Manfaat Buah Melon Dan Rahasia Cara Praktis Menanamnya

3. Busuk Phytopthora

Penyakit ini menyerang semua bagian dari tanaman. Bila menyerang batang, ditandai adanya bercak coklat kehitaman dan agak basah. Serangan serius menyebabkan tanaman menjadi layu.

Bila daun terserang seperti tersiram air panas. Buah yang terserang menimbulkan bercak kebasah-basahan dan kemudian berubah berwarna coklat kehitaman dan lunak.

Pengendalian dapat petani lakukan karena serangan penyakit busuk ini antara lain : melakukan sanitasi kebun, memusnahkan sumber-sumber infeksi.

Pemangkasan sebaiknya petani lakukan dengan tepat yaitu dengan mengurangi tunas-tunas yang tumbuh berlebihan.

Pengendalian secara kimia yaitu penyemprotan fungisida sitemik. Bahan aktif yang bisa petani gunakan adalah metalaksil, dimetomorf, simoksanil. Juga menggunakan fungisida kontak berbahan aktif tembaga, propineb, mankozeb atau ziram.

4. Antraknosa

Juga bisa disebut dengan penyakit patek. Antraknosa disebabkan jamur Collectroticum capsi. Jamur berkembang cepat pada tempat lembab dan basah. Penyakit menyerang semua bagian tanaman meninggalkan tanda bercak agak bulat berwarna coklat muda.

Bercak dari coklat muda menjadi coklat tua sampai kehitaman. Bercak tadinya berukuran kecil kemudian berkembang melebar dan menyatu menyebabkan daun mengering.

Gejala lain berupa bercak coklat memanjang berwarna kuning atau coklat. Buah terserang ditandai adanya bercak agak bulat dan berlekuk berwarna coklat tua. Cendawan pada daerah tersebut akan membentuk massa spora berwarna merah jambu.

Pengendalian Antraknosa antara lain dengan : jarak tanam tidak terlalu rapat, merendam benih sebelum disemaikan pada cairan fungisida sesuai dosis.

Pengendalian kimia berupa penyemprotan fungisida sistemik berbahan aktif benomil, difenokonazole, karbendazim. Fungisida kontak berbahan aktif mankozeb, klorotalonil atau azoksistrobin.

Cara Panen Melon Yang Tepat

Memasuki hari ke- 20 setelah tanam, petani mulai menyeleksi buah melon yang muncul. Setelah mendapatkan buah bagus, buah akan kita pelihara sampai hari ke-60 untuk kemudian baru panen.

Ciri-ciri buah siap panen adalah : warna kulit buah mulai putih kekuningan, tangkai buah terbentuk seperti cincin atau lingkaran retak-retak. Buah melon sudah mengeluarkan aroma melon harum sekali.

Ciri-ciri buah melon siap panen memilki serat jala yang jelas dan kasar pada permukaan kulitnya. Permukaan kulit sekitar tangkai terlihat retak-retak.

Sebaiknya pemetikan buah melon saat buah tidak terlalu matang. Yaitu sekitar 3 – 7 hari sebelum matang sempurna. Hal tersebut bertujuan untuk memberi waktu lebih untuk distribusi buah.

Pemetikan dengan cara memotong tangkai buah menggunakan pisau atau gunting. Tangkai kita potong seperti huruf T sehingga tangkai yang kita potong adalah mengarah ke arah daun bukan ke batang.

Demikian artikel kami judul Manfaat Buah Melon dan Praktis Cara Menanamnya. Hubungi HP. 082141747141( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro jual berbagai kebutuhan Anda bercocok tanam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *