Tanaman Hortikultura Jadi Peluang Usaha Tani Di Masa Pandemi

Tanaman, hortikultura, peluang, usaha, tani, masa, pandemi
Sayuran

Sayuran merupakan salah satu contoh tanaman hortikultura yang sering digunakan sebagai bahan makanan dan bermanfaat bagi tubuh untuk memenuhi kebutuhan gizi.

Bagian dari sayuran yang sering dimanfaatkan adalah daun, umbi dan batang muda. Bagian tersebut biasanya mengandung kadar air dan bisa dikonsumsi.

Sayuran sering diolah menjadi berbagai olahan masakan dan ada juga yang dimakan langsung sebagai lalapan.

Contoh dari sayuran yang sering dikonsumsi sawi, pakchoy, bayam, kangkung, kol, kubis, brokoli, cabe, tomat, timun dll.

Caisim

Caisim atau sawi hijau adalah salah satu jenis tanaman hortikultura yang sering dikonsumsi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan gizi.

Caisim sering dimasak menjadi beberapa olahan masakan atau campuran masakan seperti bakso, sayur sup, tumis dll.

Caisim memiliki bentuk daun oval melebar berwarna hijau dan batang berwarna hijau keputihan dan tulang daun semakin mengecil.

Sawi Sendok

Sawi sendok atau biasa dikenal dengan sebutan pakchoy/bokchoi adalah jenis sawi yang hampir mirip dengan sawi hijau.

Sawi sendok memiliki bentuk daun bulat seperti sendok. Sawi sendok memiliki ukuran lebih kecil dan pendek dariapada sawi hijau.

Batang dari sawi sendok berwarna hijau agak putih dan lebih lebar. Daun sawi sendok juga lebih kaku dibandingkan sawi hijau.

Buah

Buah juga termasuk salah satu contoh jenis tanaman hortikultura. Buah identik memiliki daging yang berasa manis dan berwarna beragam.

Buah juga merupakan salah satu komoditi holtikultura yang banyak dibudidayakan karena dapat menguntungkan bagi petani.

Hal ini dikarenakan buah sangat sering dikonsumsi oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan gizi harian. Masyarakat sering memanfaatkan buah sebagai salad, jus maupun dikonsumsi langsung.

Buah sendiri ada yang dipanen secara musiman dan tahunan. Buah musiman biasanya dipanen pada saat musim tertentu sedangkan buah tahunan bisa dipanen tanpa mengenal musim.

Buah musiman yang sering dibudidayakan adalah buah garbis, melon, semangka, durian, manga, duku dll.

Sedangkan buah tahunan yang sering dibudidayakan adalah buah anggur, apel, jambu, rambutan, manggis dll.

Buah Semangka

Buah semangka merupakan salah satu jenis tanaman hortikultura yang sering dibudidayakan di Indonesia.

Buah semangka adalah buah yang masih berkerabat dengan labu – Labuan. Tanaman semangka tumbuh dengan cara merambat.

Buah semangka sering dimanfaatkan buahnya untuk dikonsumsi masyarakat sebagai buah pencuci mulut maupun diolah menjadi olahan lainnya seperti salad, jus dll.

Buah semangka memiliki ciri buah berbentuk bulat, oval, kotak tergantung dari jenisnya. Kulit buah semangka berwarna hijau tua, ada yang berwarna kuning tergantung jenisnya.

Daging buah semangka memiliki kandungan air yang sangat banyak. Daging buah semangka ada yang berwarna merah, kuning tergantung dari jenisnya.

Buah Melon

Buah melon merupakan buah yang masih berkerabat dengan labu – Labuan seperti semangka. Buah melon banyak dibudidayakan karena rasa dan khasiat dari buah ini yang bermanfaat bagi kesehatan.

Buah melon memiliki bentuk buat bulat dengan tekstur kulit agak keras berjaring – jarring. Daging buah melon ada yang berwarna putih kehijauan, kuning dan orange tergantung jari jenisnya.

Tanaman melon tumbuh dengan jara menjalar di tanah. Daunnya memiliki bentuk menjari dengan lekukan. Batangnya tidak berkayu berwarna hijau muda dan berbulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *