PENTINGNYA ROTASI TANAMAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL TANAM

Beri Penilaian

Benih,Bibit,Unggul,Tanaman,Melon, LMGA AGROPentingnya Rotasi Tanaman Untuk Meningkatkan Hasil Tanam. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. Ketersediaan pangan adalah hal penting bagi kelangsungan hidup manusia. Sumber pangan bisa berasal dari hewan ataupun tumbuhan. Rev 16/12/2020.

Dalam rangka pemenuhan akan kebutuhan pangan yang berasal dari tumbuhan tersebut, manusia melakukan kegiatan budidaya. Seiring dengan perkembangan jaman, kegiatan budidaya tanaman tidak hanya bertujuan untuk pemenuhan kebutuhan pangan, tetapi sudah berkembang pada kegiatan untuk mendapatkan keuntungan.

Petani sebagai pelaku budidaya tidak lagi hanya menanam komoditas yang masuk kebutuhan utama tapi juga mempertimbangkan komoditas yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Pemilihan komoditas yang memiliki nilai ekonomi tinggi kadang membuat pelaku budidaya dalam hal ini petani, mengabaikan perubahan yang terjadi pada kondisi lahan pertaniannya.

Penanaman satu jenis tanaman, atau bergiliran dengan tanaman lain yang masih satu keluarga untuk beberapa periode masa tanam secara terus menerus akan memberikan dampak yang buruk.

Menanam jenis tanaman yang sama atau satu keluarga secara terus menerus mengakibatkan kesuburan tanah menurun, dan serangan organisme pengganggu tanaman meningkat.

Kesuburan tanah yang menurun akan mendorong penggunaan pupuk kimia dalam jumlah yang terus meningkat. Pupuk kimia menjadi pilihan karena kemudahan mendapatkannya dan reaksinya yang cepat terhadap tanaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.