TIPS SUKSES BUDIDAYA TANAMAN SAYUR

Beri Penilaian

kebun kol, tips budidaya, lmga agro, jual benih, murah, harga grosir, toko online, sayur, sayuranTIPS SUKSES BUDIDAYA TANAMAN SAYUR. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. Sayuran adalah tanaman hortikultura yang pembudidayaanya harus secara intensif.(Rev.02-01-2021)

Petani yang membudidayakan tanaman sayur saat ini tersebar dari petani pada lahan dataran rendah hingga dataran tinggi, dan Petani sayur sukses adalah petani yang teliti dalam budidayanya.

Budidaya Tanaman sayur akan tumbuh dan berkembang dengan baik apabila asal benihnya berkualitas hingga benar dalam memilih dan melakukan perawatannya.

Tanaman sayur tidak hanya menanamnya pada lahan luas tapi juga bisa menanam sekitar perkarangan atau tanam dalam pot. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat kita jadikan referensi dalam budidaya sayur yang sukses.

  • Pemilihan benih yang tepat

Sumber benih merupakan hal pertama yang perlu kita perhatikan untuk budidaya tanaman. Tentunya sumber benih yang kita perlukan untuk budidaya adalah benih yang sudah bersertifikat dan teruji serta terbaik.

Sumber benih yang salah akan membawa dampak buruk pada budidaya karena waktu, tenaga, dan kita tidak bisa mengembalikan biaya dalam pemeliharaan apabila gagal.

Untuk mengetahui benih yang masih bagus untuk proses tanam nantinya, berikut adalah cara pemilihan benih yang sehat yaitu :

  1. Siapkan air hangat secukupnya.
  2. Rendam benih pada air hangat semalam.
  3. Keesokan harinya pilihlah benih yang tenggelam, benih yang tenggelam adalah benih yang sehat karena pada dalamnya masih terdapat cadangan makanan bagi benih untuk bisa berkecambah.

Saat ini banyak tersedia benih pabrikan, dan Produsen benih pabrikan yang memproduksi berbagai macam benih hibrida maupun benih unggul seperti : Panah Merah, Known You Seed, Bisi International, Sakata, Agri Makmur Pertiwi, Bintang Citra Asia (BCA), Aura Seed, dan sebagainya.

Memilih benih yang tepat sebaiknya melakukannya dengan memilih jenis benih yang sesuai dengan lokasi lahan tanam. Dengan melihat ketinggian lokasi tanam dan keadaan lingkungannya apakah sudah endemik hama penyakit tertentu atau belum. Dengan pemilihan benih yang tepat akan mengurangi resiko kegagalan.

Penyemaian Benih Sayur

  • Penyemaian

Beberapa tanaman sayur membutuhkan penyemaian sebelum tanam pada bedengan/lahan. Untuk melakukan penyemaian benih sayuran pada umumnya menggunakan tray/wadah kecil khusus mengecambahkan benih. Media semai yang kita pilih adalah yang ringan dan akar mudah menembusnya.

Media semai biasanya menggunakan tanah, pupuk organik dan pasir dengan perbandingan 1:1:1. Setelah tanaman sayuran berdaun 3-4 helai, maka penanaman pada lahan/bedengan siap kita lakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.