CARA MENANAM CABAI COLUMBUS BEBAS LAYU

CARA MENANAM CABAI COLUMBUS, CARA MENANAM CABE COLUMBUS, TANAMAN CABE COLUMBUS, CABAI COLUMBUS, LMGA AGROCara menanam cabai Columbus bebas layu menjelang musim penghujan harus di ketahui oleh petani agar hasil panen cabai besar Columbus bisa maksimal. Jual benih cabai Columbus harga murah CP. 082141747141 atau SMS/WA : 08125222117. Baca, kuasai dan praktekkan secara langsung cara menanam cabai Columbus bebas layu di musim penghujan.

Benih cabai tahan virus Columbus adalah senjata baru dari PT. Bisi International ( Cap Kapal Terbang ) untuk menguasai benih cabai tipe besar di Indonesia. Karena itu toko pertanian LMGA AGRO akan mengulas bagaimana cara menanam cabai Columbus terbebas dari layu. Harapannya petani akan bisa memaksimalkan hasil panen cabai Columbus dan mengurangi kerugian adanya serangan layu dari jamur maupun bakteri.

Cara menanam cabai Columbus bebas layu ini saya tulis karena prediksi saya benih cabai yang baru di launching oleh PT. Bisi International  ini akan banyak di minati oleh petani.

Benih Cabai Columbus selama pre komersil mempunyai kode barang cabai HP 1072 N. Cabai besar hibrida sudah banyak di tanam di sentra penanaman cabai di Jawa Timur.

Beberapa kabupaten yang petaninya sudah menanam cabai Columbus di Jawa Timur adalah ; Jember, Lumajang, Banyuwangi, Malang, Probolinggo, Situbondo, Bondowoso, Malang, Tuban, Lamongan, Bojonegoro, Malang, Kediri, Blitar, Tulungagung, Ngawi dan Nganjuk.

Hasil budidaya cabai Columbus Cap Kapal Terbang di Jawa Timur tersebut banyak petani  terpuaskan oleh produksi cabai Columbus ini.

Berdasarkan hasil tingkat kepuasan dari uji pre komersil cabai berkode HP 1072 N maka di akhir tahun ini cabai di Launching dengan nama Columbus.

CARA MENANAM CABAI COLUMBUS BEBAS LAYU JAMUR DAN BAKTERI

Permasalahan layu selama menanam cabai Columbus di musim penghujan pasti akan selalu datang.

Adanya tulisan ini di harapkan petani akan bisa mengurangi serangan layu jamur atau bakteri sepanjang mengikuti petunjuk cara menanam cabai Columbus bebas layu yang kami tulis.

Ulasan cara menanam cabai Columbus bebas layu di musim penghujan ini intinya terdiri dari 2 cara yaitu :

  1. CARA  MENANAM  CABAI COLUMBUS SEBELUM TANAM
  • Sejarah penggunaan lahan untuk menanam cabai Columbus Cap Kapal Terbang

Kita semua harus mengetahui sejarah lahan yang akan kita gunakan untuk budidaya cabai Columbus. Kita jangan menyewa lahan untuk berkebun cabai sebelumnya sudah digunakan untuk tanaman cabai atau tanaman yang sejenis.

Apalagi kalau lahan yang di gunakan mempunyai sejarah banyak layu baik karena serangan jamur atau bakteri. Karena hanya dengan mengetahui sejarah penggunaan lahan tersebut maka kita akan bisa menghindari  dini penyakit layu di tanaman cabai.

Apalagi harga benih cabai hibrida Columbus ini cukup tinggi di pasaran. Pilihlah lahan menanam cabai Columbus dari bekas tanaman padi, ini akan memberi hasil terbaik.

  • Pengolahan lahan budidaya cabai Columbus Cap Kapal Terbang

Setelah kita mendapatkan lahan dan memastikan bahwa lahan bukan dari bekas tanaman cabai, maka langkah berikutnya adalah cara pengolahan lahan.

Cara menanam cabai Columbus agar terbebas dari serangan mati karena jamur dan bakteri harus memperhatikan cara pengolahan lahan.

Cara pengolahan meliputi : pembajakan, pengelantangan, pembuatan bedengan, pemberian pupuk dasar dan aplikasi Arashi. Mari kita bahas satu persatu bab pengolahan lahan ini.

BACA JUGA : MENANAM CABAI COLUMBUS

Pembajakan lahan adalah salah satu cara menanam cabai Columbus agar terbebas dari serangan layu.

Pembajakan bertujuan untuk membalik tanah dan memperkecil struktur tanah sehingga aerasi dalam tanah akan bisa berlangsung baik. Proses aerasi akan menyebabkan tanah kaya akan oksigen.

PENGOLAHAN LAHAN CARA MENANAM CABAI COLUMBUS

Dengan cara ini maka unsur dalam tanah akan semakin tinggi dan akan cocok untuk tanaman cabai Columbus Cap Kapal Terbang.

Dengan cara pembajakan dan memperkecil butiran tanah maka akar tanaman cabai besar Columbus tidk mudah terputus. Perakaran tanaman cabai yang luka karena terputus akan meyebabkan tanaman cabai mati.

Pengelantangan ( tanah di biarkan terkena panas dan hujan ) bertujuan agar bakteri dan jamur yang merugikan tanaman mati.

Saat ini kegiatan ini jarang di lakukan oleh petani dengan alasan rugi waktu. Padahal aktivitas pengelantangan lahan tanaman akan berpengaruh besar terhadap cara menanam cabai Columbus.

Lahan saat menanam cabai dilakukan pengelantangan akan memberi hasil berbeda nyata dibanding tanpa perlakuan pengelantangan. Waktu pengelatangan terbaik adalah 2 – 3 minggu.

BACA JUGA : TEKNIK MENGURANGI CACAR BUAH TANAMAN CABAI

Setelah lahan dilakukan pengelantangan maka langkah berikutnya cara menanam cabai Columbus adalah menyiapkan bedengan untuk menanam cabai Columbus.

Persyaratan dalam pembuatan bedengan yang baik dalam budidaya cabai besar merah Columbus yaitu lebar bedengan ideal untuk musim penghujan adalah 120 Cm, dengan ketinggian 30 Cm, jarak antar bedeng 50 Cm, kedalaman saluran air tengah 40 Cm dan saluran tepi terluar adalah 50 Cm.

Sistem penanam dengan cara zik zak ( Gigi walang ). Jarak tanaman 70 Cm x 70 Cm. Dengan cara seperti ini di harapkan tanaman cabai merah Columbus akan mendapatkan ruang yang optimal sehingga petumbuhan bisa maksimal.

Cara menanam cabai Columbus bebas layu di musim penghujan berikutnya adalah pemberian pupuk dasar. Pemberian pupuk dasar yang saya maksud disini terdiri dari pupuk fermentasi, pupuk ZA, TSP dan KCL, serta Dolomit ( Kapur pertanian ).

Apakah anda semua mengetahui bahwa salah satu penyebab tingginya layu di musim penghujan adalah efek dari pemakaian pupuk kandang yang masih mentah.

PEMBERIAN PUPUK DASAR CARA MENANAM CABAI COLUMBUS

Pupuk kandang yang mentah dan lagsung di gunakan akan memacu tumbuhnya jamur dan bakteri karena adanya proses fermentasi dan berada di dekat tanaman. Sehingga suhu sekitar perakaran tananam menjadi panas.

Dosis pemberian pupuk dasar dalam 1 Ha lahan ( Populasi 17.000 tanaman ) adalah ZA = 150 Kg, TSP = 300 Kg,  KCL = 250 Kg, Borat 48 10 Kg, Pupuk Fermentasi padat 3 Ton dan Kapur Dolomit 2 Ton.

Cara aplikasi dengan membagi secara rata di atas bedengan dengan kedalaman 15 – 30 Cm ( kedalaman akar cabai ).

Proses pembuatan pupuk fermentasi padat cara LMGA AGRO dalam budidaya tanaman cabai Columbus bisa baca disini.

Cara menanam cabai Columbus agar bebas layu selanjutnya adalah aplikasi penyemprotan Arashi.

Setelah lahan diaplikasi dengan pupuk dasar secara merata, perlu dilakukan penyemprotan dengan obat anti layu ARASHi. Arashi berfungsi sebagai tindakan dini untuk mencegah timbulnya bakteri dan jamur di lahan tanaman cabai Columbus.

Dosis penyemprotan obat anti layu jamur dan bakteri di cara menanam cabai Columbus ini adalah 1 Gram per liter ( Arashi 4 Sachet ).

Aplikasi Arashi harus di lakukan secara tunggal ( hanya di larutkan air ) tidak boleh di campur dengan bahan kimia lain.

Aplikasi dengan cara menyemprotkan lahan tanaman cabai besar Columbus Cap Kapal Terbang secara merata.

Obat layu Arashi yang diaplikasikan secara dini bersamaan pupuk dasar terbukti efektif menekan bertumbuhan jamur dan bakteri penyebab layu tanaman cabai besar. Dan ini adalah langkah yang tepat bagi petani Hortikultura di Indonesia.

CARA MENANAM CABAI COLUMBUS DENGAN ARASHI OBAT LAYU

Setelah dilakukan penyemprotan selanjutknya bedengan bisa di tutup dengan menggunakan mulsa hitam perak atau mulsa perak – perak.

Penutupan mulsa harus di lakukan saat panas matahari terik sehingga akan di peroleh mulsa yang kencang dan kuat.

Biarkan lahan tertutup mulsa 7 hari agar pupuk kimia larut dan tercampur dengan tanah. Penanam secara langsung bisa menyebabkan kematian atau gangguang di tanaman cabai.

Cara menanam cabai Columbus yang ideal adalah setelah umur 18 – 23 hari di persemaian ( 18 – 23 HSS ). Dengan umur ini maka tanaman cabai tidak akan banyak mengalami permasalahan di bedengan.

BACA JUGA : SERANGAN LALAT BUAH PADA TANAMAN CABAI

2.  CARA MENANAM CABAI COLUMBUS BEBAS LAYU SETELAH TANAM 

Setelah mengetahui langkah – langkah menanam cabai Columbus pra tanam, maka kita juga harus mengetahui teknik menanam cabai Columbus setelah tanam ( Perawatan ).

Tulisan ini sudah sudah saya tulis secara lengkap. Petani dan pelanggan toko pertanian online LMGA AGRO tinggal membaca ulang, mengerti dan langsung praktek. Tanpa praktek tulisan  ini tidak akan ada manfaatnya. Link tips perawatan budidaya cabai Columbus KLIK DISINI.

Demikian sekilas tips cara menanam cabai Columbus Cap Kapal Terbang ini kami tulis. Semoga petani yang membaca dan praktek dari tulisan saya akan memperoleh hasil maksimal dan terhindar dari layu.

Toko pertanian online LMGA AGRO juga menjual benih cabai Columbus Cap Kapal Terbang dengan harga murah. Apabila membutuhkan benih cabai Columbus kami siap mengirim ke seluruh Indonesia dengan cepat dan tepat waktu.

BACA JUGA : PENAGULANGAN PATEK PADA TANAMAN CABAI

Kami juga menyediakan layanan konsultasi gratis cara menanam cabai Columbus sampai sukses dengan cara telepon di CP; Budi HP : 082 141 747 141 atau layanan khusus SMS / WA : Hp. 0812 5222 117. Kami siap membantu anda sampai sukses. Salam sukses bagi petani cabai Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *