JUAL BENIH CABE RAWIT ORI 212 AURA SEED HARGA PROMO

BENIH CABE RAWIT ORI 212, jual murah benih, toko pertanian, toko online, lmga agro
CABE RAWIT ORI 212 AURA SEED

Jual Benih Cabe Rawit ORI 212 Aura Seed 10 Gr harga promo HP. 082141747141, SMS / WA: 08125222117. Cabe rawit ORI 212 dijual promo di toko pertanian LMGA AGRO. Tersedia berbagai benih, pupuk, pestisida, spare part dan alat-alat Pertanian.

Toko Pertanian online LMGA Agro melayani konsultasi pertanian. Terutama seputar jual benih cabe rawit ORI 212. Konsultasi tentang budidaya  cabe  juga tanaman lainnya. Kami siap mengantar pesanan Anda bersama jasa ekspedisi mitra Kami. Seperti JNE, POS INDONESIA, TIKI, KI8 dan lain-lainnya. Pesanan Anda akan sampai cepat dan aman sampai tujuan.

Jual  promo benih cabe rawit ORI 212 diproduksi oleh Aura Seed. Benih dikemas dengan berat 10 gr. Jual benih cabe rawit ORI 212 merupakan jenis cabe unggul. Cabe rawit merupakan tanaman buah kategori sayur yang populer di Indonesia.

Selain di Indonesia, cabe rawit populer sebagai sebagai bumbu masakan di beberapa negara di asia Tenggara. Seperti Malaysia, Singapura, Philipina dan Thailand. Nama lain dari cabe rawit adalah cabe kathur.

JUAL BENIH CABE RAWIT UNGGUL ORI 212

Jual cabe rawit ORI 212 memiliki permukaan kulit buah bergelombang. Bentuk buah silindris memanjang. Warna cabe saat muda berwarna putih kekuningan dan saat tua berwarna merah.

Jual cabe rawit ORI 212 berukuran panjang 3,2 – 3,6 cm. Rasa buahnya pedas. Cabe rawit ORI 212 dipanen mulai umur 90 – 95 setelah tanam. Produksi tinggi dan memiliki adaptasi baik di dataran rendah – menengah. Jual benih cabe rawit ORI 212 Aura Seed dikemas dengan berat 10 gram.

Buah cabe rawit ORI 212 berubah warna dari hijau menjadi merah saat matang. Cabe rawit berukuran lebih kecil dari varietas cabe lainnya. Cabe rawit dianggap cukup pedas. Tingkatan kepedasannya mencapai 50.000 – 100.000 skala Scoville.

Manfaat cabe rawit bagi kesehatan adalah dapat meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi sakit akibat nyeri otot dan membantu detoksifikasi.

BENIH CABE ORI 212, JENIS CABE RAWIT UNGGUL

Cabe atau cabai rawit memiliki nama latin Capsicum frustecens L. Tanaman cabai rawit merupakan tanaman perdu. Cabai rawit berasal dari famili terong-terongan dengan nama ilmiah capsicum spp.

Asal cabe rawit dari benua Amerika. Tepatnya adalah daerah Peru, kemudian menyebar ke negara-negara. Yaitu negara di benua Amerika, Eropa dan Asia, termasuk Indonesia.

Cabe rawit secara umum adalah tanaman berkayu. Panjang batang utama berkisar antara 20 – 28 cm. Diameter batang 1,5 – 2,5 cm. Percabangan batang berwarna hijau dan panjangnya antara 5 – 7 cm. Percabangan berbentuk menggarpu dengan posisi daun selang-seling.

Cabe rawit masuk dalam suku terong-terongan ( Solanaceae ). Tanaman cabe mudah ditanam baik di dataran rendah maupun dataran tinggi.

Buah cabe banyak mengandung vitamin A dan vitamin C. Selain itu, cabe rawit mengandung zat kapsaicin, penyebab rasa pedas. Namun memberikan kehangatan saat kita mengkonsumsinya.

Cabe rawit selain sebagai bumbu masak juga bisa langsung dikonsumsi mentah. Rasa hangat di badan langsung terasa bila cabe rawit dimakan langsung bersama gorengan.

MANFAAT DAN KANDUNGAN GIZI CABE RAWIT ORI 212

cabe rawit ori 212, manfaat cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
MANFAAT CABE RAWIT

Diantara jenis cabe lainnya, jual cabe rawit ORI 212 ( kecil ) ini mengandung vitamin A paling tinggi. Cabe rawit segar mengandung 11000 SI vitamin A.  Cabe rawit kering kandungan vitamin A menurun menjadi 1000 SI.

Cabe hijau segar hanya mengandung 260 SI vitamin A, cabe merah segar 470 SI dan cabe merah kering 576 SI vitamin A. Vitamin a pada cabe rawit bermanfaat untuk kesehatan mata dan untuk menyembuhkan sakit tenggorokan.

Jual cabe rawit ORI 212 berasa pedas karena mengandung zat kapsaicin. Juga terdapat senyawa dihidrokapsaicin. Kandungan kapsaicin ini bersifat sebagai pembangkit selera makan.

Zat kapsaicin menstimulus hormon endophrin pemberi efek nikmat. Oleh karena itu, seseorang mengkonsumsi cabe akan lahap makannya. Juga selalu menambah porsi makannya.

Menurut uji lapang, benih cabe rawit unggul dapat tumbuh di ketinggian 1000 m dpl. Namun pertumbuhan tanaman dan pembentukan buahnya kurang baik. Sehingga dapat mempengaruhi hasil panennya.

Jual cabe rawit ORI 212 dikenal sebagai cabe unik karena memiliki banyak manfaat. Cabe rawit diketahui bermanfaat dalam :

  • Dapat mencegah kanker.
  • Meningkatkan nafsu makan.
  • Memperlambat penuaan.
  • Mengatasi stroke.
  • Menjaga dan merawat penyakit jantung.

BACA : KUNCI SUKSES MENANAM TOMAT SERVO DI MUSIM PENGHUJAN

BUDIDAYA CABE RAWIT YANG BAIK DAN BENAR

Cabe rawit  saat ini menjadi salah satu tanaman hortikultura yang bisa menjadi usaha yang menjanjikan bagi petani. Peluang usaha agribisnis dari menanam cabe rawit sudah banyak yang sukses dengan keutungan besar.

Peluang bisnis budidaya cabe rawit hanya akan sukses bila dikelola dengan cara menanam cabe rawit secara benar. Karena itu perlu pemahaman tentang tahapan  yang ada selama menanam cabe rawit mulai dari awal sampai panen.

Harga cabe di pasaran sangat fluktuatif, naik turun dengan cepatnya. Harga cabe tidak menentu terutama terjadi di waktu-waktu khusus. Seperti di bulan Ramadhan dan menjelang hari raya baik Iedul Fitri  maupun Natal.

Selain harga cabe yang fluktuatif, petani dihadapkan tantangan baru dalam budidaya cabe. Yaitu budidaya cabe dikenal cukup rentan perubahan cuaca ekstrim dan serangan hama dan penyakit.

Hambatan dan tantangan tersebut tentunya membutuhkan biaya budidaya cabe tak sedikit. Sehingga petani dihadapkan pertanyaan bagaimana agar budidaya cabe bisa sukses dan menghasilkan keuntungan maksimal.

Petani diharuskan belajar dan selalu belajar dari pengalamannya melakukan budidaya sendiri. Atau bertukar pikiran dan infomasi bersama petani-petani cabe rawit.

Karena itulah, Toko Pertanian Online LMGA Agro melayani konsultasi bagi petani untuk membantu permasalahan di lapangan. Terutama cara budidaya cabe yang baik dan benar. Kami juga menjual benih cabe rawit ORI 212 kemasan 10 Gr harga promo.

SYARAT TUMBUH MENANAM CABE RAWIT

Kondisi Lingkungan

Kondisi lingkungan di Indonesia sangat tepat untuk menanam cabe rawit. Matahari bersinar penuh sepanjang hari. Hal ini syarat paling menentukan pertumbuhan tanaman cabe rawit.

Jual cabe rawit ORI 212 dapat tumbuh di dataran rendah hingga menengah. Untuk dataran tinggi, sekitar 1400 m dpl, tanaman cabe masih dapat tumbuh. Namun menghasilkan produksi kurang maksimal, kualitas cabe juga kurang bagus.

Iklim dan Cuaca

Suhu selalu berpengaruh pada pertumbuhan tanaman, juga cabe rawit. Suhu ideal tanaman cabe adalah 24° – 28° C. Pada suhu kurang dari 15° C atau lebih dari 32° C akan menghasilkan cabe rawit yang jelek.

Pertumbuhan cabe rawit akan terhambat bila suhu harian di lokasi menanam cabe rawit terlalu dingin. Di musim kemarau, budidaya cabe membutuhkan pengairan yang cukup. Usahakan tanah tidak kekeringan atau tanah terlalu basah.

Curah hujan ideal bagi tanaman cabe adalah 800 – 2000 mm/tahun. Kelembaban udara sekitar 80%.

Jenis Tanah

Tanah ideal untuk budidaya cabe adalah jenis tanah liat berpasir. Tanah memiliki sirkulasi udara yang baik dan mudah mengalirkan air serta aerasi yan baik juga. Pertumbuhan cabe rawit optimal pada tanah dengan pH 6 – 7. Waktu tanam cabe rawit biasanya saat memasuki akhir musim hujan.

Cabe rawit ( Capsicum frutescens ) berasal dari benua Amerika. Cocok dikembangkan di wilayah tropis terutama sekitar khatulistiwa. Cabe rawit paling cocok ditanam di dataran rendah dengan ketinggian 0 – 500 m dpl. Cabe rawit juga masih bisa tumbuh baik hingga ketinggian 1000 m dpl.

CARA MENANAM CABE RAWIT ORI 212 AURA SEED

Menanam cabe rawit di dataran tinggi masih dapat berbuah. Namun periode panen lebih pendek dibandingkan menanam di dataran rendah. Produksi biji cabe rawit juga lebih sedikit. Kondisi ini bisa dikatakan keunggulan atau tidak. Namun beberapa konsumen menyukai biji cabe rawit lebih sedikit. Meskipun bobot buah menjadi ringan.

Cabe rawit cocok dibudidayakan di Indonesia sangat beragam jenisnya. Secara umum dikenal ada 2 jenis cabe rawit yaitu cabe rawit putih dan cabe rawit hijau. Setiap tempat memiliki jenis cabe rawit berbeda-beda.

Menanam cabe rawit lebih rendah resikonya dibandingkan menanam cabe besar. Cabe rawit lebih tahan serangan hama. Meskipun, hama yang menyerang cabe besar juga bisa menyerang cabe rawit. Berikut ini tahapan menanam cabe rawit.

BACA : BELANJA BARANG PERTANIAN MURAH, GRATIS KONSULTASI PERTANIAN

PEMBIBITAN BENIH CABE RAWIT ORI 212

Budidaya cabe rawit dengan luasan 1 hektar membutuhkan benih sekitar 0,5 kg. Benih harus disemaikan dulu untuk dijadikan bibit. Tempat pembibitan benih cabe rawit hendaknya diberi naungan.

Naungan berfungsi untuk melindungi bibit cabe rawit dari teriknya matahari, turunnya air hujan dan tiupan angin kencang. Pembibitan menggunakan polibag berukuran 5 x 10 cm. Polibag lalu diisi media persemaian sampai setinggi ¾ dari tinggi polibag.

Media persemaian terdiri dari campuran tanah, arang sekam dan kompos ( perbandingan 1 : 1 : 1 ). Media persemaian tadi harus diayak dahulu secara merata.

Sebelum benih ditanam, rendam dahulu dalam air hangat  ± 6 jam. Perendaman bertujuan untuk merangsang pertumbuhan. Setelah direndam 6 jam, benih cabe rawit ditanam di media polibag kemudian benih ditutup tanah media secukupnya.

Penyiraman dilakukan tiap pagi dan sore. Agar air memancar keluar dari alat siram tidak merusak benih, permukaan polibag sebaiknya ditutup kertas koran. Lalu air disiramkan akan menetes perlahan ke permukaan tanah. Sehingga air siraman tidak merusak benih dan media.

Benih nanti akan menjadi bibit dan muncul daun setelah berumur 2 minggu. Namun biasanya pada hari ke-7 bibit sudah mulai tumbuh. Nanti setelah berumur 1 bulan lebih atau sudah muncul daun 4 – 6 daun, bibit dipindahkan ke lahan terbuka/tetap.

PENGOLAHAN TANAH DAN PENANAMAN CABE RAWIT ORI 212
JUAL ALAT KOCOR TANAMAN, cabe rawit ori 212, toko pertanian, toko online, lmga agro
ALAT KOCOR TANAMAN

Pengolahan tanah mulai dipersiapkan bersamaan pembibitan/persemaian benih. Diharapkan saat bibit sudah siap maka lahan juga sudah siap untuk ditanami bibit. Sehingga dapat hemat waktu.

Pengolahan tanah menggunakan cara mencangkul atau membajak tanah sampai kedalaman 40 cm. Bila setelah dicek pH tanahnya terlalu asam, maka harus dinetralkan menggunakan kapur Dolomit. Pemberian kapur Dolomit sebanyak sekitar 1 – 4 ton/ha tergantung dari nilai pH-nya.

Selanjutnya adalah membuat bedengan menanam cabe rawit ORI 212. Lebar 100 – 110 cm, tinggi 30 – 40 cm dan untuk panjang sesuai kondisi lahan. Jarak antar bedengan adalah 60 cm.

Lahan diberikan pupuk kompos atau pupuk kandang sebanyak 15 – 20 ton/ha. Bila tanah kurang subur, bisa ditambahkan pupuk Urea, TSP dan KCl secukupnya.

Bila ingin meningkatkan produktivitas cabe rawit, dapat juga lahan dipasangkan mulsa plastik hitam perak. Karena banyak sekali manfaatnya namun karena harga mulsa mahal maka harus dipertimbangkan bila ingin memakai mulsa plastik.

Pemakaian mulsa jerami juga perlu pengawasan kontinue. Karena mulsa jerami juga dapat mengundang datangnya hama dan penyakit.

Lubang tanam dibuat dengan jarak 50 – 60 cm. Lubang tanam dibuat 2 baris dalam satu bedengan. Jarak antar baris adalah 60 cm. Lubang tanam dibuat sistem zig-zag dan tidak sejajar. Tujuannya agar sinar matahari dapat sampai hingga keseluruh ruang tumbuh tanaman sehingga penetrasi dan sirkulasi udara lancar.

Pemindahan bibit dengan cara menyobek plastik polibag. Bibit diambil pelan-pelan dan usahakan tanah tidak pecah. Bibit ditanam di lubang tanam, lalu disiram air untuk menjaga kelembabannya.

Penanaman bibit ke lubang tanam dilakukan pada pagi atau sore hari. Penanaman bibit dilakukan dalam satu hari selesai dan tuntas semua bibit berhasil dipindahkan.

BACA : ARASHI OBAT ANTI LAYU BAKTERI DAN FUSARIUM ANDALAN PETANI

PERAWATAN DAN PEMELIHARAAN BUDIDAYA CABE RAWIT ORI 212
  • Penyiraman secara rutin saat musim kemarau. Usahakan tanah tidak terlalu kering karena dapat menyebabkan kematian tanaman. Pemberian air dilakukan yaitu dikocor lansung ke tanaman. Pemberian air juga dilakukan dengan cara merendam bedengan ( di leb ) dan cukup setiap 2 minggu sekali.
  • Pemupukan susulan setelah tanaman berumur 1 bulan sejak pemindahan bibit. Selanjutnya pupuk diberikan setiap selesai panen. Pemupukan menggunakan pupuk organik cair ( POC ) atau kompos.
  • Pupuk cair diberikan setelah sebelumnya diencerkan lebih dahulu. Lakukan sesuai petunjuk kemasan atau dapat berkonsultasi dengan Toko pertanian LMGA Agro mengenai dosisnya. Pemberian sebanyak 100 ml/tanaman.
  • Pupuk kompos diberikan sebanyak 500 – 700 gram. Bisa juga ditambahkan Urea dan NPK secukupnya.
  • Perawatan lain yaitu penyiangan rutin dilakukan terutama untuk lahan tanpa mulsa plastik hitam perak. Lahan harus dalam keadaan bersih dari gulma karena gulma menyebabkan persaingan menyerap pupuk. Bahkan beberapa gulma merupakan tanaman inang pembawa penyakit cabe rawit.

PENGENDALIAN HAMA DAN PENYAKIT CABE RAWIT

1. THRIPS ( Trips parvispinus Karny. )

Hama thrips menyerang dengan cara menghisap permukaan bawah daun. Terutama daun muda. Gejala serangan yaitu warna daun yang terserang berubah menjadi coklat tembaga. Daun mengeriting lalu mati.

Cabe rawit yang terserang parah, daun-daun, pucuk dan tunasnya menggulung ke dalam. Akibatnya pertumbuhan cabe rawit terhambat. Tanaman menjadi kerdil dan akhirnya akan mati.

Cara pengendalian dengan memanfaatkan musuh alaminya yaitu kumbang dan kepik. Selain itu, melakukan rotasi tanaman, sanitasi lingkungan ( penyinagan ) dan pemakaian mulsa plastik hitam perak. Semprotkan insektisida berbahan aktif fipronil dan lakukan pada sore hari.

2. Ulat Grayak ( Spodoptera litura F. )
Hama ulat grayak berwarna hijau dan menyerang pada bagian daun, tunas dan buahnya. Gejala serangan pada buah ditandai adanya lubang-lubang kecil tidak beraturan di kulit buah.
Gejala daun yang diserang pada tingkat parah adalah ulat menyisakan tulang daunnya saja. Cara pengendalian yaitu selalu menjaga kebersihan lahan. Rutin melakukan penyiangan pada areal tanaman. Bila perlu, semprotkan insektisida Curacron, Regent, Prevathon dan Matador.
3. Kutu Kebul ( Bemisia tabaci Genn. )

Hama kutu kebul berukuran sangat kecil dan berwarna putih. Kutu kebul sering ditemui pada daun dan berkelompok. Apabila hama ini disentuh akan beterbangan mirip kabut ( kebul ).

Kutu kebul menyerang cabe rawit pada bagian daunnya. Daun menjadi keriting, menguning dan belang. Akibatnya tanaman menjadi kerdil dan tidak produktif.

Kutu kebul juga merupakan hama vektor penyebar virus kuning ( gemini virus ). Sekali kutu kebul dapat menularkan virus kuning, maka selamanya kutu kebul tersebut menularkan virus. Jadi lebih baik lakukan penyemprotan hama.

Penyemprotan secara alami menggunakan larutan cabe dicampur bawang putih. Caranya cabe sebanyak 8 buah dan beberapa bawang putih, dihaluskan ( diblender ). Campurkan dengan air sebanyak 1 liter.

Bila masih belum berhasil, semprotkan dengan insektisida bahan aktif abamektin, karbosulfan, fipronil, imidakloprid.

4. Lalat Buah ( Bactrocera sp. )

Hama lalat buah menyerang buah cabe rawit dengan membuat lubang pada pangkal buahnya. Lalat buah meletakkan telurnya. Telur-telur lalu menetas menjadi larva dan berkembang dalam buah sambil menggerogoti bagian dalam buah hingga busuk.

Buah yang terserang akan menjadi busuk dan gugur sebelum larva menjadi pupa. Jika cabe dibelah, tampak banyak larva di dalamnya.

Pengendalian lalat buah yaitu mengambil dan mengumpulkan buah cabe yang rontok. Lalu dimusnahkan dengan cara dibakar. Langkah tersebut dilakukan agar larva di dalam buah tidak menjadi pupa.

Pengendalian lalat buah juga bisa menggunakan perangkap lalat buah, tersedia di Toko Pertanian Online LMGA Agro. Semprotkan insektisida Curacron, regent, Santoat, Matador di pagi hari. Pagi hari daun masih berembun dan lalat belum berkeliaran.

5. Tungau Kuning ( Polyphagotarsonemus latus Banks. )

Tungau kuning menyerang cabe rawit dengan cara menghisap cairan tanaman. Akibatnya pertumbuhan tanaman menjadi tidak normal/abnormal.

Gejala serangan menyebabkan daun tampak menebal, melintir, menyusut dan keriting. Warna daun menjadi kecoklatan. Pada tingkatan parah, daun menjadi rontok.

Cara pengendalian yaitu melakukan rotasi tanaman dan sanitasi lahan. Dapat dicoba menyemprotkan insektisida nabati dari ekstrak tembakau lalu dicampur bawang putih dan sedikit detergen. Penyemprotan dilakukan 2 hari sekali pagi dan sore.

Tiga hari sekali dapat disemprotkan racun tungau ( akarisida ) seperti Agrimec, Demolish, Pegasus, Bamex, Omite, Mitac atau Samite.

BACA : TIPS DAN KIAT SUKSES MENANAM CABE DAN TOMAT DI MUSIM PENGHUJAN

6. Penyakit Rebah Semai

Penyakit rebah semai merupakan penyakit awal yang dihadapi petani cabe rawit. Karena sesuai namanya, rebah semai terjadi saat di pembibitan atau persemaian benih. Gejala rebah semai adalah dibagian pangkal batang dekat akar tampak busuk, menyusut lalu patah. Rebah semai disebabkan oleh infeksi jamur.

Cara mengatasi rebah semai yaitu menyemprotkan fungisida kontak berbahan aktif karbendazim. Juga menggunakan fungisida sistemik berbahan aktif metalaksil atau dimetomorf.

Pencegahan dengan cara merendam biji benih rawit dalam larutan fungisida sistemik dimetomorf  konsentrasi 1 gram/liter. Cara ini dapat mencegah infeksi jamur pada benih.

7. Penyakit Layu Fusarium

Layu fusarium biasanya menyerang tanaman cabe rawit setelah pindah tanam ke lahan tetap. Penyebabnya adalah infeksi jamur patogen fusarium pada area perakaran tanaman. Menyebabkan tanaman tampak layu di siang hari dan kembali segar saat sore hari.

Lama kelamaan bila dibiarkan, cabe rawit akan semakin kering, daunnya berguguran lalu tanaman mati. Sampai saat ini, belum ada fungisida baik kontak maupun sistemik terbukti ampuh untuk mengendalikan layu fusarium.

Usaha yang bisa dilakukan adalah melalui pencegahan. Juga pemakaian aplikasi trichoderma pada pemupukan dasar ( pupuk kandang ).  Lakukan pengocoran trichoderma beberapa hari setelah pindah tanam.

Trichoderma adalah jamur baik dan bersimbiosis dengan akar tanaman. Berfungsi untuk mematikan jamur patogen dalam tanah seperti Fusarium sp. penyebab layu fusarium.

8. Penyakit Layu Bakteri

Layu bakteri menunjukkan gejala sama dengan layu fusarium. Fase layu bakteri sangat cepat. Hanya dalam 3 hari, tanaman menjadi kering dan seluruh daun akan meranggas rontok hingga tanaman mati kering.

Layu bakteri disebabkan oleh bakteri patogen dalam tanah dan menginfeksi area perakaran tanaman. Lakukan penyemprotan menggunakan bakterisida sistemik berbahan aktif streptomycin. Bakterisida akan bekerja secara sistemik dan mematikan infeksi bakteri  di area perakaran cabe rawit.

9. Penyakit Daun Keriting

Menanam cabe rawit di musim kemarau, petani akan dihadapkan penyakit daun keriting yang mudah menyerang tanaman cabe rawit. Penyebab daun keriting diantaranya tanaman kekurangan nitrogen, serangan kutu daun dan infeksi virus Gemini.

Daun keriting sering terjadi karena serangan kutu daun dan sudah membawa virus Gemini. Daun cabe rawit keriting sulit sekali untuk diobati. Kita hanya bisa melakukan pencegahan. Yaitu mengendalikan hama vektornya seperti  thrips, kutu kebul dan aphids.

Pengendalaikan dilakukan terhadap hama vektornya. Yaitu penyemprotan insektisida berbahan aktif abamektin ataupun dimetoat  minimal 1 minggu sekali.

BACA : TOMAT LENTANA BUAH BESAR HASIL MELIMPAH DARI CAP PANAH MERAH

10. Penyakit Daun Bulai

Daun bulai ditandai dengan adanya bercak-bercak kuning pada daun cabe rawit. Lama kelamaan bercak akan meluas kemudian daun menjadi keriting atau daun berhenti tumbuh.

Daun bulai ini penyakit tanaman merusak klorofil dan menghambat proses fotosintesis. Sehingga menimbulkan dampak bagi pertumbuhan, perkembangan dan produktifitas cabe rawit.

Penyebab penyakit bulai yang menyerang daun ini adalah virus Gemini. Virus ini ditularkan oleh hama vektornya yaitu aphids, thrips dan kutu kebul. Sehingga perlunya pemilihan benih tahan virus Gemini seperti benih cabe rawit ORI 212 Aura Seed. Memilih benih tahan virus merupakan langkah pencegahan.

Pengendalian dilakukan terhadap hama vektornya. Yaitu menyemprotkan insektisida berbahan aktif abamektin.

11. Penyakit Patek ( Antraknosa )

Penyakit patek selalu menyerang tanaman cabe di musim hujan. Dibandingkan jenis cabe lain, cabe rawit lebih rentan terserang antraknosa di bagian buahnya. Gejala patek ini adalah membusuknya buah ditandai adanya lesi kehitaman berbentuk lingkaran.

Lama kelamaan lesi akan menyebar dan membusukkan seluruh bagian buah. Penyebab patek ini adalah infeksi jamur. Pada sebagian kasus, patek disebabkan karena infeksi bakteri.  Kelembaban tinggi saat musim hujan menyebabkan serangan semakin berat.

Penyakit Antraknosa sulit dihindari jika menanam cabe rawit di musim hujan. Kecuali jika ditanam di rumah kaca. Namun, antraknosa dapat diminimalisir dampaknya dengan beberapa tindakan, yaitu antara lain :

  • Memilih benih tahan antraknosa.
  • Bedengan harus tinggi dan jarak tanam tidak terlalu rapat.
  • Mengurangi pemupukan nitrogen di musim hujan.
  • Menambahkan pepmberian pupuk Kalium dan Kalsium.
  • Pemakaian aplikasi trichoderma  pada lahan bedengan.

Bila tanaman sudah terindikasi terkena antraknosa, maka buang segera buah yeng terkena antraknosa. Semprotkan fungisida kontak berbahan aktif propineb atau klorotalonil 3 hari berturut-turut dengan menggunakan perekat.

Semprotkan pula fungisida sistemik berbahan aktif dimetomorf atau difekonazole dengan interval 5 hari sekali. Setelah serangan tampak menurun maka interval penyemprotan fungisida dikurangi.

Penyemprotan fungisida kontak menjadi 2 – 3 hari sekali dan fungisida sistemik menjadi 7 hari sekali. Bila pas bersamaan waktu semprotnya maka kedua jenis fungisida tadi boleh dicampur.

WAKTU PANEN CABE RAWIT ORI 212

Umur panen cabe rawit ORI 212 adalah 90 – 95 setelah tanam. Periode panen cabe rawit bisa berlangsung 6 bulan bahkan lebih. Umur tanaman cabe rawit bisa mencapai 24 bulan. Frekuensi panen untuk sekali musim tanam bisa mencapai 15 – 18 kali.

Namun, perlu diketahui bahwa semakin tua tanaman maka produktivitas tanaman menurun sehingga tidak ekonomis lagi untuk dirawat. Untuk budidaya intensif, cabe rawit dirawat petani sampai berumur 12 bulan. Budidaya cabe rawit yang optimal dapat menghasilkan panen hingga 30 ton/ha.

Waktu ideal untuk memetik cabe rawit adalah pagi hari saat tidak hujan dan embun sudah mencair. Pemetikan buah cabe rawit disertakan tangkainya. Cabe rawit yang baik bentuknya ramping dan padat berisi. Jual cabe rawit ORI 212 permukaan buahnya bergelombang.

Di lahan terbuka, hasil panen cabe rawit per pohon mencapai 1,5 – 2 kg. Jumlah panen sebanyak 17 kali bahkan lebih.

Sementara itu bila ditanam di media polibag, hasil panen cabe rawit per batang adalah 0,5 – 1 kg. Jumlahnya lebih sedikit dan pemeliharaan dilakukan juga lebih intensif penanaman di polibag.

Harga cabe rawit sangat fluktuatif. Kadang kala harga cabe sangat mahal mencapai Rp. 100.000/kg  dan kadang juga bisa tiba-tiba sangat murah berkisar Rp. 10.000/kg. Harga cabe mulai naik saat bulan Ramadhan tiba.

JUAL BENIH CABE ORI 212 HARGA PROMO DI TOKO PERTANIAN TERDEKAT

Jual benih cabe rawit ORI 212 Aura Seed 10 gram tersedia harga promo hanya di Toko Pertanian terdekat LMGA Agro.  LMGA GRO sebagai toko pertanian terdekat menyediakan berbagai kebutuhan petani mulai dari benih, pupuk, pestisida dan alat-alat pertanian.

Toko Pertanian terdekat LMGA Agro juga melayani konsultasi pertanian. Membantu petani mengatasi permasalahan di lapangan. Berbagi ilmu juga kepada petani tentang budidaya cabe rawit terutama untuk meningkatkan produktivitas hasil.

Toko Pertanian  LMGA Agro melayani semua pemesanan secara online. Hubungi kami di HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS dan WA ). Kami siap mengantar pesanan Anda aman dan cepat juga terpercaya. Barang akan sampai di tempat tujuan di seluruh wilayah Indonesia.

Jual harga promo benih cabe rawit ORI 212 Aura Seed 10 gram siap diantarkan. Bersama jasa ekspedisi mitra Kami yaitu JNE, TIKI, POS INDONESIA, KI8 dan eskpedisi lainnya yang Anda inginkan untuk sampainya barang di alamat Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan salam sukses…

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *