SEMANGKA NON BIJI AMARA, FAVORIT PENANAM SEMANGKA

SEMANGKA NON BIJI AMARA, SEMANGKA AMARA, AMARA PANAH MERAH, AMARA HARGA MURAH, AMARA LMGA AGRO
SEMANGKA NON BIJI AMARA

Semangka non biji Amara merupakan pilihan  favorit petani yang intens menanam semangka. Berminat mendapatkan benih semangka Amara Cap Panah Merah hubungi Hubungi LMGA AGRO di CP Budi : Telp. 082 141 747 141 atau SMS/WA 0812 5222 117.  Menjelang bulan Ramadhan petani juga melirik untuk menanam buah yang permintaan cenderung meningkat tepat di bulan Ramadhan. Salah satunya menanam buah semangka, dan semangka yang saat ini banyak ditanam petani yaitu semangka non biji Amara. Bobot semangka non biji Amara mencapai 7 – 8 kg/buah, daging buahnya merah, rasanya  manis dan renyah, sehingga sesuai sebagai buah untuk takjil di bulan Ramadhan. Benih semangka non biji Amara dapat dibeli di Toko On Line LMGA AGRO (Agen, Distributor, Dealer, Resmi) menyediakan benih, pestisida, pupuk, dan peralatan pertanian dengan harga murah dan terjangkau. Kami juga melayani konsultasi GRATIS budidaya pertanian tanaman hortikultura.

SEKILAS TENTANG SEMANGKA NON BIJI

Budidaya semangka yang non biji hampir sama dengan semangka berbiji. Hanya saja terdapat perlakuan khusus pada budidaya semangka non biji agar diperoleh buah semangka yang tidak berbiji. Perlakuan khusus tersebut adalah pada persemaian, penyerbukan dan pemupukannya. Maksud dibuatkan semangka non biji adalah untuk memudahkan dalam mengkonsumsi semangka yang tidak disibukkan adanya biji. Kemungkinan gagal pada proses perlakuan khusus tersebut juga bisa saja terjadi bila tidak tepat dalam pelaksanaanya. Panen semangka non biji lebih lama 10 hari dibandingkan dengan panen semangka berbiji.

BACA JUGA : BENIH SEMANGKA AMARA MENGHILANG DARI PASARAN

Jenis-Jenis Semangka Non Biji :

  • Semangka non biji daging merah bentuk buah  bulat : Semangka F1 Setabindo, F1 Quality, F1 Yonex, F1 Pluto, F1 Classic, F1 Riendow, F1 Asmara,  F1 Quality, F1 Dollar, F1 Super Quality, F1 Winner 09

  • Semangka non biji daging merah bentuk lonjong : Semangka F1 Prime, F1 Juve, F1 Lentera, F1 Lazio, F1 Super Lonjong, F1 Super Inter, F1 Valentino, F1 Elena, F1 Amara, F1 Wishmeluck

  • Semangka non biji bulat dengan daging kuning : Semangka F1 Pretty Orchid, F1 Primadona

SEKILAS TENTANG SEMANGKA NON BIJI AMARA

SEMANGKA NON BIJI AMARA, CAP PANAH MERAH, EAST WEST SEED, AMARA HARGA MURAH
SEMANGKA NON BIJI AMARA

Semangka F1 Amara adalah semangka non biji daging merah yang buahnya berbentuk lonjong produksi PT. East West Seed Indonesia dan dikenal dengan Cap Panah Merah. Semangka F1 Amara sebenarnya baru di kenalkan di kalangan penanam semangka di tahun 2013. Namun dengan adanya trend pasar, permintaan akan semangka non biji bentuk lonjong dan kulit daging yang cenderung gelap, maka semangka Amara mulai bisa di terima pasar di sentra produksi semangka. Semangka Non Biji F1 Amara ini di pasar akan bertarung dengan semangka Non biji Lonjong yang lebih dahulu keluar dan menguasai pasar yaitu semangka Hibrida PRIME dan F1 JUVE yang diproduksi oleh Known You Seed Taiwan. Memang sampai saat ini penampilan fisik dan hasil panen per hektar masih unggul F1 Prime dan F1 Juve ini. Selain itu semangka F1 Prime dan F1 Juve di kenal dengan semangka yang mudah jadi dan perawatannya mudah di kalangan petani semangka non biji.

Keunggulan Semangka Non Biji Amara

  • Buah semangka Amara berbentuk bulat agak lonjong yang menyerupai Prime dan Juve

  • Tanaman Semangka Amara mudah perawatannya karena tanaman tahan hama dan penyakit serta buahnya mudah jadi

  • Warna kulit buah hijau tua dengan warna  lurik juga hijau tua dan hal ini menyebabkan semangka Amara tahan terhadap daya simpan

  • Bobot rata – rata buah mencapai 8 kg walaupun secara potensi mampu di produksi dengan berat 10 Kg

  • Daging buah semangka Amara berwarna merah cerah dengan rasa manis dan renyah ( Crispi )

  • Umur panen semangka F1 Amara 65 Hari setelah tanam dengan potensi hasil 38 Ton / Ha

SYARAT TUMBUH MENANAM SEMANGKA NON BIJI AMARA

Semangka non biji Amara adalah semangka hibrida yang sangat cocok dibudidayakan di daerah dataran rendah. Semangka non biji Amara termasuk tanaman vigor, yaitu sejumlah sifat-sifat benih yang mengindikasikan pertumbuhan dan perkembangan kecambah yang cepat dan seragam pada cakupan kondisi lapang yang luas. Kondisi tersebut mencakup yang tidak sesuai untuk pertumbuhan atau setelah mengalami penyimpanan. Tanah yang cocok adalah gembur berpasir dengan pH 6 – 7. Iklim udara hangat dengan suhu sekitar yaitu 20 – 30 °C. Lahan tanam mendapat sinar matahari penuh yaitu sekitar 7 jam sehari.

BACA JUGA : BUDIDAYA SEMANGKA AMARA CAP PANAH MERAH

CARA MENANAM SEMANGKA NON BIJI AMARA

Persiapan Lahan dan Bedengan Semangka Non Biji Amara

  1. Lahan yang akan dipergunakan harus digemburkan dulu, rumput-rumput liar dihilangkan, batu-batu disingkirkan, tanah dibajak atau dicangkul.

  2. Bedengan dibuat ganda lebar bedengan yaitu 70 – 80 cm, tinggi bedengan 30 cm, parit kecil dibuat diantara dua bedengan. jarak antar bedengan 3 – 4 meter. Model bedengan ganda ini akan memudahkan dalam pemeliharaan nantinya.

  3. Jika pH masih kurang dari 5,5 maka lahan ditaburi Dolomit setelah itu dibiarkan 7 – 10 hari agar dolomit meresap di tanah.

  4. Pemberian pupuk kandang sebanyak 1 – 1,5 kg per tanaman, lalu tanah diaduk dan biarkan tersiram air hujan atau siram bedengan dengan air hingga basah.

  5. Lahan ditaburi pupuk kimia yaitu TSP/SP-36, KCl, ZA ( 1 : 2 : 1 ) sebanyak 100 gr per tanaman. Pupuk diaduk sampai merata dan biarkan tersiram air hujan atau disiram sampai basah.

  6. Pupuk diberikan sekitar 10 – 15 hari sebelum tanam.

  7. Bila bedengan ingin ditutup mulsa plastik maka dilakukan saat siang hari, lalu dibuat lubang tanam dengan jarak 80 – 90 cm di tengah bedengan.

PERSEMAIAN BENIH SEMANGKA NON BIJI AMARA
  1. Benih yang sudah diperoleh, dipecah sedikit dibagian tumbuhnya akar untuk mempercepat berkecambah.

  2. Selanjutnya benih direndam pada air hangat yang diberi zat pertumbuhan tanaman ( ZPT ), selama 8 – 10 jam. Setelah itu, benih ditiriskan pada koran atau kain basah.

  3. Benih akan berkecambah dalam 3 – 4 hari, setelah itu disemai dalam polibag dan bibit siap di tanam setelah 7 – 10 hari setelah tanam.

  4. Menyiapkan bibit semangka berbiji sebanyak 10 % dari jumlah total tanaman semangka non biji. Hal ini untuk menyiapkan serbuk sari semangka berbiji dan dikawinkan secara manual dengan putik (bakal buah) semangka non biji. Karena serbuk sari semangka non biji bersifat mandul. nantinya penyerbukan dilaksanakan saat tanaman berumur 25 hari setelah tanam.

  5. Saat tanaman sudah berumur 7 – 10 hari atau sudah ada 2 – 3 helai daun, maka mulai melakukan penanaman bibit. Penanaman dilakukan pada sore hari. Bibit ditanam pada lubang tanam yang sudah dipersiapkan lalu timbun dengan tanah di sekitar tanaman.

BACA JUGA : SEMANGKA NON BIJI IDOLA PETANI

PEMELIHARAAN TANAMAN SEMANGKA NON BIJI AMARA

  • Penyiraman dilakukan rutin disesuaikan dengan kondisi lahan atau kira-kira 3 hari sekali.

  • Penyiangan dengan mencabut rumput-rumput liar yang tumbuh di bedengan atau disekitar tanaman.

  • Membuang ranting atau tunas yang tumbuh selain pada daun pertama dan kedua, karena banyaknya tunas dan ranting akan memperlambat pembuahan dan buah yang dihasilkan tidak maksimal.

  • Meletakkan dan mengatur batang utama dan ranting pada sisi bedengan agar tampak rapi dan mudah dalam pemeliharaan.

  • Pemupukan susulan pertama dilakukan saat tanaman berumur 10 hari setelah tanam. Pupuk yang digunakan adalah NPK sebanyak 5 gr per 300 ml untuk satu tanaman. Pupuk diberikan dengan cara dikocor. Pemupukan selanjutnya dilakukan setiap 4 – 5 hari sekali dengan dosis yang ditambahkan secara berkala.

CARA PENYERBUKAN BUNGA SEMANGKA NON BIJI AMARA

Penyerbukan pada budidaya semangka non biji Amara dilakukan secara manual. Penyerbukan dilakukan saat tanaman berumur 25 hari setelah tanam. Serbuk sari dari bunga jantan semangka berbiji diambil seperlunya dan dioleskan secara merata pada bakal buah atau putik semangka non biji Amara. Waktu pelaksanaan penyerbukan pada pagi hari, maksimal pada jam 9. Sedangkan sebelumnya bunga jantan diambil pada sore harinya dan dipilih bunga yang esoknya diperkirakan akan mekar. Proses penyerbukan minimal dilakukan sampai tanman berumur 35 hari setelah tanam.

BACA JUGA : BENIH SEMANGKA LONJONG AMARA DI BURU PETANI

CARA SELEKSI BUAH SEMANGKA NON BIJI AMARA

Penyerbukan dilakukan pada semua bakal buah atau putik yang ada pada setiap ranting sekunder dan batang utama, pada daun ke-14 dan seterusnya. Kemudian buah diseleksi ketika dipastikan sudah tumbuh buah sebesar buah duku. Buah yang tampak mengkerut dan kurang sehat sebaiknya dibuang. Sisakan satu buah pada setiap ranting sekunder dan batang utama, bila tanaman kurang subur maka buah yang disisakan satu saja.

PEMANENAN BUAH SEMANGKA NON BIJI AMARA

Buah semangka non biji Amara sudah dapat dipanen saat berumur 58 – 65 hari setelah tanam. Potensi hasil panen berkisar 33 – 38 ton per hektar. Buah yang masak memiliki ciri-ciri kulit buah memudar dan sulur pada pangkal tangkai buah sudah tampak mengering. Waktu panen sebaiknya dilakukan saat embun sudah mengering ( sekitar jam 9 ) dan cuaca cerah ( tidak hujan ) agar kulit buah tidaj rusak, buah tidak busuk dan bisa tahan lama, tetap segar. Buah semangka yang dipetik disertakan pula tangkai buahnya agar tidak busuk bila disimpan lama.

Demikian ulasan Kami tentang Semangka Non Biji Amara dan budidayanya hingga panen, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *