BUDIDAYA GAMBAS ANGGUN TAVI BISA PANEN 45 TON

Budidaya Gambas Anggun Tavi, Benoh Gambas Anggun Tavi F1,Benih Gambas, LMGA AGRO
Budidaya Gambas Anggun Tavi F1

Budidaya Gambas Anggun Tavi F1 Bisa Panen 45 Ton. Hubungi bapak Budi Telp. 082141747141; SMS/WA : 08125222117, Toko Online LMGA AGRO jual benih gambas Anggun Tavi F1 harga murah. Kami juga melayani konsultasi pertanian gratis.

Selain benih gambas atau oyong untuk budidaya gambas, tersedia benih tanaman hortikultura, pupuk, pestisida dan sarana pertanian lainnya. LMGA AGRO melayani pembelian secara online dan pengiriman keseluruh pelosok wilayah Indonesia.

BUDIDAYA GAMBAS ATAU OYONG POTENSI MASIH TINGGI

Budidaya gambas sebenarnya sudah biasa dilakukan orang di beberapa tempat. Tumbuhan gambas merupakan tanaman sayuran yang masuk pada famili labu-labuan (Cucurbitaceae). Nama lain tumbuhan gambas adalah oyong dengan nama latin Luffa acutangula.

Budidaya gambas termasuk budidaya tanaman sayuran kategori komoditi sayuran minor. Dengan ciri fisik secara umum gambas atau oyong buahnya berwarna hijau.

Bentuk buah memanjang dengan lapisan kulit buah membentuk beberapa segi memanjang dari ujung ke ujung, kulit agak sedikit kasar.

Pada budidaya gambas, budidaya oyong, akan diambil buahnya pada kondisi masih muda dan banyak dimanfaatkan untuk olahan makanan dalam bentuk sayur gambas atau sayur oyong.

Meskipun masih kalah dengan pare, timun dan kacang panjang, budidaya tanaman gambas masih berpotensi bagus.

Dengan celah kategori komoditi minor, kebanyakan petani atau kalayak umum kurang tertarik dalam mengembangkan budidaya gambas dalam skala luas.

Hal ini menyebabkan stok gambas atau oyong dipasaran stabil atau tidak overload, sehingga berpeluang harga jualnya juga stabil.

Tentunya dengan sedikit pengaturan regulasi tanam pada sebagian area tanam yang kita miliki, tidak ada salahnya kita budidayakan gambas. Selain bisa memenuhi kebutuhan untuk bahan baku sayur gambas, hasil yang melimpah juga bisa menambah penghasilan kita apabila kita jual di pasaran.

MANFAAT BUDIDAYA GAMBAS ATAU OYONG

Budidaya gambas atau oyong tidak ada ruginya. Manfaat gambas bagi kehidupan kita, selain menjadi olahan sayur gambas dengan bermacam resep gambas, juga baik untuk kesehatan.

Buah oyong dengan cara memasak oyong yang tepat akan nikmat dirasakan. Selain itu juga bisa menjadi obat penyakit.

Buah gambas atau buah oyong mempunyai manfaat untuk pengobatan beberapa macam penyakit pada manusia. Dan hal ini terbukti berkhasiat dan sudah dilakukan sejak jaman dulu.

Berikut ini beberapa manfaat gambas bagi kesehatan:

  • Untuk obat demam dan juga bermanfaat melancarkan peredaran darah. Dengan peredaran darah yang lancar, menyebabkan kerja organ tubuh menjadi normal dan sehat sehingga badan menjadi sehat. Aplikasinya dengan mengkonsumsi sebagai lalapan atau sayur oyong atau sayur gambas.
  • Untuk obat penyakit asma. Pada aplikasinya penderita dibiasakan mengkonsumsi minuman jus gambas secara rutin dalam beberapa hari. Untuk takaran dan rutinitas minum disesuaikan dengan aturan.
  • Untuk obat penyakit tenggorokan. Sama seperti pada pengobatan penyakit asma, oyong diolah dalam bentuk minuman jus, kemudian diminum secara teratur. Untuk takaran dan rutinitas minum disesuaikan dengan aturan.
  • Untuk obat penyakit cacingan pada anak. Pada aplikasinya yang digunakan disini adalah biji oyongnya. Terutama biji oyong hitam, dengan ditumbuk halus, kemudian diseduh, setelah itu air seduhan diminum. Untuk takaran dan rutinitas minum disesuaikan dengan aturan.
  • Untuk obat radang kelenjar telinga, bersifat sebagai bahan baku obat tambahan. Biasanya diolah bersama daun sambiloto, direbus, kemudian diminum secara teratur. Untuk takaran dan rutinitas minum disesuaikan dengan aturan.
  • Untuk obat penyakit diabetes. Hal ini berkaitan dengan kandungan senyawa cucurbitasin pada oyong yang mampu mengatur kestabilan dan menurunkan gula darah. Untuk takaran dan rutinitas minum disesuaikan dengan aturan.
BUDIDAYA GAMBAS ANGGUN TAVI F1
Budidaya Gambas Anggun Tavi, Gambas Anggun Tavi F1,Buah Gambas,Oyong
Gambas / Oyong

Melihat banyaknya manfaat dari buah oyong atau gambas, maka budidaya gambas tidak ada salahnya untuk dikembangkan.

Pada kali ini kita akan mengulas produk benih hibrida tanaman gambas yang berkualitas dan bermutu. Benih gambas hibrida (F1) Anggun Tavi dan Benih gambas hibrida (F1) Anggun.

Benih gambas hibrida (F1) Anggun Tavi merupakan benih oyong produk dari PT East West Seed Indonesia atau PT Ewindo dengan merek dagangnya Cap Panah Merah.

Panah Merah sendiri merupakan produsen benih Nasional yang sudah memproduksi banyak benih hibrida tanaman hortikultura bermutu tinggi. Dan selama ini sudah dipercaya oleh petani Indonesia termasuk untuk budidaya gambas Anggun Tavi F1.

DESKRIPSI GAMBAS ANGGUN TAVI F1
  • Benih gambas Anggun Tavi merupakan golongan varietas hibrida dengan wilayah adaptasi cocok ditanam di kawasan dataran rendah. Keunggulan varietas Anggun Tavi F1 pada potensi hasil yang tinggi dan cukup tahan terhadap Virus Gemini.
  • Secara fisik tanaman gambas Anggun Tavi F1 bentuk penampang batang segilima bulat, diameter 0,8-1,0cm, dengan warna hijau muda. Dan daun berwarna hijau bentuk berlekuk menjari. Panjang daun 17-19cm, lebar 24-26cm. Tanaman tumbuh merambat atau memanjat.
  • Untuk buah Anggun Tavi F1 berwarna hijau tua, berbentuk silindris memanjang, ukuran panjang 36-41cm dengan diameter buah 4-5cm. Berat buah 296-347gram/buah, buah gambas berbiji, bentuk biji lonjong warna hitam kecoklatan dengan berat biji 0,134-0,138gram/biji.
  • Usia panen tanaman gambas pada 32-34HST, dengan jumlah buah per tanaman mencapai 10-12buah dengan berat total buah per tanaman antara 2-4kg. Dan daya simpan buah gambas atau oyong pada suhu 25-31 derajat celcius selama 6-8 hari setelah panen.
  • Budidaya gambas Anggun Tavi F1 memiliki potensi panen antara 38-52 ton/Ha. Dengan populasi tanaman gambas atau oyong mencapai 13.000 tanaman/Ha. Dengan kebutuhan benih untuk budidaya gambas per Ha sekitar 2.238-2.314 gram.
  • Benih gambas Anggun Tavi F1 untuk budidaya gambas dijual dalam kemasan 10gram atau isi 75 butir biji benih.
CARA BUDIDAYA GAMBAS PANAH MERAH

Selain gambas Anggun Tavi F1, ada juga produk gambas Anggun F1 dan Prima F1 juga merupakan gambas hibrida produk dari Panah Merah. Untuk gambas Anggun F1 tahan terhadap penyakit Busuk Daun (Downy mildew) dan Bercak Daun (Cercospora).

Sedangkan gambas Prima F1 mempunyai keunggulan buahnya lebih besar sehigga bobotnya lebih dari gambas Anggun, hanya saja masih belum tahan terhadap serangan penyakit gemini virus.

Tentunya untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam budidaya gambas, perlu untuk memperhatikan cara menanam gambas yang baik dan benar.

Cara menanam sayuran untuk jenis tanaman sayuran hortikultura termasuk gambas Anggun Tavi F1 harus memenuhi beberapa tahapan.

SYARAT TUMBUH BUDIDAYA GAMBAS ANGGUN TAVI F1

Untuk mendapatkan budidaya gambas Anggun Tavi panen 45 ton, perlu memperhatikan keadaan lingkungan tempat budidaya.

Tanaman oyong memerlukan iklim yang kering untuk tumbuh dengan suhu daerah sekitar 18-24 derajat celcius dan kelembapan mencapai 50-60%.

Sebenarnya tanaman oyong atau gambas ini bisa adaptasi pada hampir semua jenis tanah, dengan ketinggian dari rendah hingga tinggi.

Hanya saja untuk mendapatkan panen besar hingga 45 ton tentunya tanah untuk budidaya gambas perlu untuk disiapkan tersendiri.

Bagaimana agar pH tanah 6-7 tanah kaya akan nutrisi seperti humus, gembur, subur dan ada drainase yang baik.

OLAH LAHAN TANAM UNTUK BUDIDAYA GAMBAS ANGGUN TAVI F1

Olah tanah lahan budidaya gambas Anggun Tavi F1 hingga gembur dan mudah untuk ditanami nantinya. Kondisikan tanah tempat budidaya gambas pada pH 6-7, apabila belum mencapai beri dolomit/kapur tanah dan diamkan 1 minggu.

Lakukan pemupukan dasar dengan TSP, KCL, ZA dengan perbandingan 2:1:1. Campurkan juga pupuk kandang matang. Diamkan selama 1 minggu. Untuk dosis menyesuaikan kesuburan tanah.

Dalam budidaya gambas Anggun Tavi langkah Buat bedengan atau guludan. Dengan tinggi bedengan atau guludan sekitar 30cm, lebar 200cm untuk bedengan dan 60cm untuk guludan. Jarak antar bedengan 60cm dan jarak antar guludan 140cm.

Pasang mulsa plastik dalam budidaya gambas Anggun Tavi untuk membantu menjaga kelembapan dan dari pertumbuhan gulma dan tanaman pengganggu. Selain itu dengan adanya mulsa unsur hara tanah tidak gampang hilang akibat panas dan aliran air dari hujan.

Buat lubang tanam budidaya gambas Anggun Tavi di masing-masing bedengan atau guludan 1 baris memanjang. Jarak antar lubang tanam pada saat tanam musim hujan 80cm dan pada saat musim kemarau 60-70cm.

Baca Juga : Budidaya Pare Lipa F1 Menuju Sukses Petani Pare
PENANAMAN BIBIT GAMBAS ANGGUN TAVI F1

Lakukan persemaian benih gambas Anggun Tavi F1 pada polybag atau kantung plastik semai yang ada. Cara menanam gambas di polybag atau kantung plastik hitam berdiameter 5cm.

Sebelumnya polybag atau kantung plastik semai atau tray semai yang digunakan sudah diisi media tanah. Media semai terdiri dari tanah halus dicampur pupuk kandang matang dengan perbandingan 1:1.

Biji benih untuk budidaya gambas Anggun Tavi diretakkan dulu kulit luarnya dengan gunting atau alat penjepit, kemudian rendam di larutan air hangat ditambah vitaflora selama 10jam. Setelah itu angkat, keringkan dan bungkus dengan kain atau kertas.

Semai biji benih untuk budidaya gambas Anggun Tavi pada polybag, kantung plastik atau tray semai yang ada dengan posisi tunas calon akar ke bawah, 1 lubang 1biji benih.

Tanam dan tutupi dengan tanah media semai, jangan terlalu dalam. Kemudian sirami teratur terutama bila tanah kelihatan kering.

Setelah muncul bibit tanaman dengan daun sekitar 3-5 daun, sekitar 15hari, pindahkan bibit gambas pada lahan tanam. Pilih bibit tanaman sayuran yang sehat untuk dibudidayakan.

Lakukan pemupukan susulan pada tanaman gambas yang sudah dipindah tanam ke lahan tanam. Secara bertahan setiap seminggu sekali setelah pemupukan susulan pertama dilakukan pada saat setelah 10 hari pindah tanam.

Buat dan pasang lanjaran atau para-para untuk tanaman gambas karena sifatnya yang juga merambat dan meninggi hingga mencapai 3-4meter. Pemasangan lanjaran sebaiknya setelah proses tanam bibit gambas ke lahan budidaya gambas.

Baca Juga : Jual Anggun Tavi Panah Merah Diburu Petani
PEMELIHARAAN DAN PERAWATAN TANAMAN  GAMBAS ANGGUN TAVI F1

Pemupukan susulan dalam budidaya gambas Anggun Tavi F1 menggunakan NPK, TSP, KCL, ZA. Pemupukan 1, usia 10HST, NPK 2kg dilarutkan 250liter air, dikocorkan 250ml/tanaman. Pemupukan 2, usia 17HST, NPK 3kg dilarutkan 300liter air, dikocorkan 300ml/tanaman.

Pemupukan 3, usia 24HST, NPK 5kg dilarutkan 500liter air, dikocorkan 500ml/tanaman. Pemupukan 4, usia 31HST, TSP 4kg + KCL 4kg + ZA 2kg, ditanam pada lubang pupuk 20-30cm dari tanaman gambas. Pemupukan 5, usia 38HST, TSP 9kg + KCL 8kg + ZA 4kg, taburkan merata pada bedengan.

Pemupukan 6 dan 7 sama dengan pemupukan 5, dosis sama dan selisih waktunya tiap 7hari setelah pemupukan 5. Sesuaikan dosis dengan keadaan lahan tanam.

Kemudian lakukan langkah perawatan pada budidaya gambas Anggun Tavi F1 seperti berikut ini :

  • Selama budidaya gambas Anggun Tavi dilakukan penyiraman yang baik dan teratur, mengingat tanaman gambas bisa tumbuh maksimal bila cukup air. Periksa drainase, pengairan pada parit apalagi musim hujan, agar tidak terjadi genangan air berlebih.
  • Lakukan penyiangan pada tanaman OPT seperti gulma, agar supaya tanaman gambas bisa tumbuh subur. Terutama pada saat minggu-minggu pertama bibit gambas mulai dipindah tanam di lahan tanam yang ada.
  • Budidaya gambas Anggun Tavi perlu adanya penyulaman terhadap tanaman gambas yang tidak subur atau sudah mati dengan bibit tanaman yang baru dan masih segar. Pemeriksaan ini dilakukan secara teratur setiap seminggu sekali.
  • Gunakan pestisida yang sesuai apabila terjadi serangan penyakit seperti bercak daun, layu fusarium dan antracknosa pada budidaya gambas. Untuk penyemprotan harus sesuai dengan dosis dan aturan pemakaiannya. Biasanyanya pengendaliannya menggunakan fungisida Score, Bion-M, Arashi dsbnya.
Baca Juga : Cara Budidaya Tanaman Oyong (Gambas) Yang Baik Dan Benar
MASA PANEN PADA BUDIDAYA GAMBAS ANGGUN TAVI F1
Budidaya Gambas Anggun Tavi, Benih Gambas Panah Merah, LMGA AGRO
Gambas Panah Merah

Masa panen pada budidaya gambas Anggun Tavi F1 bisa dilakukan pada usia 35HST.

Dengan kondisi buah gambas atau buah oyong masih muda, kulit masih dalam keadaan lunak dan tidak mengkilap.

Dengan kondisi tanah yang subur pemanenan bisa dilakukan mencapai 30 kali setiap 2hari sekali.

Lakukan pengemasan dan pengepakan dengan baik dan hati-hati terhadap hasil buah budidaya gambas Anggun Tavi, agar buah oyong atau gambas bisa kuat dan tahan lama untuk proses pengiriman.

Demikian sedikit ulasan mengenai cara menanam gambas Anggun Tavi F1 untuk hasil 50ton/Ha. Untuk informasi lebih jelas dan detil bisa langsung menghubungi kami.

Toko Pertanian LMGA AGRO (Agen, Toko, Grosir, Distributor terpercaya) jual benih tanaman hortikultura dan sarana pertanian lainnya. Bisa langsung menghubungi P. Budi Telp. 082141747141; SMS/WA : 08125222117.

Kunjungi alamat website untuk informasi budidaya gambas Anggun Tavi lebih lanjut serta budidaya lainnya di www.lmgaagro.word.press.com, www.lmgaagro.web.id, untuk info produk LMGA AGRO dan artikel pertanian lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *