Jual Benih Cabe Lado F1 Panah Merah Cara Online Terbaru Harga Murah

BENIH CABE LADO, CABE LADO TERBARU, CABE LADO F1, BIBIT CABE LADO, CARA MENANAM CABE LADO, JUAL BENIH CABE LADO, LMGA AGRO, BENIH LADO MURAH
BENIH CABE LADO

Benih cabe Lado F1 tahan layu bakteri, benih cabe keriting cap Panah Merah (EWINDO). Hubungi bapak Budi 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 (SMS/WA). Benih cabe Lado terbaru dengan kualitas terbaik dapat dibeli harga murah di toko pertanian Online LMGA Agro. Toko pertanian LMGA AGRO siap kirim benih cabe Lado ke petani dan toko pertanian seluruh Indonesia. Rev. 13 / 06 / 2020.

Benih cabe Lado F1 terbaru merupakan benih cabe paling unggul dari PT East-West Seed Indonesia (EWINDO) berkualitas terbaik.  Harga bibit cabe Lado F1 yang kami jual bersaing dengan kondisi terbaru dan berkualitas.

Harga cabe keriting Lado F1 saat panen sudah bisa diterima oleh pedagang besar di pasar induk sampai dengan pedagang kaki lima dan pedagang sayur keliling. Hal ini tentu keuntungan tersendiri bagi petani yang ingin budidaya cabe keriting.

LMGA Agro juga menerima konsultasi gratis mengenai cara menanam cabe Lado F1. Juga cara menanam jenis buah dan sayur lain dan permasalahan yang anda jumpai sewaktu bercocok tanam buah dan sayur.

LMGA Agro jual harga murah beragam benih sayur dan buah hortikultura yang unggul di wilayah Indonesia. Juga menyediakan sarana dan prasarana budidaya pertanian.

Benih Cabe Lado F1 Terbaru Tahan Layu Bakteri

Benih cabe Lado direkomendasikan untuk ditanam di dataran rendah hingga dataran tinggi. Benih cabe Lado secara genetik memiliki keunggulan toleran dari Bacterial wilt (Bw) atau layu bakteri. 

Panen benih cabe Lado mulai dilakukan pada umur 100 – 120 hari setelah tanam. Bobot buah cabe Lado F1 sebesar 4 – 5 gram per buah. Potensi hasil menanam benih cabe Lado F1 terbaru sebesar 18 – 20 ton/ha. Kemasan berisi 1750 butir benih cabe Lado.

Benih cabe Lado toleran terhadap Bacterial wilt. Dalam bahasa Indonesia disebut Layu bakteri, disebabkan oleh bakteri Ralstonia solanacearum. Bakteri ini mempunyai tanaman inang yang cukup banyak yaitu tanaman terong, tomat, buncis, cabe bahkan rumput liar atau gulma dapat menjadi tanaman inangnya.

Bakteri Ralstonia solanacearum mulai menyerang saat tanaman berumur 6 minggu. Serangannya menyebabkan daun menjadi layu mulai dari pucuk sampai bagian bawah. Bila pada batang, cabang atau pangkal batangnya dibelah maka akan terlihat coklat kehitaman dan menjadi busuk.

Bila batang tadi dicelup dalam air bening selama 5 menit, akan keluar cairan eksudat seperti lendir yang berwarna putih. Penularan serangan bakteri ini juga bisa lewat air yang tercemar. Bakteri ini juga dapat bertahan di tanah selama 2 tahun tanpa inangnya.

Baca Juga : Strategi Jitu Mencegah Rontok Bunga Dan Buah Tanaman Cabe

Kondisi lingkungan yang mendukung pertumbuhan bakteri ini adalah suhu yang hangat, kelembaban yang tinggi dan tingginya curah hujan.

Penanggulangan awal dengan cara bibit dicelupkan ke air yang diberi bakterisida agrimycin. Usahakan agar drainase lancar dan tidak becek. Kocor Agrimycin pada sekitar batang cabe yang terinfeksi layu bakteri.

Benih Cabe Lado F1  Terbaik  | Cabai Keriting

Benih cabe Lado merupakan jenis cabe keriting. Cabe atau cabai keriting merupakan buah dari jenis cabe yang bentuknya panjang dan ramping dan bertekstur keriting. Umumnya berwarna merah namun ada juga cabe keriting yang berwarna hijau.

Rasa cabe keriting pedas, yang berasal dari biji-bijinya yang kecil dan keras. Rasa pedas dari biji-biji tersebut karena mengandung zat capsaicin yang hanya terdapat pada cabe. Cabe keriting juga mengandung vitamin A dan C.

Vitamin A dalam cabai berkhasiat untuk meningkatkan penglihatan kita. Sedangkan vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita dan membantu menangkal radikal bebas.

Cabai keriting segar yang baru dipetik dari tangkainya dapat tahan selama 1 minggu di suhu ruangan. Untuk mendapatkan ketahanan cabai keriting yang lebih lama, cabai keriting dimasukkan dalam plastik putih, diikat dan dimasukkan lemari pendingin.

Dalam lemari pendingin, cabai keriting dapat tahan selama 3 minggu asalkan tidak dicampur dengan bahan lain. Dan pastikan cabai yang kita simpan memiliki daging yang tebal sehingga tidak mudah busuk.

Budidaya Cabe Lado Terbaru Panah Merah

Kondisi iklim di wilayah Indonesia cocok untuk budidaya cabai, dimana matahari bersinar penuh sepanjang hari 8 – 10 jam. Tanaman cabe dapat tumbuh baik di dataran rendah sampai dataran tinggi hingga 1400 m dpl. Di dataran tinggi tanaman cabe masih dapat tumbuh namun hasilnya kurang maksimal.

Suhu udara optimal yaitu 24 – 28 °C, bila suhu terlalu rendah atau suhu terlalu tinggi, pertumbuhan tanaman cabe terganggu.

Di musim kemarau, tanaman cabe masih dapat tumbuh dengan syarat cukup pengairannya. Curah hujan yang dikehendaki berkisar 800 – 2000 mm/tahun dengan kelembaban 80%.

Cara menanam cabe yang ideal yaitu permukaan tanah yang datar, sudut kemiringannya  0 – 10 °C. Tanaman cabe membutuhkan sinar matahari penuh dan tidak ada naungan. Tanah memiliki pH tanah optimal antara 5,5 – 7.

Menanam Cabe Lado Terbaik Di Persemaian

Benih cabe Lado mempunyai hasil kualitas terbaik jika di awalai dengan persemaian yang benar. Ini harus jadi langkah tahap awal dalam budidaya cabe. Semai benih cabe Lado bertujuan mendapatkan bibit atau calon tanaman sehat, kuat dan kokoh serta dapat tumbuh seragam melalui proses penyulaman.

Baca Juga : Mengenal Keunggulan Cabai Keriting Very Well

Media persemaian yang baik sangat penting untuk menunjang pertumbuhan bibit cabe di persemaian. Persiapan media persemaian disesuaikan dengan sifat masing – masing bahan. Dan diharapkan media persemaian yang dipilih dapat menumbuhkan bibit cabe yang siap tanam.

Syarat media yang baik untuk persemaian adalah :

  • Media tidak mengandung racun.

  • Media bersifat mengikat air untuk tumbuhnya benih.

  • Media mengandung cukup unsur hara untuk tanaman.

  • Media mampu menyediakan cukup oksigen  selama proses perkecambahan.

  • Media tidak mudah rusak selama proses persemaian dan berkecambahnya benih.

Untuk mendapatkan media yang baik, yaitu yang subur dan gembur diperoleh dengan cara mencampurkan beberapa bahan media sesuai kebutuhan.

Tanah yang baik untuk persemaian yaitu yang berada pada lapisan subsoil karena pada lapisan ini tanah sedikit mengandung mikro-organisme patogen.

Baca Juga : Jual Cabe Keriting Yosi F1 Termurah Berkualitas

Sebelum digunakan, agar gembur dan halus, bahan media harus diayak lebih dahulu. Bahan media yang baik adalah campuran tanah, kompos dan pasir dengan perbandingan yang sama. Bila ada arang sekam di sekitar Anda, dapat juga dipakai sebagai campuran media.

Cara Mendapatkan Bibit Cabe Lado Berkualitas

Menyiapkan media yang akan digunakan, dicampur rata selanjutnya dimasukkan dalam polybag ukuran 8 x 9 cm, terisi sampai 90% dari tinggi plastik. Bagian bawah polybag dilubangi untuk lewatnya air keluar.

Selanjutnya polybag-polybag diatur rapi berjajar, tidak terkena sinar matahari langsung. Dapat juga diberi naungan atau atap penutup dari plastik. Bila ada biaya lebih, persemaian diberi jaring untuk menghindari datangnya hama serangga. Siram media semai dengan air secukupnya.

Benih cabe Lado direndam dalam air hangat kuku selama 3 – 4 jam lalu dikeringkan/ditiriskan. Tambahkan ZPT secukupnya atau menggunakan larutan bawang merah untuk mempercepat perkecambahan. 

Setelah benih ditiriskan, benih ditanam pada media semai satu per satu. Lalu tutup dengan tanah halus secukupnya yang sudah diayak.  

Semprot dengan insektisida untuk mencegah serangan semut atau serangga lainnya. Semprot media bila tampak kering.

Biasanya benih akan tumbuh serempak pada hari ke-6 atau ke-7. Benih cabe Lado akan menjadi bibit siap tanam setelah 23 – 25 hari setelah semai.

Cara Pemupukan Budidaya Cabe Lado

Pemberian pupuk daun dan ZPT pada tanaman cabe menggunakan cara disemprotkan langsung ke daun dan batang. Berbeda dengan pemberian pupuk melalui akar tanaman.

Namun ada pula pemberian ZPT saat pembenihan dengan cara merendam benih dalam air yang sudah diberi ZPT sebelum benih disemaikan.

Kelebihan penyemprotan melalui daun adalah tanaman lebih cepat menyerap unsur hara yang ada dalam pupuk dibandingkan pemberian melalui akarnya.

Pemupukan cabe keriting harus sesuai dengan fase serta umur tanaman cabe saat ini. Nutrisi dan unsur hara tanaman yang sesuai membuat produktivitas cabe Lado East West ini akan bisa produksi optimal.

Baca Juga : Tanaman Cabai Lado Andalan Cap Panah Merah

Pupuk melalui daun tidak merusak tanah dan tunas dapat cepat tumbuh. Pemupukan lewat daun juga efektif pada tanah yang kurang subur dan pada lahan kering.

Petani menyemprotkan pupuk daun karena pupuk daun terdapat juga unsur mikro yang tidak terdapat pada pupuk seperti Urea, SP-36, ZA, TSP dan KCl.

Unsur hara mikro lengkap berkualitas terbaik dibutuhkan tanaman memang sedikit tetapi perannya sangat penting bagi tanaman. Kekurangan unsur mikro esensial mengakibatkan pertumbuhan tanaman budidaya kita kurang maksimal.

Budidaya cabe keriting walaupun lebih mudah dan mempunyai daya adaptasi yang luas tetap membutuhkan pengetahuan, ketekunan dan konsentrasi agar hasil panen cabe bisa balik modal.

Begitu juga dengan ZPT, petani memilih memberikan ZPT selain untuk memacu pertumbuhan tanaman juga diyakini dapat mencegah gugurnya bunga dan buah, memperbaiki mutu buah dan hasil buah juga dapat meningkat.

Dari hasil penelitian dan pengamatan, pemberian ZPT dapat meningkatkan hasil sampai 50% yang juga didukung dengan pemupukan yang berimbang.

Disarankan untuk memberikan ZPT di benih cabe Lado F1 sesuai yang tertera pada kemasan dan tidak berlebihan.  Penyemprotan yang baik adalah pada pagi hari saat tanaman aktif ber-fotosintesis. 

Budidaya Tanaman Cabe Lado F1 East West Seed
BENIH CABE LADO, CABE KERITING LADO, JUAL BENIH CABE LADO, CARA MENANAM CABE LADO, BENIH CABE LADO MURAH, LMGA AGRO
BENIH CABE LADO

Tanaman cabe merupakan salah satu tanaman hortikultura yang membutuhkan perhatian dan perawatan tiada henti. Tanaman cabe memiliki hama dan penyakit yang kompleks dan beragam yang mengharuskan petani untuk belajar terus menerus.

Pengamatan dan kontrol tanaman rutin dilakukan sebagai usaha pencegahan serangan hama penyakit lebih dini, karena bila sudah terlambat akan sulit sekali dikendalikan.

Kontrol tanaman dilakukan sejak di persemaian, persiapan lahan, saat penanaman, perawatan hingga di masa panen dan memahami benar tentang gejala yang ada.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menanggulangi serangan hama dan penyakit tanaman cabe, berkaitan dengan teknis budidaya tanaman cabe, yaitu :

  • Melakukan rotasi dengan tanaman yang bukan tanaman inangnya. Tanaman jenis kubis-kubisan diyakini dapat mengurangi intensitas serangan.

  • Pemberian pupuk unsur N yang berimbang untuk mencegah tanaman terlalu sukulen yang mudah terinfeksi hama dan penyakit.

  • Melakukan sanitasi kebun dari gulma atau tanamn sekunder yang dapat menjadi inang hama penyakit.

  • Usahakan agar drainase dalam kondisi air lancar dan tidak terjadi genangan air.

  • Tanaman cabe yang layu segera dicabut dan dimusnahkan dengan cara dibakar di tempat yang agak jauh dari lokasi penanaman kita.

  • bila serangan sudah cukup parah maka lakukan pengendalian secara kimiawi menggunakan bakterisida berbahan aktif Dazomet, Streptomycin sulfat, Asam oksolinik, Kasugamycine hidroklorida dan Oksitetrasiklin.

  • Menanam menggunakan benih dari varietas yang tahan/toleran.

Teknik Budidaya Benih Cabe Lado Untuk Mencegah Layu Bakteri

Cara budidaya cabe Lado yang baik dilakukan salah satunya untuk mencegah serangan hama dan penyakit pada tanaman. Hal-hal yang dapat dilakukan di dalam budidaya tanaman cabe benih cabe Lado antara lain :

  1. Pengolahan lahan yang baik diantaranya membuat bedengan yang tinggi.

  2. Bila pH tanah rendah maka lakukan pengapuran sampai diperoleh pH yang normal.

  3. Menanam memilih benih unggul yang toleran dari bakteri dan cendawan.

  4. Melakukan pemupukan yang berimbang. Terutama pemberian pupuk Nitrogen, bila berlebihan menyebabkan tanaman cabe rentan terhadap serangan penyakit.

  5. Tanaman cabe yang sudah terdeteksi kena penyakit atau tampak tumbuh abnormal, segera cabut dan dimusnahkan.

  6. Pengocoran PGPR pada area perakaran tanaman paling sedikit 1 minggu sekali.

  7. Sebaiknya tidak melakukan penggenangan bedengan untuk menghindari menularnya serangan dari jamur dan bakteri.

Panen Tanaman Cabe  Lado Panah Merah

Panen tanaman menggunakan benih cabe Lado pada umur 100 – 120 hari setelah tanam. Menghasilkan bobot cabe berkisar antara 4 – 5 g/buah dan potensi hasilnya berkisar 18 – 20 ton/ha.

Panen tanaman cabe dilakukan berkali – kali dengan interval 2 – 5 hari sekali. Dengan menyesuaikan dengan kebutuhan dan permintaan pasar dan kematangan dari cabe yang akan dipanen.

Baca Juga : Jual Benih Cabe Keriting Helix Hibrida F1 Kapal Terbang

Permintaan pasar biasanya menginginkan matang merah menyala ( kematangan 80% ) atau permintaan akan cabe hijau.

Panen benih cabe Lado bisa dilakukan dengan memetik disertakan tangkai buahnya juga. Waktu panen cabe Lado F1 yang baik dilakukan pada pagi hari pukul 05.00 – 07.00.

Buah cabe berkualitas terbaik yang sudah dipetik, dikumpulkan dalam wadah dan ditaruh ditempat yang terlindungi dari sinar matahari langsung agar buah cabe tidak cepat layu dan kualitas cabe tidak menurun.

Demikian artikel tentang Benih Cabe Lado F1 dari Panah Merah. Benih dapat dibeli di Toko Pertanian Online LMGA Agro dengan menghubungi P. Budi 082 – 141 – 747 – 141 ( telepon ) dan di 0812 – 5222 – 117 ( SMS/WA ).

LMGA Agro juga melayani konsultasi gratis bagaimana cara menanam cabe terutama benih cabe Lado dan membantu memecahkan permasalahan yang Anda temui di lapangan.

Baca Juga : Budidaya Cabe red Kriss Petik 35 Kali

LMGA Agro jual kebutuhan pertanian anda baik benih Cabe Lado Cap Panah Merah maupun benih lain yang anda butuhkan. Harga bibit cabe Lado F1 di toko LMGA Agro terbaru harga murah. Kami juga jual semua keperluan budidaya tanaman Anda termasuk sarana prasarana melalui jasa ekspedisi mitra kami seperti JNE, POS, TIKI, KI8 dan lain-lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *