Kenali Manfaat Tomat F1 Corona 402 Dan Cara Menanam

Pasca Panen Buah Tomat F1 Corona 402

Buah tomat setelah petani atau juragan tomat petik dan simpan pada suhu 13 °C dan kelembaban 90 – 95% dapat tahan hingga 3 minggu. Buah tomat telah masak penuh ( berwarna merah ) disimpan suhu 7 °C dan kelembaban 90% dapat tahan hingga 7 hari.

Sortasi buah tomat dengan memisahkan tomat busuk dan tomat tidak busuk. Tomat dimasukkan wadah peti kayu. Hati-hati bila memasukkan tomat dalam wadah peti kayu. Jaga agar tomat tidak saling berbenturan agar tomat tidak rusak atau luka.

Bila tomat harus disimpan beberapa hari, maka saat pemetikan pilih buah tomat matang mengkal dan tidak terlalu berwarna merah. Hal ini untuk menghindari pembusukan atau buah terlalu matang saat masih kita simpan.

Apabila petani tidak melakukan sortasi maka tomat busuk akan bercampur dengan tomat bagus. Sehingga biasanya tomat bagus akan cepat rusak karena tertular tomat busuk. Tindakan sortasi menekan penurunan kualitas tomat sekitar 20%.

Grading dilakukan dengan memisahkan buah tomat berdasarkan warna buahnya. Dengan maksud membedakan mana tomat untuk pemasaran jarak jauh dan dekat. Pemasaran jarak dekat, buah tomat dipetik berwarna kekuningan.

Tomat untuk pengolahan, konsumsi segar atau sebagai bumbu dapur, tomat dipanen setelah masak fisiologis yaitu kulit tomat berwarna merah.

Untuk pengiriman jarak jauh, panen tomat dipilih masih hijau namun ukuran maksimal. Panen tomat hijau tidak mempengaruhi nilai gizinya dan dapat memperpanjang lama simpannya.

Demikian artikel kami judul Kenali Manfaat Tomat F1 CORONA 402 dan Cara Menanam. Hubungi kami di nomer 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro jual dengan harga promo benih, pupuk, pestisida dan alat-alat pertanian.

LMGA AGRO siap kirim pesanan tomat F1 Corona 402 cara cepat dan aman ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama ekspedisi JNE, TIKI, POS, KI8 dan lain-lain. Semoga artikel tentang Manfaat Tomat F1 CORONA 402 dan Cara Menanam Tomat bisa bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *