Tanaman Hortikultura Jadi Peluang Usaha Tani Di Masa Pandemi

Tanaman, hortikultura, peluang, usaha, tani, masa, pandemi
Tanaman Hias

Tanaman hias atau bunga adalah salah satu contoh jenis tanaman hortikultura yang juga sering dibudidayakan.

Tanaman hias dan bunga sering dimanfaatkan sebagai dekorasi di dalam ruangan maupun diluar ruangan.

Dengan memanfaatkan tanaman hias sebagai dekorasi maka suasana di dalam ruangan maupun diluar ruangan akan menjadi lebih indah.

Selain itu tanaman hias juga ada yang memiliki aroma harum. Aroma harum ini dapat dimanfaatkan sebagai aromaterapi maupun penyegar di dalam ruangan.

Beberapa contoh tanaman hias atau bunga yang sering dibudidayakan adalah bunga matahari, anggrek, mawar, melati, kenanga, bunga sedap malam(harum malam), geranium, lavender dll.

Tanaman Obat

Tanaman obat juga merupakan salah satu jenis tanaman hortikultura. Tanaman obat sering dimanfaatkan untuk mengobati berbagai macam penyakit karena khasiatnya yang manjur.

Tanaman obat telah berkhasiat dan sudah sejak lama dimanfaatkan untuk pengobatan karena mengandung beberapa senyawa tertentu.

Tanaman obat dibedakan menjadi dua macam yaitu rimpang dan non rimpang. Tanaman obat rimpang adalah jenis tanaman yang mayoritas bagian umbinya dimanfaatkan sebagai obat.

Selain dimanfaatkan sebagai obat tradisional, tanaman obat non rimpang juga dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Contoh tanaman obat rimpang adalah jahe, kunyit, lengkuas, temulawak, kunci, kencur dll.

Sedangkan tanaman obat non rimpang adalah tanaman obat yang dimanfaatkan bagian selain umbinya seperti bunga, buah, daun, akar dan batang.

Contoh dari tanaman obat non rimpang yang sering dimanfaatkan adalah mahkota dewa, kayu manis, lidah buaya dll.

Tanaman Obat Keluarga Solusi Sehat Hemat di Masa Pandemi

Tanaman, obat, keluarga, solusi, sehat, hemat, masa, pandemi

Tanaman obat keluarga bisa dijadikan solusi untuk tetap hidup sehat dan hemat agar tubuh tetap terjaga imunitasnya dari virus di masa pandemi ini.

Di masa pandemi seperti ini sangat penting untuk menjaga imunitas agar terhindar dari serangan virus maupun bakteri yang merugikan tubuh.

Dengan menanam tanaman obat rimpang rimpangan disekitar rumah masyarakat dapat menggunakannya sebagai bahan untuk bumbu masakan maupun jamu yang menyehatkan.

Dengan menanam rimpang disekitar rumah masyarakat juga bisa menghemat pengeluaran. Selain itu jika memang lahan agak luas maka juga bisa dijadikan peluang bisnis keluarga.

Khasiat dan manfaat tanaman obat rimpang – rimpangan sudah banyak digunakan sejak dahulu kala sebagai obat alami yang dapat menyembuhkan dan menyehatkan tubuh.

Investasi Kesehatan Dengan Mengkonsumsi Rimpang

Investasi kesehatan dengan mengkonsumsi rimpang sebenarnya sujak sejak lama dilakukan oleh masyarakat jaman dulu.

Hal ini dikarenakan manfaat dan khasiat rimpang – rimpangan yang sangat menyehatkan bagi tubuh. Selain itu rimpang juga merupakan produk alami yang aman jika dikonsumsi.

Tetapi mengkonsumsi rimpang harus dengan dosis atau takaran tertentu atau tidak berlebihan agar dapat bermanfaat dan tidak memberi dampak negatif bagi kesehatan.

Mengkonsumsi rimpang bisa dilakukan setiap hari dengan takaran tertentu. Sebaiknya jika mengkonsumsi setiap hari dilakukan dengan cara mengkonsumsi berbeda jenis rimpang setiap harinya.

Hal ini dimaksudkan agar tubuh mendapat manfaat dan khasiat dari rimpang yang banyak jenisnya dan fungsinya masing – masing bagi kesehatan tubuh.

Meskipun tidak sakit kita dapat mengkonsumsi rimpang sebagai investasi kesehatan untuk diri kita sendiri. Karena rimpang memiliki beragam jenis dan manfaatnya masing – masing untuk kesehatan tubuh.

Mengkonsumsi rimpang juga bisa dijadikan alternatif selain dengan mengkonsumsi obat kimia sintetis. Rimpang aman dikonsumsi karena merupakan tanaman alami.

Baca Juga : Bercocok Tanam Sebagai Peluang Usaha Menguntungkan

Tanaman Jahe

Tanaman jahe merupakan salah satu jenis rimpang yang biasa dijadikan rempah – rempah maupun untuk obat.

Jahe biasa dikonsumsi sebagai obat dengan cara dijadikan seduhan. Jahe memiliki rasa yang pedas tetapi menghangatkan.

Batang tanaman jahe tumbuh dengan tinggi mencapai 30 – 100 cm. Akar tanaman jahe berbentuk rimpang dengan warna kuning dan ada juga yang berwarna merah.

Daun tanaman jahe berbentuk menyirip sepanjang 15 sampai 23. Tangkai daun memiliki bulu – bulu halus.

Kandungan Jahe

Kandungan jahe yang menyehatkan sering dimanfaatkan untuk dijadikan salah satu alternative sebelum mengkonsumsi obat. Berikut adalah kandungan jahe :

– Serat
– Protein
– Karbohidrat
– Kalori
– Lemak
– Gula
– Zat Besi
– Kalium
– Vitamin B3
– Vitamin B6
– Vitamin C
– Magnesium
– Zinc
– Niacin
– Riblofavin
– Folat
– Fosfor

Khasiat Jahe

Khasiat jahe sudah tidak diragukan lagi dalam membantu menajaga kesehatan maupun untuk mengobati beberapa penyakit. Berikut adalah khasiat jahe :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *