Golden Melon Kulit Buah Kuning Emas Favorit Petani

Golden Melon, Melon Golden, Benih Melon Golden, Benih Golden Melon, Benih Melon Kuning, Bibit Melon Kuning, Benih, Bibit, Toko Pertanian, Toko Pertanian terdekat, Lmga Agro
  • Berkhasiat meredakan kram otot saat datang bulan. Karena banyak mengandung asam folat memberikan efek anti-koagulan. Membantu melarutkan gumpalan darah, mengurangi retensi air dan mengurangi kram otot.
  • Meningkatkan ketajaman penglihatan. Golden melon kaya vitamin A yang hadir dalam bentuk beta-karotene. Beta-karotene baik untuk penglihatan dan mencegah penyakit katarak. Vitamin A pada golden melon bermanfaat untuk sel-sel epitel kulit dan membuat sehat mata.
  • Meningkatkan kekebalan Tubuh dan mencegah penuaan dini. Golden melon mengandung vitamin C yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh dengan cara merangsang pertumbuhan sel darah putih. Sel darah putih membantu menghancurkan virus dan bakteri. Vitamin C bermanfaat untuk mencegah penuaan dini dan sakit maag.
  • Dapat mencegah terjadinya sembelit pada pencernaan. Adanya musim panas serta dengan peningkatan suhu dapat menyebabkan stroke panas dan gangguan perut. Konsumsi makanan berlemak dan kurangnya serat dapat menyebabkan masalah pencernaan yang mengakibatkan sembelit. Kandungan serat dalam golden melon dapat membantu menambah serat tubuh dan mengurangi konstipasi.
  • Mengganti ion tubuh yang hilang karena berkeringat saat musim panas. Karena kesegarannya, buah melon dapat mengganti mineral yang keluar dari tubuh. Buah melon juga mengandung natrium dan kalium yang dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit.
  • Berfungsi untuk membersihkan ginjal dan mencegah batu ginjal. Karena buah melon mengandung banyak air sehingga dengan mengkonsumsi secara rutin dapat membersihkan ginjal.
  • Adenosin dalam golden melon berfungsi sebagai pengencer darah dan memecah gumpalan dalam darah sehingga dapat mencegah penyakit jantung. Dianjurkan untuk mengkonsumsi sekitar 250 – 300 gram buah melon setiap harinya. Namun untuk penderita diabetes, konsumsi buah melon kurang dari 100 gram dan hindari buah yang terlalu matang.

Benih Melon Kuning Kulit Dan Buah | LMGA AGRO

  1. Melon Kulit Kuning ALISHA produk unggulan dari Panah Merah. Melon kuning tanpa net, daging buah berwarna oranye/kemerahan. Adaptasi untuk dataran rendah dan musim kemarau. Tahan virus gemini, umur panen 68 – 72 hst. Rasa renyah dan manis, bobot buah 2,2 – 2,4 kg/buah.
  2. Melon Kuning F1 APOLLO produk unggulan dari Known-You Seed Taiwan tanpa net. Pertumbuhan tanaman kuat dan tegap, rekomendasi budidaya menggunakan ajir. Berat buah 2,5 kg/buah. Rasa manis, kadar gulanya 14% Brix. Daging buah berwarna putih, keras dan renyah. Panen umur 65 hst.
  3. Melon Kuning F1 KINANTI tanpa net dan warna daging buah jingga. Pertumbuhan tanaman yang kuat dan tegap. Bentuk buah lonjong, berat buah 1,5 – 2,5 kg. Rasa manis dan renyah, kadar gula 13 – 16% Brix. Pohon melon dapat panen umur 65 hingga  70 hst.
  4. Melon Kuning F1 LUNA 2427 dari Known-You Seed Taiwan. Tanpa net, pertumbuhan tanaman kuat dan tegap, rekomendasi menggunakan ajir. Berat buah 2,5 kg/buah. Rasa manis, kadar gula 15% Brix. Daging buah oranye, keras dan renyah. Umur panen 65 hst.
  5. Melon Kuning F1 URANUS benih unggulan Cap Panah Merah. Kulit tanpa net, pertumbuhan kuat dan tegap, lebih baik menggunakan penyangga. Berat buah 2,5 kg/buah. Rasa manis, kadar gula 15% Brix. Kulit buah berwarna kuning, daging buah oranye/merah, keras dan renyah. Umur panen 65 hst.

Baca Juga : Benih Melon

Budidaya Golden Melon Di Iklim Tropis Indonesia

golden melon, melon golden, melon kuning, cara menanam melon, pohon melon, tanaman melon, benih melon kuning, bibit melon kuning, lmga agro
Golden Melon

Budidaya tanaman melon pada umumnya tidaklah terlalu sulit, sama juga dengan budidaya melon kuning Golden juga tidak terlalu sulit pada daerah iklim tropis seperti Indonesia.

Asalkan kita perhatikan perawatannya, serta kita lakukan secara rutin dengan baik dan tidak terjangkit virus biasanya melon golden dapat panen umur 60 hingga 70 hari.

Iklim Indonesia yang tropis dengan paparan sinar matahari yang bersinar sepanjang hari menguntungkan dalam budidaya golden melon.

Tanaman golden melon dapat tumbuh baik dan betah dengan paparan sinar matahari yang lama sepanjang hari.

Golden melon juga dapat tumbuh pada tanah lempung berpasir dan adaptasi pada ketinggian 0 – 700 meter dpl.

Golden melon juga dapat anda tanam pada area dekat pantai namun tidak boleh berlebihan dalam pemberian airnya.

Air yang berlebihan justru dapat merusak pertumbuhan tanaman melon. Meskipun juga tidak boleh kekurangan air.

Sebelum melakukan penyemaian benih, benih melon golden kita kecambahkan terlebih dahulu.

Caranya adalah masukkan benih melon ke dalam kantong plastik berklip, beri lubang agar benih dapat bernapas, rendam dalam air selama 1 jam.

Setelah 1 jam, benih melon dalam plastik peram menggunakan handuk basah selama 12 jam. Selanjutnya benih siap semai.

Benih golden melon setelah berkecambah, baru anda semai dalam polibag. Polibag kita isi media berupa campuran sabut kelapa dan pupuk kandang.

Dalam jangka waktu 10 hari, akan tumbuh 3 helai daun golden melon dengan sempurna. Bibit melon sudah siap pindah ke lahan kebun dan siap tanam dengan jarak tanam 50 x 60 cm.

Baca Juga : Jual Bibit Melon Kinanti F1 Rasa Manis Dan Renyah

Kebutuhan Pupuk Golden Melon

Pemupukan Golden melon kita lakukan satu minggu sekali. Dan setelah umur 21 hst, pemupukan lebih banyak pupuk yang mengandung Kalium agar bunga tidak mudah rontok.

Pemantauan kita lakukan setiap hari dan tidak boleh lengah terutama pengamatan bila ada serangan hama dan penyakit.

Serangan hama dan penyakit pada golden melon dapat mengganggu pertumbuhan bahkan menjadi penyebab gagalnya panen budidaya golden melon yang sudah kita lakukan.

Hama dan penyakit tanaman golden melon cepat sekali menyebar meskipun kita sudah memotong bagian tanaman yang rusak. Serangan hama dan penyakit cepat menjalar ke bagian tanaman yang lain.

Persiapan Menanam Bibit Melon Di Bedengan

Siapkan lahan untuk menanam bibit Golden melon. Bersihkan lahan kebun kita dari gulma lalu gemburkan tanah dengan cangkul hingga sedalam 10 – 15 cm.

Taburkan 20 – 25 kg ( untuk luas 500 m2) Kapur Dolomit merata pada permukaan tanah dan tipis-tipis saja.

Lalu diamkan selama 3 hingga 4 hari agar menyatu dengan tanah dan bekerja untuk menetralkan pH tanah.

Setelah kita diamkan, saatnya membuat bedengan dengan tinggi 25 – 30 cm, lebar 100 – 120 cm dan panjang 10 – 15 m. Jarak antar bedeng kita buat dengan lebar 60 cm.

Taburkan pupuk kandang yang sudah matang sebanyak 100 – 120 kg ( luas 500 m2 )pada permukaan bedengan merata seluruh bedengan.

Tambahkan pupuk kimia ZA dan KCl masing-masing sebanyak 25 kg/500m2 dan TSP 15 kg/500m2. Pupuk kimia tadi kita campur lalu sebar pada atas bedengan dan aduk menggunakan cangkul.

Lalu lahan biarkan selama 3 hingga 4 hari agar pupuk bekerja pada tanah.

Setelah itu, bedengan dapat kita tutup mulsa plastik hitam perak. Lalu buat lubang tanam pada permukaan mulsa.

Setiap bedengan, kita buat 2 baris lubang tanam yang jaraknya 60 cm dan jarak antar lubang dalam 1 baris adalah 60 cm juga.

Pemasangan mulsa ini kita lakukan 2 hari sebelum penanaman bibit. Demikian persiapan lahan untuk menanam bibit melon.

Baca Juga : Orange Meta Pelopor Melon Exotic Bernilai Jual Tinggi 

Perawatan Tanaman Golden Melon

Bibit melon selama masih di persemaian harus anda letakkan berderet dan terkena sinar matahari penuh sejak terbit hingga tenggelam.

Untuk menghindari curahan hujan langsung dan serangan lalat atau hama lain maka perlu dilindungi dari plastik transparan yang salah satu ujungnya terbuka.

Penanaman bibit melon kita lakukan pada pagi atau sore hari. Setelah tanam, lakukan penyiraman secara rutin namun tidak sampai berlebihan.

Langkap perawatan yang pertama adalah penyulaman yang dilakukan setelah 3 – 5 hari setelah penanaman bibit.

Penyulaman untuk mengganti bibit yang tidak mau tumbuh atau tampak layu setelah pindah ke kebun tetap.

Pemasangan ajir terbuat dari bilah bambu sepanjang 1,5 meter dilakukan sebelum tanaman berumur 7 hari.

Ajir anda tancapkan agak condong ke arah dalam bedengan sehingga antar ajir saling bersilangan membentuk huruf X.

Buat juga sebilah bambu yang lebih panjang untuk kita letakkan dengan posisi horisontal diantara silangan ajir-ajir tadi.

Lalu semua bilah bambu disatukan dengan ikat menggunakan tali salaran. Tali salaran dapat anda beli lewat Toko Pertanian LMGA Agro.

Penyiraman kita lakukan setiap pagi sampai umur 1 minggu. Selanjutnya penyiraman lakukan setiap 2 – 3 hari sekali tergantung dari kondisi lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *