CARA MENANAM TIMUN PANEN MELIMPAH HINGGA 60 TON/HA

budidaya timun, mentimun, timun, jual benih timun, lmga agro
CARA MENANAM TIMUN HIBRIDA F1

Cara Menanam Timun Panen Melimpah Hingga 60 Ton/ha. HP. 082141747141 ( telepon ) 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Online Pertanian LMGA Agro menyediakan benih hibrida F1 timun. juga benih sayuran dan buah lainnya. Kami melayani gratis konsultasi pertanian tentang cara menanam timun dan tanaman lainnya.

Toko Online Pertanian LMGA Agro juga menyediakan berbagai jenis pupuk, hormon tanaman, ZPT juga pestisida. Tersedia juga sarana dan prasarana alat-alat pertanian untuk menunjang bercocok tanam Anda seperti alat kocor, drum pupuk, mulsa plastik, alat pelubang tanam dan lain-lain.

Cara menanam timun sangatlah sederhana dan tidak terlalu rumit. Biaya pemeliharaan menanam timun juga tidak terlalu besar. Hal ini dapat menjadi peluang besar petani untuk melakukan usaha menanam timun.

Cara menanam timun di polibag juga dapat dilakukan terutama penyuka makan mentimun dan hobi berkebun. Menanam timun dapat dilakukan di rumah yaitu di pekarangan kita. Mentimun mampu beradaptasi baik di berbagai jenis iklim dan musim.

MENTIMUN, TIMUN ATAU KETIMUN ( Cucumis sativus L. )

Mentimun, timun atau Ketimun ( Cucumis sativus L. ) termasuk suku labu-labuan ( Cucurbitaceae ). Adalah tanaman yang menghasilkan buah yang dapat dimakan. Mentimun dipanen saat belum masak benar untuk dijadikan sayuran atau penyegar, tergantung jenisnya.

Menanam timun merupakan tanaman setengah merambat dan merupakan tanaman semusim. Setelah berbunga dan berbuah, tanaman akan mati. Timun mengandung air yang tinggi, vitamin A, B dan C serta mineral seperti Magnesium, Kalium, Mangan dan Silika.

Timun memiliki sifat diuretik, efek pendingin dan pembersih yang bermanfaat bagi kulit. Masker timun berkhasiat untuk mengencangkan kulit. Dengan kandungan gizi yang komplit tersebut, manfaat timun banyak sekali. Sehingga tak sedikit yang menyukai mengkonsumsi timun ini dalam keadaan segar.

Cara menanam timun akan memperoleh hasil yang maksimal jika ditanam di musim kemarau dengan sinar matahari penuh dengan ketersediaan air yang baik.

Cara menanam timun dapat tumbuh di dataran tinggi maupun dataran rendah dengan ketinggian maksimal 1000 – 1200 meter dpl. Jenis tanah yang ideal cara menanam timun adalah gembur berpasir dengan pH ideal 6,7.

BACA JUGA : TIMUN F1 KOMANDO TAHAN VIRUS DAN BUAH TIDAK PAHIT

MANFAAT TIMUN UNTUK KESEHATAN DAN KECANTIKAN

mentimun, cara menanam timun, benih Liberty F1-budidaya timun,LMGA AGRO
MENANAM TIMUN LIBERTY F1

Kandungan vitamin dan mineral dalam timun lengkap sehingga manfaatnya bagi kehidupan manusia penting sekali. Berikut ini adalah beberapa manfaat timun :

  1. Timun mampu mengatasi mata kita yang bengkak akibat tidur terlalu larut atau kelelahan karena menatap komputer berjam-jam. Caranya adalah dengan mengiris tipis timun lalu letakkan pada kedua mata kita. lalu biarkan selama 15 menit sambil kita berbaring.

2. Untuk kesehatan ginjal. Karena mentimun mengandung silikon, fluorin, dan Kalium. Mentimun juga memiliki kadar kalori yang rendah.  Cara mengkonsumsi timun dapat membantu merangsang organ ginjal kita untuk membuang sisa metabolisme dan deposit lemak dalam tubuh. Caranya adalah dengan minum air perasan timun segar setiap hari dan tubuh kita akan terbiasa menerima cairan timun.

3. Makan timun dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Timun mengandung 95,2% air, berarti untuk timun 5 ons mengandung 4,8 ons atau 150 ml air. Dan berarti sebanyak 26% asupan air sudah terpenuhi dengan mengkonsumsi timun sebanyak 5 ons.

4. Timun mengandung vitamin K yang cukup tinggi. Vitamin K sangat penting untuk kesehatan tulang. Asupan vitamin K yang rendah menyebabkan risiko patah tulang cukup tinggi. Vitamin K juga penting untuk meningkatkan penyerapan Kalsium pada tulang.

5. Timun dapat mencegah sembelit karena kandungan airnya yang tinggi. Kulit timun juga mengandung serat yang tidak larut. Air dan serat dalam mentimun dapat membantu agar makanan dicerna lebih cepat dan mudah.

6. Bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker karena mengandung lignan dan cucurbitacun yang mampu melindungi tubuh dari kanker. Sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa salah satu kandungan dalam timun mampu menghambat terjadunya kanker prostat, dan zat tersebut adalah flavonoid fisetin.

7. Timun dapat menurunkan tekanan darah karena mengandung Kalium cukup tinggi. Kalium dapat mengatur jumlah garam pada ginjal dan bagi penderita hipertensi biasanya dalam tubuhnya mengandung sodium yang cukup tinggi.Timun sangat tepat dijadikan makanan penurun berat badan karena kandungan seratnya tinggi sehingga makan timun akan mudah kenyang. Cocok dikonsumsi oleh ibu-ibu hamil karena mengandung seng dan asam folat yang baik untuk perkembangan janin dalam kandungan.

MENANAM TIMUN HIBRIDA F1 POTENSI TINGGI | LMGA AGRO

  1. Timun F1 LIBERTY  tahan di musim hujan. Tumbuh cepat, seragam dan tahan Gemini virus.
  2. Timun F1 METARUS dari Aura Seed Indonesia. Direkomendasikan untuk dataran rendah – menengah. Tahan penyakit dan virus. Timun tidak pahit, Potensi hasil 46 – 62 ton/ha.
  3. Timun F1 KOMANDAN produk dari Bintang Asia. Cocok ditanam di dataran rendah. Timun tidak pahit. Potensi hasil 70 – 80 ton/ha.
  4. Timun F1 GALAXY tahan dicuaca sangat panas, penyakit kresek dan gemini virus. Panen umur 30 hst.
  5. Timun F1 METAVY Cap Panah Merah. Tanaman tahan penyakit yang dibawa Thrips, Mite dan Bamecia tabacci. Potensi hasil 40 ton/ha.
  6. Timun F1 WARIOR Cap Kapal terbang. Untuk ditanam di dataran rendah. Tahan virus Gemini.
  7. Timun F1 CHIN CHANG 2 tipe kecil dari Known-You seed. Tahan penyakit Downey Mildew.
  8. Timun F1 ZATAVY Cap Panah Merah. Tahan virus Gemini dan cocok ditanam di dataran rendah hingga menengah.
  9. Timun F1 ETHANA Cap Panah Merah. Direkomendasikan untuk dataran rendah – menengah. Timun tahan virus. Potensi hasil 45 – 50 ton/ha.
  10. Timun F1 PESONA 20 Cap Kapal Terbang. Tanaman tahan bercak daun dan Gemini virus.
  11. Timun F1 MONAS produk Bintang Citra Asia. Cocok ditanam di dataran rendah – menegah. Tahan Virus Gemini dan bercak daun. Umur panen 36 hst, potensi hasil 4,5 kg/batang.
  12. Timun F1 BHAKTI Cap Kujang. Tahan bercak daun dan virus Gemini. Potensi hasil 4 kg/batang.
  13. Timun F1 TIRTA Cap Kujang. Tahan bercak daun dan virus. Umur panen 37 hst dan potensi hasil 4,5 kg/batang.
  14. Timun F1 MONZA Cap Panah Merah tahan bercak daun. Panen umur 36 hst dan potensi hasil 4,5 kg/batang.
  15. Timun F1 HERCULES Plus Cap Kapal Terbang kuat dan seragam. Buah muncul di tiap ruas. Potensi hasil 3 kg/batang.
  16. Timun F1 HARMONY tahan bercak daun, virus Gemini dan keriting akibat kutu kebul.
  17. Timun F1 MANGGALA dari Bintang Citra Asia cocok ditanam di dataran rendah – menengah. Tahan virus dan bercak daun. Umur panen 36 hst dan potensi hasil 4,5 kg/batang.
  18. Timun F1 MISANO Cap Panah Merah cocok di dataran rendah – menengah. Tahan virus dan bercak daun.

PERSIAPAN BIBIT CARA MENANAM TIMUN

budidaya timun, cara menanam timun, mentimun, jual benih timun, lmga agro
MENANAM TIMUN METARUS F1

Bibit untuk menanam timun menggunakan benih hibrida F1 yang dapat diperoleh di Toko Online Pertanian LMGA Agro. Cara persiapan bibit baik cara menanam timun di kebun maupun cara menanam timun dalam polibag tidaklah berbeda. Pilihlah benih timun hibrida F1 untuk cara menanam timun agar buah tidak pahit.

Media tanam persiapan bibit menanam timun adalah campuran tanah, pupuk kandang/kompos, arang sekam dan sekam mentah. Perbandingan campuran adalah 3 : 2 : 1 : 1. Dianjurkan menggunakan tanah pada lapisan paling atas ( top soil ). Bersihkan tanah dari sisa-sisa akar, plastik atau batu. Pupuk kandang yang dipakai yang sudah matang/kering.

Budidaya timun yang tepat dan ideal adalah pada kondisi tanahnya yang hangat, tanah tidak lembab dan tidak menanam di musim hujan tiba. Cara yang tepat adalah menanan di musim hujan sudah mulai reda yaitu sekitar bulan April atau Mei atau disesuaikan dengan kondisi.

Lahan untuk menanam timun juga harus mendapat sinar matahari yang cukup hangat. Sinar matahari penting sebagai sumber energi bagi tanaman karena berhubungan dengan proses fotosintesis.

Sinar matahari untuk cara menanam timun juga diperlukan untuk mengatur suhu tanah. Sinar matahari yang cukup dapat menaikkan suhu tanah menjadi hangat sehingga pertumbuhan timun menjadi baik.

Persiapan bibit timun cara menanam timun hibrida menggunakan benih hibrida. Caranya rendam benih dalam air biasa selama 15 menit, bila ada yang terapung maka benih tidak bisa ditanam. Pilihlah benih yang tenggelam adalah yang bernas. Persiapkan polibag untuk menanam benih timun beserta media tanamnya. Siram dengan air lalu menanam benih pada lubang tanam yang telah dibuat sedalam 0,5 – 1 cm.

Setelah menanam benih, siram dengan air dan tutup menggunakan daun-daun kering untuk merangsang perkecambahan. Benih akan mulai berkecambah dalam 4 – 5 hari lalu daun-daun yang menutupi dibuang. Lakukan pemeliharaan hingga bibit berumur 2 minggu dan siap dipindahkan.

PERSIAPAN LAHAN MENANAM TIMUN

Lahan dibersihkan dari gulma dan bebatuan yang ada. Gulma dicabut hingga ke akar-akarnya agar gulma tidak tumbuh lagi. Hindari menggunakan herbisida untuk menghilangkan gulma yang ada karena bahan kimia dalam herbisida dapat menurunkan kualitas kesuburan tanah.

Tanah digemburkan menggunakan alat sekop atau cangkul kecil. Berikan pupuk kandang lalu campurkan merata dengan tanah untuk meningkatkan kualitas tanah dan menambah unsur hara dalam tanah. Kompos juga bisa diberikan pada lahan tanam timun, berikan sampai kedalaman 32 cm.

Seimbangkan tanah sampai pada pH netral, jika nilai pH masih rendah maka cara untuk menaikkan dengan memberi kapur Dolomit. Bila nilai pH tinggi maka cara menurunkannya dengan memberi sulfur atau aluminium sulfat.

Bedengan menanam timun disesuaikan dengan luas lahan. Sebagai panduan ukuran bedengan menanam timun adalah panjang 3 meter, lebar 1 meter dan tinggi bedengan 20 – 25 cm. Pemakaian mulsa plastik hitam perak dapat membantu memudahkan cara merawat timun hingga panen agar mendapatkan hasil yang melimpah.

Setelah mulsa terpasang dengan rapi dan kencang, lalu cara membuat lubang tanam  diatas mulsa plastik dengan jarak tanam 30 x 30 cm. Alat untuk cara membuat lubang tanam dapat dibeli di Toko Online Pertanian LMGA Agro. Kedalaman lubang tanam 10 – 15 cm, tanah sisa galian diletakkan disamping bedengan.

Pada setiap lubang masukkan 0,5 kg pupuk kandang lalu biarkan selama beberapa hari sambil menunggu bibit timun siap dan kuat untuk hidup di kebun tetap. Bibit telah siap setelah berumur 2 minggu.

Bibit yang dipilih adalah bibit yang segar, sehat, pertumbuhan optimal dan tidak terinfeksi hama atau penyakit. Caranya keluarkan bibit dari polibag dengan hati-hati. Sirami air sebelumnya agar mudah menanam bibit nanti.

Caranya masukkan bibit pada lubang tanam yang sudah siap, taburkan Furadan 3G untuk menghindari serangan jangkrik, ulat atau semut. Menanam bibit dilakukan saat cuaca tidak terik dan harus selesai dalam satu hari agar dapat panen serempak.

BACA JUGA : TIMUN HARMONY TAHAN VIRUS, BUAH HIJAU DAN TIDAK PAHIT

PERAWATAN BUDIDAYA TIMUN UNTUK HASIL MELIMPAH

cara menanam timun, mentimun, budidaya timun, Benih Timun Terbaik
MENANAM TIMUN BENIH HIBRIDA F1

Penyulaman dilakukan untuk mengganti bibit tanaman timun yang rusak, mati atau layu. Cara mengganti bibit maksimal sampai hari ke-7 setelah penanaman bibit. Penyiangan dengan cara mencabut rumput/gulma yang ada. Bedengan yang tertutup mulsa biasanya gulma yang tumbuh sedikit.

Penyiraman dilakukan pada awal masa tanam timun. Cara penyiraman dapat dilakukan bersama pemberian pupuk dengan sistem kocor. Cara penyiraman pada awal masa tanam rutin dilakukan minimal 2 kali sehari. Bila cuaca tidak terik maka intensitas penyiraman dapat dikurangi.

Cara Pemasangan ajir dilakukan saat tanaman berumur 1 – 2 minggu setelah tanam. Ajir yang dipakai dari bambu yang ringan tapi kokoh. Bentuk dan pola pemasangan ajir seperti huruf V terbalik. Untuk membuat ikatan, caranya gunakan tali salaran, tali khusus untuk tanaman dapat dibeli di Toko Online Pertanian LMGA Agro.

Pemupukan susulan  setelah menanam timun berumur 2 minggu setelah tanam, berikan pupuk susulan menggunakan pupuk NPK dengan sistem kocor. NPK yang diberikan sebanyak 2 kg/1000 tanaman dan diberikan rutin seminggu sekali.

Cara pemupukan ini terus dilakukan sampai menanam timun berumur 50 hari. Jika tanaman masih terlihat segar dan bakal buah timun masih tampak lebat, pupuk dapat diberikan terus meskipun sudah lebih berumur 50 hst.

Cara pemupukan menggunakan NPK lebih praktis dan efisien dibandingkan menggunakan pupuk tunggal dengan cara yang sama. Berikan juga pupuk kandang untuk menyeimbangkan unsur hara dalam tanah dan menjaga kualitas tanah dan lingkungan.

BACA JUGA : UNTUNG BESAR DARI TIMUN ZATAVY

PEMANGKASAN TIMUN UNTUK MENINGKATKAN PANEN

Cara pemangkasan timun terbukti dapat meningkatkan produktivitas menanam timun. Meskipun tidak semua jenis timun membutuhkan pemangkasan, namun untuk meningkatkan hasil agar maksimal perlu dilakukan pemangkasan.

Pemangkasan mentimun dilakukan pada daun-daun tua yang terserang penyakit. Juga pada tunas yang tumbuh pada daun ke-9 hingga daun ke-10. Pemangkasan timun segera dilakukan begitu muncul tunas pertama dan tunas-tunas berikutnya.

Tunas yang muncul di daun pertama sampai tunas kelima dipangkas semua. Begitu muncul tunas harus segera dipangkas atau maksimal sudah memiliki panjang 10 – 15 cm. Caranya tunas dipangkas pada pangkal ketiak daun. Jika pemangkasan terlambat, pertumbuhan batang akan terganggu secara keseluruhan.

Pada tunas ke-6 sampai tunas ke-1-, pemangkasan mentimun dilakukan secara keseluruhan. Pemangkasan dilakukan dengan menyisakan 3 helai daun dan 1 bakal buah. Jika pada 3 helai daun yang disisakan tadi terdapat lebih dari satu bakal buah, maka buah yang lain harus dibuang dan sisakan 1 buah saja. Pilihlah buah yang paling proporsional.

Bila ada daun yang terserang penyakit harus segera dibuang dan dimusnahkan untuk mencegah tertularnya daun-daun lain yang masih segar. Daun yang terserang penyakit virus ditandai adanya bercak-bercak coklat dan warna daun yang menguning.

MENGENAL HAMA TANAMAN TIMUN

Penting kiranya kita mengetahui hama-hama yang menyerang tanaman timun dan gejala yang ditimbulkan bila tanaman terserang hama tersebut. Mengenai permasalahan hama dan penyakit di lapangan, dapat Anda konsultasikan ke Toko Online Pertanian LMGA Agro.

  1. Kutu Daun Aphis gossypii Clover adalah kutu berukuran 1 – 2 mm, berwarna kuning atau kuning kemerahan atau hijau gelap sampai hitam. Gejala hama menyerang pucuk tanaman sehingga daun keriput, keriting dan menggulung. Kutu Aphis juga penyebar virus. Pengendalian dengan sanitasi lahan atau menyempotkan insektisida yang sesuai dengan dosis sesuai pada kemasan.
  2. Thrips kutu penghisap cairan tanaman. Menghisap pucuk tunas dan bunga sehingga daun mengeriting serta bentuk buah menjadi abnormal dan bercak coklat. Pencegahan menggunakan mulsa plastik hitam perak, tidak menanam dekat dengan kebun timun yang umurnya lebih tua  dan terserang penyakit dan tidak berdekatan dengan tanaman yang sefamili seperti melon, semangka dan waluh. Lakukan penyemprotan insektisida pada sore hingga malam hari.
  3. Hama Aphids menghisap cairan tanaman dari pucuk hingga daun bagian bawah. Serangan Aphids lebih parah karena menyebabkan daun mengeras, menggulung ke bawah hingga muncul embun jelaga berwarna hitam. Proses fotosintesis terganggu. Pengendalian teknis sama dengan hama Thrips. Hama Aphids disemprot pada pagi atau sore hari.
  4. Aulocophora similis oliver ( oteng-oteng) adalah kumbang daun yang panjangnya sekitar 1 cm, bersifat pemangsa segala jenis tanaman atau polifag. Dapat berpindah dari satu tanaman ke tanaman lain dengan cara terbang. Hama ini merusak dan memakan daging daun hingga berlubang-lubang. Serangan yang berat menghabiskan semua jaringan daun hingga tinggal tulangnya saja. Pengendalian melakukan rotasi tanaman, waktu tanam serempak dan penyemprotan pestisida.

BACA JUGA : TIMUN MONAS CAP BINTANG ASIA

MENGENAL JENIS PENYAKIT PENTING PADA TIMUN

  1. Embun bulu yang disebabkan Pseudoperonospora cubensis. Gejala awal yang timbul berupa bercak kuning berbentuk kotak dan mengikuti alur daun. Serangannya dimulai dari daun yang sudah tua. Semakin lama bercak kuning semakin lebar dan daun mengering. Dapat dicegah dengan cara tidak menanam dengan timun yang lebih tua, cara perbaikan saluran drainase terutama saat hujan dan melakukan cara sanitasi lahan secara rutin. Jika tanaman dari awal menunjukkan gejala terkena embun tepung, segera semprot dengan fungisida yang tepat. Penyemprotan diarahkan permukaan daun atas dan bawah.

2. Powdery Mildew atau Embun Tepung gejala sama dengan Downey mildew bedanya hanya pada serbuk putih seperti tepung yang muncul di balik daun. Dapat dicegah dengan cara tidak menanam dekat kebun timun yang berumur lebih tua, memperbaiki saluran drainase, menyemprot pada daun bagian atas dan bawah dan sanitasi lahan secara rutin. Semprotkan fungisida yang tepat, dosis sesuai anjuran.

3. Antraknosa disebabkan cendawan Colletotrichum lagenarium Pass. Gejala awal bercak-bercak coklat pada daun, bercak agak bulat atau bersudut-sudut sehingga daun mati. Bercak juga dapat meluas ke batang, tangkai dan buah.

4. Bercak daun bersudut disebabkan oleh cendawan Pseudomonas lachrynmans yang menyebar di musim hujan. Gejala berupa daun terdapat bercak kecil berwarna kuning dan bersudut. Serangan berat seluruh daun yang terkena bercak berubah menjadi coklat muda kelabu, mengering dan berlubang.

Kehilangan hasil panen menanam timun juga disebabkan munculnya gejala buah bengkok yang disebabkan oleh serangan kepik L. australis. Virus-virus yang menyerang tanaman Cucurbitaceae dapat menyebabkan kegagalan panen dan kerugian secara ekonomi yang tinggi. Sehingga disinilah pentingnya menggunakan benih hibrida F1 karena tahan terhadap serangan virus.

PANEN PADA BUDIDAYA TIMUN

Panen menanam timun dilakukan pada umur 32 – 35 hst, kita dapat memetik timun saat buah masih muda dan berwarna hijau. Buah timun mempunyai panjang 15 – 30 cm karena dengan ciri seperti itu timun dapat disimpan lama dan terjaga kesegarannya.

Cara memetik timun adalah dengan mencabutnya langsung dari sulurnya bisa tanpa menggunakan alat gunting. Pemetikan dilakukan dengan hati-hati agar tanaman tidak rusak.

Waktu panen dilakukan pagi hari sebelum matahari terik. Cara panen timun dilakukan 5 – 10 hari sekali tergantung varietas timun dan ukuran buah timun yang diinginkan. Pemanenan biasanya juga disesuaikan dengan permintaan pasar.

Kegiatan pasca panen timun dilakukan bertujuan untuk melindungi hasil panen timun tidak rusak secara fisik dan penampilan hingga sampai ke tangan pembeli. Setelah buah timun dipetik, dilakukan penyortiran berdasarkan kondisi buah dan ukurannya. Lalu timun dikemas yang baik dan siap di bawa sesuai tujuannya.

Kegiatan sortasi yaitu memisahkan buah yang kurang baik bentuknya seperti bengkok, buah busuk dari timun yang baik dan lurus. Pengemasan bertujuan melindungi timun dari kerusakan selama pengangkutan jarak jauh. Biasanya timun yang dikemas adalah timun untuk toko swalayan/supermarket.

Demikian artikel kami tentang Cara Menanam Timun Panen Melimpah Hingga 60 ton/ha. Hubungi HP. 082141747141 ( telepon ) 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Online Pertanian LMGA Agro menyediakan benih hibrida F1 Timun berbagai varietas juga benih sayuran dan buah lainnya seperti cabe, tomat, melon, semangka dan lain-lain.

Kami melayani juga konsultasi seputar budidaya pertanian. Tersedia juga berbagai jenis pupuk dan pestisida juga alat-alat pertanian sarana prasarana menanam timun. Toko Online Pertanian LMGA Agro siap mengirim pesanan Anda bersama JNE, TIKI, KI8 dan POS Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *