BUDIDAYA TANAMAN SAWI YANG BAIK DAN BENAR

Sawi yang ada di pasaran saat ini adalah Jenis Sawi Manis : Sawi Tosakan, Sawi Shinta, Sawi Cristina, Sawi Kumala, Sawi Green Pack Choy, Sawi Putih : Sawi Aikun, Sawi Maxell, Sawi Itto, Sawi Summer Highland,  Sawi Exellent, Delli CR, Sawi Pahit Morakot, Sawi Daging F1 Nauli, Sawi Daging F1 Gardena, Sawi Daging F1 Flamingo.

SYARAT TUMBUH

SAWI,TANAMAN,SAWI DAGING, LMGA AGRO
HAMPARAN SAWI DAGING

Sawi bukan tanaman asli Indonesia, menurut asalnya wilayah Asia. Karena Indonesia mempunyai kecocokan terhadap iklim, cuaca dan tanahnya sehingga bisa berkembang pada wilayah Indonesia .

Budidaya tanaman sawi dapat tumbuh baik pada tempat yang berhawa panas maupun berhawa dingin, sehingga dapat diusahakan dari dataran rendah maupun dataran tinggi. Meskipun demikian pada kenyataannya memperoleh hasil yang lebih baik pada dataran tinggi.

Daerah penanaman yang cocok adalah mulai dari ketinggian 5 meter sampai dengan 1.200 meter pada atas permukaan laut. Namun biasanya pembudidayaanya pada daerah yang mempunyai ketinggian 100 meter sampai 500 meter dpl. Tanaman sawi tahan terhadap air hujan, sehingga dapat tertanam sepanjang tahun.

Pada musim kemarau perlu memperhatikan masalah penyiraman yang harus secara teratur. Berhubung dalam pertumbuhannya tanaman ini membutuhkan hawa yang sejuk maka lebih cepat tumbuh apabila tanam dalam suasana lembab. Akan tetapi tanaman ini juga tidak senang pada air yang menggenang.

Dengan demikian, tanaman ini cocok bila tanam pada akhir musim penghujan. Dalam menanam sawi tanah yang cocok adalah tanah gembur, banyak mengandung humus dan subur, serta pembuangan airnya baik. Derajat kemasaman (pH) tanah yang optimum untuk pertumbuhannya adalah antara pH 6 sampai pH 7.

BUDIDAYA TANAMAN SAWI

Cara bertanam sawi sesungguhnya tak berbeda jauh dengan budidaya sayuran pada umumnya. Budidaya konvensional pada lahan meliputi proses pengolahan lahan, penyiapan benih, teknik penanaman, penyediaan pupuk dan pestisida, serta pemeliharaan tanaman.

Dapat menanam Sawi secara monokultur maupun tumpang sari. Tanaman yang dapat tumpang sari dengan tanaman sawi antara lain adalah bawang daun, wortel, bayam, kangkung darat.

Sedangkan menanam benih sawi ada yang secara langsung tetapi ada juga melalui pembibitan terlebih dahulu. Berikut ini akan kita bahas mengenai teknik budidaya tanaman sawi secara konvensional pada lahan.

2 Comments on “BUDIDAYA TANAMAN SAWI YANG BAIK DAN BENAR”

    1. Terima kasih untuk bapak Sujani yang sudah berkunjung ke Blog kami, salam kenal bapak, semoga sehat selalu. Untuk tanaman jenis sayu yang bisa untuk pekarangan bapak bisa menanam :Kacang Panjang, Bayam , Kangkung dll tapi kalau bapak ingin tanaman yang mempunyai Nilai Ekonomi tinggi bapak bisa menanam tanaman sayur : Kubis, Bunga Kol, Cabai, Tomat, Waluh daging merah, Labu air. Apabila kurang jelas bapak bisa telepon kami di Budi Hp : 082 141 747 141. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *