KENALI MANFAAT TOMAT F1 CORONA 402 DAN CARA MENANAM

Benih Tomat Corona 402 F1, jual benih tomat, manfaat tomat, cara menanam tomat, toko pertanian, lmga garo
Tomat F1 CORONA 402

Kenali Manfaat Tomat F1 CORONA 402 dan Cara Menanam. Hubungi HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus WA/SMS ). Toko Pertanian Online LMGA Agro jual murah harga promo benih, pupuk, pestisida dan alat pertanian.

Toko Pertanian Online LMGA Agro jual benih tomat F1 CORONA 402 Cap Kapal Terbang, Chia Tai Seed. Manfaat tomat F1 CORONA 402 produk benih dari PT. BISI International, Tbk.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menerima layanan konsultasi gratis manfaat tomat F1 CORONA 402. Melayani konsultasi juga cara menanam tomat F1 CORONA 402, benih hibrida cap Kapal Terbang.

Toko Pertanian LMGA Agro supplier berpengalaman jual beli online pertanian, dropship, online shop, reseller, petani dan toko pertanian. Kami didukung dari PT BISI, East West Seed ( EWINDO ), BCA, Takii Seed dan lainnya.

MENANAM TOMAT HIBRIDA F1 CORONA 402

Cara menanam tomat F1 CORONA 402 merupakan tomat tipe semi-determinate. Cara menanam tomat F1 CORONA 402 direkomendasikan untuk dataran rendah sampai menengah.

Tomat F1 CORONA 402, benih tomat tahan virus gemini dan penyakit layu bakteri. Bentuk buah tomat F1 CORONA 402 bulat dan oval. Tekstur buah keras sehingga tahan pengangkutan jarak jauh.

Menanam tomat F1 CORONA 402 tumbuh seragam. Buah tomat F1 CORONA 402 berukuran sedang dan berat ± 60 gram/buah. Umur panen menanam tomat F1 CORONA 402 sekitar 60 hari setelah pindah tanam.

Potensi hasil panen ± 2,9 kg/tanaman. Penanaman benih tomat F1 CORONA 402 sebanyak 85 – 90 kg/hektar. Jarak tanamnya 60 x 60 cm. Kemasan benih tomat F1 CORONA 402 Cap Kapal Terbang sebanyak 5 gram.

JURAGAN TOMAT SUKSES MENANAM BENIH TOMAT F1 CORONA 402

Benih tomat F1 CORONA 402 Cap Kapal Terbang produksi PT. BISI International, Tbk merupakan benih hibrida bebas virus Gemini. Benih dari Chia Tai Seed ini tepat ditanam di daerah tropis dan di dataran rendah sampai menengah.

Hasil produksi cara menanam tomat F1 CORONA 42 ini tinggi, buah juga kuat dan tebal. Buah tahan pengangkutan jarak jauh dan memiliki daya simpan lama. Keuntungan cara menanam tomat F1 CORONA 402 ini membuat petani untung besar. Petani juga cepat menjadi seorang juragan tomat sukses.

Bahagia sekali pasti bila apa yang kita tanam dapat berbuah manis. Dan hal ini banyak dirasakan juragan tomat yang sukses di kebun sayur tomat F1 CORONA 402. Panen tomat berhasil maksimal dengan menanam tomat F1 CORONA 402 tahan virus Gemini.

Juragan tomat merasakan untung besar dengan cara menanam tomat F1 CORONA 402. Begitu juga bila menanam di kebun sendiri baik kebun luas maupun kebun rumah. Seorang juragan tomat hanya butuh 2 bulan dapat menikmati hasil cara menanam tomat F1 CORONA 402.

MANFAAT BESAR DALAM KANDUNGAN NUTRISI TOMAT F1 CORONA 402

tanaman tomat, tomat f1 corona 402, cara menanam tomat, toko pertanian, lmga agro
Manfaat Buah Tomat F1 CORONA 402

Manfaat tomat F1 CORONA 402 mengandung banyak nutrisi dan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Bila konsumsi buah tomat tepat, sesuai takaran dan tidak berlebihan, pasti manfaat besar diperoleh.

Hal ini karena tomat mengandung nutrisi lengkap dan dalam jumlah cukup besar. Manfaat tomat sanggup memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian Anda.

Buah tomat F1 CORONA 402 mengandung antioksidan alami bernama likopen ( lycopene ). Likopen membantu melawan efek radikal bebas penyebab kanker. Tomat juga mengandung antioksidan lain yaitu polifenol, naringenin dan chlorogenic acid.

Buah tomat F1 CORONA 402 mengandung rendah kalori dan lemak. Namun manfaat tomat juga kaya karotenoid, lutein, gula, vitamin A, vitamin C, folat dan kalium. Tidak heran, bila manfaat buah tomat sangat banyak. Dibawah ini dijelaskan kandungan tomat F1 CORONA 402 dan fungsinya bagi tubuh.

BACA JUGA : MANFAAT TOMAT DAHSYAT BAGI TUBUH DAPAT DITANAM DALAM POT 

1. MANFAAT SERAT DALAM TOMAT F1 CORONA 402

Manfaat tomat F1 CORONA 402 mengandung serat yang sangat baik. Satu buah tomat ukuran sedan9 ( ± 1,5 gram ) mengandung serat pangan bermanfaat untuk pencernaan kita. Serat dalam tomat F1 CORONA 402 jenis serat larut dalam air.

Dalam sehari dianjurkan mengkonsumsi 2 – 3 buah tomat sebagai camilan. Sebagai minuman jus, dapat ditambahkan apel untuk menambah rasa manis dan serat. Jangan ditambahkan gula terlalu banyak karena tidak baik untuk kesehatan.

2. MANFAAT KARBOHIDRAT DALAM TOMAT F1 CORONA 402

Kandungan karbohidrat tomat tidak terlalu banyak. Karenanya rasa buah tomat cenderung agak asam. Kandungan glukosa dan fruktosa tidak terlalu banyak juga.

Kandungan gula rendah maka manfaat tomat dapat dikonsumsi oleh siapa saja bahkan oleh penderita diabetes sekalipun.

BACA JUGA : TOMAT LENTANA BUAH BESAR HASIL MELIMPAH DARI CAP PANAH MERAH

3. MANFAAT VITAMIN DAN MINERAL TOMAT F1 CORONA 402

Vitamin dan mineral dalam manfaat tomat cukup banyak dan penting untuk tubuh kita. Bila kita rutin mengkonsumsi tomat maka manfaat besar dapat kita peroleh.

Vitamin C dalam manfaat tomat ukuran sedang mensuplai 28% tubuh kita. Sehingga bila mengkonsumsi 3 – 4 buah tomat, maka terpenuhilah manfaat vitamin C tomat sebanyak 100%.

Vitamin K banyak terkandung dalam tomat F1 CORONA 402 bermanfaat menjaga kesehatan tulang dan darah. Vitamin K bermanfaat mencegah terjadinya penggumpalan.

Potassium terkandung cukup banyak dalam manfaat tomat F1 CORONA 402. Potassium dalam jumlah yang cukup, bermanfaat untuk menjaga tekanan darah tetap normal. Bersama dengan itu, Potassium bermanfaat menjaga kesehatan jantung.

Folat atau vitamin B9 bermanfaat untuk selalu menjaga pertumbuhan sel dalam tubuh agar tidak terganggu. Folat bermanfaat meningkatkan regenerasi pada sel. Untuk ibu hamil, folat bermanfaat untuk kesehatan janin.

4. MANFAAT ANTIOKSIDAN DALAM TOMAT F1 CORONA 402

Tomat F1 CORONA 402 banyak mengandung macam-macam antioksidan. Manfaat antioksidan dalam jumlah besar ini, berasal dari warna merah buah tomat itu sendiri.

Warna merah buah tomat mengandung antioksidan yaitu likopen. Likopen bermanfaat untuk mencegah terjadinya infeksi dan sakit pada tubuh kita.

Antioksidan lain dan terdapat pada tomat F1 CORONA 402 adalah betakarotene. Betakarotene memberikan warna oranye pada buah dan sayuran. Setelah dalam tubuh, betakarotene akan diubah/diuraikan menjadi vitamin A. Vitamin A bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mata kita.

Kulit tomat F1 CORONA 402 mengandung flavonoid. Flavonoid bermanfaat untuk mencegah terjadinya inflamasi ( peradangan ) di tubuh.

Inflamasi merupakan reaksi sistem kekebalan alami dalam tubuh dan digunakan untuk melawan penyakit. Proses ini merupakan respon alami tubuh bila ada penyakit yang menyerang. Adanya flavonoid, infeksi dan luka mudah sekali sembuh.

Asam chlorogenic atau asam klorogenik dalam manfaat tomat F1 CORONA 402 adalah sebagai antioksidan. Antioksidan jenis ini bermanfaat menurunkan tekanan darah dan berat badan. Asam klorogenik juga memberikan manfaat besar menjaga kesehatan jantung ( kardiovaskular ).

Kandungan antioksidan tomat ( likopene, karotenoid dan polifenol ) bermanfaat mencegah kerusakan DNA dalam sel akibat radikal bebas. Radikal bebas menjadi salah satu pemicu timbulnya penyakit kanker.

Karena itulah, manfaat besar tomat F1 CORONA 402 adalah mencegah berbagai penyakit kanker. Seperti kanker prostat dan kanker kolorektal. Kanker kolorektal adalah kanker yang tumbuh pada usus besar atau bagian paling bawah usus besar dan terhubung ke anus.

Antioksidan dalam manfaat tomat efektif mencegah kanker lambung, mulut, paru-paru, payudara dan kandung kemih ( saluran urine ).

5. MANFAAT KALIUM DALAM TOMAT F1 CORONA 402

Kalium dalam tomat F1 CORONA 402 bermanfaat besar menurunkan tekanan darah tinggi disertai mengurangi asupan garam. Mengkonsumsi tomat secara rutin mampu menstabilkan penderita tekanan darah tinggi yang ringan.

Kandungan Kalium bersama likopen bermanfaat menurunkan kadar kolesterol jahat ( LDL ) dalam tubuh. Kalium juga bermanfaat membantu menjaga kestabilan irama jantung.

BACA JUGA : TOMAT DATARAN TINGGI F1 OPTIMA BUAH BESAR TAHAN VIRUS

CARA PERSEMAIAN BENIH TOMAT F1 CORONA 402

Cara menanam tomat F1 CORONA 402 melalui proses menyemaikan benih. Prosesnya dilakukan dengan beberapa cara disesuaikan dengan kemampuan petani.

Persemaian di Lahan Bedengan 

Buat bedengan lebar 110 – 120 cm dan tinggi sekitar 30 cm. Bedengan dibuat memanjang dan membujur dari utara ke selatan. Bentuk bedeng seperti ini memudahkan tanaman menerima sinar matahari langsung. Sehingga proses fotosintesis berjalan dengan baik.

Sebarkan pupuk kandang matang pada permukaan bedeng. Ratakan pupuk kandang dengan cara diaduk-aduk menggunakan cangkul. Bila bedengan berukuran 1 x 2 meter maka kebutuhan pupuk kandangnya sekitar 10 – 20 kg. Perbandingan pupuk kandang dan tanah adalah 1 : 3 atau 1 : 4.

Setelah bedengan selesai dibuat, diamkan lahan selama 5 hari atau 1 minggu sebelum ditanami benih tomat F1 CORONA 402. Sebelum benih disemai, bisa dipasangkan naungan. Naungan untuk melindungi bibit dari sinar matahari dan air hujan.

Setelah 1 minggu, benih siap disemai dan persiapkan benih dengan baik. Siram air agar tanah semai agak basah. Taburkan benih merata pada bedeng semai. Kemudian tutup tanah tipis-tipis. Telitilah benih bila ada yang saling menempel karena nanti tidak dapat berkecambah bila saling menempel.

Sirami benih agar dapat tumbuh, menggunakan sprayer yang halus. Bila benih sudah berkecambah, sekitar 4 – 10 hari, naungan bisa dilepas. Bila turun hujan, naungan dipasang lagi.

Persemaian Tomat F1 CORONA 402 di Tray Semai

manfaat tomat, tomat hibrida f1 CORONA 402, jual benih tomat f1, toko pertanian, lmga agro
Tray semai Pembibitan Tomat F1 CORONA 402

Isi tray semai dengan media tanam tanah 1 : pupuk kandang 1. Padatkan sedikit demi sedikit dan pelan. Basahi media semai dengan air bersih 1 hari sebelum benih disemaikan.

Untuk satu lubang tray semai, ditanam 1 benih dengan kedalaman sekitar 1 cm kemudian tutup dengan tanah sedikit.  Dari tray semai, setelah bibit berumur 7 – 10 hari dapat dipindah ke polybag diameter 10 cm. Dari langkah ini, dapat diketahui bibit sehat dan tumbuh baik hingga siap ditanam di lahan.

Polybag diisi media tanam yaitu campuran tanah, pasir dan pupuk kandang dengan perbandingan jumlah sama. Isi polybag sampai penuh atau sampai batas atas polybag ± 5 cm. Pilih bibit sehat dan segar untuk dipindahkan ke polybag.

Lubangi media menggunakan jari sedalam 1 cm dan benamkan bibit tomat F1 CORONA 402. Kemudian tutup dengan tanah dan sedikit ditekan. Bibit tomat F1 CORONA 402 yang sudah ditanam, letakkan ditempat teduh.

Lakukan penyiraman bibit setiap pagi dan sore hari. Bibit dipelihara hingga berumur 14 – 21 hari atau bibit setinggi ± 15 cm. Bibit juga telah muncul 4 – 5 daun sejati dan dapat dipindahkan ke kebun.

BACA JUGA : MEMBUAT MEDIA SEMAI YANG BAIK DAN BENAR

PENGOLAHAN TANAH DAN CARA MENANAM TOMAT

Sambil menunggu bibit siap, kita sebaiknya menyiapkan lahan untuk menanam bibit tomat F1 CORONA 402. Persiapan tanam dilakukan dengan mencangkul tanah sampai gembur. Kemudian dibuat bedengan lebar 1 meter dan tinggi 25 cm. Bila di musim hujan, tinggi bedengan dibuat 40 -45 cm. Panjang disesuaikan luas lahan. Jarak antar bedengan digunakan untuk parit, dibuat lebar ± 30 cm.

Taburkan pupuk kandang di permukaan bedengan kemudian cangkul lagi agar pupuk tercampur rata dengan tanah. Pasang mulsa plastik hitam perak, atau menggunakan mulsa jerami padi. Apabila banyak jerami padi ditempat Anda. Selanjutnya diamkan lahan sekitar 1 minggu sebelum ditanami.

Pemupukan dasar sebelum tanam diberikan setelah bedengan dibuat. Pupuk kandang diaduk merata bersama tanah bedengan. Pupuk kandang untuk pupuk dasar dapat diberikan bersamaan dengan pengapuran. Selanjutnya lahan dibiarkan selama 1 – 2 minggu.

Selain pupuk kandang, tambahkan juga pupuk kimia, yaitu Urea/ZA 4 kg + 7,5 kg TSP + 4 kg KCl. Dosis pupuk diatas untuk luasan 1000 m².

Pupuk kemudian diaduk dan diratakan dengan tanah bedeng. Bila menggunakan pupuk majemuk NPK ( 15-15-15 ) diberikan dosis 20 kg/1000 m². Campur dan aduk rata dengan tanah.

Teknik cara menanam tomat F1 CORONA 402 ada 2 cara yaitu sistem trempel dan sistem bebas. Sistem trempel menggunakan jarak tanam 50 – 60 cm. Dengan menerapkan pola bujur sangkar atau segitiga.

Sistem trempel menerapkan pemangkasan tunas tumbuh yang muncul, sedini mungkin. Tujuan pemangkasan agar tanaman tomat tidak bercabang.

Sistem bebas menggunakan jarak tanam 80 – 100 cm. Jarak tanam rata-rata menggunakan 80 x 80 cm, 80 x 100 cm dan 100 x 100 cm. Maksud menggunakan jarak tanam tersebut agar tanaman tomat dapat bebas tumbuh. Tanaman tomat bisa memiliki cabang-cabang besar.

Lubang tanam dibuat menggunakan alat pelubang mulsa ( dapat dibeli di Toko Pertanian LMGA Agro ). Lubang berdiameter 7 – 8 cm dan kedalamannya 15 cm.

PUPUK UNTUK CARA MENANAM TOMAT F1 CORONA 402

alat pertanian, manfaat tomat, cara menanam tomat, tomat hibrida f1 corona 402, toko pertanian, lmga agro
Alat Kocor Cara Menanam Tomat

Pupuk untuk tomat berasal dari pupuk organik dan an-organik. Pupuk organik yaitu pupuk kandang dan diberikan setiap 1 bulan sekali sebanyak 300 gram per tanaman. Tambahkan pupuk an-organik dengan kandungan Nitrogen dan NPK saat tanaman berumur 10, 20 dan 30 HST.

Pupuk untuk tomat di fase vegetatif diberikan dengan dosis 5 gram per tanaman. Fase generatif, pupuk NPK diberikan setelah umur 45 HST dan selanjutnya setiap 10 hari sekali.

Pupuk kandang memiliki kandungan hara lebih sedikit dibanding pupuk buatan ( an-organik ). Sehingga perlu ditambahkan pupuk an-organik untuk menambah hara dalam tanah. Pupuk kimia juga menjadi salah satu bahan pupuk dasar.

Pupuk dasar cara menanam tomat yaitu 650 kg/ha ZA, 250 kg/ha Urea, 500 kg/ha TSP ( atau SP-36 dan 400 kg/ha KCl. Pupuk-pupuk tunggal tersebut dicampur secara merata dan diaplikasikan sebagai pupuk dasar.

Bila menggunakan pupuk majemuk seperti NPK, pilihlah pupuk NPK 15-15-15 sebanyak 700 kg/ha. Setiap pemakaian 100 kg pupuk NPK, campurkan dengan 1,5 kg Furadan. Pupuk dasar diberikan sebanyak 200 g/m². Pupuk dasar disebarkan lalu diaduk merata. Bedengan lalu disiram air hingga basah dan kemudian ditutup mulsa plastik.

BACA JUGA : TANAM BENIH TOMAT TYMOTI PANEN SUKSES DAN BEBAS VIRUS

PUPUK ORGANIK CAIR CARA MENANAM TOMAT

Cara menanam tomat F1 CORONA 402 secara organik, Anda dapat menyemprotkan pupuk organik cair dengan kandungan Kalium tinggi. Pemberian pupuk organik cair pada fase generatif, yaitu akan muncul bunga dan buah.

Penyemprotan dilakukan setiap minggu. Cara pemupukan organik cair harus dilarutkan lebih dulu. Pupuk cair 1 liter dilarutkan dengan 100 liter air. Perlu dicatat, bahwa konsentrasi pupuk organik cair tidak boleh lebih dari 2 %.

Pemberian pupuk cair, bisa juga ditambahkan pupuk kandang/kompos setelah tomat F1 CORONA 402 berumur 2 – 3 minggu. Pemberian sebanyak ± satu genggam tangan/tanaman.

PUPUK SUSULAN/TAMBAHAN CARA MENANAM TOMAT

Cara menanam tomat F1 CORONA 402 an-organik umur tanaman 1 minggu, berikan campuran Urea + KCl perbandingan 1 : 1. Campuran pupuk tadi diberikan sebanyak 1 – 2 gram per tanaman.

Umur 2 – 3 minggu, berikan campuran Urea + KCl perbandingan sama. Diberikan sebanyak 5 gram/tanaman.

Tomat F1 CORONA umur 4 minggu, bila tampak tanaman kurang gizi dapat diberikan Urea dan KCl 7 gram/tanaman. Pemberian pupuk jangan langsung ke tanaman, tetapi dengan jarak 7 cm dari batangnya.

Pupuk susulan menggunakan pupuk tunggal tomat F1 CORONA 402 yaitu ZA, SP-36 dan KCl. Masing-masing dosis pupuk adalah 500 kg/ha ZA, 170 kg/ha SP-36 ( atau TSP ) dan 220 kg/ha KCl.

Pemberian pupuk ZA dilakukan 4 tahap yaitu 200 kg/ha saat tanam dan tahap 2,3 dan 4 sebanyak 100 kg/ha pada umur 10, 24 dan 44 HST.

Pupuk TSP atau SP-36 diberikan semua saat menanam tomat F1 CORONA 402. Pemberian pupuk KCl ada 3 tahap. Tahap pertama saat tanam sebanyak 120 kg/ha, tahap kedua 60 kg/ha umur 24 HST. Tahap ketiga sebanyak 40 kg/ha pada umur 44 HST.

Pupuk susulan tomat F1 CORONA 402 juga bisa menggunakan pupuk NPK daun, kompos dan pupuk langsung pakai. Pemberian saat tomat menginjak umur 1 minggu. Untuk selanjutnya, pupuk diberikan setiap 30 hari sekali.

Kompos diberikan sebanyak 1 genggam tangan per tanaman. Kompos bisa diberikan untuk tomat di pot, polibag atau juga di bedengan. Pupuk majemuk NPK diberikan sebanyak 2 gram/tanaman.

BACA JUGA : BENIH TOMAT SERVO KUALITAS TAK TERTANDINGI

CARA PERAWATAN DAN PEMELIHARAAN TOMAT F1 CORONA 402

alat pertanian, tomat f1 corona 402, jual benih tomat, cara menanam tomat, lmga agro
Tali Salaran LMGA Agro

Cara merawat tomat F1 CORONA 402 relatif mudah dibandingkan merawat tanaman lain. Namun kita juga perlu mengetahui, beberapa hal yang penting dalam perawatan tomat. Hal-hal tersebut juga dapat mengurangi hasil produksi tomat bila diabaikan.

Tomat F1 CORONA 402 menginginkan suhu iklim 22 – 29 °C, diluar iklim tersebut, tomat sulit tumbuh dan berproduksi optimal.

Tomat F1 CORONA 402 membutuhkan intensitas cahaya tinggi, yaitu sinar matahari bersinar 10 – 12  jam setiap hari. Tomat akan mudah terserang penyakit bila iklim lingkungannya tidak sesuai.

Tanaman tomat sangat rentan dari lingkungan kekurangan oksigen dan tidak tahan genangan air. Dengan mengetahui segala kelemahan tanaman selama tumbuhnya maka memudahkan dalam perawatan hingga dewasa.

Penyiraman tomat F1 CORONA 402 sebaiknya dilakukan pagi dan sore hari. Jika cuaca mendung atau turun hujan, penyiraman tidak perlu dilakukan setiap hari. Kontrol rutin pada saluran drainase antar bedeng. Air harus berjalan lancar dan jangan sampai terjadi penggenangan air.

Air berlebihan untuk tanaman tomat membahayakan karena menyebabkan akar kesulitan menyerap unsur hara. Namun bila tanaman kekurangan air waktu lama, menyebabkan pertumbuhan tanaman tidak optimal.

Penyiangan yaitu dengan membersihkan gulma yang tumbuh disekitar tanaman tomat. Kebun bersih dari gulma sehingga tanaman tomat dapat menyerap unsur hara dengan maksimal. Keberadaan gulma merupakan pesaing tanaman dalam menyerap unsur hara.

Penyulaman dilakukan mulai 1 minggu setelah penanaman bibit dan maksimal sampai tanaman berumur 2 minggu setelah tanam. Penyulaman adalah mengganti bibit yang mati/sakit dengan bibit segar dan sehat.

Pendangiran/pembumbunan dilakukan agar tanah menjadi gembur dan akar mudah menyerap unsur hara. Cara pendangiran adalah dengan cara mencangkul tanah sekitar tanaman. Sehingga peredaran udara dalam tanah berjalan lancar. Pendangiran dipercaya dapat membuat tanaman cepat besar.

Ajir/lanjaran dipasangkan untuk menahan tegaknya tanaman tomat agar tidak roboh bila tertiup angin atau nanti saat buah muncul. Tomat F1 CORONA 402 jenis tomat semi-determinate dan selama tumbuhnya tidak memerlukan ajir/lanjaran.

Bila ingin dipasang ajir, tiang ajir menggunakan bambu berukuran kecil panjang 100 cm. Ditancapkan dengan hati-hati dan jangan kena akar tomat. Tancapkan ajir berjarak 10 – 20 cm dari tanaman.

CARA PEMANGKASAN TANAMAN TOMAT

Pemangkasan atau pruning  secara teknis pelaksanaan, bertujuan untuk memaksimalkan penerimaan cahaya untuk fotosintesis. Tujuan lainnya untuk meminimalkan tanaman terserang penyakit.

Jika tomat terlalu rimbun maka sirkulasi udara tidak lancar dan kelembaban menjadi tinggi. Kondisi tersebut mudah sekali tumbuh jamur dan bakteri yang merusak tanaman.

Pemangkasan dapat memperkuat batang utama sebagai tempat munculnya cabang bunga dan bakal buah. Inti dari pemangkasan adalah menyeimbangkan pertumbuhan vegetatif dan generatif. Namun pemangkasan berlebihan bisa membuat tanaman stress dan dapat mengurangi hasil.

Tanaman tomat bila tidak dipangkas maka pertumbuhan akan lebat, banyak tumbuh cabang dan buah tumbuh kecil-kecil. Hal ini karena, sepanjang tumbuhnya, unsur hara terbagi untuk pertumbuhan daun, pucuk dan wiwilan ( organ vegetatif ). Unsur hara yang menuju pertumbuhan generatif menjadi sedikit.

Tipe tomat semi-determinate tidak banyak melakukan pemangkasan karena tidak banyak wiwilan yang tumbuh. Pemangkasan lebih difokuskan untuk 2 tipe pertumbuhan tomat lainnya. Terdapat perbedaan pemangkasan untuk tipe indeterminate dan determinate. Tipe in-determinate paling banyak sering melakukan pemangkasan.

Tipe tomat in-determinate aktif tumbuh wiwilan/tunas samping. Dan bila tidak dipangkas akan menyedot banyak unsur hara. Pertumbuhan cabang juga aktif untuk tipe in-determinate.

Pemangkasan standar untuk tomat tipe determinate adalah memangkas semua wiwilan/tunas liar pada cabang buah paling bawah. Wiwilan yang tumbuh sesudah itu, tidak perlu dipangkas karena digunakan untuk memproduksi buah.

Pemangkasan penting lainnya adalah memangkas daun tua dan daun terkena penyakit. Kemudian daun-daun tersebut dimusnahkan menjauhi tanaman. Cara ini dapat meminimalkan serangan hama dan penyakit tomat.

BACA JUGA : PEMULIAAN UNTUK PRODUKSI BENIH TOMAT TAHAN VIRUS

PENGENDALIAN HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN TOMAT

Tomat F1 CORONA 402 benih tahan virus Gemini, virus mematikan dan ditakuti petani. Dengan menggunakan benih tahan virus, Anda tidak lagi khawatir dengan serangan virus. Namun, Anda tetap diwajibkan melakukan beberapa pengendalian teknis. Pengendalian ini untuk mencegah dan mengatasi serangan hama dan penyakit tomat.

Usaha untuk mencegah serangan hama dan penyakit tomat, pertama yaitu tentu saja menggunakan benih hibrida tahan virus. Menanam tomat ditempat yang sebelumnya bukan tanaman satu famili. Lebih baik jika lahan sebelumnya digunakan untuk menanam padi atau jagung.

Cara menanam tomat jangan berdekatan dengan tanaman yang sama dan sudah berumur lebih tua. Lakukan dan selalu menjaga kebersihan kebun, seperti rutin membersihkan gulma. Rutin melakukan penyiraman tapi juga tidak berlebihan. Membuang daun-daun tua dan  membakarnya di tempat agak jauh.

Kontrol selalu tanaman sambil melakukan perawatan seperti menyiram, menyiang dan memupuk. Bila tampak ada hama jangan langsung melakukan penyemprotan. Sebisa mungkin kita melakukan pengendalian secara alami yaitu mematikan langsung hama di lahan. Daun atau bagian tanaman lain yang terinfeksi, segera di pangkas agar tidak menularkan ke tanaman lain.

Hama ulat merupakan hama paling sering menyerang tanaman tomat. Biasanya ulat menyerang tanaman muda. Juga menginfeksi buah agak tua hingga berlubang dan membusukakibat terinfeksi.

Hama cacing juga sering menyerang tanaman tomat. Terutama bila tingkat keasaman tanah pada level pH 4 – 5. Untuk meningkatkan pH tanah ke pH netral, taburkan kapur Dolomit.

Hama lalat buah salah satu hama utama tanaman tomat. Penyemprotan insektisida sistemik dimulai tanaman berumur 1 minggu setelah pindah. Langkah ini dapat menghindarkan tanaman dari serangan lalat buah.

Hama lalat buah menyerang dengan cara menyuntikkan telur kedalam daging buah. Telur akan menetas dan menjadi larva. Larva ini nantinya akan merusak dan menggerogoti daging buah hingga buah busuk lalu rontok.

PANEN BUDIDAYA TOMAT F1 CORONA , TOMAT SEMI-DETERMINATE

Benih tomat hibrida kebanyakan merupakan tomat tipe semi-determinate. Tinggi tipe pertumbuhan tomat semi-determinate mencapai 1 – 2 meter. Tanaman menghasilkan jumlah tandan dan hasil produksi buah lebih banyak dibandingkan determinate.

Tomat semi-determinate biasanya dibudidayakan pada lahan terbuka. Pemeliharaannya juga tidak se-intensif 2 tipe pertumbuhan lainnya. Pemeliharaan tersebut seperti pemasangan ajir dan pemangkasan tunas. Tomat semi-determinate cocok ditanam di pekarangan atau lahan dengan luas terbatas/kecil.

Panen tomat F1 CORONA 402 dipetik umur sekitar 60 hari setelah pindah tanam. Panen tomat dapat dilakukan saat buah hijau dan buah sudah maksimal besarnya. Dipetik hijau khusus untuk tomat pengangkutan jarak jauh atau penyimpanan lama. Sehingga saat siap diterima konsumen, tomat sudah berwarna merah.

Pemetikan buah tomat F1 CORONA 402 umur 60 hari setelah pindah tanam. Panen tomat F1 CORONA 402 dilakukan interval 2 – 3 hari sekali. Dalam satu musim, panen tomat dilakukan sampai 15 kali.

Buah tomat siap dipetik jika telah matang 30%. Kriteria buah tomat masak optimal bisa dilihat dari warna kulit buah dan ukuran buahnya. Biasanya ditandai pula dengan tepi daun tua mulai mengering. Tanaman dan batangnya mulai menguning/kering.

Waktu pemetikan sebaiknya dilakukan pagi atau sore hari saat cuaca tidak panas/terik. Buah tomat dipetik saat terik matahari dapat mengakibatkan daya simpan buah menjadi pendek.

 PASCA PANEN BUAH TOMAT F1 CORONA 402

Buah tomat setelah dipetik dan disimpan pada suhu 13 °C dan kelembaban 90 – 95% dapat tahan hingga 3 minggu. Buah tomat telah masak penuh ( berwarna merah ) disimpan suhu 7 °C dan kelembaban 90% dapat tahan hingga 7 hari.

Sortasi buah tomat dengan memisahkan antara tomat busuk dan tomat tidak busuk. Tomat dimasukkan pada wadah peti kayu. Hati-hati bila memasukkan tomat dalam wadah peti kayu. Jaga agar tomat tidak saling berbenturan agar tomat tidak rusak atau luka.

Bila tomat harus disimpan beberapa hari, maka saat dipetik pilih buah tomat matang mengkal dan tidak terlalu berwarna merah. Hal ini untuk menghindari pembusukan atau buah terlalu matang saat masih disimpan.

Apabila petani tidak melakukan sortasi maka tomat busuk akan bercampur dengan tomat bagus. Sehingga biasanya tomat bagus akan cepat rusak karena tertular tomat busuk. Tindakan sortasi dapat menekan penurunan kualitas tomat sekitar 20%.

Grading dilakukan dengan memisahkan buah tomat berdasarkan warna buahnya. Dengan maksud untuk membedakan mana tomat untuk pemasaran jarak jauh dan dekat. Pemasaran jarak dekat, buah tomat dipetik berwarna kekuningan.

Tomat untuk pengolahan, konsumsi segar atau sebagai bumbu dapur, tomat dipanen setelah masak fisiologis yaitu kulit tomat berwarna merah. Untuk pengiriman jarak jauh, panen tomat dipilih yang masih hijau namun ukuran sudah maksimal. Panen tomat hijau tidak mempengaruhi nilai gizinya dan dapat memperpanjang lama simpannya.

Demikian artikel kami judul Kenali Manfaat Tomat F1 CORONA 402 dan Cara Menanam. Hubungi kami di nomer 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro jual dengan harga promo benih, pupuk, pestisida dan alat-alat pertanian.

Kami menerima layanan konsultasi pertanian dan cara menanam buah dan sayur atau permasalahan pertanian lainnya. Kami siap kirim pesanan Anda cepat dan aman ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama ekspedisi JNE, TIKI, POS, KI8 dan lain-lain. Semoga artikel tentang Manfaat Tomat F1 CORONA 402 dan Cara Menanam Tomat bisa bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *