Golden Melon Kulit Buah Berwarna Kuning Emas

Beri Penilaian

Pemupukan Susulan Tanaman Melon Golden

  1. Pemupukan susulan pertama kita berikan pada umur 8 hingga 10 hst. Menggunakan pupuk NPK 16-16-16 dengan dosis 5 gram/tanaman. Dilarutkan dalam 300 ml air lalu dikocorkan pada lubang tanam.
  2. Pemupukan susulan kedua pda umur 14 hst, menggunakan pupuk NPK 16-16-16 dan TSP ( perbandingan 1 : 1 ) dengan dosis 20 gram/tanaman. Larutkan dalam 500 ml air dan kocorkan pada lubang tanam.
  3. Pemupukan susulan ketiga pada umur 21 hst. Menggunakan pupuk NPK 15-15-15, TSP dan KNO3 dengan perbandingan 2 : 2 : 1 sebanyak 100 gram/tanaman. Pupuk kita tabur pada bedengan setelah penyiraman atau saat kondisi tanah basah.
  4. Pemupukan susulan keempat pada umur 28 hst menggunakan pupuk NPK 15-15-15, TSP dan KNO3 dengan perbandingan 2 : 2 : 1. Dosis 100 gram/tanaman. Taburkan pada parit setelah penyiraman.
  5. Pemupukan susulan kelima pada umur 35 hst. Menggunakan pupuk NPK 15-15-15, TSP dan KNO3 ( perbandingan 2 : 2 : 1 ) dosis 100 gram/tanaman. Ditaburkan pada parit saat kondisi basah.
  6. Pemupukan susulan keenam pada umur 42 hst. Menggunakan pupuk NPK 15-15-15 dan KNO3 dengan perbandingan 1 : 1 dosis 100 gram/tanaman. Ditaburkan pada parit setelah penyiraman.
  7. Pemupukan susulan ketujuh pada umur 50 hst. Menggunakan pupuk KNO3 dengan dosis 50 gram/tanaman. Diberikan dengan cara kocor.

Baca Juga : Melon Tahan Virus Gracia Dari panah Merah

Seleksi Buah dan Penyerbukan Melon Golden

Bila musim panas atau kemarau, penyerbukan melon golden mendapat bantuan dari serangga atau oleh angin. Namun bila tiba-tiba turun hujan, maka perlu lakukan penyerbukan buatan. Hal tersebut karena pada musim hujan, keberadaan serangga banyak berkurang.

Proses penyerbukan sebaiknya anda lakukan pada pagi hari sebelum matahari terik yaitu antara pukul 7 – 9 pagi. Bisa anda lakukan pada tanaman melon berumur 25 – 35 hst.

Cara penyerbukannya antara lain dengan mengambil bunga jantan ( serbuk sari ) lalu oleskan pada bunga betina ( putik ). Alat yang kita gunakan adalah pinset. Satu serbuk sari bisa anda gunakan untuk 2 – 3 bakal buah. Penyerbukan kita lakukan pada bunga betina yang ada pada daun ke-7 sampai daun ke-14. Biasanya dalam 1 pohon bisa kita lakukan penyerbukan sebanyak 4 – 5 bunga betina.

Tunggu hasil dari penyerbukan yang telah dilakukan. Setelah muncul buah sebesar jeruk nipis maka lakukan seleksi dengan membuang buah yang kurang baik/abnormal. Sisakan buah yang paling baik sebanyak 2 – 3 buah per pohon. Kemudian pelihara hingga buah besar, ikatlah tangkai buah pada penyangga ajir menggunakan tali salaran. Gunanya agar tangkai buah tidak patah atau jatuh.

Jenis Hama Pada Tanaman Melon

  1. Jangkrik/Gangsir menyerang melon dengan memakan pangkal batang terutama pada tanaman muda. Pencegahan serangan hama ini dengan selalu menjaga kebersihan area tanaman juga menutup lubang mulsa di sekitar tanaman dengan tanah atau potongan bambu. Pengendalian kimia menggunakan insektisida seperti curacron, decis, santoat atau regent.
  2. Penggerek daun menyerang daun sampai batang dari tanaman muda. Daun menjadi berlubang dan hanya menyisakan tulang daunnya. Pencegahan dengan menanam yang jauh dari tanaman gambas, terong, timun, semangka dan tanaman lain yang satu famili. Pengendalian kimiawi menggunakan curacron atau regent.
  3. Ulat grayak memakan terutama daun dan batang yang muda. Pengendalian kimiawi menggunakan santoat, curacron atau regent.
  4. Ulat tanah ini aktif pada malam hari, menyerang pangkal batang hingga daun melon. Pengendalian kimia menggunakan prevathon atau curacron. Penyemprotan sebaiknya anda lakukan pada malam hari.
  5. Lalat buah menyerang buah yang masih kecil. Caranya dengan memasukkan telur lalat ke dalam buah. Lalu telur-telur lalat tersebut akan menetas menjadi larva dan memakan daging buah hingga menyebabkan buah menguning, busuk lalu rontok. Pengendalian hama lalat dengan memasang perangkap lalat buah dan penyemprotan insektisida yang berbau tajam yaitu curacron atau santoat.
  6. Aphids dan thrips menghisap cairan daun sehingga daun mengkerut lalu keriting. Pencegahan dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan dari gulma atau tanaman inangnya. Penyemprotan menggunakan akarisida berbahan aktif abamektin yaitu Bamex, demolish atau agrimec.
  7. Kumbang daun menyerang daun dan bunga pada malam hari. Daun dan bunga menjadi berlubang. Penyemprotan menggunakan insektisida berbahan aktif diafentiuron, tiodikarb, profenofos dan metidation.
  8. Kutu kebul menyebabkan kerusakan pada daun yaitu bercak nekrotik karena sel-sel dan jaringan daun yang rusak. Hama ini merupakan vektor utama virus Gemini penyebab penyakit Bulai. Pengendalian dengan cara membuang tanaman yang terinfeksi kutu kebul. Pengndalian kimia dengan penyemprotan akarisida abamektin.

Nama – Nama Penyakit Tanaman Melon

  1. Rebah semai atau dumping-off menyerang bibit saat masih persemaian. Gejala batang berwarna coklat, bibit rebah lalu mati. Pencegahan dengan cara benih diberi fungisida karbendazim atau semprot fungisida antracol.
  2. Layu fusarium akibat serangan cendawan Fusarium oxysporum. Gejalanya tanaman yang tampak segar saat pagi hari, namun layu di siang hari dan sorenya kembali segar. Gejala tersebut terjadi bebarapa hari sampai tanaman mati. Pencegahan, pemakaian mulsa plastik agar tidak terlalu lembab, drainase yang baik, melakukan rotasi tanaman dan penerapan aplikasi trichoderma. Membuang tanaman yang layu, pengocoran trichoderma dan fungisida.
  3. Antraknosa gejalanya terdapat bercak-bercak coklat pada daun, berubah menjadi kemerahan dan akhirnya daun menjadi mati.Jika menyerang buah, buah menjadi busuk ada bulatan berwarna merah jambu yang makin lama makin meluas. Buanglah buah yang terserang jauh-jauh, penyemprotan fungisida antracol, dithane, dan lain-lain.
  4. Layu bakteri tanaman menjadi layu permanen. Jika batang kita potong melintang, tampak pembuluh xylem yang menghitam. Cabut dan buanglah tanaman yang terinfeksi, penyemprotan bakterisida seperti agrimicin.
  5. Embun tepung ( Powdery mildewgejala tampak daun dan batang yang mempunyai lapisan semacam tepung berwarna putih. Daun dan batang yang diserang akan mengkerut dan berwarna coklat. Tanaman menjadi lemah dan kerdil karena pertumbuhan terhambat. Cabutlah tanaman yang terserang, lalu dimusnahkan. Penyemprotan fungisida berbahan aktif benomyl, pradimefon, oksitioquinoks dan tembaga.
  6. Penyakit Virus WMV ditandai dengan daun yang melepuh, belang-belang, daun berubah bentuk dan mengkerut. Pertumbuhan kerdil dan rekahan membujur pada batang. Pengendalian dengan memusnahkan tanaman yang terinfeksi, rotasi tanaman dan mengendalikan hama vektornya, yaitu aphids dan thrips menggunakan demolish, agrimec, alfamex atau bamex.
  7. Bercak daun ditandai adanya bercak-bercak hitam kecoklatan berbentuk bulat dan menyebar hingga daun mengering. Disebabkan oleh cendawan patogen. Pencegahan bercak daun bisa melakukan pergiliran tanaman, menjaga kondisi lingkungan agar tidak terlalu lembab. Pengendalian kimia menggunakan fungisida antracol, starmyl, dithane atau score.

Baca Juga : Melon Melindo 14 Tahan Virus Dan Bercak Daun Andalan Petani

Panen Melon Tipe Golden

Buah melon mulai dapat anda panen setelah umur 65 – 70 hst. Ciri-ciri buah yang sudah matang adalah serat jala pada kulit buah yang terlihat jelas dan kasar. Permukaan kulit sekitar tangkai buah sudah retak-retak, warnanya sedikit pucat, dan buah melon sudah meninggalkan aroma yang tajam.

Sebaiknya panen kita akukan pada pagi hari setelah embun pagi hilang, sekitar jam 8 – 11 pagi. Caranya adalah dengan memotong tangkai buah menggunakan pisau, sisakan tangkai minimal 2 cm untuk memperpanjang masa simpan.

Pemetikan buah melon dapat kita lakukan bertahap, pilihlah buah melon yang benar-benar siap panen. Pilihlah buah yang baik dan tidak rusak. Buah melon yang cacat fisiknya dapat mengurangi harga jual melon goldennya.

Buah melon yang kita panen sebaiknya pada tingkat kematangan 90% dan diperkirakan 3 – 7 hari akan matang sempurna. Ini untuk menjaga pada saat pengangkutan untuk distribusi, buah sudah matang sempurna saat sampai  tangan konsumen.

Demikian artikel tentang Golden Melon Kulit Buah Berwarna Kuning Emas. Toko Online Pertanian LMGA Agro jual benih buah melon berbagai varietas. Hubungi Pak Budi 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Semoga bermanfaat dan silahkan menghubungi Kami segala keperluan bercocok tanam Anda, ada pada Kami.

Toko Online Pertanian LMGA Agro juga melayani gratis konsultasi pertanian. Menyediakan berbagai jenis benih buah dan sayur, berbagai jenis pupuk baik cair maupun tabur, pestisida, ZPT dan lain-lain. Kami juga menyediakan alat-alat pertanian seperti polibag, mulsa plastik, alat kocor dan lain-lain.

Benih Golden melon Kulit Buah Berwarna Kuning Emas, Kami siap mengirim ke alamat Anda  seluruh wilayah Indonesia menggunakan jasa ekspedisi mitra kami yaitu JNE, TIKI, KI8, POS INDONESIA dan lain-lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *