PUPUK KANDANG, JENIS DAN MANFAATNYA BAGI TANAMAN

Beri Penilaian

pupuk, pupuk kandang, lmga agroPUPUK KANDANG, JENIS DAN MANFAATNYA BAGI TANAMAN. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. Kebutuhan unsur hara pada tanaman sangat berkaitan dengan jenis atau macam unsur hara.

Hal ini sejalan dengan adanya perbedaan karakter dari masing-masing tanaman menyangkut kebutuhannya akan unsur hara tertentu serta perbedaan karakter dan fungsi dari unsur hara tersebut.

Kebutuhan tanaman akan unsur hara yang berbeda sesuai dengan fase-fase pertumbuhan tanaman tersebut, misalnya pada saat awal pertumbuhan tanaman/fase vegetatif akan membutuhkan unsur hara yang berbeda dengan saat tumbuhan mencapai fase generatif. (Rev. 09-02-21)

PUPUK KANDANG JENIS PUPUK UNGGUL UNTUK TANAMAN

Kebutuhan unsur hara pada tanaman selain berkaitan dengan macam unsur hara, juga sangat berkaitan dengan kebutuhan jumlah unsur haranya. Jumlah unsur hara yang tanaman butuhkan adalah berbeda, sesuai dengan jenis tanaman dan jenis unsur haranya.

Misalnya pada jenis tanaman sayuran akan membutuhkan unsur hara yang berbeda dengan jenis tanaman palawija. Selain itu jumlah unsur hara yang tanaman butuhkan juga dapat melihatnya dari umur tanaman.

Pupuk kandang merupakan pupuk yang berasal dari kotoran hewan yang penggunaannya untuk menyediakan unsur hara bagi tanaman. Pupuk kandang berperan untuk memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah.

Komposisi unsur hara yang terdapat pada pupuk kandang sangat tergantung pada jenis hewan, umur, alas kandang dan pakan yang kita berikan pada hewan tersebut. Setiap jenis hewan tentunya menghasilkan kotoran yang memiliki kandungan hara unik.

Namun secara umum kotoran hewan mengandung unsur hara makro seperti nitrogen (N), posfor (P), kalium (K), kalsium (Ca), magnesium (Mg) dan belerang (S). Bila kita bandingkan dengan pupuk kimia sintetis, kadar kandungan unsur hara dalam pupuk kandang jauh lebih kecil.

Oleh karena itu, perlu pupuk yang banyak untuk menyamai pemberian pupuk kimia. Seperti jenis pupuk organik lainnya, pupuk kandang memiliki sejumlah kelebihan seperti kemampuannya untuk merangsang aktivitas biologi tanah dan memperbaiki sifat fisik tanah.

BAHAN PEMBENTUK PUPUK KANDANG

Jenis Pupuk Kandang
  • Kotoran ayam

Kotoran ayam memiliki reaksi cepat, sehingga petani sayuran daun meminatinya karena cocok dengan karakter sayuran daun yang mempunyai siklus tanam pendek. Pupuk ini mempunyai kandungan unsur hara N tinggi banding pupuk kandang jenis lain.

Selain itu, unsur N dalam kotoran ayam bisa tumbuhan serap secara langsung. Pupuk kandang ayam biasanya kita ambil dalam bentuk campuran dengan sekam padi, terutama kotoran ayam pedaging (broiler). Sekam padi peternak ayam gunakan sebagai alas kandang.

Ketika membersihkan kandang maka kotoran akan bercampur sekam. Sekam padi memperkaya zat hara terutama unsur K. Kotoran ayam broiler mengandung unsur P tinggi. Selain beberapa kelebihannya, kotoran ayam rentan membawa bibit penyakit terutama bakteri Salmonella.

Pemanfaatannya harus hati-hati dan sesuai kebutuhan. Kekhawatiran lain adalah penggunaan obat-obatan dan hormon pada ayam akan terbawa kedalam kotorannya. Petani sayur organik tentunya tidak mengharapkan terjadinya Kontaminan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *