TANAMAN TOMAT DAN CARA MENANAM TOMAT DI MUSIM HUJAN

TANAMAN TOMAT, CARA MENANAM TOMAT, JURAGAN TOMAT, BENIH TOMAT, JUAL BENIH TOMAT, LMGA AGROTanaman Tomat Dan Tips Cara Menanam Tomat Di Musim Hujan. Jual benih tomat berkualitas untuk musim hujan, berminat silahkan hubungi LMGA AGRO bapak Budi Telp. 082141747141, SMS/WA: 08125222117. Tersedia produk benih hibrida dan unggul dari Perusahaan Benih ternama dan terpercaya.

Toko Pertanian Online LMGA AGRO jual benih tanaman hortikultura, pupuk, pestisida, alat pertanian. Kami melayani secara online dan melakukan pengiriman pesanan ke pelanggan kami di seluruh wilayah Indonesia. LMGA AGRO juga melayani konsultasi pertanian hortikultura tanaman tomat dan lain – lain secara online, gratis.

TANAMAN TOMAT DAN KEGUNAANNYA

Tanaman tomat merupakan salah satu komoditas sayuran utama yang dibutuhkan banyak orang. Tanaman tomat termasuk jenis tanaman sayur yang diambil buahnya untuk dikonsumsi. Baik secara langsung maupun diolah dalam bentuk masakan terlebih dahulu.

Buah tomat biasa digunakan bahan pelengkap dalam kuah masakan seperti aneka sup, sayur tomat, dan sebagainya. Juga bisa sebagai bahan lalapan pendamping sajian makanan seperti sajian ayam bakar, ikan bakar, dan sebagainya.

Selain itu tanaman tomat banyak dibudidayakan dan hasil panennya untuk memenuhi kebutuhan bahan baku industri makanan dan minuman. Antara lainnya sebagai bahan pembuatan saos dan sebagai bahan penyedap  berbagai olahan masakan.

Tanaman tomat penghasil buah tomat bermutu, banyak mengandung manfaat bagi kesehatan yang mengkonsumsinya. Kandungan tomat meliputi beberapa macam vitamin mineral dan senyawa nutrisi penting. Menjadikan manfaat tomat bagi tubuh sangat besar.

Manfaat tomat bisa untuk menjaga kebugaran tubuh dengan cara dikonsumsi dalam bentuk minuman jus tomat. Selain itu, mengkonsumsi tomat juga bisa digunakan untuk terapi penyembuhan beberapa penyakit.

BUDIDAYA TANAMAN TOMAT

Pengertian Tanaman Tomat

Tanaman tomat mempunyai nama latin Solanum Lycopersicum L, yaitu tanaman berumur pendek (kurang dari 1 tahun) dan akan menjadi layu dan mati setelah  dipanen. Tanaman tomat berasal dari benua Amerika dan berkembang menyebar budidaya tomat sampai di Indonesia.

Pohon tomat mempunyai akar lurus menembus kedalam tanah dan sedikit bercabang kesamping. Bentuk batang tanaman tomat persegi cenderung bulat, permukaan batang berbulu dan ada rambut kelenjar diantara bulu-bulunya.

Batang tanaman tomat berwarna hijau, struktur lunak tapi kokoh.  Bisa bercabang menyebar merata apabila tidak dipangkas. Bentuk daun tomat oval, bergerigi seluruh pinggir daun dan sedikit menjari.

Daun tanaman tomat berwarna hijau dengan panjang mencapai 15-25cm, lebar 10-20cm, dan berjumlah ganjil 5-7. Buah tomat ada yang berbentuk bulat, bulat oval, bulat persegi dengan warna hijau, kemerahan, merah tergantung jenis tomat atau varietasnya.

Tanaman Tomat Untuk Budidaya Tomat Musim Hujan

TANAMAN TOMAT, CARA MENANAM TOMAT, JURAGAN TOMAT, BIBIT TOMAT, JUAL BIBIT TOMAT, LMGA AGRO
TANAMAN TOMAT | LMGA AGRO

Menanam tomat di musim hujan sangat beresiko akan menghadapi gagal panen. Hal ini sudah biasa dialami oleh para petani tomat dan para juragan tomat, pendapatan akan menurun. Sebenarnya musim hujan menjadi kekhawatiran menyeluruh bagi petani hortikultura.

Untuk meminimalisir kekhawatiran, sebaiknya menggunakan benih sayuran tomat atau bibit tomat yang mempunyai mutu dan kualitas lebih. Benih tomat hibrida yang tahan akan serangan penyakit layu bakteri dan layu jamur. Serta jenis penyakit tanaman lainnya.

Hal ini dikarenakan resiko serangan hama penyakit meningkat di musim hujan pada lahan budidaya tanaman tomat. Kondisi lembab dan sering terjadi kelebihan pasokan air akibat hujan yang turun pada lahan budidaya tanaman tomat. Sehingga terjadi genangan berlebih pada lahan tanaman tomat.

Berikut ini beberapa varietas tomat musim hujan atau bibit tomat berkualitas yang bisa digunakan pada saat budidaya tanaman tomat musim hujan. Antara lainnya benih tomat Hibrida : Servo F1, Permata F1, Tantyna F1, Sakura F1, Betavila F1, Lumina F1, Fortuna 23 F1, TM Marvel F1, Adella F1, Falcon F1.

Benih tomat diatas merupakan produk dari perusahaan benih Nasional yang terpercaya. Seperti PT East West Seed Indonesia ( EWINDO ) dengan merek dagang Cap Panah Merah dan PT. BISI International,Tbk dengan merek dagang Cap Kapal Terbang serta dari PT. Tani Murni Indonesia (TM).

Benih tomat tersebut tersedia di LMGA AGRO, apabila berminat silahkan hubungi Toko Pertanian Online LMGA AGRO nomor Tlp : 082141747141; SMS/WA : 08125222117.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *