Pengendalian Hama dan Penyakit Pada Tanaman

pengendalian, hama, penyakit, tanaman
Grassy Stunt Virus

GSV adalah virus yang menyerang tanaman padi. Daun pada tanaman padi yang terserang virus ini menjadi berwarna pucat dan terdapat bercak. Virus ini membuat tanaman padi menjadi kerdil.

Cucumber Mozaic Virus

CMV sering menyerang tanaman tomat, cabai dan timun – timunan. Virus ini menimbulkan bercak kuning pada daun.

Jika menginfeksi buah maka buah akan muncul bercak dan bentuknya akan tidak normal. Virus ini sering tersebar karena hinggapnya kutu daun pada tanaman.

Tobaco Mozaic Virus

TMV sering menyerang tanaman tembakau dan sayur seperti kentang, cabai, tomat. Virus ini menimbulkan bercak kuning pada daun yang menyebar dan menyebabkan penyakit mosaik.

Infeksi virus TMV dapat menyebabkan kematian pada tanaman. Jika TMV menyerang pada tanaman yang muda makan akan membuat tanaman tersebut menjadi kerdil.

Gemini Virus

Gemini virus merupakan virus yang dapat menyebabkan penyakit keriting bule. Tanaman yang terserang virus ini daunnya akan berubah warna menjadi kuning.

Tulang daun pada tanaman akan menebal dan daun yang menggulung. Virus ini menular karena oleh kutu kebul yang hinggap dari satu tanaman ke tanaman lain dan kemudian menyebar.

Citrus Stunt Phloem Degeneration

Virus CSPD menyerang tanaman jeruk. Virus ini dapat membuat pohon jeruk menjadi mati. Gejala yang timbul dari virus ini pada tanaman adalah kuncup yang lambat perkembangannya. Daun kecil dan belang – belang, buah hasil panen juga berkualitas buruk.

Bakteri Pada Tanaman

Bakteri pada tanaman merupakan organisme multisel yang sering merugikan tanaman petani. Mikroba atau bakteri memiliki beragam bentuk dan bersifat parasit.

Bakteri dengan bentuk tongkat dan tipe bacillus merupakan jenis bakteri yang sering merugikan tanaman petani. Bakteri mereproduksi sel baru dan menyebabkan penyakit pada tanaman.

Berikut adalah beberapa contoh bakteri yang sering menyerang tanaman :

Bakteri Xanthomonas campestris pv oryzae

Bakteri ini dapat menyebabkan busuk hitam pada tanaman. Mikroba atau bakteri ini sering menyerang tanaman brokoli, sawi, kangkung kembang koll dll.

Gejala tanaman yang terkena bakteri ini adalah vaskular menghitam, layu dan menghambat pertumbuhan.

Bakteri Ralstonia solanacearum

Bakteri ini merupakan penyebab dari layu bakteri pada tanaman. Mikroba atau bakteri ini dapat menyerang tanaman tomat, tembakau, pisang, mulberru, jahe dan kentang.

Bakteri ini menyerbar melalui tanah. Sehingga tanaman memiliki gejala layu pada daun muda saat cuaca sedang panas dan kemudian menjadi segar kembali ketika malam atau cuaca dingin.

Bakteri Rhadinaphelencus cocophilus

Ciri – ciri tanaman yang terserang bakteri ini adalah daunnya yang tumbuh tegak dan menggulung. Sehingga warna dari daun menjadi kuning dan mengering kemudian mati. Pada batang pohon akan terlihat garis melingar berbentuk cicin berwarna merah ketika dipotong.

Jamur Pada Tanaman

Jamur atau cendawan yang menyerang tanaman pertanian sering merusak akar, batang, daun dan buah pada tanaman.

Cendawan atau jamur dapat menyebar dengan bantuan serangga, angina air maupun sentuhan tangan. Jamur menjadi salah satu penyebab penyakit pada tanaman pertanian. Berikut adalah jenis jamur yang merusak tanaman pertanian :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *