MANFAAT BUAH MELON DAN CARA PRAKTIS MENANAMNYA

manfaat buah melon, menanam melon, jual benih melon, toko online, lmga agro
Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Melon dan Cara Praktis Menanamnya. HP. 082141747141 ( telepon ) 08125222117 ( SMS/WA ) Toko Pertanian Online LMGA Agro jual benih hibrida melon berbagai varietas. Benih tahan penyakit, kuat dan kokoh menghasilkan manfaat buah melon segar dan menyehatkan.

Toko Pertanian Online LMGA Agro juga tersedia macam-macam pupuk, pestisida dan alat-alat pertanian seperti alat kocor siram dan lain-lain. Kami juga melayani konsultasi pertanian gratis guna membantu Anda mengatasi permasalahan di lapangan.

Manfaat buah melon sangat besar untuk kesehatan tubuh kita. Hal ini karena manfaat buah melon memiliki kandungan zat dan vitamin lengkap. Manfaat buah melon juga dapat memberikan energi kita beraktivitas.

Manfaat buah melon juga bisa sebagai makanan pencuci atau camilan segar saat cuaca sedang panas. Kandungan nutrisi dalam manfaat buah melon juga baik untuk kecantikan, menyehatkan kulit dan rambut.

MANFAAT BUAH MELON TINGGI KARENA KANDUNGAN GIZINYA LENGKAP

Buah melon memiliki banyak manfaat karena buah melon kaya kandungan zat dan vitamin didalamnya. Manfaat dari 1 buah melon terkandung 60 kalori dan 14 gram gula alami. Manfaat buah melon rendah kandungan lemaknya namun dapat memberikan energi bagi yang mengkonsumsinya.

Buah melon memiliki rasa lezat dan kaya kandungan gizi lengkap. Manfaat buah melon sangat rendah kalori yaitu dengan hanya 100 g buah melon hanya terdapat 34 kalori. Buah melon juga rendah lemak.

Manfaat buah melon merupakan sumber vitamin A sangat baik. Dalam 100 gram buah melon tersedia 3382 IU atau sekitar 112% dari saran jumlah hariannya. Nilai vitamin A tersebut merupakan salah satu tertinggi di famili Cucurbita.

Vitamin A adalah jenis antioksidan kuat dan sangat baik bagi kesehatan mata kita. Vitamin A juga baik untuk mukosa dan kulit ( mukosa adalah bagian terdalam kulit ). Manfaat buah yang kaya vitamin A diketahui bermanfaat mencegah kanker rongga mulut.

Manfaat buah melon kaya antioksidan flavanoid yaitu beta-karoten, lutein, zeaxanthin dan cryptoxanthin. Antioksidan ini bermanfaat melindungi sel dan struktur lain dalam tubuh dari radikal bebas.

Kandungan gizi dalam buah melon bermanfaat melindungi dari kanker usus, kanker prostat, kanker payudara, kanker endometrium, kaknker paru-paru dan kanker pankreas.

Unsur zeaxanthin dan karotenoid buah melon bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Unsur tersebut diserap secara selektif dalam makula lutea retina di mata. Yaitu sebagai penyaring dan pelindung mata dari sinar UV. Unsur karotenoid ini bermanfaat lebih terhadap penglihatan usia lanjut.

Manfaat buah melon mengandung kalium yang merupakan bagian penting dari cairan sel. Dalam 100 gram buah melon mengandung 267 mg potassium/kalium.

Manfaat buah melon mengandung vitamin B kompleks seperti Niasin, asam pantotenat, vitamin C dan mineral seperti Mangan. Vitamin C bermanfaat meningkatkan resistensi dari agen infeksius. Manfaat buah melon dapat menangkal radikal bebas oksigen berbahaya.

MANFAAT BUAH MELON BAGI KESEHATAN TUBUH KITA

  1. Manfaat buah melon mencegah naiknya tekanan darah. Hal ini pengaruh kandungan kalsium dalam buah melon. Kita dapat membuat salad dari buah melon, semangka dan blewah untuk sarapan pagi.
  2. Manfaat buah melon dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah tubuh terkena serangan penyakit. Hal ini pengaruh dari kandungan vitamin C dalam buah melon. Satu cangkir melon dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin C Anda.
  3. Manfaat buah melon untuk diet. Hal ini karena buah melon mengandung serat. Dimana serat ini bermanfaat membantu pengaturan pencernaan dan ikut menurunkan kadar kolesterol. Pengaturan pencernaan disini, melon melancarkan saluran pencernaan dan dapat mencegah sembelit.
  4. Manfaat buah melon bagi program diet karena buah melon mengandung kalori rendah. Buah melon dapat menjaga kestabilan berat badan dan tubuh kita terasa segar.
  5. Buah melon mengandung vitamin B6 dimana seperti vitamin B lainnya bahwa vitamin B6 berfungsi sebagai koenzim. Yaitu enzim tersebut  berguna sebagai starter proses kimia dalam tubuh. Enzim digunakan salah satunya untuk metabolisme protein. Bila proses kimia dalam tubuh berlangsung baik maka tubuh akan menampilkan perasaan gembira.
  6. Manfaat buah melon sebagai anti-kanker. Hal ini karena pengaruh karotenoid dalam buah melon. Selain itu juga bermanfaat menurunkan risiko kanker paru-paru.
  7. Manfaat buah melon untuk mencegah stroke atau penyakit jantung. Hal ini karena peran serta suatu anti-koagulan yang disebut adenosine. Adenosine ini terbukti bermanfaat menghentikan pembekuan sel-sel darah penyebab stroke.
  8. Manfaat buah melon bersifat diuretik yaitu dalam penyembuhan penyakit ginjal. Kombinasi melon dan lemon bermanfaat mengatasi keluhan penyakit encok. Konsumsi buah melon setiap hari di pagi hari dapat membantu menjaga kesehtan ginjal.

BACA JUGA : BUDIDAYA MELON PERTIWI ANVI POTENSI PANEN HINGGA 54 TON

MANFAAT BUAH MELON PENTING LAINNYA

Manfaat buah melon, menanam melon, jual benih melon, toko pertanian, lmga agro
Manfaat Buah Melon Mudah Tanamnya

Manfaat buah melon paling penting adalah untuk kesehatan. Buah untuk ibu hamil sangat penting untuk dikonsumsi. Manfaat buah melon juga baik untuk ibu hamil. Manfaat buah melon dapat digunakan pada program diet dan segi kecantikan.

Terutama bagi ibu hamil, tubuhnya sangat membutuhkan asupan vitamin dan mineral tinggi. Asupan tersebut lebih besar dari sebelum hamil. Periode kehamilan harus diperhatikan karena imunitas ibu hamil cenderung lemah. Sehingga harus mendapat nutrisi maksimal.

Manfaat buah melon untuk ibu hamil memberikan sejumlah nutrisi kepada tubuh selama kehamilannya. Seperti Kalium dari buah melon bermanfaat menjaga kesehatan jantung. Vitamin C-nya dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Disarankan bagi ibu hamil, mengkonsumsi 100 gram per harinya.

Manfaat buah melon pada program diet, haruslah rutin mengkonsumsi makanan rendah kalori. Buah melon 250 gram di pagi hari dapat membantu mendapatkan bentuk tubuh ideal. Jumlah kalori manfaat buah melon sedikit sehingga tubuh tidak mudah gemuk.

Antioksidan buah melon dengan  tinggi manfaat, penting pada proses diet. Karena adanya antioksidan dapat membantu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Untuk mendapatkan berat badan ideal, maka pencernaan kita harus sehat. Manfaat buah melon dengan kadar air hingga 90% bermanfaat memberikan efek menenangkan.

Karena itu, buah melon bermanfaat meredakan sakit maag, mulas sakit perut dan melancarkan pencernaan. Buah melon mengandung juga serat tinggi sehingga berfungsi membuang makanan yang menumpuk tinggi dalam usus. Tumpukan makanan dalam usus menyebabkan timbulnya lemak, gula dan kolesterol.

Manfaat buah melon memiliki kandungan air tinggi, dapat memberikan rasa kenyang lama dan bisa sebagai penunda lapar. Buah melon mengandung sodium rendah, bebas lemak dan bebas kolesterol cocok untuk diet.

Kandungan kolagen  dalam  manfaat buah melon menjaga struktur sel semua jaringan ikat termasuk kulit. Buah melon bermanfaat menjaga dan mempertahankan ke-elastisan kulit agar tidak cepat menua.

MENGENAL MELON, BUAH DENGAN MANFAAT BANYAK

Buah melon cukup bervariasi, baik bentuk, ukuran, rasa, aroma dan penampilannya. Umumnya buah melon berbentuk bulat tetapi ada juga berbentuk lonjong.

Buah melon dipanen umur 75 – 120 hari tergantung dari varietasnya. Tanda-tanda melon sudah tua adalah bila ditepuk/dipukul berbunyi nyaring.

Nama latin melon, Cucumis melo L. adalah tanaman merambat, masuk dalam famili Cucurbitaceae dan genus Cucumis. Tanaman melon berasal dari lembah panas Persia. Namun beberapa ahli mengatakan, tanaman melon berasal dari Turki dan India.

Tanaman melon merupakan tanaman semusim berbatang sukulen dan bergerak menjalar di tanah. Melon banyak memiliki cabang,  sistem perakarannya dangkal dan menyebar. Sehingga semakin dalam tanah, jumlah akarnya semakin berkurang.

Melon dalam tumbuhnya membutuhkan banyak cahaya matahari dan panas. Menanam melon cocok dilakukan di daerah beriklim tropis kering panas.

Melon tidak menyukai tumbuh di daerah tropis basah dengan cuaca berawan. Cuaca demikian menjadikan tanaman mudah terserang penyakit daun sehingga kualitas buah jelek.

BACA JUGA : BUAH MELON HIBRIDA LUNA SI KULIT KUNING BERDAGING MERAH MERONA

SYARAT TUMBUH MELON, BUAH SEJUTA MANFAAT

BUDIDAYA MELON ACTION ORANGE, manfaat buah melon, manfaat melon,  jual benih melon, toko pertanian, lmga agro
Manfaat Buah Melon Banyak Varian Jenisnya

Melon menyukai tumbuh pada jenis tanah berlempung, subur, pH netral dan tanaman ini peka terhadap tanah masam. Keadaan tanah menjadi faktor penting bagi pertumbuhan dan proses produksi bercocok tanam.

Tanah liat berpasir sangat disukai tanaman melon. Tanah jenis ini memiliki lapisan bunga tanah yang tebal. Juga menyukai tanah banyak mengandung bahan organik untuk memudahkan akar tanaman berkembang.

Tanaman melon tidak menyukai tanah terlalu basah. Melon juga peka terhadap air tanah menggenang atau kondisi aerasi tanah yang jelek. Tempat dengan kelembaban udara rendah atau kering dan ternaungi dapat menyebabkan tanaman sulit berbunga.

Tanaman melon lebih cepat tumbuh pada daerah terbuka namun tidak terlalu terik. Penyinaran yang disukai adalah 70%.

Tidak menyukai tanah terlalu basah. Tanah harus ber-pH 5,8 – 7,2. Bila ada kekurangan dari sifat-sifat tanah yang diinginkan maka perlu dilakukan pengapuran, penambahan bahan organik atau pemupukan.

Rata-rata suhu yang dikehendaki adalah 25° -30° C tergantung dari varietas tanaman. Saat memasuki masa berbuah, melon membutuhkan  suhu 26° C di siang hari dan 18° C pada malam hari.

Menanam melon menghendaki curah hujan antara 2000 – 3000 mm/tahun. Atau sekitar 166,66 – 250 mm/bulan. Rata-rata kurang lebih 1 mm/jam.

Bila penanaman dilakukan saat musim hujan, sebaiknya jarak tanam dibuat lebar. Bedengan juga lebih lebar minimal 120 cm dan tinggi 50 – 60 cm. Pilihlah varietas tahan serangan hama dan penyakit.

Melon dapat tumbuh baik di ketinggian 300 – 900 meter dpl. Untuk ketinggian diatas 900 meter dpl, tanaman tidak dapat berproduksi optimal.

MANFAAT MELON : MENANAM DI HALAMAN RUMAH

Tanaman melon menghasilkan buah berwarna putih kehijauan sampai yang berwarna merah. Tekstur daging buah melon halus dan lunak. Paling lezat buah melon dinikmati sebagai hidangan terakhir, sebagai buah di meja atau campuran es buah.

Tanaman merambat, bentuk daun menjari dan batang tidak berkayu ini merupakan buah bernilai ekonomis tinggi. Terutama bagi yang hobi berkebun, dapat mencoba menanam melon di halaman rumah. Cara menanam di halaman rumah yaitu menggunakan pot atau polybag.

Menanam melon di halaman rumah akan menghadirkan ruang hijau dan baik untuk lingkungan kita. Menanam sendiri di rumah lalu menikmati buahnya langsung dari hasil menanam sendiri. Merupakan kepuasan sendiri dibandingkan dengan membeli di pasar/toko buah.

BACA JUGA : MELON ORANGE TAHAN VIRUS HDO 3

Persiapan Menanam Melon Menggunakan Pot

Siapkan beberapa buah polybag berukuran 40 x 50 cm ( sedang ) atau 37 x 40 cm. Lahan pekarangan tempat pot akan diletakkan, harus bersih dari rerumputan liar.

Kita juga perlu menyiapkan ajir/lanjaran meskipun bibit belum ditanam. Ajir dibuat dari bambu dengan panjang 1,5 – 2 m. Siapkan juga tali salaran untuk mengikat batang ( tersedia di Toko LMGA Agro ), gunting atau pisau pemotong.

Persiapan Bibit Dari Benih Melon Hibrida
GAMBAR BENIH SEMANGKA DAN MELON, manfaat buah melon, menanam melon, toko pertanian, lmga agro
Benih Melon Hibrida Tahan Penyakit | Manfaat Buah Melon

Bibit diperoleh dengan menyemaikan benih melon hibrida. Terdapat berbagai macam varietas benih buah melon tersedia di Toko Pertanian Online LMGA Agro. Benih melon dipilih sesuai dengan lokasi menanam, apakah di dataran rendah, menengah atau tinggi.

Perlakuan selanjutnya setelah mendapatkan benih melon yang sesuai, adalah merendam benih dalam air dan sudah diberi fungisida. Perendaman dilakukan selama 1 malam ( sekitar 12 jam ).

Setelah 12 jam, benih diangkat dan ditiriskan dalam koran basah. Biarkan benih selama 1 – 2 hari sampai benih berkecambah.  Jaga kelembaban kain atau kertas koran tadi. Bila tampak kering, percikkan air di atasnya sampai cukup basah.

Selanjutnya, siapkan polybag semai ( ukuran kecil ) atau tray semai ( baki ). Isilah dengan media campuran dari tanah + kompos/pupuk kandang dengan perbandingan 2 : 1. Lalu benih melon ditanam sampai kedalaman 1 – 2 cm.

Tempat menyemaikan benih sebaiknya dipasang atap plastik bening atau sungkup. Tujuannya melindungi bibit dari paparan sinar matahari langsung juga air hujan angsung. Tempat menyemaikan bibit harus terus dikontrol dan kelembabannya dijaga. Secara teratur harus disiram namun tidak sampai basah berlebihan.

Proses penyemaian benih biasanya berlangsung hingga 10 – 14 hari. Atau telah muncul 2 – 3 helai daun. Fase ini bibit sudah siap dipindahkan ke pot lebih besar.

Media Tanam Buah Melon Untuk Pembesaran

Media tanam untuk membesarkan bibit berbeda bila digunakan menyemaikan benih. Sebaiknya menggunakan polybag baru. Media menggunakan campuran tanah, pupuk kandang dan arang sekam ( 3 : 2 : 1 ).

Media dimasukkan pot/polybag, ditambahkan 5 gr Furadan, 20 gr NPK dan 1 liter Humic Acid. Campur rata dan aduklah.

Beberapa bahan ditambahkan dalam media tanah menanam melon. Hal tersebut bertujuan mencegah agar kecambah tumbuh nanti tidak terserang penyakit tanaman. Pemakaian pupuk kandang bisa diganti Trichoderma dan Zat Pengatur Tumbuh  ( ZPT ) organik, ditambah ketiga bahan tambahan tersebut.

Memulai Menanam Bibit Melon di Halaman

Bibit disemai sampai berumur 2 – 3 minggu dan tunas sudah setinggi ± 10 cm. Bibit dipindah ke pot pembesaran yang lebih kokoh. Sebelum penanaman, sirami air hingga basah. Penanaman lebih baik dilakukan pagi atau sore hari.

Ajir dipersiapkan untuk menopang saat batang melon sudah merambat dan menjalar. Yaitu pada umur 5 – 8 hari setelah tanam. Ajir lebih baik ditancapkan segera setelah penanaman dan sebelum akar menjadi lebat.

Hal ini untuk menghindari ajir merusak akar saat ditancapkan. Karena bila akar ada luka, jamur dan bakteri mudah masuk dan menyerang akar tanaman.

Batang lalu dirambatkan pada ajir yang sudah ditancapkan sambil diatur arah rambatannya. Pengikatan pada ajir menggunakan tali salaran.

BACA JUGA : MELON TAHAN VIRUS STR 11

PEMELIHARAAN DAN PERAWATAN TANAMAN MELON DALAM POT

  • Pemangkasan cabang. Bermanfaat memilih bakal buah yang akan dibesarkan. Pemangkasan bermanfaat mempengaruhi pertumbuhan dan produktivitas tanaman. Pemangkasan dapat dilakukan setiap hari karena pertumbuhan melon sangat cepat. Hal tersebut agar cabang tumbuh tidak terlalu besar.
  • Memilih calon buah dari cabang ke-7 sampai ke-12. Buah dipilih satu, bentuknya paling bagus  untuk dibesarkan. Sedangkan cabang selain tersebut sebaiknya dipangkas.
  • Pemangkasan terhadap cabang yang muncul dari ketiak daun pertama sampai ke-8. Selanjutnya daun ke-9 sampai daun ke-13, cabang tumbuh dibiarkan besar dan dipelihara agar tumbuh buah. Setelah daun ke-13 sampai ke-17, cabang yang muncul harus dipotong.
  • Pemupukan dilakukan setelah melakukan pemangkasan. Pupuk untuk melon menggunakan pupuk Mutiara 15 gr pot polybag dan dilakukan saat mengisi media ke pot.
  • Pupuk susulan juga dilakukan mendapatkan tanaman melon subur. Menggunakan pupuk NPK 16-16-16 dan KNO3. Pemberian diberikan dengan cara ditaburkan di sekeliling tanaman. Atau bisa juga dicampurkan dengan air dahulu lalu dikocorkan. Pengocoran jangan langsung kena tanaman.
  • Pemupukan susulan pupuk NPK mulai diberikan hari ke-14, selanjutnya hari ke-24, ke-34, ke-44 dengan dosis masing-masing 10 gr/polybag. Masuk hari ke-54 diberikan pupuk KNO3 sebanyak 1 g/liter setiap pot polybag tanaman.

MANFAAT BUAH MELON DENGAN MENANAM DI MUSIM KEMARAU

Memasuki musim kemarau, petani umumnya sulit sekali menggunakan lahan untuk digunakan menanam padi. Karena cuaca panas dan hujan tidak turun menyebabkan petani kesulitan memberi air bila harus menanam padi.

Karena itu agar lahan sawah tetap produktif dan menghasilkan maka petani memanfaatkannya dengan menanam melon atau semangka. Terutama bila petani tersebut sudah mendapatkan pesanan dan permintaan dari pasar-pasar buah berkapasitas besar.

Menanam di musim kering dengan kondisi air terbatas, lebih cocok untuk menanam melon dan semangka. Biasanya memasuki musim kemarau, petani sudah mendapatkan pemesanan dan banyak permintaan.

Pesanan berupa menyediakan buah menyegarkan seperti melon, semangka, blewah dan lain-lain. Sehingga kadang beberapa pasar kekurangan pasokan buah tersebut dikarenakan permintaan yang meningkat. Sedangkan kiriman buah dari petani minim di sejumlah daerah.

Dengan meningkatnya permintaan namun ketersediaan buahnya minim maka menyebabkan harga jual melon menjadi mengalami kenaikan. Harga jual melon dari dibawah Rp. 6000 per kilogramnya bisa meningkat menjadi diatas Rp. 7000 per kilogramnya.

Petani biasanya memiliki lahan tadah hujan. Memasuki musim kemarau sangat beresiko bila memaksakan menanam padi. Selain resiko besar, juga membutuhkan biaya tinggi.

Sehingga petani memilih menanam melon di musim kemarau. Juga karena tergiur tingginya harga dan meningkatnya permintaan pasar. Musim panas sangat mendukung perkembangan tanaman dan diharapkan hasil panen juga bisa melimpah.

PENGENDALIAN HAMA DAN PENYAKIT MELON

Pengendalian hama dilakukan dengan menyemprotkan insektisida. Atau secara manual dengan cara membuang hama pada bagian tanaman yang dihinggapi. Mencegah serangan penyakit bisa menggunakan fungisida sistemik maupun kontak.

Penyemprotan fungisida dilakukan secara berselang-seling. Penyemprotan fungisida bisa ditambahkan perekat sebagai daya rekat ke daun untuk penanaman di musim hujan.

Hama dan penyakit yang sering menghampiri tanaman melon antara lain :

1. Lalat Buah

Lalat buah melon adalah Batrocera cucurbitaceae. Lalat buah menyuntikkan telurnya ke dalam buah. Lalu telur berubah menjadi larva dan larva-larva inilah akan bergerak menggerogoti buah melon. Hingga buah menjadi busuk.

Pengendalian secara kultur teknis, dapat dilakukan dengan memetik dan membuang buah yang terserang lalat buah. Membuangnya ketempat yang jauh dari lahan.

Juga dengan cara menanam tanaman bukan inang lalat buah. Lakukan sanitasi kebun secara rutin. Anda bisa memulai panen melon lebih awal sebelum lalat buah datang.

Pengendalian secara mekanik, dengan cara membuat perangkap dari metil eugenol  dan dipasang pada sedkit kapas. Lalu kapas dimasukkan pada botol air mineral dan kemudian botol diletakkan di lokasi strategis.

Pengendalian secara kontrol biologi adalah menggunakan agen kontrol biologi seperti predator dan parasitoid. Yaitu laba-laba, semut, kumbang, kepik penghisap, kumbang penjelajah.

Pengendalian secara kimia dengan menggunakan insektisida Curacron 500 EC atau Hostathion 40 EC sesuai dosis anjuran pada kemasan botol. Waktu penyemprotan tepat adalah sore hari menjelang petang. Atau pagi hari sebelum matahari terbit.

BACA JUGA : TIPS MENGGUNAKAN PESTISIDA YANG BAIK DAN BENAR

2. Layu Fusarium

Disebabkan oleh cendawan F. oxysporum. Gejala serangan tampak pada tanaman bila tampak segar di pagi hari dan layu di siang harinya. Tanaman kembali tampak segar di sore hari dan malam hari kembali tampak layu. Gejala tanaman layu ini akan berlangsung beberapa hari sampai kemudian tanaman mati.

Pengendalian serangan penyakit layu ini antara lain : menggunakan benih tahan jamur Fusarium, penggunaan mulsa plastik hitam perak, pengaturan drainase air. Melakukan rotasi tanaman, membuang tanaman terserang, menggunakan bakteri antagonis Trichoderma. 

3. Busuk Phytopthora

Penyakit ini menyerang semua bagian dari tanaman. Bila menyerang batang, ditandai adanya bercak coklat kehitaman dan agak basah. Serangan serius menyebabkan tanaman menjadi layu.

Bila daun terserang seperti tersiram air panas. Buah yang terserang menimbulkan bercak kebasah-basahan dan kemudian berubah berwarna coklat kehitaman dan lunak.

Pengendalian dapat dilakukan karena serangan penyakit busuk ini antara lain : melakukan sanitasi kebun, memusnahkan sumber-sumber infeksi. Pemangkasan sebaiknya dilakukan dengan tepat yaitu dengan mengurangi tunas-tunas yang tumbuh berlebihan.

Pengendalian secara kimia yaitu penyemprotan fungisida sitemik. Bahan aktif yang bisa digunakan adalah metalaksil, dimetomorf, simoksanil. Juga menggunakan fungisida kontak berbahan aktif tembaga, propineb, mankozeb atau ziram.

4. Antraknosa

Juga bisa disebut dengan penyakit patek. Antraknosa disebabkan jamur Collectroticum capsi. Jamur berkembang cepat ditempat lembab dan basah. Penyakit menyerang semua bagian tanaman meninggalkan tanda bercak agak bulat berwarna coklat muda.

Bercak dari coklat muda menjadi coklat tua sampai kehitaman. Bercak tadinya berukuran kecil kemudian berkembang melebar dan menyatu menyebabkan daun mengering.

Gejala lain berupa bercak coklat memanjang berwarna kuning atau coklat. Buah terserang ditandai adanya bercak agak bulat dan berlekuk berwarna coklat tua. Cendawan pada daerah tersebut akan membentuk massa spora berwarna merah jambu.

Pengendalian mengatasi Antraknosa antara lain dengan : mengatur jarak tanam tidak terlalu rapat, merendam benih sebelum disemaikan pada cairan fungisida sesuai dosis.

Pengendalian kimia berupa penyemprotan fungisida sistemik berbahan aktif benomil, difenokonazole, karbendazim. Fungisida kontak berbahan aktif mankozeb, klorotalonil atau azoksistrobin.

CARA PANEN BUAH MELON UNTUK DINIKMATI MANFAATNYA

Memasuki hari ke- 20 setelah tanam, petani mulai menyeleksi buah melon yang muncul. Setelah mendapatkan buah bagus, buah akan dipelihara sampai hari ke-60 untuk kemudian dipanen.

Ciri-ciri buah siap panen adalah : warna kulit buah mulai putih kekuningan, tangkai buah terbentuk seperti cincin atau lingkaran retak-retak. Buah melon sudah mengeluarkan aroma melon harum sekali.

Ciri-ciri buah melon siap panen memilki serat jala yang jelas dan kasar di permukaan kulitnya. Permukaan kulit sekitar tangkai terlihat retak-retak.

Sebaiknya pemetikan buah melon saat buah tidak terlalu matang. Yaitu sekitar 3 – 7 hari sebelum matang sempurna. Hal tersebut bertujuan untuk memberi waktu lebih untuk distribusi buah.

Pemetikan dengan cara memotong tangkai buah menggunakan pisau atau gunting. Tangkai dipotong seperti huruf T sehingga tangkai yang dipotong adalah mengarah ke arah daun bukan ke batang.

Demikian artikel kami judul Manfaat Buah Melon dan Praktis Cara Menanamnya. Hubungi HP. 082141747141( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan berbagai kebutuhan Anda bercocok tanam.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan benih hibrida buah dan sayur, tersedia jenis-jenis pupuk dan pestisida ( insektisida, fungisida ). Kami juga jual murah alat-alat pertanian seperti alat kocor, tali salaran dan lain-lain.

Semoga artikel kami tentang Manfaat Buah Melon Dan Praktis Cara Menanamnya ini bermanfaat buat pembaca. Kami Toko Pertanian Online LMGA Agro yang aman, terpercaya, dengan harga bersaing siap mengantar pesanan Anda. Bersama jasa ekspedisi mitra kami, yaitu JNE, POS, KI8 dan lain-lainnya. Salam sukses…

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *