Cara Menanam Hidroponik Mudah dan Menguntungkan

cara, menanam, hidroponik, mudah, menguntungkan
Sistem DFT

Sistem DFT atau Deep Flow Technique merupakan sistem hidroponik yang menggunakan genangan nutrisi.

Tanaman pada sistem ini direndam nutrisi dengan kedalaman 3 – 5 cm. Sehingga akar tanaman pada netpot akan menyentuh genangan nutrisi.

Sistem Deep Flow Technique memiliki kelebihan ketika listrik padam maka tanaman akan tetap mendapat nutrisi dari cadangan nutrisi di wadah.

Sistem Drip

Sistem drip merupakan sistem hidroponik yang sering dilakukan oleh petani. Sistem ini bekerja dengan cara meneteskan nutrisi ke akar tanaman.

Nutrisi yang menetes ke akar tanaman dan tersisa maka sisa nutrisi ini akan menetes ke tendon penampungan nutrisi.

Sistem Ebb and Flow

Sistem Ebb and Flow merupakan sistem hidroponik yang bekerja dengan cara mengalirkan nutrisi ke bak tanaman dan kemudian pada waktu tertentu nutrisi surut dan mengalir ke tendon.

Sistem ini juga dikenal dengan sebutan sistem pasang surut. Sistem Ebb and Flow bekerja dengan pompa yang diberi timeri.

Sistem NFT

Sistem NFT atau nutrient film technique adalah sistem hidroponik dengan cara kerja mengalirkan air dangkal agar tidak merendam akar tanaman.

Pemasangan sistem NFT dibuat sedikit miring agar tidak ada genangan air. Dan air yang mengalir ke bawah di teteskan ke bak nutrisi.

Dari bak nutrisi dipompa ke atas dengan menggunakan pompa agar nutrisi mengaliri tanaman tanpa harus menggenang.

Sitem Wick

Sistem wick bekerja dengan bantuan dari sumbu. Sumbu pada sistem ini berfungsi untuk mengalirkan nutrisi ke tanaman.

Hidroponik dengan menggunakan sistem wick sangat mudah dibuat. Hanya dengan wadah untuk menampung air, netpot, sumbu dari kain flannel dan styrofom.

Wadah diisi air dan nutrisi kemudian diatasnya diletakkan styrofoam yang telah diberi lubang untuk tempat netpot.

Kemudian netpot diberi sumbu dibawahnya dari kain flannel. Kemudian netpot diletakkan dilubang netpot dan pastikan sumbu mengenai cairan nutrisi pada bak air.

Untuk memaksimalkan pertumbuhan bisa juga menambahkan air stone sebagai penyuplai oksigen pada bak nutrisi.

Baca Juga : Aquaponik, Budidaya Tanaman Sambil Memelihara Ikan

Media Tanam Hidroponik

Media tanam hidroponik sangat bermacam – macam jenisnya dan penggunaanya juga tergantung sistem yang digunakan. Berikut adalah media tanam hidroponik :

Arang Sekam

Arang sekam merupakan limbah dari kulit padi yang dibakar. Arang sekam juga mengandung unsur hara nitrogen, fosfor, kalsium dan magnesium.

Arang sekam mempunyai tingkat keasaman netral dengan kisaran 6,5 – 7. Arang sekam sering dimanfaatkan untuk campuran kompos, media tanam, media penyemaian dll.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *