Nutrisi Tanaman Tingkatkan Kualitas Budidaya Tanaman

nutrisi tanaman,budidaya tanaman,pertanian,petani,benih tanaman,bibit tanaman,lmga agro,usaha pertanian,pupuk pertanian,pupuk

Phospor

Jenis nutrisi tanaman lain yang dibutuhkan untuk proses pertumbuhan tanaman adalah unsur hara jenis phospor. Phospor juga termasuk dalam jenis unsur hara makro yang bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman yang dibudidayakan di lahan pertanian.

Manfaat penggunaan phospor untuk usaha budidaya tanaman diantaranya adalah berfungsi untuk merangsang pertumbuhan akar tanaman. Selain itu kandungan unsur hara phospor juga bermanfaat untuk membantu proses asimilasi dan pernapasan pada tanaman yang dibudidayakan.

Kadar penggunaan phospor untuk budidaya tanaman harus disesuaikan dengan dosis yang berlaku agar tanaman dapat mendapatkan manfaat yang maksimal. Apabila tanaman mengalami kekurangan phospor bisa menyebabkan daun memiliki warna yang lebih tua serta mengkilap. Selain itu, kekurangan unsur phospor juga mengakibatkan beberapa bagian tanaman seperti daun menjadi cepat layu.

Kalium

Kalium merupakan jenis unsur hara makro yang dibutuhkan tanaman saat dalam proses pertumbuhan di lahan pertanian. Unsur kalium memberikan banyak manfaat bagi pertumbuhan tanaman dan bisa diperoleh dari pemberian pupuk pertanian sesuai dosis.

Manfaat dari unsur hara kalium pada budidaya tanaman adalah berfungsi membantu pembentukan protein dan karbohidrat. Selain itu, kandungan kalium dalam tanaman juga mampu memperkuat bagian-bagian tanaman seperti daun dan bunga agar tidak mudah rontok.

Pemberian unsur hara atau nutrisi tanaman jenis kalium ini juga harus teratur agar tidak terjadi kondisi dimana tanaman kekurangan kalium. Apabila tanaman kekurangan kalium bisa menyebabkan bagian tanaman seperti daun menjadi mengkerut dan keriting. Selain itu, pada daun tanaman muncul bercak merah kecoklatan dan apabila dibiarkan akan berakibat daun mengering lalu mati.

Baca Juga : Pupuk Kandang, Jenis dan Manfaatnya Bagi Tanaman

Sayuran Hidroponik Peluang Usaha Menguntungkan

sayuran,hidroponik,nutrisi tanaman,peluang usaha,usaha pertanian,pupuk,pupuk pertanian,lmga agro

Budidaya tanaman telah dikenal menjadi jenis usaha pertanian yang mampu menghasilkan banyak keuntungan bagi petani sebagai pelaku usaha pertanian. Budidaya tanaman di lahan pertanian mampu menghasilkan banyak komoditas pangan unggulan seperti cabe, tomat, melon, dan semangka di pasaran.

Melihat usaha pertanian seperti budidaya tanaman mampu menghasilkan banyak keuntungan, membuat metode pertanian semakin berkembang. Salah satu jenis metode pertanian saat ini yang banyak dimanfaatkan petani maupun hobiis tanaman untuk membudidayakan tanaman adalah hidroponik.

Hidroponik merupakan jenis metode pertanian yang memanfaatkan air atau aliran air untuk proses pertumbuhan tanaman sampai masa panen tiba. Sehingga, metode hidroponik ini dikenal karena minim penggunaan media tanam saat proses budidaya tanaman. Selain itu, metode hidroponik juga dapat diimpelmentasikan terhadap jenis tanaman sayur maupun tanaman buah.

Jenis hidroponik tanaman sayur atau hidroponik sayur menjadi sangat populer karena dinilai lebih mudah untuk dipraktekkan. Hal ini dikarenakan jenis tanaman sayur yang bisa dibudidayakan dengan cara hidroponik cukup banyak seperti bayam, kangkung, buncis, dan seledri. Cara untuk melakukan usaha sayuran hidroponik dapat dicari dengan mudah di situs internet yang tersebar di Google.

Peluang usaha sayuran hidroponik memiliki prospek yang menguntungkan apabila dilakukan secara tekun dan sesuai dengan prosedur yang berlaku. Keuntungan yang didapatkan diantaranya adalah kebutuhan sayuran sehari-hari dapat terpenuhi dari hasil panen sayuran hidroponik. Selain itu, instalasi hidroponik pada halaman rumah juga menambah kesan sejuk dan indah untuk dipandang.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan varietas benih sayuran kualitas terbaik seperti bayam, kangkung, dan seledri untuk petani. Semua varietas benih tanaman sayur yang tersedia memiliki harga murah dan terjangkau bagi petani maupun hobiis tanaman.

Baca Juga : Cara Tanam Cabe Dalam Pot dan Hidroponik Sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *