bentuk modernitas pertanian yang makin berkembang dengan baik adalah berkembangnya bioteknologi pertanian. Bioteknologi banyak mengembangkan inovasi baru pertanian modern dengan menggunakan konsep baru bioteknologi ini.

Inovasi bioteknologi pada genetik tanaman adalah sebuah contoh dari inovasi baru yang akan menghasilkan varietas tanaman yang unggul. Inovasi tersebut akan membuat mutu dari produk bioteknologi tersebut lebih baik dan menjadikannya trendsetter di bidang pertanian

Baca Juga : Tips Menggunakan Pestisida Yang Baik Dan Benar

Manfaat Pertanian Modern

Manfaat pertanian modern diantaranya yaitu :

  • Sistem Terpadu Terbentuk

Terbentuknya Sistem Terpadu merupakan salah satu bentuk manfaat pertanian modern. Penggabungan beberapa konsep membentuk sistem terpadu menghasilkan keuntungan untuk semua pihak dan mengoptimalkan hasil dari konsep awal yang tergabung.

  • Meningkatkan nilai ekspor

Nilai ekspor hasil pertanian di Indonesia yang cukup tinggi menunjukkkan kualitas produk Indonesia sesuai dengan standar Internasional. Nilai ekspor yang tinggi tersebut bisa dihasilkan dengan penerapan konsep pertanian modern untuk menghasilkan kualitas dan kuantitas produk pertanian yang baik.

  • Berkembangnya Sistem Agribisnis Yang Menguntungkan

Sistem agribisnis yang menguntungkan mulai berkembang seiring dengan perkembangan sistem pertanian modern.Konsep pertanian modern zaman sekarang yang lebih komprehensif dan konkrit yang terbukti membawa perubahan lebih baik.Dengan perubahan yang lebih baik tersebut membuat sistem agribisnis saling menguntungkan bagi semua pihak

 

Manfaat Internet Untuk Pertanian Modern

Penggunaan internet di zaman pertanian modern seperti sekarang membawa perubahan yang signifikan. Di era revolusi industri 4.0 ini semua bangsa harus siap menghadapi kecanggihan teknologi yang makin berkembang pesat.

Di era revolusi industri 4.0 ini kita perlu memaksimalkan penggunaan internet demi pertanian modern di Indonesia.

Manfaat Internet bagi Pertanian Modern di Indonesia antara lain yaitu :

  • Internet memiliki manfaat sebagai sumber informasi praktis yang bersifat formal dan informal
  • Internet memiliki manfaat sebagai sumber informasi umum

Berbagai sumber informasi umum mengenai pertanian bisa ditemui dengan mudah dengan internet. Tinggal ketikkan saja informasi yang dicari lalu akan keluar hasil informasi yang Anda butuhkan

  • Internet memiliki manfaat sebagai media pemasaran produk pertanian

Produk-produk pertanian kini lebih mudah dipasarkan dengan internet. Dengan perkembangan internet maka akan lebih mudah dalam memasarkan produk pertanian (bisa dengan menggunakan media sosial seperti Whatsapp, Facebook, Youtube, Instagram, Twitter, dll)

Waktu yang dimiliki petani tidak akan terbuang sia-sia. Dengan menggunakan media sosial petani hanya tinggal duduk manis saja dan menunggu pembeli untuk membeli melalui layanan internet

  • Internet memiliki manfaat sebagai media penyuluhan pertanian

Internet bisa digunakan oleh tenaga penyuluh pertanian untuk mensosialisasikan usaha tani sehingga pada akhirnya usaha tani menjadi lebih produktif dan lebih efisien. Penyuluh pertanian harus mampu mengaplikasikan teknologi informasi yang sudah didapat sebelum disosialisasikan kepada petani / masyarakat

  • Internet memiliki manfaat untuk mendorong terbentuknya jaringan informasi pertanian di tingkat lokal dan di tingkat nasional

Petani yang menggunakan internet dari tingkat bawah sampai dengan tingkat atas akan membentuk jaringan informasi yang berkesinambungan dengan penggunaan internet dan saling bertukar informasi satu sama lain

  • Internet mempermudah petani untuk memperoleh bahan pertanian

Dengan internet yang terus berkembang, petani kini tak perlu lagi repot untuk pergi keluar membeli bahan-bahan pertanian yang mereka butuhkan. Petani cukup duduk manis saja di depan komputer ataupun menggunakan smartphone untuk mencari produk/ bahan pertanian yang mereka butuhkan sehingga mereka tidak perlu repot lagi memperoleh bahan pertanian

  • Internet memiliki manfaat untuk meningkatkan posisi tawar petani dan juga meningkatkan kemampuan petani dalam melakukan diversifikasi usaha tani dan merelasikan komoditas yang diusahakannya dengan input yang tersedia
  • Internet mampu untuk meningkatkan kesejahteraan perekonomian masyarakat melalui korespondensi dengan orang lain ataupun perusahaan di berbagai penjuru dunia
  • Internet memiliki manfaat sebagai peluang membangun perekonomian dan pembangunan bidang pertanian
  • Internet memiliki manfaat sebagai media pembelajaran pada petani Indonesia

Media internet bisa digunakan sebagai media untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia terutama petani dengan belajar melalui internet

Baca Juga : Belanja Online Solusi Cepat Kebutuhan Petani

Walaupun demikian, hingga saat ini banyak juga produsen pertanian ataupun petani yang belum mau menggunakan internet dalam industri pertanian. Ada beberapa hal atau pertimbangan yang melatar belakangi mereka untuk tidak menggunakan internet, diantaranya yaitu :

  • Biaya akses internet yang dirasa cukup tinggi untuk mendapatkan akses internet di pedesaan

Biaya akses internet terutama di daerah pedesaan yang “out of service” dirasa cukup tinggi bagi produsen pertanian ataupun petani di daerah pedesaan. Dengan biaya akses internet yang cukup tinggi tersebut membuat mereka enggan untuk menggunakan internet

  • Keterbatasan infrastruktur dan permodalan serta SDM di lapangan membuat internet tidak digunakan

Petani tradisional lebih memilih menggunakan cara-cara tradisional dibandingkan dengan menggunakan internet karena berbagai keterbatasan

  • Faktor keamanan dan privasi

Walaupun penggunaan internet memiliki keamanan yang cukup baik namun petani ataupun produsen pertanian mengalami kekhawatiran terhadap kehilangan data-data pribadi / penting yang mereka berikan jika mereka menggunakan internet. Sehinga mereka belum mau untuk menggunakan internet

  • Jangkauan internet yang belum mampu mencapai daerah tempat petani tinggal

Jangkauan layanan internet yang belum mencapai tempat petani tinggal (terutama di daerah pedesaan dan pelosok) membuat petani belum mau menggunakan internet. Banyak petani yang belum bisa atau mau menggunakan layanan internet dikarenakan layanan internet dari penyedia layanan internet belum bisa mencapai tempat petani tersebut

 

Pembangunan teknologi pertanian modern dengan memanfaatkan teknologi internet akan berpengaruh terhadap perkembangan sektor pertanian. Petani bisa memanfaatkan teknologi internet ini dengan menerapkan internet sebagai sarana komunikasi sehingga produktivitas petani bisa lebih tinggi.

Informasi-informasi yang berkaitan dengan manfaat internet harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Dengan memanfaatkan potensi dari penggunaan layanan internet untuk sistem pertanian modern kita akan mampu membangun sistem pertanian modern yang semakin maju dan berkembang seiring dengan perkembangan internet dari hari ke hari.

Manfaat-manfaat yang ditawarkan internet (walaupun internet juga memiliki kelemahan – kelemahan dalam penggunaannya) perlu dipahami oleh petani sebagai kiat untuk semakin sukses mengembangkan potensi dari bidang pertanian. Di era modernisasi seperti sekarang jika Anda tertinggal dan tidak mau beradaptasi maka sudah bisa dipastikan Anda akan gagal nantinya.

Namun jika petani mau dan mampu untuk beradaptasi di zaman modern ini dengan menggunakan manfaat yang ditawarkan dari layanan internet maka petani akan mampu bersaing dan memiliki potensi untuk berhasil.

Baca Juga : Hijau Kuat F1 Benih Terong Kuat di Musim Hujan

Belanja Online Kebutuhan Pertanian Modern di LMGA AGRO

lmga agro, belanja online, online shop

LMGA AGRO jual kebutuhan pertanian modern lengkap dengan harga murah. Kami menyediakan benih, pupuk, zpt, pestisida, alat pertanian murah, dan lain-lain. Kami adalah toko online terpercaya di Indonesia. Sudah banyak yang membuktikan sendiri kualitas produk yang kami jual.

Toko Pertanian LMGA AGRO juga menyediakan konsultasi pertanian untuk Anda. Anda yang ingin berkonsultasi ataupun membeli produk dari LMGA AGRO bisa langsung menghubungi di CP. 08125222117 (Khusus WA/SMS) ataupun 082141747141 (Khusus Telepon).

Sekian artikel tentang Manfaat Internet Untuk Pertanian Modern ini saya tulis dan sampaikan. Semoga bisa menambah wawasan pengetahuan untuk Anda semua.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *