Jual Benih Cabe Rawit ORI 212 Aura Seed Harga Promo

11. Penyakit Patek ( Antraknosa )

Penyakit patek selalu menyerang tanaman cabe di musim hujan. Dibandingkan jenis cabe lain, cabe rawit lebih rentan terserang antraknosa di bagian buahnya. Gejala patek ini adalah membusuknya buah ditandai adanya lesi kehitaman berbentuk lingkaran.

Lama kelamaan lesi akan menyebar dan membusukkan seluruh bagian buah. Penyebab patek ini adalah infeksi jamur. Pada sebagian kasus, patek disebabkan karena infeksi bakteri.  Kelembaban tinggi saat musim hujan menyebabkan serangan semakin berat.

Penyakit Antraknosa sulit dihindari jika menanam cabe rawit di musim hujan. Kecuali jika ditanam di rumah kaca. Namun, antraknosa dapat diminimalisir dampaknya dengan beberapa tindakan, yaitu antara lain :

  • Memilih benih tahan antraknosa.
  • Bedengan harus tinggi dan jarak tanam tidak terlalu rapat.
  • Mengurangi pemupukan nitrogen di musim hujan.
  • Menambahkan pepmberian pupuk Kalium dan Kalsium.
  • Pemakaian aplikasi trichoderma  pada lahan bedengan.

Bila tanaman sudah terindikasi terkena antraknosa, maka buang segera buah yang terkena antraknosa. Semprotkan fungisida kontak berbahan aktif propineb atau klorotalonil 3 hari berturut-turut dengan menggunakan perekat.

Semprotkan pula fungisida sistemik berbahan aktif dimetomorf atau difekonazole dengan interval 5 hari sekali. Setelah serangan tampak menurun maka interval penyemprotan fungisida dikurangi.

Penyemprotan fungisida kontak menjadi 2 – 3 hari sekali dan fungisida sistemik menjadi 7 hari sekali. Bila pas bersamaan waktu semprotnya maka kedua jenis fungisida tadi boleh dicampur.

Waktu Panen Cabai ORI 212 Aura Seed

Umur panen cabe rawit ORI 212 adalah 90 – 95 setelah tanam. Periode panen cabe rawit ORI 212 bisa berlangsung 6 bulan bahkan lebih. Umur tanaman cabe rawit ORI 212 bisa mencapai 24 bulan. Frekuensi panen untuk sekali musim tanam bisa mencapai 15 – 18 kali.

Namun, perlu diketahui bahwa semakin tua tanaman maka produktivitas tanaman menurun sehingga tidak ekonomis lagi untuk dirawat. Untuk budidaya intensif, cabe rawit dirawat petani sampai berumur 12 bulan. Budidaya cabe rawit yang optimal dapat menghasilkan panen hingga 30 ton/ha.

Waktu ideal untuk memetik cabe rawit ORI 212 adalah pagi hari saat tidak hujan dan embun sudah mencair. Pemetikan buah cabe rawit disertakan tangkainya. Cabe rawit yang baik bentuknya ramping dan padat berisi. Jual cabe rawit ORI 212 permukaan buahnya bergelombang.

Di lahan terbuka, hasil panen cabe rawit per pohon mencapai 1,5 – 2 kg. Jumlah panen sebanyak 17 kali bahkan lebih.

Sementara itu bila ditanam di media polibag, hasil panen cabe rawit per batang adalah 0,5 – 1 kg. Jumlahnya lebih sedikit dan pemeliharaan dilakukan juga lebih intensif penanaman di polibag.

Harga cabe rawit sangat fluktuatif. Kadang kala harga cabe sangat mahal mencapai Rp. 100.000/kg  dan kadang juga bisa tiba-tiba sangat murah berkisar Rp. 10.000/kg. Harga cabe mulai naik saat bulan Ramadhan tiba.

Jual Benih Cabe ORI 212 Harga Promo di Toko LMGA AGRO

Jual benih cabe rawit ORI 212 Aura Seed 10 gram tersedia harga promo hanya di Toko Pertanian terdekat LMGA Agro.  LMGA GRO sebagai toko pertanian terdekat menyediakan berbagai kebutuhan petani mulai dari benih seperti benih cabe rawit paling unggul, pupuk, pestisida dan alat-alat pertanian.

Toko Pertanian terdekat LMGA Agro juga melayani konsultasi pertanian. Membantu petani mengatasi permasalahan di lapangan. Berbagi ilmu juga kepada petani tentang budidaya cabe rawit terutama untuk meningkatkan produktivitas hasil.

Toko Pertanian  LMGA Agro melayani semua pemesanan secara online. Hubungi kami di HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS dan WA ). Kami siap mengantar pesanan Anda aman dan cepat juga terpercaya. Barang akan sampai di tempat tujuan di seluruh wilayah Indonesia.

Jual harga promo benih cabe rawit ORI 212 Aura Seed 10 gram siap diantarkan. Bersama jasa ekspedisi mitra Kami yaitu JNE, TIKI, POS INDONESIA, KI8 dan ekspedisi lainnya yang Anda inginkan untuk sampainya barang di alamat Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan salam sukses…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *