Budidaya Gambas Anggun Tavi Bisa Panen 45 Ton! Mau Resepnya?

Manfaat Gambas Atau Oyong

Budidaya gambas atau oyong tidak ada ruginya. Manfaat gambas bagi kehidupan kita, selain menjadi olahan sayur gambas dengan bermacam resep gambas, juga baik untuk kesehatan.

Buah oyong dengan cara memasak oyong yang tepat akan nikmat rasanya. Selain itu juga bisa menjadi obat penyakit.

Buah gambas atau buah oyong mempunyai manfaat untuk pengobatan beberapa macam penyakit pada manusia.

Dan hal ini terbukti berkhasiat dan sudah dilakukan sejak jaman dulu.

Berikut ini beberapa manfaat gambas bagi kesehatan:

  • Untuk obat demam dan juga bermanfaat melancarkan peredaran darah. Dengan peredaran darah yang lancar, menyebabkan kerja organ tubuh menjadi normal dan sehat sehingga badan menjadi sehat. Aplikasinya dengan mengkonsumsi sebagai lalapan atau sayur oyong atau sayur gambas.
  • Untuk obat penyakit asma. Pada aplikasinya penderita dibiasakan mengkonsumsi minuman jus gambas secara rutin dalam beberapa hari. Untuk takaran dan rutinitas minum kita sesuaikan dengan aturan.
  • Untuk obat penyakit tenggorokan. Sama seperti pada pengobatan penyakit asma, oyong kita olah dalam bentuk minuman jus, kemudian minum secara teratur. Untuk takaran dan rutinitas minum sesuaikan dengan aturan.
  • Untuk obat penyakit cacingan pada anak. Pada aplikasinya yang digunakan disini adalah biji oyongnya. Terutama biji oyong hitam, dengan cara tumbuk halus, kemudian kita seduh, setelah itu air seduhan kita minum. Untuk takaran dan rutinitas minum sesuaikan dengan aturan.
  • Untuk obat radang kelenjar telinga, bersifat sebagai bahan baku obat tambahan. Biasanya diolah bersama daun sambiloto, direbus, kemudian minum secara teratur. Untuk takaran dan rutinitas minum disesuaikan dengan aturan.
  • Untuk obat penyakit diabetes. Hal ini berkaitan dengan kandungan senyawa cucurbitasin pada oyong yang mampu mengatur kestabilan dan menurunkan gula darah. Untuk takaran dan rutinitas minum sesuai dengan aturan.

Budidaya Gambas Anggun Tavi F1

Budidaya Gambas Anggun Tavi, Gambas Anggun Tavi F1,Buah Gambas,Oyong
Gambas / Oyong

Melihat banyaknya manfaat dari buah oyong atau gambas, maka budidaya gambas tidak ada salahnya untuk kita kembangkan.

Pada kali ini kita akan mengulas produk benih hibrida tanaman gambas yang berkualitas dan bermutu. Benih gambas hibrida (F1) Anggun Tavi dan Benih gambas hibrida (F1) Anggun.

Benih gambas Anggun Tavi merupakan benih oyong hibrida (F1) produk dari PT East West Seed Indonesia atau PT Ewindo dengan merek dagangnya Cap Panah Merah.

Selain itu juga terkenal dengan sebutan benih oyong cap panah merah.

Panah Merah sendiri merupakan produsen benih Nasional yang sudah memproduksi banyak benih hibrida tanaman hortikultura bermutu tinggi.

Dan selama ini sudah jadi kepercayaan petani Indonesia termasuk untuk budidaya gambas Anggun Tavi F1.

Deskripsi Gambas Anggun Tavi F1

  • Benih gambas Anggun Tavi merupakan bibit oyonh yang bagus dan golongan varietas hibrida dengan wilayah adaptasi cocok untuk tanam pada kawasan dataran rendah. Keunggulan varietas Anggun Tavi F1 pada potensi hasil yang tinggi dan cukup tahan terhadap Virus Gemini.
  • Secara fisik tanaman gambas Anggun Tavi F1 bentuk penampang batang segilima bulat, diameter 0,8-1,0 cm, dengan warna hijau muda. Dan daun berwarna hijau bentuk berlekuk menjari. Panjang daun 17-19 cm, lebar 24-26 cm. Tanaman tumbuh merambat atau memanjat.
  • Untuk buah gambas Anggun Tavi F1 berwarna hijau tua, berbentuk silindris memanjang, ukuran panjang 36-41 cm dengan diameter buah 4-5 cm. Berat buah 296-347gram/buah, buah gambas berbiji, bentuk biji lonjong warna hitam kecoklatan dengan berat biji 0,134-0,138 gram/biji.
  • Masa panen gambas Anggun Tavi F1 pada umur 32-34 HST, dengan jumlah buah per tanaman mencapai 10-12 buah dengan berat total hasil gambas per pohon antara 2-4 kg. Dan daya simpan buah gambas atau oyong pada suhu 25-31 derajat celcius selama 6-8 hari setelah panen.
  • Budidaya gambas Anggun Tavi F1 memiliki hasil gambas per pohon tinggi dengan potensi panen antara 38-52 ton/Ha. Dengan populasi tanaman gambas atau oyong mencapai 13.000 tanaman/Ha. Dengan kebutuhan benih untuk budidaya gambas per Ha sekitar 2.238 – 2.314 gram.
  • Benih gambas Anggun Tavi F1 untuk budidaya gambas dijual dalam kemasan 10 gram atau isi 75 butir biji benih.
Cara Budidaya Gambas Panah Merah

Selain gambas Anggun Tavi F1, ada juga produk gambas Anggun F1 dan Prima F1 juga merupakan bibit oyong yang bagus dan termasuk bibit gambas Panah Merah.

Untuk gambas Anggun F1 tahan terhadap penyakit Busuk Daun (Downy mildew) dan Bercak Daun (Cercospora).

Sedangkan gambas Prima F1 mempunyai keunggulan buahnya lebih besar sehigga bobotnya lebih dari gambas Anggun, hanya saja masih belum tahan terhadap serangan penyakit gemini virus.

Tentunya untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam budidaya gambas, perlu untuk memperhatikan cara menanam gambas yang baik dan benar.

Cara menanam sayuran untuk jenis tanaman sayuran hortikultura termasuk gambas Anggun Tavi F1 harus memenuhi beberapa tahapan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *