Budidaya Cabe Keriting Peluang Usaha Pertanian Hortikultura

budidaya, cabe, keriting, peluang, usaha, pertanian, hortikultura

Budidaya Cabe Keriting Peluang Usaha Pertanian Hortikultura. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. Hortikultura merupakan budidaya tanaman sayur, buah, tanaman herbal pada kebun atau lahan pertanian. Salah satu jenis tanaman hortikultura adalah cabe.

Tanaman Hortikultura

Tanaman hortikultura merupakan tanaman yang budidayanya terdapat pada lahan perkebunan dan menggunakan berbagai jenis metode partanian.

Budidaya tanaman hortikultura bisa memanfaatkan lahan yang luas maupun lahan yang seadanya atau kecil.Banyak petani Indonesia yang melakukan usaha pertanian dengan cara budidaya tanaman hortikultura.

Jenis tanaman hortikultura merupakan salah satu komoditas utama yang banyak peminatnya. Masyarakat memerlukan tanaman hortikultura untuk memenuhi kebutuhan pangan.

Hal ini bisa menjadi peluang usaha budidaya bagi para petani agar dapat memenuhi kebutuhan pasar tanaman hortikultura dengan cara membudidayakannya pada lahan pertanian.

Budidaya Tanaman Hortikultura

Budidaya tanaman hortikultura dapat memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. Selain itu petani juga mendapat untuk dari hasil penjualan tanaman hortikultura.

Manfaat tanaman hortikultura sangat banyak dan baik bagi kesehatan. Tidak heran jika masyarakat sangat membutuhkan tanaman hortikultura sebagai bahan pangan.

Sebelum melakukan budidaya tanaman hortikultura sebaiknya petani memperhatikan beberapa aspek agar nantinya pada saat budidaya tanaman tidak merugi.

Aspek tersebut adalah lokasi dari penanaman, suhu, cuaca, tingkat keasaman lahan penanaman, jenis benih dll.

Beberapa hal tersebut sangat penting sebelum melakukan budidaya agar nantinya tanaman hortikultura tidak gagal panen dan merugikan petani.

Jenis tanaman hortikultura seperti sayuran, buah – buahan , rempah – rempah dan tanaman obat banyak yang membudidayakannya.

Salah satu jenis tanaman hortilkul turayang sering bermanfaat dan banyak yang membudidayakannya adalah tanaman cabe.

Baca Juga : Cara Tanam Cabe Dalam Pot dan Hidroponik Sederhana

Tanaman Cabe

Cabe merupakan jenis tanaman hortikultura dari genus Capsicum. Masyarakat sering memanfaatkan cabe sebagai bumbu dan juga campuran masakan.

Buah dari tanaman ini memiliki rasa pedas dan hangat yang timbul karena adanya kandungan minyak atsiri capsaicin.

Budidaya tanaman cabe bisa pada lahan daerah dataran rendah maupun dataran tinggi. Cabai memiliki berbagai bentuk daun dan juga warna.

Ada yang berbentuk daun bulat, lonjong dan lanset dengan berbagai warna daun seperti hijau tua, hijau muda dan hijau kebiruan.

Tanaman cabe memiliki akar serabut dengan cabang yang banyak. Akar dari tanaman cabe ini bisa menembus tanah dengan kedalam 40 cm.

Bentuk buah tanaman cabe beragam jenis, ada yang bulatm bulat panjang dengan ujung lancip. Terdapat juga berbagai jenis cabe dengan warna seperti hijau, hijau tua, hijau kekuninga, orange dan merah.

Cabe Rawit

Cabe rawit merupakan salah satu jenis cabe yang juga banyak peminatnya. Nama latin dari cabe rawit adalah capsicum frustescens. Masyarakat sering memanfaatkan cabe rawit sebagai bahan baku sambal.

Selain itu juga bisa sebagai lalapan ketika mengkonsumsi gorengan. Petani juga banyak yang membudidayakan cabe rawit pada lahan pertanian milik mereka.

Hal ini karena cabe rawit juga merupakan salah satu bahan pangan yang banyak peminatnya. Jadi untuk memenuhi permintaan pasar petani banyak yang membudidayakan cabe rawit.

Jenis cabe ini berbentuk pendek kecil dengan warna buah beragam mulai dari hijau tua, hijau muda, hijau kekuningan, merah dan juga orange.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *