Jual Blewah Bisma Murah Cap Kapal Terbang

jual, blewah, buah, buah buahan, blewah bisma, jual blewah bisma murah, toko pertanian, toko online, harga murah, diskon, promo
Beri Penilaian
  1. Penyulaman Bibit

Lakukan proses penyulaman bibit blewah jika terdapat bibit yang tidak tumbuh secara sempurna atau berkualitas kurang baik. Penyulaman bibit bisa petani lakukan sampai saat bibit berumur ± 21 hst (hari setelah tanam).

  1. Penyiangan Gulma

Lakukan proses penyiangan gulma secara rutin. Hal itu bertujuan agar nutrisi yang petani berikan pada tanaman terserap secara sempurna serta menghindari serangan dari hama dan penyakit

  1. Pemupukan Susulan

Jangan lupa juga lakukan proses pemupukan susulan. Pemberian pupuk susulan ini bertujuan agar kebutuhan unsur hara tanaman akan bisa terpenuhi dan mampu menghasilkan buah dalam jumlah banyak.

Cara aplikasinya bisa petani lakukan dengan cara penaburan atau pengocoran pada tanaman. Pupuk yang bisa petani gunakan untuk pupuk susulan yaitu pupuk TCP, KCl, NPK, ZA, dan SP 36.

Saat tanaman berumur sekitar ± 15 hari setelah tanam, berikan pupuk dengan dosis rendah dengan menggunakan cara pengocoran pada tanaman.

  • Pengendalian Hama Dan Penyakit

Proses pengendalian hama dan penyakit harus petani lakukan agar tanaman blewah terhindar dari serangan hama dan penyakit serta pertumbuhan serta perkembangannya tidak terganggu. Beberapa hama dan penyakit yang bisa menjadi ancaman untuk budidaya blewah yaitu :

  1. Lalat buah

Lalat buah merupakan salah satu hama yang patut petani waspadai serangannya. Siklus hidup lalat buah berlangsung sekitar ± 18 – 20 hari  tergantung dengan suhu lingkungan sekitar. Lalat betina akan mulai bertelur sebanyak 50 – 100 butir telur ke dalam buah yang masih berumur muda. Telur tersebut akan menetas dalam waktu sekitar ± 2 – 5 hari dan berubah menjadi larva (belatung).

Belatung akan memakan daging buah. Setelah 4 – 7 hari, belatung akan berusaha keluar dan akan melubangi kulit buah. Setelah keluar dari buah, belatung akan mulai keluar dan menjatuhkan diri ke tanah. Belatung pun akan memasuki fase pupa di dalam tanah. Pupa tersebut akan berubah menjadi lalat buah setelah 3 – 5 hari.

Gejala serangan hama lalat buah adalah terlihat bintik hitam kecil pada kulit buah, buah keriput dan berwarna kuning, serta jika kita belah maka daging buah akan dipenuhi dengan larva (belatung) lalat buah.

Untuk mengatasi serangan hama lalat buah, cara yang bisa petani lakukan adalah menjaga kebersihan lahan tanam, memasang perangkap lalat buah, memanfaatkan musuh alami lalat buah, serta melakukan aplikasi insektisida sesuai dengan dosis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *