Jual Benih Semangka Nani F1 Agrosid Manungggal Sentosa Berkualitas

Jual, Benih, Semangka, Nani, F1, Agrosid, Manunggal, Sentosa, Berkualitas
Penanaman Benih Semangka

Setelah benih mulai tumbuh daun dan berkecembah selanjutnya benih siap dipindah ke lahan penanaman.  Penanaman bisa dilakukan di lahan pertanian maupun sekitar rumah.

Jika penanaman dilakukan di persawahan maka tanah di sawah perlu digemburkan dan di bedeng. Jangan lupa beri pupuk di tanah agar tanaman semangka tumbuh optimal.

Beri lubang dengan jarak 20 cm tiap lubang di bedengan. Pindahkan benih ke dalam lubang penanaman dengan berhati-hati. Benih yang siap dipindah biasanya berumur 1 bulan.

Perawatan Tanaman Semangka

Lakukan pengontrolan batang semangka agar tidak berbelit dan menghalangi tumbuh semangka. Rap[ikan ranting semangka agar rapi dan mudah merawatnya.

Lakukan penyiraman agar tanaman semangka bisa tumbuh dengan optimal. Penyiraman dilakukan sore dan pagi hari. Penyiraman perlu dilakuka nterutama saat musim kemarau.

Beri pupuk agar tanaman semangka tercukupi kebutuhan nutrisinya dan bisa tumbuh dengan optimal. Pupuk bisa Anda beli di Toko Pertanian LMGA AGRO dengan harga terjangkau.

Bersihkan sekitar tanaman semangka jika terdapat gulma agar tidak menyerap nutrisi yang diperlukan tanaman semangka.Jika terdapat hama maka segera lakukan penyemprotan dengan menggunakan pestisida.

Pemanenan

Buah semangka dipanen ketika berumur kurang lebih 80 – 100 hari. Buah semangka yang di panen dengan cukup umur memiliki rasa daging yang manis dan tidak berwarna pucat. Kulitnya biasanya berwarna hijau agak tua.

Baca Juga : Jual Benih Blewah Super Unggul

Peluang Usaha Budidaya Semangka

Peluang, Usaha, Budidaya, Semangka

Khasiat buah semangka yang banyak dan rasa buah lezat membuat semangka semakin diminati oleh masyarakat. Dengan mengkonsumsi buah semangak kebutuhan vitamin dan nutrisi tubuh dapat terpenuhi.

Tingkat kebutuhan semangka yang meningkat di masyarakat bisa dijadikan peluang bagi petani untuk mengumpulkan pundi – pundi rupiah dengan cara budidaya semangka. Hal ini juga bisa menjadi pemicu semangat dalam membudidayakan buah semangka di kalangan petani.

Tidak hanya petani, masyarakat yang tidak memiliki lahan luas atau persawahan pun juga bisa membudidayakan semangka dengan lahan seadanya.

Masyarakat bisa menanamnya disekitar rumah menggunakan media polybag, baskom maupun ember plastic. Masyarakat juga bisa menanam menggunakan sistem hidroponik dalam budidaya buah semangka.

Menanam buah semangka disekitar rumah dapat dijadikan sebagai stock kebutuhan buah yang ada dirumah maupun dapat dijual dipasar langsung.

Menanam Semangka Hidroponik

Buah semangka tidak hanya bisa ditanam dilahan pertanian atau kebun. Buah semangka juga bisa ditanam dengan cara hidroponik. Menanam semangka dengan cara hidroponik sudah sering dijumpai.
Berikut ini adalah cara menanam semangka hidrponik :

Pemilihan Benih Semangka

Pemilihan benih semangka sebelum dikakukan penanaman perlu dilakukan agar nanti tanaman yang tumbuh bisa berkualitas. Benih semangka berkualitas dapat Anda beli di Toko Pertanian LMGA AGRO dengan harga terjangkau.

Setelah mendapatkan benih yang berkualitas. Benih semangka harus direndam dulu menggunakan air. Jika terdapat benih yang mengambang maka jangan ditanam.

Penyemaian Benih Semangka

Penyemaian benih semangka dilakukan dengan menggunakan media rockwoll atau spons. Rockwoll atau spons dipotong dadu menjadi beberapa bagian kemudian tengahnya diberi lubang.

Jika sudah dilubangi masukkan benih ke dalam lubang dan tutup. Spray dengan air untuk membasahi spons atau rockwol yang telah diisi benih.

Tunggi hingga benih semangka berkecambah. Dapat dilihat dari akar dan tumbuh daun 3 – 4 helai. Jika sudah tumbuh daun dan berkecambah maka benih siap dipindah ke media hidroponik.

Penanaman Semangka Hidroponik

Setelah benih berkecambah dan berdaun, benih telah siap untuk dipindah ke media penanaman hidroponik.

Media penanaman hidroponik bisa menggunakan pipa paralon maupun menggunakan baskom plastik. Jika menggunakan pipa paralon. Paralon diberi lubang berdiameter 5 cm atau sesuai ukuran dari pot tanam yang digunakan.

Titip sisi lubang kanan kiri paralon agar air tidak tumpah menggunakan tutup paralon. Atau bisa menyambungkan antar paralon.

Masukkan air yang dicampur dengan pupuk atau nutrisi cair kedalam paralon. Pupuk atau nutrisi cair bisa Anda beli di Toko Pertanian LMGA AGRO dengan harga terjangkau.

Nutrisi atau pupuk cair tersebut berfungsi menutrisi tumbuh tanaman semangka agar bisa hidup dan tumbuh dengan optimal.

Siapkan pot dengan lubang sedikit dan masukkan media sekam. Lalu gunakan pompa akuarium untuk irigasi nutrisi dari tanaman semangka. Masukkan benih yang sudah berkecambah tadi ke dalam pot yang telah disediakan.

Tempatkan media hidroponik di tempat yang terkena cahaya matahari. Agar proses fotosintesis dari tanaman bisa berjalan dengan baik dan tanaman semangka dapat tumbuh dengan baik dan optimal.
Perawatan Tanaman Semangka

Pengecekan terhadap tanaman semangka perlu dilakukan agar tumbuh kembang tanaman semangka bisa baik dan terhindar dari hama dan penyakit. Jika ada gulma yang menganggu segera bersihkan agar nutrisi tidak terserap oleh gulma.

Tambahkan pupuk tambahan sebagai nutrisi tambahan bagi tanaman semangka. Agar tanaman semangka bisa tumbuh dengan baik. Bisa menggunakan pupuk urea cair maupun pupuk lain.

Jika tanaman sudah tumbuh maka siapkan tiang atau rangka yang berfungsi untuk menjalarkan batang dari semangka. Bisa menggunakan kayu atau tali yang dibentuk. Fungsi utamanya adalah menjalarkan tanpa harus mengganggu tanaman lain.

Pemanenan Semangka

Ketika berumur kurang lebih 2 sampai 3 bulan dari masa tanam. Semangka hidroponik sudah siap untuk di panen.

Buah semangka yang di panen adalah buah dengan ukuran besar berwarna hijau tua dan tangkau sudah mulai menguning. Atau bisa ditandai dengan suara dari buah semangka ketika dipukul.

Potong tangkau buah menggunakan gunting atau pisau. Jika sudah cuci terlebih dahulu. Kemudian semangka siap untuk dikonsumsi atau mungkin di jual di pasar.

Aneka olahan menggunakan buah semangka banyak dijumpai. Seperti jus buah semangka, salad buah, rujak buah, es krim buah semangka dan masih banyak lagi olahan yang terbuat dari semangka.

Apabila berminat membeli benih Semangka Nani F1 Agrosid Manunggal Sentosa Berkualitas. Hubungi  Toko Pertanian LMGA AGRO. SMS / WA 0812 5222 117. Semoga artikel tentang Semangka Nani  ini bermanfaat bagi pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *