Jual Benih Cabe Keriting Jacko 99 Tunas Agro Harga Murah

4. Pupuk Boron

Pupuk Boron bagi tanaman cabai keriting dibutuhkan dalam konsentrasi yang sangat kecil, yaitu 1 gr/tanaman.

Nutrisi sumber unsur Boron adalah Borax, aplikasi pemberian kita campur dengan pupuk TSP, KCl himgga ZA. Pemberian dengan cara kita tabur.

Dosis kita sesuaikan dengan jumlah tanaman, bila terdapat 1000 tanaman maka pupuk Boron yang anda butuhkan sebanyak 1 kg.

Sebagai sumber Nitrogen, sebaiknya menggunakan pupuk ZA bila kita bandingkan pupuk Urea. Karena pupuk ZA selain mengandung unsur Nitrogen juga mengandung unsur Sulfur ( Belerang ) yang juga menjadi kebutuhan tanaman cabe.

Sedangkan pupuk Urea mengandung unsur Nitrogen saja dan dapat menyebabakan tanah menjadi asam pada dosis tertentu.

Sumber Phospor ( P ) sebaiknya menggunakan TSP karena unsur P nya lebih tinggi bila kita bandingkan pada SP-36.

Bila menggunakan aplikasi pemberian Trichoderma, pemberian tidak boleh bersamaan dengan pupuk kimia karena dapat mengakibatkan mikroba Trichoderma tidak berkembang atau mati.

Baca Juga : Cara Menanam Cabai Columbus Bebas Layu

Penanaman Bibit Cabai Keriting Jacko 99

Bibit cabe keriting Jacko 99 yang telah siap adalah setelah berumur 21 – 24 hari dan telah tumbuh 3 – 4 helai daun. Bibit seperti demikian telah siap kita pindahkan ke lahan yang sesungguhnya.

Untuk memindah bibit, polybag kita sobek bagian samping dan keluarkan bibit dengan hati-hati jangan sampai media dan akarnya rusak. Sebelum penanaman bibit, bedengan dan polybag kita basahi air hingga lembab.

Proses penanaman bibit cabe keriting Jacko 99  ini kita lakukan pada sore hari dan usahakan selesai dalam satu hari secara serempak.

Setelah penanaman bibit ke bedengan, bibit kita siram air hingga basah. Penanaman pada sore hari akan menyebabkan bibit tidak stress karena penguapan pada siang hari yang tinggi.

Dua hal utama yang perlu anda perhatikan dalam cara menanam cabai keriting Jacko 99 yaitu iklim dan jenis tanah.

Hal ini penting petani ketahui karena cabe keriting memiliki karakteristik yang hanya dapat hidup pada daerah yang beriklim tropis.

Cabe keriting Jacko 99 dapat tumbuh pada lokasi dataran rendah hingga dataran tinggi. Daerah yang bersuhu antara 16 – 23 °C. Jenis tanah yang baik adalah tanah yang subur, gembur, kaya organik dan pH tanah antara 5,5 – 6,8.

Sehari sebelum penanaman bibit cabai keriting Jacko 99, bedengan yang sudah tertutup mulsa plastik hitam perak, anda buat lubang tanam menggunakan alat pelubang mulsa.

Alat pelubang mulsa ada 2 jenis yang bisa anda beli lewat toko pertanian online LMGA Agro. Lubang tanam kita buat dengan sistem zig-zag, tidah sejajar. Jarak tanam adalah 70 x 70 cm.

Setelah penanaman bibit, amati pertumbuhan bibit tanaman cabai keriting Jacko 99. Lakukan pergantian tanaman ( penyulaman ) bagi bibit yang mati, layu atau tumbuh abnormal.

Penyulaman harus kita lakukan sampai bibit berumur 2 minggu sejak tanam agar tanaman nantinya dapat tumbuh seragam dan panen bersama.

Perawatan Tanaman Cabai Keriting Jacko 99

  • PENYIRAMAN anda lakukan setiap hari dan sesuaikan dengan kondisi tanaman cabai keriting Jacko 99 di lapang. Bila saat musim hujan, penyiraman dapat anda lakukan 3 hari sekali. Penyiraman pada tanaman yang baru sebaiknya menggunakan alat gembor yang memancarkan air yang dapat anda beli lewat toko pertanian. Air kita siram langsung pada pangkal batang, bila tanaman sudah cukup kuat bisa menggunakan gayung. Penggenangan air ( sistem di-leb ) anda lakukan 2 kali seminggu dan gunakan air yang bersih dan tidak tercampur zat-zat beracun/air limbah.

  • PENGAMATAN terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman cabai keriting Jacko 99 juga merupakan salah satu cara merawat tanaman. Dengan pengamatan, kita dapat mengetahui lebih dini adanya tanaman yang mati karena sakit dan harus segera musnahkan. Dengan pengamatan juga dapat kita ketahui lebih dini adanya gejal-gejala tanaman yang terserang hama dan penyakit.

  • Perawatan Cabai Keriting Jacko 99 Jadi Kunci Sukses
  • PEMASANGAN AJIR tanaman cabai keriting Jacko 99 kita lakukan dengan cara menancapkan kayu/bambu pada hari ke-7 setelah bibit kita pindah. Bila pemasangan ajir lebih dari hari ke-7 khawatir ajir dapat merusak perakaran tanaman yang sudah besar. Ajir kita maksudkan untuk menopang tegaknya tanaman dan agar tanaman tidak roboh. Siapkan bilah bambu dengan panjang 130 cm sepanjang lubang tanam dan tancapkan tiap lubang satu bambu. Bila tanaman sudah tinggi, dapat anda ikat pada ajir menggunakan tali salaran yang bisa anda beli lewat toko tani LMGA Agro.

  • PEMANGKASAN/PEREMPELAN cabe keriting Jacko 99 bisa anda lakukan terhadap tunas dan daun-daun pada bawah percabangan. Tunas air akan muncul pada ketiak daun setelah tanaman berumur sekitar 10 hari. Perempelan cabai keriting Jacko 99 bisa anda lakukan terhadap tunas-tunas air dan helai-helai daun pada bawah percabangan. Perempelan kita lakukan 2 -3 kali dan bertujuan supaya tanaman cabe dan tumbuh kuat dan kokoh.

  • PENYIANGAN cabai keriting Jacko 99 kita lakukan sebulan sekali atau bila gulma tampak sudah tumbuh. Bila bedengan kita tutup mulsa maka penyiangan kita lakukan diantara bedengan atau pada saluran airnya. Sambil melakukan penyiangan, dapat juga melakukan pendangiran agar tanah menjadi gembur dan penyerapan nutrisi dalam tanah dapat terserap tanaman dengan baik.

Baca Juga  : Jual Benih Cabe Merah Restu Cap Kapal Terbang

Pemupukan Cabe Keriting

Pupuk cabe keriting Jacko 99 dapat anda berikan 2 minggu sekali dan jenis pupuk yang dapat kita gunakan untuk tanaman cabe keriting bisa NPK 16-16-16, NPK Mutiara, Phonska, atau campuran Urea, ZA, TSP dan KCL.

Cara Pemupukan pada tanaman cabe sudah kami jelaskan pada artikel-artikel cara budidaya cabe varietas yang lain. Anda dapat mempelajarinya lebih lanjut.

Pemupukan tanaman cabai keriting Jacko 99 lebih efien dan praktis menggunakan pupuk NPK dan kita berikan dengan sistem kocor agar pupuk dapat langsung terserap oleh tanaman.

Cara lain pemberian pupuk susulan adalah dengan cara ditabur. Aplikasi 2 cara tersebut kita sesuaikan dengan kondisi.

Jika penanaman saat musim kemarau, pemupukan susulan lebih efektif kita berikan dengan cara kocor karena selain pupuk dapat segera terserap tanaman, juga bisa hemat waktu dan tenaga.

Pemupukan cabe keriting Jacko 99 dengan sistem kocor, karena dilarutkan dalam air sehingga melakukan pemupukan sekaligus juga penyiraman.

Berbeda bila menggunakan cara tabur, karena  tidak menggunakan air,  sehingga cara ini cocok kita berikan pada musim hujan dan umur tanaman tertentu.

Pupuk Phonska kita berikan dalam bentuk cair, caranya adalah siapkan ember dan tong yang berkapasitas 150 liter.

Pupuk Phonska 5 liter kita larutkan dalam ember yang berisi 1/3 air lalu aduk. Larutan Phoska masukkan kedalam tong yang berisi 150 liter air. Perbandingan 5 liter Phonska untuk 150 liter air ( 1 liter Phonska per 30 liter air ).

Pemupukan NPK 16-16-16 Tanaman Cabe Keriting Jacko 99

Pupuk NPK 16-16-16 untuk pupuk susulan tanaman cabe keriting Jacko 99 kita berikan berdasarkan fase tanaman cabe.

Pertumbuhan tanaman cabai keriting Jacko 99 terbagi menjadi 2 yaitu fase vegetatif dan fase generatif. Fase vegetatif adalah masa pertumbuhan tanaman, sejak mulai tanam sampai mulai muncul bunga.

Pupuk NPK 16-16-16 kita berikan sebanyak 10 gr per 1 liter air dan kocorkan ke tanaman sebanyak 250 ml ( 1 gelas aqua ) per batang tanaman cabe.

Pemupukan pertama cabe keriting Jacko 99 kita berikan umur 15 hari setelah tanam. Air 1 liter untuk 10 tanaman sehingga Anda tinggal menghitung berapa jumlah tanaman yang ada.

Fase Generatif tanaman cabai keriting Jacko 99 merupakan fase produksi, mulai sejak muncul bunga hingga tanaman mati.

Dosis pupuk NPK 16-16-16 kita tingkatkan menjadi 10 – 15 gram per liter air dan kocorkan sebanyak 250 ml per tanaman.

Setelah memasuki umur 50 – 65 hari dan 115 hari, pupuk NPK 16-16-16 kita berikan dengan cara tugal dan pupuk kita letakkan pada lubang pupuk. Dosis pemberian sebanyak 1 sendok makan per tanaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *