Cara Menanam Timun Panen Melimpah Hingga 60 Ton/Ha

Beri Penilaian

Persiapan Lahan Menanam Timun

Lahan petani bersihkan dari gulma dan bebatuan yang ada. Gulma petani cabut hingga ke akar-akarnya agar gulma tidak tumbuh lagi. Hindari menggunakan herbisida untuk menghilangkan gulma yang ada karena bahan kimia dalam herbisida dapat menurunkan kualitas kesuburan tanah.

Tanah petani gemburkan menggunakan alat sekop. Berikan pupuk kandang lalu campurkan merata dengan tanah untuk meningkatkan kualitas tanah dan menambah unsur hara tanah. Kompos juga bisa petani berikan pada lahan, berikan sampai kedalaman 32 cm.

Seimbangkan tanah sampai pada pH netral, jika nilai pH masih rendah maka cara untuk menaikkan dengan memberi kapur Dolomit. Bila nilai pH tinggi maka cara menurunkannya dengan memberi sulfur atau aluminium sulfat.

Bedengan menanam timun petani sesuaikan dengan luas lahan. Sebagai panduan ukuran bedengan menanam timun adalah panjang 3 meter, lebar 1 meter dan tinggi bedengan 20-25 cm. Pemakaian mulsa plastik hitam perak dapat membantu memudahkan cara merawat timun hingga panen agar mendapatkan hasil yang melimpah.

Setelah mulsa terpasang dengan rapi dan kencang, lalu cara membuat lubang tanam pada bagian atas mulsa plastik dengan jarak tanam timun 30 x 30 cm. Kedalaman lubang tanam 10 – 15 cm, tanah sisa galian petani letakkan pada samping bedengan.

Pada setiap lubang masukkan 0,5 kg pupuk kandang lalu biarkan selama beberapa hari sambil menunggu bibit timun siap dan kuat. Bibit telah siap setelah berumur 2 minggu.

Bibit yang petani pilih adalah bibit yang segar, sehat, pertumbuhan optimal dan tidak terinfeksi hama atau penyakit. Caranya keluarkan bibit dari polibag dengan hati-hati. Sirami air sebelumnya agar mudah menanam bibit nanti.

Caranya masukkan bibit pada lubang tanam yang sudah siap, taburkan Furadan 3G untuk menghindari serangan hama tanah. Menanam bibit timun petani lakukan saat cuaca tidak terik dan harus selesai dalam satu hari agar dapat panen serempak.

Baca Juga : Timun Harmony Tahan Virus, Buah Hijau dan Tidak Pahit

Perawatan Budidaya Timun Untuk Hasil Melimpah

Cara Menanam Timun Benih Hibrida F1

Penyulaman petani lakukan untuk mengganti bibit tanaman timun yang rusak, mati atau layu. Cara mengganti bibit maksimal sampai hari ke-7 setelah penanaman bibit. Penyiangan dengan cara mencabut rumput/gulma yang ada. Bedengan yang tertutup mulsa biasanya gulma yang tumbuh sedikit.

Penyiraman petani lakukan pada awal masa tanam timun. Cara penyiraman dapat petani lakukan bersama pemberian pupuk dengan sistem kocor. Cara penyiraman pada awal masa tanam rutin petani lakukan minimal 2 kali sehari. Bila cuaca tidak terik maka intensitas penyiraman dapat petani kurangi.

Cara Pemasangan ajir petani lakukan saat tanaman berumur 1 – 2 minggu setelah tanam. Ajir yang petani pakai dari bambu yang ringan tapi kokoh. Bentuk dan pola pemasangan ajir seperti huruf V terbalik. Untuk membuat ikatan, caranya gunakan tali salaran, tali khusus untuk tanaman dapat petani beli di Toko Online Pertanian LMGA Agro.

Pemupukan susulan setelah menanam timun berumur 2 minggu setelah tanam, berikan pupuk susulan menggunakan pupuk NPK dengan sistem kocor. NPK yang diberikan sebanyak 2 kg/1000 tanaman dan petani berikan rutin seminggu sekali.

Cara pemupukan ini terus petani lakukan sampai menanam timun berumur 50 hari. Jika tanaman masih terlihat segar dan bakal buah timun masih tampak lebat, pupuk dapat petani berikan terus meskipun sudah lebih berumur 50 hst.

Cara pemupukan menggunakan NPK lebih praktis dan efisien dibandingkan menggunakan pupuk tunggal dengan cara yang sama. Berikan juga pupuk kandang untuk menyeimbangkan unsur hara dalam tanah dan menjaga kualitas tanah dan lingkungan.

Baca Juga : Untung Besar Dari Timun Zatavy

Pemangkasan Timun Untuk Meningkatkan Panen

Cara pemangkasan timun terbukti dapat meningkatkan produktivitas menanam timun. Meskipun tidak semua jenis timun membutuhkan pemangkasan, namun untuk meningkatkan hasil agar maksimal perlu petani lakukan pemangkasan.

Pemangkasan mentimun petani lakukan pada daun-daun tua yang terserang penyakit. Juga pada tunas yang tumbuh pada daun ke-9 hingga daun ke-10. Pemangkasan timun segera petani lakukan begitu muncul tunas pertama dan tunas-tunas berikutnya.

Tunas yang muncul pada daun pertama sampai tunas kelima dipangkas semua. Begitu muncul tunas harus segera dipangkas atau maksimal sudah memiliki panjang 10 – 15 cm. Caranya tunas petani pangkas pada pangkal ketiak daun. Jika pemangkasan terlambat, pertumbuhan batang akan terganggu secara keseluruhan.

Pada tunas ke-6 sampai tunas ke-1-, pemangkasan mentimun petani lakukan secara keseluruhan. Pemangkasan dilakukan dengan menyisakan 3 helai daun dan 1 bakal buah. Jika pada 3 helai daun yang petani sisakan tadi terdapat lebih dari satu bakal buah, maka buah yang lain harus petani buang dan sisakan 1 buah saja. Pilihlah buah yang paling proporsional.

Bila ada daun yang terserang penyakit harus segera petani buang dan musnahkan untuk mencegah tertularnya daun-daun lain yang masih segar. Daun yang terserang penyakit virus memiliki tanda adanya bercak-bercak coklat dan warna daun yang menguning.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *