Manfaat Internet Untuk Pertanian Modern

Manfaat Internet Untuk Pertanian Modern. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. LMGA AGRO jual produk pertanian lengkap. Kami menyediakan benih, pupuk, pestisida, zpt, alat pertanian dan lain-lain. Kami siap mengirim pesanan Anda sampai ke alamat tujuan dengan menggunakan perusahaan logistik mitra kami seperti KI8, JNE, JNT, POS INDONESIA, Wahana, Indah Cargo, dll.

Internet. Barangkali semua pembaca sudah tak asing dengan kata ini. Namun apakah Anda tahu arti kata dari internet ?? Internet merupakan singkatan dari interconnected network. Internet adalah sistem jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain secara global dengan menggunakan paket internet protocol (TCP/IP) untuk menghubungkan semua perangkat di seluruh dunia

Asal Usul dan Perkembangan Internet

Daftar Isi :

internet, manfaat internet, manfaat

Internet pada awal mulanya adalah merupakan hasil penelitian dari pemerintah negara federal Amerika Serikat. Ditahun 1960-an pemerintah Amerika Serikat melalui Departemen Pertahanan meluncurkan Advanced Research Projects Agency atau yang disingkat ARPA merintis sistem jaringan ARPANET. Sistem jaringan inilah yang merupakan cikal bakal dari Internet.

Di tahun 1980-an penggunaan jaringan ARPANET mulai diuji coba secara terbatas di beberapa kalangan. Fungsi jaringan ARPANET juga mulai tampak dengan menghubungkan berbagai universitas atau kampus yang populer di Amerika Serikat.

Pada tahun 1982 protokol standar TCP/IP mulai disosialisasikan kepada publik. Dan di tahun 1984 penggunaan nama domain juga sudah mulai digunakan. Di tahun 1986 National Science Foundation Network (NSFNET) didirikan dan mulai berkembang.

Peranan NSFNET inilah yang secara perlahan mulai menggantikan jaringan ARPANET sebagai pusat riset di Negara Amerika Serikat. Jaringan-jaringan internasional dari beberapa Negara pun mulai dikembangkan dan dihubungkan dengan jaringan NSFNET milik Amerika Serikat.  

Di tahun 1990 ARPANET sudah mulai tidak digunakan. Namun jaringan internet yang merupakan hasil pengembangan jaringan ARPANET ini terus berkembang hingga hari ini. Dan di tahun ini pula WWW (World Wide Web) yang merupakan sejenis layanan berbasis grafis mulai dikembangkan oleh CERN (Conseil Européene pour la Recherche Nucléaire).

Tahun 1993 InterNIC didirikan. InterNIC didirikan dengan tujuan untuk melayani pendaftaran nama domain publik. Dan di tahun 1994 internet mulai masuk ke Negara Indonesia.

Baca Juga : Cara Menanam Tomat di Musim Hujan

Internet di Indonesia

Internet merupakan media komunikasi yang masih relatif baru jika dibandingkan dengan media komunikasi lain yang sudah ada di Indonesia. Jaringan internet yang ada saat ini mulai dari mobile internet hingga ADSL.

Di waktu awal perkembangannya dulu saat baru masuk ke Negara Indonesia, jaringan internet dikenal dengan nama Paguyuban Network. Paguyuban Network pada awalnya memiliki semangat kerjasama dan kekeluargaan dalam pengembangannya. Namun di zaman sekarang perkembangan jaringan internet lebih mengarah ke arah yang lebih komersial.

Meskipun terkesan negative, hal-hal positif dari perkembangan internet juga banyak. Perkembangan e-commerce dan perusahaan komersial  meningkat drastis sehingga turut membantu meningkatkan perekonomian bangsa.

Tahun 1992 – 1994 nama-nama seperti Soeryono, Adisoemarta, Firman Siregar, Robby Soebiakto, Onno Purbo, RMS Ibrahim, Putu, Muhammad Ihsan, dan Adi Idrayanto adalah pengembang-pengembang awal jaringan internet di Indonesia. Nama-nama tersebut sudah berkontibusi besar terhadap perkembangan IT di Indonesia hingga bisa seperti sekarang ini.

Pertanian Modern

pertanian, modern, pertanian modern

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *