Cara Menanam Timun Panen Melimpah Hingga 60 Ton/Ha

budidaya timun, mentimun, timun, jual benih timun, lmga agro
Cara Menanam Timun Hibrida F1

Cara Menanam Timun Panen Melimpah Hingga 60 Ton/ha. HP. 082141747141 ( telepon ) 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Online Pertanian LMGA Agro menyediakan benih mentimun hibrida F1. Juga benih sayuran dan buah lainnya. Rev 25/03/21

Kami melayani gratis konsultasi pertanian tentang cara menanam timun dan tanaman lainnya.

Toko Online Pertanian LMGA Agro juga menyediakan berbagai jenis pupuk, hormon tanaman, ZPT juga pestisida. Tersedia juga sarana dan prasarana alat-alat pertanian untuk menunjang bercocok tanam Anda seperti alat kocor, drum pupuk, mulsa plastik, alat pelubang tanam dan lain-lain.

Cara budidaya timun hibrida sangatlah sederhana dan tidak terlalu rumit. Biaya pemeliharaan menanam timun juga tidak terlalu besar. Hal ini dapat menjadi peluang besar petani untuk melakukan usaha menanam timun.

Cara menanam timun pada polibag juga dapat kita lakukan terutama penyuka makan mentimun dan hobi berkebun. Menanam timun dapat kita lakukan di rumah yaitu pada pekarangan. Timun mampu beradaptasi baik pada berbagai jenis iklim dan musim.

Mentimun, Timun Atau Ketimun ( Cucumis sativus L. )

Mentimun, timun atau Ketimun ( Cucumis sativus L. ) termasuk suku labu-labuan ( Cucurbitaceae ). Adalah tanaman yang menghasilkan buah yang dapat kita makan. Mentimun petani panen saat belum masak benar untuk menjadi sayuran atau penyegar, tergantung jenisnya.

Menanam timun merupakan tanaman setengah merambat dan merupakan tanaman semusim. Setelah berbunga dan berbuah, tanaman akan mati. Timun mengandung air yang tinggi, vitamin A, B dan C serta mineral seperti Magnesium, Kalium, Mangan dan Silika.

Timun memiliki sifat diuretik, efek pendingin dan pembersih yang bermanfaat bagi kulit. Masker timun berkhasiat untuk mengencangkan kulit. Dengan kandungan gizi yang komplit tersebut, manfaat timun banyak sekali. Sehingga tak sedikit yang menyukai mengkonsumsi timun ini dalam keadaan segar.

Cara menanam timun akan memperoleh hasil yang maksimal jika petani tanam pada musim kemarau dengan sinar matahari penuh dengan ketersediaan air yang baik.

Cara menanam timun dapat tumbuh pada dataran tinggi maupun dataran rendah dengan ketinggian maksimal 1000 – 1200 meter dpl. Jenis tanah yang ideal untuk cara menanam timun adalah gembur berpasir dengan pH ideal 6,7.

Baca Juga : Timun F1 Komando Tahan Virus dan Buah Tidak Pahit

Manfaat Timun Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kandungan vitamin dan mineral dalam timun lengkap sehingga manfaatnya bagi kehidupan manusia penting sekali. Berikut ini adalah beberapa manfaat timun :

  1. Timun mampu mengatasi mata kita yang bengkak akibat tidur terlalu larut atau kelelahan karena menatap komputer berjam-jam. Caranya adalah dengan mengiris tipis timun lalu letakkan pada kedua mata kita. lalu biarkan selama 15 menit sambil kita berbaring.
  2. Untuk kesehatan ginjal. Karena mentimun mengandung silikon, fluorin, dan Kalium. Mentimun juga memiliki kadar kalori yang rendah. Cara mengkonsumsi timun dapat membantu merangsang organ ginjal kita untuk membuang sisa metabolisme dan deposit lemak dalam tubuh.
  3. Makan timun dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Timun mengandung 95,2% air, berarti untuk timun 5 ons mengandung 4,8 ons atau 150 ml air. Dan berarti sebanyak 26% asupan air sudah terpenuhi dengan mengkonsumsi timun sebanyak 5 ons.
  4. Timun mengandung vitamin K yang cukup tinggi. Vitamin K sangat penting untuk kesehatan tulang. Asupan vitamin K yang rendah menyebabkan risiko patah tulang cukup tinggi. Vitamin K juga penting untuk meningkatkan penyerapan Kalsium pada tulang.
  5. Timun dapat mencegah sembelit karena kandungan airnya yang tinggi. Kulit timun juga mengandung serat yang tidak larut. Air dan serat dalam mentimun dapat membantu agar makanan tercerna lebih cepat dan mudah.
  6. Bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker karena mengandung lignan dan cucurbitacun yang mampu melindungi tubuh dari kanker. Sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa salah satu kandungan dalam timun mampu menghambat terjadunya kanker prostat, dan zat tersebut adalah flavonoid fisetin.
  7. Timun dapat menurunkan tekanan darah karena mengandung Kalium cukup tinggi. Kalium dapat mengatur jumlah garam pada ginjal dan bagi penderita hipertensi biasanya dalam tubuhnya mengandung sodium yang cukup tinggi. Timun sangat tepat dijadikan makanan penurun berat badan karena kandungan seratnya tinggi sehingga makan timun akan mudah kenyang. Cocok ibu-ibu hamil konsumsi karena mengandung seng dan asam folat yang baik untuk perkembangan janin.

Benih Timun Hibrida F1 Potensi Tinggi | LMGA AGRO

  1. Timun F1 LIBERTY  tahan musim hujan. Tumbuh cepat, seragam dan tahan Gemini virus. Umur panen timun hibrida LIBERTY adalah 32 HST. Akumulasi hasil panen timun per pohon berpotensi menghasilkan panen sebanyak 65 ton/ha
  2. Varietas mentimun F1 METARUS dari Aura Seed Indonesia. Benih mentimun hibrida rekomendasi untuk dataran rendah – menengah. Tahan penyakit dan virus. Umur panen timun hibrida METARUS adalah 46 HST. Timun tidak pahit, akumulasi hasil panen timun per pohon berpotensi menghasilkan panen sebanyak 46 – 62 ton/ha.
  3. Timun F1 KOMANDAN produk dari Bintang Asia. Cocok pada lingkungan dataran rendah. Timun tidak pahit. Umur panen timun hibrida KOMANDAN adalah 33 HST. Dengan potensi hasil mentimun per pohon sebanyak 70 – 80 ton/ha.
  4. Varietas mentimun F1 GALAXY tahan cuaca sangat panas, penyakit kresek dan gemini virus. Umur panen timun hibrida GALAXY adalah 30 hst.
  5. Timun F1 METAVY Cap Panah Merah. Tanaman tahan penyakit akibat Thrips, Mite dan Bamecia tabacci. Umur panen timun hibrida METAVY adalah 45 HST. Dengan potensi hasil mentimun per pohon sebanyak sebanyak 40 ton/ha.
  6. Benih Mentimun Hibrida F1 WARIOR Cap Kapal terbang. Rekomendasi dataran rendah. Tahan virus Gemini. Umur panen timun hibrida WARRIOR adalah 42 HST. Akumulasi hasil panen timun per pohon berpotensi menghasilkan panen sebanyak 70 ton/ha.
  7. Timun F1 CHIN CHANG 2 tipe kecil dari Known-You seed. Tahan penyakit Downey Mildew. Umur panen timun hibrida CHIN CHANG 2 adalah 40 HST. Akumulasi hasil panen timun per pohon berpotensi menghasilkan panen sebanyak 50 ton/ha.
  8. Timun F1 ZATAVY Cap Panah Merah. Tahan virus Gemini dan cocok pada daerah dataran rendah hingga menengah. Umur panen timun hibrida ZATAVY adalah 45 HST. Dengan potensi hasil mentimun per pohon sebanyak sebanyak sebanyak 80 ton/ha.
  9. Benih Timun ETHANA F1 Cap Panah Merah. Rekomendasi untuk dataran rendah – menengah. Timun tahan virus. Umur panen timun hibrida ETHANA adalah 40 HST. Akumulasi hasil panen timun per pohon berpotensi menghasilkan panen sebanyak 45 – 50 ton/ha.

Benih Timun Hibrida F1 Potensi Tinggi | LMGA AGRO

  1. Timun F1 PESONA 20 Cap Kapal Terbang. Tanaman tahan bercak daun dan Gemini virus. Akumulasi hasil panen timun per pohon berpotensi menghasilkan panen sebanyak 70 ton/ha.
  2. Timun F1 MONAS produk Bintang Citra Asia. Cocok untuk daerah dataran rendah – menengah. Tahan Virus Gemini dan bercak daun. Umur panen 36 hst, potensi hasil panen timun per pohon 4,5 kg/batang.
  3. Timun F1 BHAKTI Cap Kujang. Tahan bercak daun dan virus Gemini. Potensi hasil panen timun per pohon 4 kg/batang.
  4. Timun F1 TIRTA Cap Kujang. Tahan bercak daun dan virus. Umur panen 37 hst dan potensi hasil panen timun per pohon 4,5 kg/batang.
  5. Timun F1 MONZA Cap Panah Merah tahan bercak daun. Panen umur 36 hst dan potensi hasil panen timun per pohon 4,5 kg/batang.
  6. Timun F1 HERCULES Plus Cap Kapal Terbang kuat dan seragam. Buah muncul di tiap ruas. Potensi hasil panen timun per pohon 3 kg/batang.
  7. Timun F1 HARMONY tahan bercak daun, virus Gemini dan keriting akibat kutu kebul.
  8. Timun F1 MANGGALA dari Bintang Citra Asia cocok pada daerah dataran rendah – menengah. Tahan virus dan bercak daun. Umur panen 36 hst dan potensi hasil panen timun per pohon 4,5 kg/batang.
  9. Timun F1 MISANO Cap Panah Merah cocok di dataran rendah – menengah. Tahan virus dan bercak daun.

Persiapan Bibit Cara Menanam Timun

Bibit untuk menanam timun menggunakan benih mentimun hibrida F1 yang dapat petani peroleh pada Toko Online Pertanian LMGA Agro. Cara persiapan bibit baik cara menanam timun pada kebun maupun cara menanam timun dalam polibag tidaklah berbeda. Pilihlah benih timun hibrida F1 untuk cara menanam timun agar buah tidak pahit.

Media tanam persiapan bibit menanam timun adalah campuran tanah, pupuk kandang/kompos, arang sekam dan sekam mentah. Perbandingan campuran adalah 3 : 2 : 1 : 1. Lebih baik menggunakan tanah pada lapisan paling atas ( top soil ). Bersihkan tanah dari sisa-sisa akar, plastik atau batu. Pupuk kandang yang petani pakai yang sudah matang/kering.

Cara budidaya timun hibrida yang tepat dan ideal adalah pada kondisi tanahnya yang hangat, tanah tidak lembab dan tidak menanam saat musim hujan tiba. Cara yang tepat adalah menanam saat musim hujan sudah mulai reda yaitu sekitar bulan April atau Mei atau menyesuaikan dengan kondisi.

Lahan untuk menanam timun juga harus mendapat sinar matahari yang cukup hangat. Sinar matahari penting sebagai sumber energi bagi tanaman karena berhubungan dengan proses fotosintesis.

Sinar matahari untuk cara menanam timun juga petani perlukan untuk mengatur suhu tanah. Paparan sinar matahari yang cukup dapat menaikkan suhu tanah menjadi hangat sehingga pertumbuhan timun menjadi baik.

Persiapan bibit timun cara menanam timun hibrida menggunakan benih hibrida. Caranya rendam benih dalam air biasa selama 15 menit, bila ada yang terapung maka benih tidak bisa ditanam. Pilihlah benih yang tenggelam adalah yang bernas. Persiapkan polibag untuk menanam benih timun beserta media tanamnya. Siram dengan air lalu menanam benih pada lubang tanam yang telah petani buat sedalam 0,5-1 cm.

Setelah menanam benih, siram dengan air dan tutup menggunakan daun-daun kering untuk merangsang perkecambahan. Benih akan mulai berkecambah dalam 4-5 hari lalu daun-daun yang menutupi petani buang. Lakukan pemeliharaan hingga bibit berumur 2 minggu dan siap dipindahkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *