Bisnis Online 4 Usaha Pertanian Menjanjikan Untuk Masa Depan

bisnis online, usaha pertanian, toko pertanian, toko online, lmga agro
Bisnis Online Jual Benih Hibrida

Bisnis Online 4 Usaha Pertanian Menjanjikan Untuk Masa Depan. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro jual kebutuhan pertanian dan petani. Benih hibrida bebas virus, pestisida, pupuk, ZPT dan alat pertanian. Kami melayani konsultasi gratis pertanian dan permasalahan petani di lapangan.

Toko pertanian Online LMGA Agro menyediakan produk lengkap, harga bersaing dan harga promo. Kami berpengalaman sebagai supplier dan didukung perusahan pertanian ternama. Kami juga mengajak masyarakat umum atau petani sebagai dropship atau reseller.

Bisnis online dipilih untuk mendapatkan penghasilan tambahan disamping pekerjaan utama tentunya. Banyak peluang bisnis online dapat dipilih di internet. Banyak kini orang-orang melakukan bisnis online dengan alasan tersebut.

Manfaat internet mampu mendorong setiap  pribadi untuk membangun bisnis. Peluang bisnis bahkan dapat lebih cepat berjalan. Bahkan bisa menjadi sumber penghasilan utama ( full time bisnis online ).

 

Peluang bisnis apapun bila dijalankan menggunakan media internet merupakan bisnis online. Cakupan bisnis online memang sangat luas. Kini sektor pertanian juga bisa masuk sebagai bisnis online.

Cakupan Luas Suatu Bisnis Online

Bisnis online mencakup semua jenis kegiatan usaha atau bisnis dan dijalankan dengan cara online melali internet. Setiap usaha dilakukan menggunakan internet dikatakan bisnis online.

Aktivitas bisnis online meliputi jual beli online, menyediakan jasa via online, menulis artikel bebas dan lain-lainnya. Setiap ada ide bisnis maupun produk lalu dijual lewat internet. Inilah suatu bisnis online sudah dimulai.

Bisnis online sama halnya dengan melakukan transaksi jual beli seperti dilakukan di pasar ( tradisional ). Namun kantor/toko online bentuk tampilannya hanya ada di internet. Caranya yaitu dengan membuat website bisnis online di internet.

Bisnis online juga bisa berasal dari bisnis offline seperti suatu toko baju, toko mainan dan lain-lain. Lalu toko offline tadi dibuka juga di internet maka itu bisa menjadi suatu bisnis online.

Bisnis online juga bisa dari membuat website lalu dikembangkan menjadi portal online. Dimana kemudian banyak orang mengunjungi dan memasang slot iklan. Sehingga pundi-pundi uang masuk dari banyaknya iklan.

Macam jenis bisnis online di internet antara lain : website, online shop atau marketplace, blog dan akun media sosial.  Mendirikan bisnis online memang berpotensi menguntungkan. Namun proses dan tantangannya pun bukanlah sesuatu yang mudah.

Banyak hal perlu dipertimbangkan saat memulai bisnis online. Atau meng-online-kan bisnis offline kita. Akan berjalan mudah bagi seseorang yang terbiasa dengan smartphone atau komputer. Dan sulit bagi mereka para pebisnis pemula dan belum melek teknologi internet.

Keuntungan Bisnis Online

bisnis online, internet, manfaat, usaha pertanian online, toko pertanian, toko online, lmga agro
Manfaat Internet untuk Toko Pertanian

Bisnis online menyajikan beberapa keuntungan bagi pelakunya. Diantaranya :

  1. Hemat biaya baik sewa tempat maupun biaya gaji karyawan.
  2. Produk bisnis fleksibel dan bisa bermacam-macam.
  3. Kemudahan akses ke internet kapan saja, dimana saja 24 jam setiap hari.

Namun bergerak di bisnis online, kita harus memiliki kemampuan teknis mengenai website dan internet. Bisnis online juga perlu pengeluaran untuk akses ke internet, perlu adanya gadget. Seperangkat komputer dan software pendukung lainnya. Bisnis online rentan terjadinya penipuan. 

Pebisnis online perlu memiliki pengetahuan tentang komputer dan software pendukungnya. Memiliki kemampuan cara menggunakan internet baik dan benar. Jika memiliki karyawan, sebaiknya juga paham tentang komputer dan internet.

Bisnis online dapat dijalankan meski hanya modal kecil. Hal ini berbeda dengan toko offline, butuh modal untuk sewa gedung, kios atau tempat lainnya.

Bisnis online dapat dilakukan dimana saja sepanjang ada gadget dan koneksi internet.  Modal bisnis online dipergunakan membeli laptop dan langganan koneksi internet.

Jangkauan internet sangat luas, membuat produk Anda dikenal banyak masyarakat. Internet merupakan media promosi bagus dan efektif sebab mudah dan murah. Hal ini berbeda jika pemasaran lewat koran, pamflet atau brosur. Semakin luas jangkauannya, biayanya makin besar.

Bisnis online dapat dikerjakan tanpa keluar rumah. Sehingga kita masih bisa berkumpul dengan keluarga. Atau mengenjakan pekerjaan rumah tangga. Hal ini pasti berbeda bila bekerja kantoran atau buka toko offline.

Bila di bisnis online, tidak ada lagi memajang produk secara fisik. Tetapi menyediakan katalog disertai deskripsi singkat namun padat tentang produk. Selain itu, usaha online dapat kita tangani sendiri tanpa merekrut pegawai. Keluarga di rumah dapat kita libatkan untuk ikut serta dalam menjalankan bisnis online kita.

Baca Juga : Ewindo Pameran Nasional Perkenalkan Benih Unggul Baru

Bisnis Online di Bidang Pertanian

Pertanian sangat lekat dengan Indonesia karena Indonesia adalah negara agraris. Indonesia kaya akan lahan kosong berhektar-hektar baik di dataran tinggi maupun rendah. Lahan tersebut bisa dimanfaatkan sebagai lahan pertanian.

Usaha pertanian dianggap bukan pekerjaan yang keren. Karena identik dengan kotor, panas dan ada di desa. Adanya internet, usaha pertanian bisa menjadi bisnis dengan pendapatan lebih besar dibandingkan kerja di kantor.

Bisnis online akan memudahkan petani menjual hasil produknya tidak hanya di sekitar tempat tinggalnya. Tetapi mencakup di luar kota atau sampai seluruh wilayah Indonesia. Karena itu perlu bahwa petani mengetahui tentang bisnis online ini. Penting sekali petani untuk mengenal tentang teknologi internet. 

Banyak usaha pertanian di Indonesia bisa dijalankan secara bisnis online. Sehingga kesejahteraan petani dapat ditingkatkan. Karena bisnis online ini mendekatkan petani kepada konsumennya langsung. Dan tidak banyak tangan agar hasil pertanian dapat sampai ke tangan konsumen.

Dalam artikel kami mengulas 4 usaha pertanian dengan prospek cerah dan menjanjikan di masa depan. Maraknya bisnis online juga bisa diterapkan pada 4 usaha pertanian hasil menggiurkan ini.

Baca Juga : Peluang Pasar Budidaya Cabai

1. Bisnis Pertanian Tanaman Organik

Gaya hidup masyarakat Indonesia semakin sehat dan menyadari pentingnya kesehatan. Hal ini karena peradaban manusia yang semakin maju. Masyarakat kini menginginkan semua serba sehat sampai pada pemilihan sayuran.

Gaya hidup sehat dengan berolah raga pada masyarakat di perkotaan begitu tinggi. Tampak pada acara Car Free Day setiap minggu pagi yang marak di setiap kota. Beberapa tempat juga menjadi pusat masyarakat berolahraga ringan bersama keluarga.

Selain bergaya hidup sehat dengan menerapkan olah raga, pemilihan sayuran organik juga menjadi gaya hidup sehat. Sayuran organik banyak dicari masyarakat. Dan ini bisa menjadi peluang bisnis yang menggiurkan.

Sebagai petani sayuran organik, Anda dapat memasarkan produk organik Anda secara online. Artinya sebagai petani Anda juga menjalankan bisnis online. Namun kualitas sayur juga harus dijaga. Karena bisnis online ini juga ada proses pengiriman yang bisa menyebabkan kualitas sayuran menurun.

Tanaman organik ditanam tanpa menggunakan bahan kimia. Semua serba organik, mulai pupuknya dan pestisida. Sehingga produk hasil tanamannya lebih sehat dan unggul.

Petani tanaman organik juga menyukai pertanian organik karena cenderung tidak butuh lahan luas. Pertanian organik bisa dikerjakan di area terbatas menggunakan media hidroponik. Di pasaran, tanaman organik dijual lebih mahal dari sayuran di pasar tradisional.

Pemeliharaan tanaman organik terutama menggunakan media hidroponik perlu keuletan lebih tinggi. Cara budidaya hidroponik juga masuk dalam pertanian modern. Minimnya penggunaan bahan kimia menjadikan tanaman harus dijaga dari hama dan penyakit.

Bisnis Online Cara Budidaya Sayuran Organik

bisnis online, usaha pertanian, sayuran organik, jual benih sayuran, toko pertanian, toko online, lmga agro
Sayur Organik Bisnis Menjanjikan

Sayuran organik benar-benar alami sehingga menyehatkan bagi tubuh. Kondisi lahan menanam sayur organik juga menjadi baik dan kesuburannya terjaga. Karena terbebas dari bahan kimia pupuk anorganik seperti Urea dan lain-lain.

Beberapa sayuran ini mudah dibudidayakan secara organik karena sangat kuat dan tahan dari serangan hama. Seperti sayuran sawi hijau, sawi putih, kangkung, selada dan masih banyak lagi.

Sayuran organik akan semakin tinggi nilai jualnya bila ditanam menggunakan media hidroponik. Sayuran yang bisa di tanam secara hidroponik adalah bayam, buncis, brokoli, kangkung dan seledri. Ada juga timun, sawi, pare, pakcoy, kailan dan selada hijau.

Beberapa jenis sayuran ada yang perlu disemaikan dulu. Juga ada yang langsung ditanam pada medianya. Sayuran berumur pendek ± 30 hari, seperti bayam, kangkung, selada dan sawi dapat langsung ditanam.

Tempat persemaian dibuat berukuran lebar atau menggunakan tray semai. Media adalah campuran tanah dan kompos dengan perbandingan 1 : 3.  tray semai dapat dibeli di Toko Pertanian Online LMGA Agro.

Tanam benih di tray semai dan tunggu sampai tumbuh dan muncul daun. Gunakan selalu benih berkualitas tahan virus. Benih hibrida berkualitas dapat anda beli di Toko Pertanian Online LMGA Agro. Penyiraman tanaman rutin tiap pagi dan sore.

Penanaman sayuran organik langsung di tanah sebaiknya dibawah naungan atau dibuatkan greenhouse sederhana. Beri tutup plastik bagian atapnya. Cara ini, tanaman dapat terlindungi dari terik matahari langsung. Juga dari curahan air hujan langsung dan serangan hama.

Setelah lewat persemaian dan tanaman siap dipindahkan, tanam pada polybag. Media tanah polybag adalah campuran tanah dan kompos ( 1 : 2 ) dan harus sudah diayak sebelumnya.

Baca Juga : Benih Tomat tahan Virus Penyelamat Petani

Pemeliharaan Sayuran Organik Sampai Panen

Perawatan budidaya sayuran organik tidaklah sulit. Hanya perlu perhatian dan pengamatan lebih intens setiap harinya. Karena tidak adanya penyemprotan pestisida bila ada serangan hama. Karena sama dengan tanaman lain, sayuran organik juga rentan terserang hama dan penyakit.

Budidaya sayuran organik juga harus dilakukan penyiraman dengan rutin. Penyiraman setiap pagi dan sore hari. Kadar air yang disiramkan harus pas dan tidak membuat becek. Penyiangan dilakukan terutama di sekitar area tanaman. Rumput-rumput liar yang tumbuh dapat mengganggu pertumbuhan sayuran.

Pemupukan diberikan dengn dosis yang cukup untuk menambah kesuburan tanah. Pastinya harus menggunakan pupuk organik dan bebas dari bahan kimia. Gunakan pupuk organik cair dan dapat juga dibuat sendiri.

Dibuat dari ampas kedelai, dihaluskan dan ditambahkan mikroba baik untuk tanaman. Tambahkan air bersih lalu diamkan sesaat. Setelah itu, pupuk diberikan dengan cara disemprotkan pada daunnya. Bisa juga diberikan dengan cara dialirkan di sela-sela lahan.

Pengendalian hama dilakukan dengan cara fisik. Untuk hama ulat, bisa diambil langsung lalu di matikan. Bisa juga membuat obat dari bahan-bahan alami tergantung dari hama yang menyerang. Petani biasanya menggunakan minyak serai, minyak kamper, cairan gula asam dan lain-lain.

Pemanenan sayuran organik disesuaikan jenis sayurannya. Masa panen sayuran organik juga sama dengan sayuran non-organik begitu juga cara panennya juga sama. Untuk areal kebun yang kecil, gunakan teknik berkebun secara vertikal.

Posisi menanam vertikal dapat membantu memaksimalkan penanaman dan meningkatjan sirkulasi udara. Penanaman secara vertikal dpat mencegah penyakit akibat cendawan dan daun tanaman tidak terkena tanah.

Baca Juga : Depe Semangka Lonjong Non Biji Andalan Petani

2. Bisnis Online Pertanian Tanaman Hias

bisnis online, alat pertanian, jual harga promo, usaha pertanian, toko pertanian, lmga agro
Usaha Alat Pengendalian Hama Tanaman

Bisnis online juga mulai merambah ke penjualan tanaman hias. Pemasaran melalui media sosial seperti Facebook, Instagram dan Twitter. Pembeli akan memesan tanaman hias Anda dan menghubungi nomor kita via sms atau WA.

Pengiriman akan dilakukan sendiri pemilik usaha tanaman hias ke alamat Anda. Bisnis online tanaman hias dapat dimulai juga dengan modal minim. Sediakan dulu beberapa jenis tanaman hias paling laris di daerah Anda.

Tanaman hias bukan hanya dibutuhkan rumah-rumah tinggal. Namun juga oleh taman-taman kota, kantor sampai hotel berbintang. Perumahan baru juga kadangkala menanam 1 – 2 jenis tanaman di pekarangan depan.

Bisnis online tanaman hias membutuhkan kesabaran dan kerja keras. Harga jual tanaman hias cukup tinggi dan selera masyarakat juga terus berubah dan berganti. Karena itu, pemilik usaha tanaman hias harus selalu mengikuti informasi terbaru.

Bunga Mawar

Bunga mawar paling populer diantara tanaman hias lainnya. Petani bunga mawar dapat menjual tanaman hias sebagai bisnis online. Memasarkannya lewat media sosial seperti Facebook untuk yang paling sederhana.

Bunga mawar juga banyak dijual dalam tanaman pot. Namun yang paling banyak dibeli adalah bunga mawar potong. Untuk dijadikan buket bunga acara-acara tertentu.

Mawar memiliki daya adaptasi amat luas terhdapa lingkungan. Dapat ditanam di daerah beriklim dingin maupun tropis. Curah hujan ideal tanaman mawar sebesar 1500 – 3000 mm/tahun.

Jenis tanah liat berpasir cocok untuk menanam mawar. Yaitu kandungan liatnya sebesar 20 – 30%. Cocok juga ditanam di tanah latosol dengan sifat fisik dan kesuburan cukup bagus. Derajat keasamannya antara 5,5 – 7. Pertumbuhan mawar cocok di ketinggian 500 – 800 m dpl, 1100 m dpl hingga 1400 m dpl dengan memperhatikan suhu udara minimun. 

Bunga Anggrek

Bunga anggrek merupakan pesaing utama mawar untuk favorit masyarakat. Pecinta anggrek juga tak kalah banyak dengan pecinta mawar. Seperti mawar, anggrek juga dapat dijual dalam bentuk bibit dan sudah dewasanya. Bunga potong anggrek masih kalah pamornya dengan bunga mawar.

Bisnis online bunga anggrek akan cepat berkembang karena peminatnya banyak sekali. Anda dapat memasarkan di media sosial bibit-bibit anggrek. Di bisnis online, bunga anggrek dapat dijual dalam 4 jenis dan menjadi komoditas tingkat petani dan importir bibit. Untuk tanaman dewasa dan bunga potongnya dijual di pasar bunga.

Untuk mendapatkan anggrek yang berkualitas, harus dilakukan dengan cara budidaya yang baik dan tepat. Bisnis online anggrek ini dapat terus meningkat. Sebab keragamanan dan ciri khas anggrek sebagai bunga tropis Indonesia. Harga jual anggrek juga cukup tinggi di pasar lokal, regional maupun internasional.

Pemilihan bibit anggrek yang unggul penting agar anggrek sering mengeluarkan bunga. Salah memilih bibit bisa menurunkan kualitas bunga. Bunga yang muncul tidak bagus, mudah layu atau menjadi rontok. Bahkan ada yang lama muncul bunganya atau malah tidak muncul sama sekali.

Bunga Matahari

Bunga matahari juga menjadi favorit dan banyak dicari. Bunga matahari banyak disukai karena perawatannya mudah. Bunga matahari menyukai matahari dan tentu saja cocok dengan iklim tropis Indonesia.

Bunga matahari memiliki potensial tinggi dengan produksi bijinya yang besar. Selain biji matahari yang dijadikan industri kuaci, juga dapat dijadikan minyak murni untuk industri. Bunga matahari paling banyak dijadikan bisnis minyak bunga matahari.

Minyak bunga matahari banyak digunakan sebagai bahan baku industri kecantikan. Minyak dari biji bunga matahari aman karena mengandung minyak nabati. Bunga matahari juga menjadi favorit bunga di taman rumah. Karena bentuk bunga matahari eksotik.

Bisnis online bunga matahari yaitu sebagai pemasok industri besar. Petani bunga matahari harus menanam tanaman ini dalam jumlah besar. Perlu beberapa hektar lahan untuk menjadi pemasok indutri karena memang membutuhkan dalam jumlah besar.

Kenyataan di lapangan, industri masih mengimpor minyak bunga matahari. Hal ini karena petani lokal belum dapat menyediakan kebutuhan dari industri. Tentu saja, ini menjadi peluang bisnis menggiurkan untuk budidaya bunga matahari.

Bunga Melati

Bunga melati memiliki banyak keunggulan diantaranya aroma harum, khas dan bentuk bunganya elegan. Potensi bisnis online bunga melati dijual sebagai bibit, tanaman hias dan bunga potong. Melati sebagai bunga potong banyak digunakan dalam berbagai acara peresmian dan sebagai bunga tabur.

Bunga melati juga menjadi bahan baku industri besar. Antara lain bahan baku industri minyak atsiri, kosmetik, pewangi, penyedap, cat, tinta dan masih banyak lagi.

Bisnis online bunga melati ini sangat besar. Permintaan bunga melati dalam dan luar negeri cukup besar. Kenyataan ini menjadi peluang usaha budidaya bunga melati. Apalagi bila dikembangkan melalui bisnis online, maka pangsa pasarnya akan semakin besar.

Tanpa promosi gencar, petani bibit bunga melati mampu meraup keuntungan besar. Bibit melati tinggi 15 – 20 cm seharga Rp. 2500,- bisa harga naik untuk bibit lebih besar lagi. Pengusaha bibit bunga melati bisa meraup omzet Rp. 10 – 20 juta sebulan.

Sebagai bunga tabur, permintaan dari Indonesia saja mencapai 1 ton. Hal ini menjadi peluang bisnis bagi petani bila ingin terjun dalam penyediaan bunga melati. Usaha ini juga bisa dikembangkan secara bisnis online. Dan keuntungan bisnis bisa diperoleh sangat besar karena peluang ini.

Bunga Kamboja

Bunga kamboja biasanya banyak ditemuai di area pemakaman sehingga memang identik dengan bunga kematian. Namun, pohon kamboja memiliki banyak potensi mulai akar, getah dan bunganya. Pohon kamboja juga bisa dijadikan tanaman bonsai.

Bisnis online bunga kamboja berpotensi karena 1 kilogram bunga kamboja kering cukup tinggi harganya. Namun juga tergantung dari tiap-tiap daerah. Bunga kamboja banyak juga diminta pasar luar negeri. Negara tujuan ekspornya adalah Korea Selatan, Jepang dan Cina.

Di luar negeri tersebut, bunga kamboja kering diekstrak lalu diolah menjadi bermacam-macam produk. Produk tersebut antara lain teh, sabun mandi, lotion anti nyamuk, parfum, produk kecantikan dan produk herbal.

Bisnis online bunga kamboja ini kita bisa memilih menjadi petani atau distributornya. Peluang bisnisnya ada 4 macam. Yaitu, pertama sebagai petani tanaman kamboja. Dalam 1 hektar dapat ditanam sekitar 200 pohon kamboja. Dan 10 pohon menghasilkan 1 kilogram bunga basah.

Kedua, yaitu peluang bisnis sebagai distributor bunganya. Distributor ini menampung bunga kamboja dari petani lain. Bisnis ini dipilih bila kita tidak mampu menjadi petani yang panen setiap hari.

Usaha distributor ini perlu usaha keras menjemput ke petani dan menawarkan agar petani mau menjual ke kita. Usaha distributor ini harus mempunyai jaringan usaha luas. Caranya adalah lewat online melalui media sosial. Bunga kamboja tadi kemudian kita salurkan ke industri.

3. Bisnis Online Jual Bibit Berkualitas

bisnis online, usaha pertanian, jual benih bibit berkualitas, online shop, lmga agro, toko pertanian
Juala Benih Hibrida Untuk Bibit Berkualitas

Kualitas bibit menentukan pertumbuhan tanaman kedepannya sampai panen nanti. Dalam budidaya tanaman, penting untuk menggunakan bibit yang baik. Usaha pembibitan buah dan sayuran banyak sekali pemintanya.

Bibit buah dan sayur dalam polybag banyak dicari konsumen. Karena kemudian bibit tersebut ditanam di halaman rumah. Bisnis online pembibitan dapat dimulai dengan skala kecil dan modal tidak begitu besar.

Sediakan dulu bibit untuk beberapa jenis dimana merupakan bibit yang paling laku di daerah Anda. Untuk membuat bibit berkualitas juga diperlukan usaha dan pengetahuan yang cukup. Metode membuat bibit banyak ditemui di internet dan perlu banyak belajar.

Keuntungannya, bisnis pembibitan ini bisa juga dijalankan di lahan terbatas. Sehingga bisa dijalankan di rumah sebagai usaha rumahan menguntungkan. Bisnis online ini juga tidak ada masa kadaluarsanya. Semakin besar bibit, harga jualnya semakain tinggi.

Tiap daerah akan memiliki bibit favorit dan paling laris penjualannya. Kondisi tersebut dapat Anda manfaatkan untuk menyediakan bibit tanaman tersebut. Selain itu sediakan bibit tanaman yang sedang trend saat tersebut. Baik itu bibit buah, sayuran sampai tanaman hias.

Bisnis online pembibitan ini dapat dipasarkan lewat media sosial. Lewat internet juga kita dapat mengetahui bibit paling laku dan banyak peminatnya. Bisnis online pembibitan terutama bibit buah dan sayuran banyak dicari warga kota.

Baca Juga : Budidaya Tanaman Sawi yang Baik dan Benar

4. Bisnis Online Melayani Produk dan Jasa Pertanian Modern

Produk dan jasa pertanian modern dapat dipenuhi oleh sebuah usaha toko pertanian. Sejak dulu toko pertanian sudah ada seiring untuk memenuhi kebutuhan petani dalam bercocok tanam. Toko pertanian menyediakan kebutuhan petani. Yaitu benih, pupuk, pestisida sampai alat pertanian.

Kehadiran internet, menimbulkan ide untuk mendirikan toko pertanian online. Karena kini semua serba instan dan online, maka menjual kebutuhan petani dapat juga secara online.

Tidak semua petani memiliki pengetahuan untuk mengembangkan bisnis dan mengelola lingkungan dengan baik. Hal ini bisa menjadi peluang untuk membuat tim konsultan khusus petani. Pekerjannya memberikan solusi-solusi permasalahan di lahan dan tentang usaha pertanian.

Tim konsultan juga sambil menjual produk-produk kebutuhan petani. Mulai dari benih berkualitas, pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian. Agar jarak semakin dekat dengan petani, Anda dapat membuat video-video penjelasan tentang pertanian.

Video tersebut juga menawarkan produk dan jasa pertanian toko pertanian Anda. Video kemudian dibagikan melalui aplikasi YouTube dan dapat dibuka sewaktu-waktu oleh petani. Buatlah video sebanyak-banyaknya tentang permasalahan di lapangan.

Demikian artikel kami tentang Bisnis Online 4 Usaha Pertanian Menjanjikan Untuk Masa Depan. Hubungi di nomer 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan semua kebutuhan petani untuk budidaya tanaman.

Jual berbagai varietas benih hibrida untuk bibit berkualitas. Tersedia pula pupuk berkualitas, hormon tumbuhan, pestisida dan alat pertanian. Kami menerima layanan konsultasi gratis pertanian.

Semoga termotivasi adanya artikel kami tentang Bisnis Online Usaha Pertanian. Kami siap kirim pesanan Anda bersama JNE, POS INDONESIA, KI8 dan lain-lainnya. Selamat mencoba san salam sukses…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *