Cara Menanam Timun Panen Melimpah Hingga 60 Ton/Ha

  1. Timun mampu mengatasi mata kita yang bengkak akibat tidur terlalu larut atau kelelahan karena menatap komputer berjam-jam. Caranya adalah dengan mengiris tipis timun lalu letakkan pada kedua mata kita. lalu biarkan selama 15 menit sambil kita berbaring.
  2. Untuk kesehatan ginjal. Karena mentimun mengandung silikon, fluorin, dan Kalium. Mentimun juga memiliki kadar kalori yang rendah. Cara mengkonsumsi timun dapat membantu merangsang organ ginjal kita untuk membuang sisa metabolisme dan deposit lemak dalam tubuh.
  3. Makan timun dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Timun mengandung 95,2% air, berarti untuk timun 5 ons mengandung 4,8 ons atau 150 ml air. Dan berarti sebanyak 26% asupan air sudah terpenuhi dengan mengkonsumsi timun sebanyak 5 ons.
  4. Timun mengandung vitamin K yang cukup tinggi. Vitamin K sangat penting untuk kesehatan tulang. Asupan vitamin K yang rendah menyebabkan risiko patah tulang cukup tinggi. Vitamin K juga penting untuk meningkatkan penyerapan Kalsium pada tulang.
  5. Timun dapat mencegah sembelit karena kandungan airnya yang tinggi. Kulit timun juga mengandung serat yang tidak larut. Air dan serat dalam mentimun dapat membantu agar makanan tercerna lebih cepat dan mudah.
  6. Bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker karena mengandung lignan dan cucurbitacun yang mampu melindungi tubuh dari kanker. Sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa salah satu kandungan dalam timun mampu menghambat terjadunya kanker prostat, dan zat tersebut adalah flavonoid fisetin.
  7. Timun dapat menurunkan tekanan darah karena mengandung Kalium cukup tinggi. Kalium dapat mengatur jumlah garam pada ginjal dan bagi penderita hipertensi biasanya dalam tubuhnya mengandung sodium yang cukup tinggi. Timun sangat tepat dijadikan makanan penurun berat badan karena kandungan seratnya tinggi sehingga makan timun akan mudah kenyang. Cocok ibu-ibu hamil konsumsi karena mengandung seng dan asam folat yang baik untuk perkembangan janin.

Benih Timun Hibrida F1 Potensi Tinggi | LMGA AGRO

  1. Timun F1 LIBERTY  tahan musim hujan. Tumbuh cepat, seragam dan tahan Gemini virus. Umur panen timun hibrida LIBERTY adalah 32 HST. Akumulasi hasil panen timun per pohon berpotensi menghasilkan panen sebanyak 65 ton/ha
  2. Varietas mentimun F1 METARUS dari Aura Seed Indonesia. Benih mentimun hibrida rekomendasi untuk dataran rendah – menengah. Tahan penyakit dan virus. Umur panen timun hibrida METARUS adalah 46 HST. Timun tidak pahit, akumulasi hasil panen timun per pohon berpotensi menghasilkan panen sebanyak 46 – 62 ton/ha.
  3. Timun F1 KOMANDAN produk dari Bintang Asia. Cocok pada lingkungan dataran rendah. Timun tidak pahit. Umur panen timun hibrida KOMANDAN adalah 33 HST. Dengan potensi hasil mentimun per pohon sebanyak 70 – 80 ton/ha.
  4. Varietas mentimun F1 GALAXY tahan cuaca sangat panas, penyakit kresek dan gemini virus. Umur panen timun hibrida GALAXY adalah 30 hst.
  5. Timun F1 METAVY Cap Panah Merah. Tanaman tahan penyakit akibat Thrips, Mite dan Bamecia tabacci. Umur panen timun hibrida METAVY adalah 45 HST. Dengan potensi hasil mentimun per pohon sebanyak sebanyak 40 ton/ha.
  6. Benih Mentimun Hibrida F1 WARIOR Cap Kapal terbang. Rekomendasi dataran rendah. Tahan virus Gemini. Umur panen timun hibrida WARRIOR adalah 42 HST. Akumulasi hasil panen timun per pohon berpotensi menghasilkan panen sebanyak 70 ton/ha.
  7. Timun F1 CHIN CHANG 2 tipe kecil dari Known-You seed. Tahan penyakit Downey Mildew. Umur panen timun hibrida CHIN CHANG 2 adalah 40 HST. Akumulasi hasil panen timun per pohon berpotensi menghasilkan panen sebanyak 50 ton/ha.
  8. Timun F1 ZATAVY Cap Panah Merah. Tahan virus Gemini dan cocok pada daerah dataran rendah hingga menengah. Umur panen timun hibrida ZATAVY adalah 45 HST. Dengan potensi hasil mentimun per pohon sebanyak sebanyak sebanyak 80 ton/ha.
  9. Benih Timun ETHANA F1 Cap Panah Merah. Rekomendasi untuk dataran rendah – menengah. Timun tahan virus. Umur panen timun hibrida ETHANA adalah 40 HST. Akumulasi hasil panen timun per pohon berpotensi menghasilkan panen sebanyak 45 – 50 ton/ha.

Benih Timun Hibrida F1 Potensi Tinggi | LMGA AGRO

  1. Timun F1 PESONA 20 Cap Kapal Terbang. Tanaman tahan bercak daun dan Gemini virus. Akumulasi hasil panen timun per pohon berpotensi menghasilkan panen sebanyak 70 ton/ha.
  2. Timun F1 MONAS produk Bintang Citra Asia. Cocok untuk daerah dataran rendah – menengah. Tahan Virus Gemini dan bercak daun. Umur panen 36 hst, potensi hasil panen timun per pohon 4,5 kg/batang.
  3. Timun F1 BHAKTI Cap Kujang. Tahan bercak daun dan virus Gemini. Potensi hasil panen timun per pohon 4 kg/batang.
  4. Timun F1 TIRTA Cap Kujang. Tahan bercak daun dan virus. Umur panen 37 hst dan potensi hasil panen timun per pohon 4,5 kg/batang.
  5. Timun F1 MONZA Cap Panah Merah tahan bercak daun. Panen umur 36 hst dan potensi hasil panen timun per pohon 4,5 kg/batang.
  6. Timun F1 HERCULES Plus Cap Kapal Terbang kuat dan seragam. Buah muncul di tiap ruas. Potensi hasil panen timun per pohon 3 kg/batang.
  7. Timun F1 HARMONY tahan bercak daun, virus Gemini dan keriting akibat kutu kebul.
  8. Timun F1 MANGGALA dari Bintang Citra Asia cocok pada daerah dataran rendah – menengah. Tahan virus dan bercak daun. Umur panen 36 hst dan potensi hasil panen timun per pohon 4,5 kg/batang.
  9. Timun F1 MISANO Cap Panah Merah cocok di dataran rendah – menengah. Tahan virus dan bercak daun.

Persiapan Bibit Cara Menanam Timun

Bibit untuk menanam timun menggunakan benih mentimun hibrida F1 yang dapat petani peroleh pada Toko Online Pertanian LMGA Agro. Cara persiapan bibit baik cara menanam timun pada kebun maupun cara menanam timun dalam polibag tidaklah berbeda. Pilihlah benih timun hibrida F1 untuk cara menanam timun agar buah tidak pahit.

Media tanam persiapan bibit menanam timun adalah campuran tanah, pupuk kandang/kompos, arang sekam dan sekam mentah. Perbandingan campuran adalah 3 : 2 : 1 : 1. Lebih baik menggunakan tanah pada lapisan paling atas ( top soil ). Bersihkan tanah dari sisa-sisa akar, plastik atau batu. Pupuk kandang yang petani pakai yang sudah matang/kering.

Cara budidaya timun hibrida yang tepat dan ideal adalah pada kondisi tanahnya yang hangat, tanah tidak lembab dan tidak menanam saat musim hujan tiba. Cara yang tepat adalah menanam saat musim hujan sudah mulai reda yaitu sekitar bulan April atau Mei atau menyesuaikan dengan kondisi.

Lahan untuk menanam timun juga harus mendapat sinar matahari yang cukup hangat. Sinar matahari penting sebagai sumber energi bagi tanaman karena berhubungan dengan proses fotosintesis.

Sinar matahari untuk cara menanam timun juga petani perlukan untuk mengatur suhu tanah. Paparan sinar matahari yang cukup dapat menaikkan suhu tanah menjadi hangat sehingga pertumbuhan timun menjadi baik.

Persiapan bibit timun cara menanam timun hibrida menggunakan benih hibrida. Caranya rendam benih dalam air biasa selama 15 menit, bila ada yang terapung maka benih tidak bisa ditanam. Pilihlah benih yang tenggelam adalah yang bernas. Persiapkan polibag untuk menanam benih timun beserta media tanamnya. Siram dengan air lalu menanam benih pada lubang tanam yang telah petani buat sedalam 0,5-1 cm.

Setelah menanam benih, siram dengan air dan tutup menggunakan daun-daun kering untuk merangsang perkecambahan. Benih akan mulai berkecambah dalam 4-5 hari lalu daun-daun yang menutupi petani buang. Lakukan pemeliharaan hingga bibit berumur 2 minggu dan siap dipindahkan.

Persiapan Lahan Menanam Timun

Lahan petani bersihkan dari gulma dan bebatuan yang ada. Gulma petani cabut hingga ke akar-akarnya agar gulma tidak tumbuh lagi. Hindari menggunakan herbisida untuk menghilangkan gulma yang ada karena bahan kimia dalam herbisida dapat menurunkan kualitas kesuburan tanah.

Tanah petani gemburkan menggunakan alat sekop. Berikan pupuk kandang lalu campurkan merata dengan tanah untuk meningkatkan kualitas tanah dan menambah unsur hara tanah. Kompos juga bisa petani berikan pada lahan, berikan sampai kedalaman 32 cm.

Seimbangkan tanah sampai pada pH netral, jika nilai pH masih rendah maka cara untuk menaikkan dengan memberi kapur Dolomit. Bila nilai pH tinggi maka cara menurunkannya dengan memberi sulfur atau aluminium sulfat.

Bedengan menanam timun petani sesuaikan dengan luas lahan. Sebagai panduan ukuran bedengan menanam timun adalah panjang 3 meter, lebar 1 meter dan tinggi bedengan 20-25 cm. Pemakaian mulsa plastik hitam perak dapat membantu memudahkan cara merawat timun hingga panen agar mendapatkan hasil yang melimpah.

Setelah mulsa terpasang dengan rapi dan kencang, lalu cara membuat lubang tanam pada bagian atas mulsa plastik dengan jarak tanam timun 30 x 30 cm. Kedalaman lubang tanam 10 – 15 cm, tanah sisa galian petani letakkan pada samping bedengan.

Pada setiap lubang masukkan 0,5 kg pupuk kandang lalu biarkan selama beberapa hari sambil menunggu bibit timun siap dan kuat. Bibit telah siap setelah berumur 2 minggu.

Bibit yang petani pilih adalah bibit yang segar, sehat, pertumbuhan optimal dan tidak terinfeksi hama atau penyakit. Caranya keluarkan bibit dari polibag dengan hati-hati. Sirami air sebelumnya agar mudah menanam bibit nanti.

Caranya masukkan bibit pada lubang tanam yang sudah siap, taburkan Furadan 3G untuk menghindari serangan hama tanah. Menanam bibit timun petani lakukan saat cuaca tidak terik dan harus selesai dalam satu hari agar dapat panen serempak.

Baca Juga : Timun Harmony Tahan Virus, Buah Hijau dan Tidak Pahit

Perawatan Budidaya Timun Untuk Hasil Melimpah

Cara Menanam Timun Benih Hibrida F1

Penyulaman petani lakukan untuk mengganti bibit tanaman timun yang rusak, mati atau layu. Cara mengganti bibit maksimal sampai hari ke-7 setelah penanaman bibit. Penyiangan dengan cara mencabut rumput/gulma yang ada. Bedengan yang tertutup mulsa biasanya gulma yang tumbuh sedikit.

Penyiraman petani lakukan pada awal masa tanam timun. Cara penyiraman dapat petani lakukan bersama pemberian pupuk dengan sistem kocor. Cara penyiraman pada awal masa tanam rutin petani lakukan minimal 2 kali sehari. Bila cuaca tidak terik maka intensitas penyiraman dapat petani kurangi.

Cara Pemasangan ajir petani lakukan saat tanaman berumur 1 – 2 minggu setelah tanam. Ajir yang petani pakai dari bambu yang ringan tapi kokoh. Bentuk dan pola pemasangan ajir seperti huruf V terbalik. Untuk membuat ikatan, caranya gunakan tali salaran, tali khusus untuk tanaman dapat petani beli di Toko Online Pertanian LMGA Agro.

Pemupukan susulan setelah menanam timun berumur 2 minggu setelah tanam, berikan pupuk susulan menggunakan pupuk NPK dengan sistem kocor. NPK yang diberikan sebanyak 2 kg/1000 tanaman dan petani berikan rutin seminggu sekali.

Cara pemupukan ini terus petani lakukan sampai menanam timun berumur 50 hari. Jika tanaman masih terlihat segar dan bakal buah timun masih tampak lebat, pupuk dapat petani berikan terus meskipun sudah lebih berumur 50 hst.

Cara pemupukan menggunakan NPK lebih praktis dan efisien dibandingkan menggunakan pupuk tunggal dengan cara yang sama. Berikan juga pupuk kandang untuk menyeimbangkan unsur hara dalam tanah dan menjaga kualitas tanah dan lingkungan.

Baca Juga : Untung Besar Dari Timun Zatavy

Pemangkasan Timun Untuk Meningkatkan Panen

Cara pemangkasan timun terbukti dapat meningkatkan produktivitas menanam timun. Meskipun tidak semua jenis timun membutuhkan pemangkasan, namun untuk meningkatkan hasil agar maksimal perlu petani lakukan pemangkasan.

Pemangkasan mentimun petani lakukan pada daun-daun tua yang terserang penyakit. Juga pada tunas yang tumbuh pada daun ke-9 hingga daun ke-10. Pemangkasan timun segera petani lakukan begitu muncul tunas pertama dan tunas-tunas berikutnya.

Tunas yang muncul pada daun pertama sampai tunas kelima dipangkas semua. Begitu muncul tunas harus segera dipangkas atau maksimal sudah memiliki panjang 10 – 15 cm. Caranya tunas petani pangkas pada pangkal ketiak daun. Jika pemangkasan terlambat, pertumbuhan batang akan terganggu secara keseluruhan.

Pada tunas ke-6 sampai tunas ke-1-, pemangkasan mentimun petani lakukan secara keseluruhan. Pemangkasan dilakukan dengan menyisakan 3 helai daun dan 1 bakal buah. Jika pada 3 helai daun yang petani sisakan tadi terdapat lebih dari satu bakal buah, maka buah yang lain harus petani buang dan sisakan 1 buah saja. Pilihlah buah yang paling proporsional.

Bila ada daun yang terserang penyakit harus segera petani buang dan musnahkan untuk mencegah tertularnya daun-daun lain yang masih segar. Daun yang terserang penyakit virus memiliki tanda adanya bercak-bercak coklat dan warna daun yang menguning.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *