Nutrisi Tanaman Tingkatkan Kualitas Budidaya Tanaman

nutrisi tanaman,budidaya tanaman,pertanian,petani,benih tanaman,bibit tanaman,lmga agro,usaha pertanian,pupuk pertanian,pupuk

Pupuk, Nutrisi Tanaman Tambahan Bantu Petani Untung

pupuk,pupuk pertanian,budidaya tanaman,nutrisi tanaman,nutrisi,nutrient,unsur hara,pertanian,lmga agro

Nutrisi atau unsur hara merupakan hal penting yang selalu dibutuhkan tanaman untuk menghasilkan pertumbuhan tanaman yang berkualitas. Unsur hara bisa didapatkan tanaman dari lahan pertanian yang sebelumnya telah diolah oleh petani menggunakan beberapa sarana pertanian. Salah satu jenis sarana pertanian yang mampu meningkatkan kandungan unsur hara dalam lahan pertanian adalah pupuk pertanian.

Pupuk adalah material yang ditambahkan pada media tanam atau tanaman untuk mencukupi kebutuhan hara yang diperlukan tanaman. Apabila kebutuhan unsur hara atau nutrisi tanaman terpenuhi maka tanaman mampu menghasilkan panen atau produksi kualitas terbaik yang menguntungkan petani.

Pupuk pertanian yang digunakan oleh petani untuk meningkatkan kandungan unsur hara pada lahan pertanian juga memiliki 2 jenis berbeda. Jenis-jenis pupuk pertanian tersebut adalah pupuk organik dan pupuk kimia yang dapat ditemukan dengan mudah di toko pertanian terdekat.

Pupuk organik merupakan jenis pupuk pertanian yang memiliki bahan dasar pembuatan dari bahan organik seperti sampah organik atau kotoran hewan. Jenis pupuk organik yang banyak digunakan oleh petani saat budidaya tanaman diantaranya adalah pupuk kandang, pupuk kompos, dan pupuk hijau.

Pupuk kimia juga bisa digunakan sebagai sarana pertanian untuk menambahkan kadar unsur hara pada lahan pertanian untuk menunjang nutrisi tanaman. Jenis pupuk kimia memiliki kandungan unsur hara dan biasanya hanya mengandung satu jenis nutrisi seperti N, P, atau K.

Penggunaan pupuk pertanian organik dan kimia pada lahan pertanian juga harus sesuai dengan dosis yang berlaku. Hal ini bertujuan untuk menjaga kondisi lahan pertanian agar tetap memiliki kandungan unsur hara yang cukup dan tidak berlebihan. Sehingga menghasilkan pertumbuhan tanaman yang memiliki kualitas terbaik dan berpotensi menghasilkan panen yang menguntungkan.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan pupuk pertanian kualitas terbaik dengan harga murah untuk petani. Jenis pupuk pertanian yang tersedia diantaranya adalah pupuk organik, pupuk kimia, hingga pupuk organik cair.

Baca Juga : Pupuk NPK Nutrisi Penting Bagi Tanaman Petani

Jenis Unsur Hara Untuk Budidaya Tanaman

Pupuk pertanian dan kandungan pada lahan pertanian memiliki banyak unsur hara untuk nutrisi tanaman yang dibudidayakan oleh petani. Unsur hara untuk meningkatkan kualitas pertumbuhan pada budidaya tanaman juga tidak terbatas hanya pada beberapa unsur, melainkan melibatkan banyak unsur.

Usaha budidaya tanaman yang menghasilkan banyak produk pertanian kualitas terbaik selalu melibatkan banyak unsur hara saat masa budidaya. Jenis-jenis unsur hara tersebut menjadi nutrisi tanaman yang memiliki banyak manfaat berbeda-beda. Dibawah ini terdapat beberapa jenis unsur hara yang dibutuhkan untuk proses pertumbuhan jenis tanaman budidaya.

Nitrogen

Nitrogen menjadi jenis unsur hara atau nutrisi tanaman yang sangat dikenali oleh para pelaku usaha pertanian atau petani. Unsur nitrogen menjadi jenis unsur hara makro dan dibutuhkan oleh tanaman untuk proses pertumbuhan di lahan pertanian.

Beberapa manfaat dari tanaman yang menyerap unsur nitrogen adalah mampu merangsang pertumbuhan tanaman yang dibudidayakan secara keseluruhan. Selain itu, unsur nitrogen juga berperan penting pada saat pembentukan klorofil yang sangat penting bagi proses fotosintesis tumbuhan.

Penggunaan nitrogen pada tanaman juga harus sesuai dengan dosis yang berlaku, karena kekurangan atau kelebihan nitrogen dapat berpengaruh pada tanaman. Kekurangan unsur nitrogen bisa menyebabkan tanaman mengalami pertumbuhan yang lambat dan menjadi kurus serta kerdil. Sedangkan kelebihan unsur nitrogen bisa menyebabkan proses pemasakan menjadi lebih lambat dan produksi biji-bijian berkurang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *