JUAL BIBIT CABE KERITING FLASH 750 MURAH

CABE KERITING FLASH 750, CABE FLASH 750, FLASH CAP KAPAL TERBANG, CABE FLASH HARGA MURAH, LMGA AGRO
CABE KERITING FLASH 750

WWW.LMGAAGRO.COMJual bibit cabe keriting Flash 750, toleran hama thrips. Benih cabe keriting Flash 750 harga murah bisa di beli di Toko pertanian LMGA AGRO. Hubungi P. Budi 082141747141; SMS/WA 08125222117. Di Toko Online LMGA AGRO juga menjual benih sayuran dan buah, pestisida, pupuk, sarana prasarana pertanian lengkap, menyediakan konsultasi gratis. Kami mengirim pesanan Anda dengan cepat ke seluruh wilayah Indonesia.

BENIH CABE KERITING FLASH 750

Cabe keriting Flash 750 merupakan benih cabe keriting unggul andalan cap Kapal Terbang  dari PT Bisi International. Benih cabai ini cocok ditanam di dataran menengah sampai tinggi. Pertumbuhan tanaman tegak, kuat dan seragam.

Buah cabe keriting Flash 750 berbentuk keriting dengan panjang ± 16 cm,  diameter ± 0.9 cm dan rasanya pedas. Umur panen ± 84 hari setelah pindah tanam.

Tanaman cabe keriting Flash 750 memiliki toleran terhadap hama Thrips dan tanaman tahan bila kekurangan Kalsium ( Ca ). Potensi hasil panen cabe keriting Flash 750 adalah ± 20 ton/ha. Kebutuhan benih sebanyak 100 – 150 g/ha.

Pengaruh Hama Thrips dan Kekurangan Unsur Ca

Hama Thrips

Hama thrips adalah serangga yang terlihat pada pucuk tanaman cabai, berukuran kecil dengan panjang ± 0.5 – 1.5 mm.

Hama thrips menyerang dengan cara menghisap cairan daun muda dan bunga tanaman cabai. Tampak bercak berwarna putih atau perak pada permukaan bawah daun muda.

Bercak awalnya tampak dekat dengan tulang daun, lama kelamaan menyerang tulang daun dan menyebabkan daun menguning.

Serangan berat daun menjadi berwarna coklat, mengeriting dan daun menggulung dan akhirnya daun mengering. Pertumbuhan tanaman juga menjadi kerdil dan tanaman tidak menghasilkan bunga.

BACA JUGA : FLASH 750 JAGONYA CABE

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Pencegahan serangan hama thrips yaitu dengan memilih benih cabe keriting unggul, kebersihan lahan seperti melakukan penyiangan gulma secara rutin.

Penyiraman lebih baik menggunakan sprinkler agar daun-daun ikut tercuci, dan menjauhkan tanaman cabai kita dari tanaman inang hama thrips.

Pengendalian mekanis dilakukan bila ada daun yang terindikasi menunjukkan gejala serangan hama. Yaitu dengan memotong daun yang terserang hama atau mencabut tanaman lalu dibakar bila serangan sudah banyak.

Kekurangan Unsur Kalsium ( Ca )

Unsur Ca adalah unsur utama penyusun dinding sel, terdapat dalam kapur Dolomit yang selalu diberikan saat pemberian pupuk dasar.

Bila keberadaan unsur Ca cukup bagi tanaman maka dinding sel tanaman menjadi kuat dan tidak mudah ditembus oleh  jamur Colletotrichum capsici. Jamur ini adalah penyebab penyakit patek  atau Antraknose. 

Benih cabe keriting Flash 750 tahan dan toleran bila kekurangan unsur Kalsium. Sehingga bila kekurangan tetap dapat tumbuh baik dan berproduksi dengan baik.

Pencegahan dan antisipasi penyakit antraknose adalah dengan cara memberikan pertahanan dalam tanaman itu sendiri.

Untuk memperkuat ketahanan tanaman yaitu dengan melakukan pemupukan yang tepat dan berimbang.

Bila kebutuhan nutrisi tanaman terpenuhi secara berimbang ( unsur N ,P, dan K ) maka tanaman akan tahan terhadap serangan penyakit.

BUDIDAYA CABE KERITING FLASH 750

Cabe keriting masuk kategori cabe merah besar dengan nama latin Capsicum annum L. Secara umum bentuk buahnya panjang dan berdiameter kecil dengan ujung yang lancip cenderung runcing.

Permukaan kulit buahnya tidak mulus tetapi bergelombang/keriting. Kulit buahnya relatif tipis.Karena warnanya merah maka manfaatnya selain sebagai penambah rasa pedas masakan juga pemberi warna merah.

Permintaan cabe keriting juga tinggi karena rasanya lebih pedas dibandingkan cabe merah biasa. Kadangkala juga tiba-tiba saja harga cabe keriting melonjak tinggi namun tiba-tiba saja bisa menurun drastis.

CABE KERITING FLASH 750, CABE FLASH 750, cABE FLASH HARGA MURAH, CABE KERITING FLASH, CAP KAPAL TERBANG, HARGA MURAH
CABE MERAH KERITING FLASH 750

Di lapangan, petani tidak mudah menanam cabe keriting ini karena dihadapkan pada harga yang naik turun, cuaca yang tidak menentu, biaya produksi tinggi juga serangan hama dan penyakit.

Oleh karena itu, agar mendapatkan produksi maksimal, petani harus melakukan budidaya cabe keriting yang baik dan benar.

Pemilihan Bibit Cabe Keriting Flash 750

Pemilihan bibit disesuaikan dengan lokasi tempat kita menanam. Benih cabe keriting Flash 750 direkomendasikan untuk ditanam di dataran menengah hingga tinggi.

Keuntungan benih ini selain toleran terhadap hama Thrips juga tahan terhadap serangan bakteri penyebab penyakit layu. Tanaman juga tahan terhadap kekurangan kalsium.

Secara umum budidaya cabe keriting sesuai untuk wilayah beriklim tropis dan subtropis. Suhu lingkungan yang ideal yaitu antara 16 – 23 °C.

Tanah lokasi tanam harus kaya akan kandungan bahan organik, gembur, subur dan tidak mudah tergenang air. Derajat keasaman tanah normal.

Karakteristik tanaman cabe keriting Flash 750 ini kokoh, tegak dan seragam. Tanaman juga memiliki respon tanaman yang tinggi apabila diberi perlakuan.

Begitu setelahtanaman diberi pupuk, respon tanaman cabe keriting Flash 750 ini akan segera tampak pada daunnya yang terlihat lebih hijau dan perkembangan yang lebih cepat.

Cara Menyemai Bibit Cabe Keriting Flash 750

Cara menyemai cabe keriting Flash 750 sebaiknya menggunakan wadah polybag, terutama bila menggunakan benih hibrida yang cenderung mahal.

Bila cara menyemai dengan cara ditabur, banyak benih yang bertumpukan, sehingga banyak benih yang tidak tumbuh dan biaya penyemaian benih akan mahal.

Media semai untuk cabe keriting Flash 750 menggunakan tanah dan pupuk kandang yang telah diayak, dengan komposisi 3 : 1.

Polybag yang dipakai berukuran 8 x 6 cm ( tersedia di toko Online LMGA AGRO ), ditata berjajar dan diberi naungan sungkup plastik yang dapat dibuka tutup. Lama menyemai bibit yaitu 23 – 25 hari atau telah muncul 3 daun sempurna.

BACA JUGA : TRAY SEMAI BENIH LMGA AGRO MURAH KUAT DAN TEBAL

Cara Menanam Cabe Keriting Flash 750

  1. Cabe keriting Flash 750 akan tumbuh sempurna di lahan deng pH netral. Pengolahan tanah yang tepat sampai kedalaman 15 – 20 cm, lahan dibersihkan dari gulma, sisa tanaman dan bebatuan. Pengecekan pH tanah untuk mencegah tanaman kekurangan kalsium. Bila pH kurang dari 5.5 maka ditambahkan Dolomit 2 ton/ha.

  2. Selanjutnya ditambahkan juga pupuk kandang  yang telah jadi sebanyak 6 ton/ha.  Pupuk kimia  ZA 250 kg/ha, TSP 350 kg/ha  dan KCl 300/ha. Dicampurkan merata pada tanah lalu tanah dijemur ± selama 2 minggu agar pupuk dasar meresap.

  3. Membuat bedengan paling cocok untuk cabe kerting Flash 750 adalah  dengan lebar 1.2 m dan panjang 15 m, tinggi bedengan 40 cm, jarak bedengan yang digunakan untuk saluran air dibuat dengan jarak 40 – 50 cm.

  4. Bedengan dipasang mulsa plastik, lalu dibuat lubang tanam dengan jarak tanam 60 x 60 cm ( musim kemarau ) dan 70 x 70 cm ( musim hujan ). Setelah bibit cabe keriting Flash 750 sudah cukup umur, maka dapat dipindahkan ke lahan bedengan. Dengan cara menyobek plastik polybag dan ditanam ke lubang tanam beserta media semainya.

Pemupukan Cabe Keriting Flash 750

Pemberian pupuk pada tanaman cabe berbeda dan terbagi dalam 2 fase, yaitu fase vegetatif dan generatif.

Fase vegetatif tanaman cabe yaitu fase pertumbuhan dari tanaman berumur 0 sampai 30 hst. Fase vegetatif tanaman membutuhkan pupuk makro yang banyak mengandung unsur Nitrogen.

Fase umur 10 – 30 hst pemberian pupuk dengan cara dikocor, melarutkan pupuk NPK  6 : 25 : 27 dengan dosis 10 liter air 100 gram. Dicampurkan rata dan disiramkan tanaman sebanyak 200 cc/ 1 gelas aqua.

Pemberian pupuk dengan interval 5 hari sekali dan penambahan dosis pupuk sedikit demi sedikit. Pada fase ini untuk memacu pertumbuhan, ditambahkan ZPT yang mengandung hormon GA3 (Giberellin).

Fase ke-2 yaitu Generatif, pupuk yang diberikan lebih banyak yang mengandung unsur P, dan penambahan unsur Ca yang diperoleh dari pupuk Fitomic, Calcium fertilizer dan pupuk Cantik. 

Untuk mencegah bunga dan buah mudah rontok, maka saat penyemprotan pupuk ditambahkan pupuk Multi KP sebanyak 4 sendok makan per tanki 14 liter air.

Pemberian pupuk makro dan mikro harus seimbang dan sesuai dosisnya, karena bila tidak tepat dosisnya dan tidak seimbang maka menyebabkan tanaman mudah terkena virus kuning dan keriting.

Pupuk mikro dapat diperoleh dari pemberian pupuk Vitaflora ( kemasan 10 cc/botol ).

Cara Merawat Tanaman Cabe Keriting Flash 750

  • Cara merawat tanaman cabai saat berumur 0 – 21 hst, yaitu saat di persemaian untuk intensif melakukan pengontrolan bibit. Mencabut rumput-rumput yang tumbuh dengan menggunakan tangan.

  • Pada umur 22 hst ke atas, yaitu saat bibit cabe keriting Flash 750 sudah mulai berpindah tanam maka pengontrolan lebih intensif dilakukan. Kebutuhan akan air lebih sering diperhatikan, dan jadwal penyiraman terkontrol.

  • Penyiangan, pendangiran, pemasangan ajir dan pengendalian hama dan penyakit juga intensif dilakukan agar hasil cabe keriting Flash 750 bisa optimal.

  • Pendangiran di area tanaman cabe keriting Flash 750 yaitu mencangkul kecil-kecil disekitar perakaran tanaman dan tanah dikumpulkan melingkar di pangkal batang. Tujuan pendangiran agar tanah disekitar perakaran menjadi gembur dan penyerapan unsur hara bisa efektif.

  • Perempelan di tanaman cabe keriting Flash 750 di lakukan dengan cara menyisakan 2 – 3 cabang utama setiap produksi mulai umur 15 sampai 30 hst. Tujuannya untuk merangsang bunga sehingga menghasilkan banyak buah dan hasil panen meningkat.

  • Pemasangan ajir, di tanaman cabe keriting Flash 750 tujuannya untuk menopang tegaknya batang tanaman agar tidak mudah roboh diterpa angin. Ajir dipasang saat tanaman berumur 1 bulan setelah tanam.

BACA JUGA : BENIH CABAI SHYPOON CABAI BERANGKAI HALBANERO

Pemanenan Cabe Keriting Flash 750

Umur panen cabe keriting Flash 750 pada umur ± 84 hari setelah pindah tanam. Pemanenan dapat dilakukan setiap 2 – 5 hari sekali. Waktu panen yang baik dilakukan pagi hari pukul 05.00 sampai 07.00.

Demikian ulasan kami tentang benih cabe keriting Flash 750 dan cara budidayanya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Bila ada yang ingin diketahui lebih mendetail, kami Toko Online LMGA AGRO juga melayani Konsultasi secara gratis, dapat menghubungi P. Budi 082141747141; SMS/WA 08125222117.

Bila anda tertarik untuk menanam cabe keriting Flash 750, benih bisa di beli di Toko Online LMGA AGRO, hubungi Bapak Budi Telp. 082 141 747 141 atau SMS/WA 0812 5222 117.

LMGA AGRO juga menyediakan benih sayuran dan buah, pestisida, alat sarana dan prasarana pertanian lengkap. Kami siap mengirim ke seluruh  wilayah Indonesia dengan cepat dan tepat.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *