CABE RAWIT MERAH KAYA MANFAAT DAN MUDAH CARA TANAMNYA

cabe rawit merah, menanam cabe rawit, cabe merah, lmga agro
CABE RAWIT MERAH

Cabe Rawit Merah Kaya Manfaat dan Mudah Cara TanamnyaHP 082141747141 SMS/WA 08125222117. Jual benih cabe  rawit merah hibrida F1 dan unggul serta tahan penyakit dan Virus di Toko Online Pertanian LMGA Agro. Menerima layanan gratis konsultasi pertanian dan membantu mencari solusi permasalahan Anda di lapangan. Rev 11/06/2020.

Toko Online Pertanian LMGA Agro menyediakan berbagai jenis benih buah dan sayur, termasuk benih cabe merah, jenis pupuk daun, ZPT, insektisida, fungisida dan lain-lain. Juga tersedia alat-alat pertanian seperti alat kocor, mulsa, polibag, alat pelubang mulsa, sprinkle dan lain-lain.

Cabe rawit merah memiliki kandungan gizi yang lengkap sehingga manfaatnya juga banyak bagi kesehatan tubuh kita. Selain bermanfaat bagi kesehatan, cabe rawit merah juga bermanfaat sebagai bahan olahan pada masakan. Sebagai penambah rasa pedas pada masakan yang menambah cita rasa pada masakan.

Tanam cabe rawit merah tidaklah serumit yang dibayangkan karena kuncinya adalah pengetahuan dan ketekunan dalam bercocok tanam. Selalu berkonsultasi bila belum banyak pengalaman budidaya cabe merah dan tidak segan-segan selalu bertanya pada ahlinya. Cabe rawit merah bila waktu panen kita bertepatan harga jual cabe merah yang tinggi, maka keuntungan yang kita raup juga bisa tinggi.

MANFAAT CABE RAWIT MERAH

cabe rawit merah, menanam cabe rawit, cabe merah, lmga agro, jual benih cabe
CABE RAWIT MERAH BHASKARA

Tidak sedikit masyarakat terutama ibu-ibu rumah tangga yang menyukai menanam cabe rawit merah di pekarangan rumah karena mudahnya menanam tanaman rawit ( kecil ) ini. Ukuran tanamannya yang kecil dan mudah tumbuh.

Meskipun banyak juga yang tidak suka makan cabe karena rasa pedasnya dan diyakini dapat mendatangkan gangguan pada perut bila mengkonsumsinya, namun ternyata cabe rawit merah memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Cabai secara umum memiliki kandungan gizi yang berguna untuk tubuh kita, yaitu antara lain zat capsaicin, kapsidin, beberapa vitamin terutama vitamin A dan C.

Hanya dengan kandungan yang ada dalam cabai tersebut, ternyata manfaatnya besar sekali, antara lain :

  • meningkatkan imunitas tubuh
  • dapat menurunkan berat badan
  • membantu mengatasi penyakit diabetes
  • menyehatkan pencernaan kita
  • mengurangi rasa sakit
  • menurunkan keluhan sakit kepala
  • dapat menurunkan rasa pegal-pegal pada tubuh, dan
  • melancarkan keluhan penapasan.

Cabe rawit merah saat muda warnanya hijau dan berubah menjadi merah saat matang/tua. Ukuran cabe rawit merah lebih kecil dari varietas cabe yang lain, namun tingkat kepedasannya tinggi yaitu mencapai 50.000 – 100.000 skala Scoville. Hama yang menyerang tanaman cabe adalah Bactrocera papayae dan Bactrocera carambolae. 

BENIH CABE RAWIT MERAH HIBRIDA F1 BEBAS VIRUS

  1. Cabe SAKA GENI tahan virus produk dari HALBANERO. Ditanam di dataran rendah – tinggi, panjang cabe 5 – 6 cm dan diameter 1 – 1,3 cm. Pohon tinggi, percabangan banyak, umur panen 80 hari dan potensi hasil 14 – 16 ton/ha.
  2. Cabe MARUTI hibrida dari PT Agri Makmur Pertiwi. Ditanam di dataran menengah pada ketinggian 200 – 775 m dpl. Ukuran panjang cabe 5,6 – 6,5 cm, diameter 1 cm, jumlah cabe 300 – 400/tanaman. Panen umur 85 – 90 hari dan potensi hasil 2,5 – 3 ton/ha.
  3. Cabe RAWITA Cap Panah Merah kuat dan cocok di dataran tinggi. Tahan layu bakteri dan rasa sangat pedas. Bobot buah 3 – 4 gram/buah dengan potensi hasil 10 – 14 ton/ha. Panen umur 109 – 113 hst.
  4. Cabe DEWATA Cap Panah Merah. Mudah perawatannya dan cocok di dataran rendah – tinggi. Cabe panjang 5,5 cm, diameter 0,6 cm, umur panen 65 hst. potensi hasil 20 ton/ha.
  5. Cabe RAGA 2 Cap Kapal Terbang yang cocok ditanam di dataran rendah – tinggi. Panjang 6 cm dan diameter 0,8 cm. Panen umur 66 hst dan potensi hasil 20 ton/ha.
  6. Cabe SONAR Cap Kapal Terbang cocok ditanam di dataran rendah – tinggi. Panjang 5,5 cm dan diameter 0,6 cm. Umur panen 73 hst dan potensi hasil 20 ton/ha. Tanaman tegak dan ruas yang pendek.
  7. Cabe NIRMALA Cap Panah Merah mudah perawatannya, tanaman tegak, kokoh dan ruas yang pendek. Panjang 5,5 cm dan diameter 0,6 cm. Panen umur 75 hst dan potensi hasil 24 ton/ha.

BACA JUGA : BUDIDAYA CABE RAWIT SOLUSI CARA MEMANFAATKAN PEKARANGAN

BIBIT CABE RAWIT MERAH F1 TAHAN VIRUS
  1. Cabe PELITA 8 Cap Panah Merah. Tahan antraknose, Bacterial wilt dan virus. Tipe tegak, adaptasi luas bisa ditanam di dataran rendah – tinggi. Bobot cabe 2 – 4 gram/buah, umur panen 75 hst dan potensi 12 ton/ha.
  2. Cabe PELITA Cap Panah Merah cocok ditanam di dataran rendah – tinggi. Panjang 5 cm dan diameter 0,5 cm. Umur panen 73 hst dan potensi hasil 23 ton/ha. Toleran penyakit layu bakteri.
  3. Cabe BHASKARA Cap Kapal Terbang cepat panen umur 65 hst. Cabe panjang 5 – 6 cm dan diameter 0,5 cm. Potensi hasil mencapai 1 kg/pohon.
  4. Cabe CENTIL dari Known-You Seed Taiwan yang cocok ditanam di dataran rendah – tinggi. Mudah perawatan, tanaman tegak dengan ruas yang pendek. Panjang 4,5 cm dan diameter 1,2 cm. Panen umur 70 hst, tanaman toleran layu bakteri dan potensi hasil 23 ton/ha.
  5. Cabe RINTA dari Bintang Central Asia. Cabe lebat menggantung, panjang 7 – 8 cm dan diameter 0,9 cm. Tahan iklim panas, cocok di dataran rendah – tinggi. Toleran penyakit layu, antraknose dan thrips. Umur panen 75 hst.
  6. Cabe MHANU PRAYIT F1 dari Halbanero. Panjang 5 – 6 cm, diameter 2 cm, pohon kokoh dan produktif berbuah. Cocok ditanam di dataran rendah – tinggi, tahan antraknose dan cracking. Potensi hasil 17 ton/ha atau 600 – 800 gram/tanaman. Umur panen 85 hst.

BENIH CABE RAWIT MERAH UNGGUL

  1. Cabe Unggul VINOTY dari PT Agrindo Hartha Mekar. Tipe menggantung, cocok di dataran rendah – tinggi. Panjang 4 – 6 cm dan diameter 1 – 1,2 cm. Toleran terhadap layu dan patek.
  2. Cabe Unggul BARA Cap Panah Merah cocok di dataran rendah – tinggi. tanaman tegak, ruas pendek dan buah lebat. Panjang 4 cm dan diameter 0,5 cm. Umur panen 100 hst, toleran layu bakteri dan potensi hasil 15 ton/ha.
  3. Cabe unggul CAKRA PUTIH Cap Kapal Terbang cocok ditanam di dataran rendah – tinggi. Panjang 3 cm dan diameter 0,75 cm. Panen umur 85 hst, tanaman tahan layu bakteri dan potensi hasil 12 ton/ha.
  4. Cabe Unggul TANJUNG tipe menggantung dan cocok ditanam di dataran rendah – tinggi. Tanaman toleran layu, antraknose dan thrips. Panjang 4 – 5 cm dan diameter 1 – 1,2 cm. Umur panen 80 – 95 hst dan potensi hasil 1,2 – 1,5 kg/tanaman. Rasa sangat pedat, buah lebat dan produktif.
  5. Cabe Unggul MAHAMERU cocok ditanam di dataran rendah – tinggi. Tanaman tegak, ruas pendek dan buah lebat. Panjang 3,5 cm dan diameter 0,75 cm. Umur panen 85 hst, toleran penyakit layu bakteri dan potensi hasil 12 ton/ha.
  6. Cabe Unggul TARUNA Cap panah Merah cocok ditanam di dataran rendah – tinggi. Tanaman tegak, ruas pendek dan buah lebat. Panjang 3 cm dan diameter 0,4 cm. Umur panen 85 hst, toleran layu bakteri dan potensi hasil 8 ton/ha.
  7. Cabe Unggul MADUN dari Mutiara Bumi. Buah menggantung, lebat dan tanaman tegak dengan ruas yang pendek. Panjang 5 cm dan diameter 0,5 cm. Umur panen 85 hst, tahan layu bakteri dan potensi hasil 10 ton/ha.

BIBIT CABE RAWIT MERAH UNGGUL

  1. Cabe Unggul TM RAWIT dari Tanimurni cocok ditanam di dataran rendah – tinggi. Panjang 4 cm dan diameter 0,5 cm. Umur panen 85 hst, toleran layu bakteri dan potensi hasil 8 ton/ha.
  2. Cabe Unggul MHANU cocok ditanam di dataran rendah – tinggi. Tanaman tegak, ruas pendek dan buah lebat. Panjang 3 cm dan diameter 0,3 cm. Umur panen 85 hst, tahan layu bakteri dan potensi hasil 10 ton/ha.
  3. Cabe Unggul SHYPOON lebih dikenal dengan cabe rawit berangkai dari Halbanero. Panjang 5 – 6 cm dan diameter 1,2 – 1,9 cm. Pohon tinggi, percabangan banyak dan produktif. Tangkai 5 – 10 buah dan rasa sangat pedas. Cocok ditanam di dataran rendah – tinggi dan tahan antraknose dan cracking. Potensi hasil 17 ton/ha, 600 – 800 gram/tanaman dan umur panen 85 hst.
  4. Cabe Unggul BRENGGALA dari Aura Seed cocok ditanam di dataran rendah – tinggi. Panjang 5 cm dan diameter 0,5 cm. Panen umur 85 hst, tahan layu bakteri dan potensi hasil 10 ton/ha.
  5. abe Unggul NATURAL Cap Sebelas cocok ditanam di dataran rendah – tinggi. Buah lebat dengan posisi menggantung, panjang 5 cm dan diameter 0,5 cm. Umur panen 85 hst, toleran layu bakteri, potensi hasil 15 ton/ha.
  6. Cabe Unggul SRET produk Bintang Citra Asia cocok ditanam di dataran rendah – tinggi. tanaman tegak, ruas pendek dan buah lebat. Panjang 4 cm dan diameter 1 cm. Umur panen 85 hst, tahan layu bakteri dan potensi hasil 1,2 kg/tanaman.

BACA JUGA : TIPS SUKSES BUDIDAYA TANAMAN SAYUR

CARA TANAM CABE RAWIT MERAH DALAM POLIBAG

  • Siapkan benih yang sesuai dengan lokasi penanaman dan jenis varietas yang kita inginkan.
  • Media semai disiapkan, adalah campuran tanah dan pupuk kandang atau kompos dengan perbandingan 3 : 1.
  • Campuran media tadi, kita aduk hingga tercampur merata. Lalu biarkan dan diletakkan pada tempat yang terlindungi dari air hujan langsung dan paparan sinar matahari. Media dibiarkan ± selama 1 minggu.
  • Benih dapat kita rendam dalam air hangat-hangat kuku selam 3 jam. Dapat juga kita tambahkan ZPT secukupnya atau menggunakan air bawang merah untuk merangsang perkecambahan.
  • Media semai yang sudah diaduk rata tadi dimasukkan ke wadah semai. Wadah semai juga bisa menggunakan tray semai yang dapat dibeli di Toko Online pertanian LMGA Agro, tersedia berbagai ukuran tray semai. Untuk menyemaikan benih cabe rawit merah juga dapat dilakukan di hamparan tanah. Namun sebaiknya menggunakan tray semai karena lebih aman. Media semai yang sudah siap, disiram hingga basah.
  • Benih cabe rawit merah yang sudah siap, kita letakkan pada media. Bila di hamparan tanah, jaraknya adalah 3 x 4 cm atau 4 x 4 cm. Lalu benih ditutup tanah tipis-tipis.
  • Wadah semai lalu ditutup menggunakan plastik atau jaring hitam atau bisa menggunakan daun pisang. Hal ini agar kondisi lingkungan tempat semai menjadi hangat dan lembab sehingga benih cepat berkecambah.
  • Wadah untuk semai benih juga bisa menggunakan polibag kecil. Isi polibag dengan media, siram hingga basah dan masukkan tiap polibag satu benih.
  • Setelah 7 – 10 hari, benih akan berkecambah dan segera pindahkan polibag di tempat yang teduh atau menggunakan naungan.
  • Setelah 2 hari di tempat yang teduh, saatnya diletakkan di bawah sinar matahari agar batang tidak mengalami etiolasi dan batang menjadi kuat. Setelah hari ke-25 sampai 30, bibit dapat dipindahkan ke pot atau polibag pembesaran.

CARA MENYEMAI BENIH CABE MERAH DI BEDENGAN

cabe rawit merah, menanam cabe merah, cabe merah, lmga agro, Benih Cabe Cap Panah Merah Dewata F1
CABE RAWIT MERAH DEWATA F1

Cara menyemai benih di bedengan lebih ekonomis dibandingkan dalam polibag. Bila modal budidaya cabe rawit merah terbatas, persemaian benih dapat dilakukan di bedengan saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *