Jual Kembang Kol Aquina F1 Murah Cap Panah Merah

jual, kembang kol, bunga kol, murah, panah merah, cap panah merah, lmga agro, lmga

Jual Kembang Kol Aquina F1 Murah Cap Panah Merah. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. LMGA AGRO merupakan toko online pertanian yang jual dan menyediakan berbagai kebutuhan tani lengkap dengan harga murah dan bersaing.

Produk – produk LMGA AGRO memiliki kualitas yang baik dan original dari pabrik produsen. Produk – produk pertanian yang kami jual diantaranya yaitu benih tanaman, alat pertanian dan spare part, pupuk, zpt, pestisida, dll. Semua produk pertanian yang Anda butuhkan bisa Anda beli dan dapatkan di toko pertanian LMGA AGRO.

Kembang Kol

Kembang kol atau bunga kol merupakan tanaman sayur yang termasuk ke dalam suku Brassicaceae. Bentuk tanaman ini mirip seperti brokoli, namun perbedaannya yaitu kepala bunga pada kembang kol lebih banyak, padat serta teratur.

Tanaman ini memiliki kandungan mineral dan vitamin di dalamnya. Dengan diolah menjadi berbagai bahan makanan, ataupun dikonsumsi secara langsung kandungan nutrisi tersebut bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Menurut sejarah, tanaman kol bukanlah asli dari Indonesia melainkan berasal dari Negara Eropa. Di abad ke 17 orang – orang dari Bangsa Eropa mulai membawa dan membudidayakan tanaman ini di Indonesia.

Di abad ke 19 sudah mulai banyak orang – orang dari Bangsa Eropa membawa dan menanamnya agar bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan, entah sebagai sayuran pelengkap, sebagai garnis, ataupun bahan sayur lainnya.

Pada awalnya, sayuran kol diolah seperti tongseng atau disesuaikan dengan kondisi. Namun setelah banyak ditanam dan dibudidayakan di Indonesia, lama kelamaan kol mulai diolah dengan cita rasa masakan lokal khas Nusantara.

Dan kini industri makanan yang menggunakan bunga kol kini sudah menjadi bagian tak terpisahkan, baik dalam skala domestik ataupun Internasional. Tanaman ini kini lebih banyak dikonsumsi karena mengandung berbagai manfaat yang sangat baik untuk tubuh kita.

Manfaat Kembang Kol

Seperti yang telah disinggung diatas, mengkonsumsi kembang kol mampu memberikan berbagai manfaat untuk tubuh. Beberapa manfaat kembang kol untuk tubuh kita yaitu :

  • Menurunkan berat badan

Berat badan bisa diturunkan dengan cara mengkonsumsi kembang kol. Kandungan kalori dalam jumlah rendah dan serat yang banyak sangat cocok dikonsumsi untuk Anda yang ingin diet.

  • Menguatkan tulang

Kembang kol memiliki kandungan nutrisi vitamin K. Vitamin K ini mampu menguatkan tulang, meningkatkan penyerapan kalsium, mengubah protein matriks tulang, serta mencegah ekskresi kalsium dalam urin.

  • Meningkatkan daya ingat

Kembang kol memiliki kandungan kolin yang banyak di dalamnya. Nutrisi ini sangat penting untuk tubuh, dimana salah satu fungsinya yaitu mampu meningkatkan daya ingat.

  • Memperlancar sirkulasi darah

Kembang kol memiliki kandungan kalsium dan vitamin K. Nutrisi tersebut mampu mengurangi tekanan darah tinggi dan menjaga kesehatan pembuluh arteri, sehingga sirkulasi darah menjadi lebih lancar.

  • Mencegah kanker

Sayuran kembang kol kaya akan kandungan antioksidan. Kandungan antioksidan mampu mengurangi dan menangkal radikal bebas serta mencegah mutasi sel.

  • Menjaga kesehatan jantung

Kandungan antioksidan, vitamin K, vitamin C, dan asam lemak mampu berfungsi sebagai kombinasi dalam menurunkan resiko terserang peyakit yang berkaitan dengan jantung dan menjaga kesehatan jantung.

  • Meningkatkan sistem imun tubuh

Kandungan antioksidan dalam sayur kol mampu berperan sebagai agen anti inflamasi sehingga sistem imun tubuh tetap terjaga

  • Sebagai anti peradangan

Kembang kol memiliki kandungan senyawa antioksidan, vitamin C dan anti peradangan. Nutrisi tersebut mampu mengurangi peradangan, mencegah infeksi, serta menjaga sistem imun tubuh.

Baca Juga : Benih Sayur Tahan Virus Kuning Dan Keriting Harga Murah

Aquina F1

Aquina F1 memiliki berbagai karakteristik dan keunggulan dai berbagai benih kembang kol di kelasnya. Karakteristik dan keunggulan dari kembang kol Aquina F1 yaitu :

  • Cocok untuk ditanam dan dibudidayakan di daerah dataran menengah sampai dataran tinggi baik di musim kemarau atau musim hujan
  • Jual kembang kol Aquina F1 murah cocok dimanfaatkan sebagai peluang bisnis menjanjikan
  • Aquina F1 Ewindo memiliki vigor tanaman kokoh dengan tipe seragam
  • Jual kembang kol Aquina F1 murah Cap Panah Merah bisa Anda beli di toko pertanian LMGA AGRO
  • Tahan terhadap serangan penyakit busuk lunak dan busuk hitam
  • Kembang kol Aquina F1 memiliki crop berukuran sedang dengan tekstur keras dan berbentuk semi bulat dan tahan tunda panen
  • Tahan terhadap proses pengepakan dan pengangkutan jarak jauh
  • Jual Kembang Kol Aquina F1 Murah Cap Panah Merah bisa menjadi peluang usaha dalam budidaya kembang kol
  • Kembang kol Aquina F1 bisa dipanen setelah berumur ± 65 hari setelah pindah tanam dengan potensi hasil mencapai ± 25 ton per ha
  • Beli benih bunga kol Aquina F1 secara online dengan mudah dan praktis bisa didapatkan di LMGA AGRO
  • Tersedia dalam kemasan sachet ukuran 10 gram
  • Kebutuhan benih cauliflower Aquina F1 per ha adalah sebanyak ± 200 gram dengan diberikan jarak tanam sekitar ± 60 cm x 60 cm

Budidaya Kembang Kol Aquina F1

budidaya, tanaman, bunga, kol, f1, aquina, hibrida

Budidaya kembang kol Aquina F1 perlu dilakukan dengan baik dan benar agar kembang kol Aquina bisa tumbuh dan berkembang secara sempurna. Tahapan – tahapan dalam proses penanaman kembang kol Aquina F1 yang baik dan benar yaitu :

  • Penentuan Lokasi Lahan Tanam

Sebelum melakukan budidaya kembang kol Aquina, penentuan lokasi lahan tanam sangatlah diperlukan. Temperatur pun juga sangat berpengaruh dalam pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Suhu optimal yang direkomendasikan berkisar antara ± 18° C – 24° C dengan tingkat kelembaban 80 – 90 persen.

Pastikan juga tanah pada lahan tanam subur dan kaya akan kandungan bahan organik. Jika kandungan bahan organik pada tanah masih kurang, berikan pupuk pada tanah agar kandungan bahan organik di dalamnya menjadi bertambah banyak.

  • Penyemaian Benih

Untuk menyemai benih, persiapkan polybag terlebih dahulu. Gunakan polybag berukuran sekitar ± 7 cm x 10 cm. Setelah itu, buat media semai pada lahan tanam. Buat media semai dengan menggunakan pupuk kandang dan campuran tanah halus dengan perbandingan 1 : 2.

Agar kondisi media semai menjadi lebih steril, bisa menggunakan cara seperti menyiramkan larutan formalin ke media semai dengan dosis sebanyak 40 persen. Tutupi media semai menggunakan plastik selama 24 jam, lalu angin – anginkan media semai. Setelah itu, semai benih pada media semai. Jangan lupa sirami benih secara rutin. Sirami sebanyak 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.

Berikan juga pupuk pada bibit tanaman. Gunakan larutan pupuk Urea dengan dosis sebanyak ± 0,5 gram per liter. Lakukan juga proses penyiangan gulma agar pertumbuhan dan perkembangan bibit tanaman kol tidak terganggu.

  • Persiapan Lahan Tanam

Olah lahan tanam terlebih dahulu sebelum ditanami. Pengolahan lahan tanam bisa dilakukan dengan cara dicangkul atau menggunakan traktor. Dengan melakukan pengolahan tanam, maka struktur tanah menjadi lebih baik dan lebih gembur.

Setelah mengolah lahan tanam, buat bedengan pada lahan tanam. Buat bedengan dengan ukuran tinggi 35 cm, lebar 80 – 100 cm dan panjangnya disesuaikan dengan kondisi lahan tanam. Berikan juga jarak antar bedengan sekitar ± 40 cm. Pastikan agar lahan tanam sudah bersih dari gulma dan rumput liar sebelum bedengan dibuat.

Cek tingkat keasaman / pH tanah. Jika tingkat pH tanah terlalu rendah, maka berikan kapur pertanian / dolomite pada bedengan agar tingkat pH tanah menjadi lebih sesuai untuk ditanam. Berikankapur pertanian atau dolomite dengan dosis sebanyak ± 1 – 2 ton per ha.

Jangan lupa berikan pupuk dasar pada bedengan. Pupuk yang digunakan bisa menggunakan pupuk kompos atau pupuk kandang dengan dosis sebanyak ± 1 – 2 ton per ha, pupuk ZA, KCL, SP – 36, dan pupuk Urea dengan dosis sebanyak ± 250 kg. Sebarkan pupuk tersebut secara merata pada bedengan.

  • Penanaman

Setelah bibit sudah memiliki 3 – 4 helai daun atau sudah berumur sekitar ± 1 bulan, maka bibit sudah bisa dipindahkan ke lahan tanam. Lakukan proses pemindahan bibit ke lahan tanam pada pagi atau sore hari.

Masukkan bibit ke dalam lubang tanam. Lakukan secara hati – hati agar daun serta akar tanaman tidak rusak. Berikan jarak tanam antar barisan sekitar ± 40 – 50 cm dan antar barisan sekitar ± 60 – 70 cm.

  • Pemeliharaan

Dalam melakukan proses pemeliharaan, terdapat beberapa proses pemeliharaan. Proses pemeliharaan budidaya kembang kol yang baik dan benar yaitu :

  1. Penyulaman Bibit

Setelah selang waktu 2 minggu penanaman dilakukan, lakukan proses penyulaman bibit. Jika terdapat bibit yang tidak sehat atau berkualitas kurang baik, maka gantikan dengan bibit dengan bibit lain berkualitas baik.

  1. Penyiangan Gulma

Lakukan juga proses penyiangan gulma. Hal itu bertujuan agar tanaman bisa tumbuh dengan sehat dan sempurna serta terhindar dari hama dan penyakit.

  1. Perempelan

Lakukan proses perempelan pada tanaman. Hal tersebut bertujuan agar kualitas tanaman, ukuran massa bunga dan bunga tanaman menjadi lebih baik.

  1. Pemupukan Susulan

Pemberian pupuk susulan ini bisa dilakukan dengan cara ditugal atau dikocorkan. Untuk proses pemupukan susulan, waktu dan pupuk yang digunakan yaitu :

14 HST : Berikan pupuk NPK dengan dosis sebanyak 5 gram per tanaman

24 HST : Berikan pupuk NPK dengan dosis sebanyak 5 gram per tanaman

34 HST : Berikan pupuk NPK dengan dosis sebanyak 5 gram per tanaman dan pupuk KCl dengan dosis sebanyak 5 gram per tanaman

44 HST : Berikan pupuk NPK dengan dosis sebanyak 5 gram per tanaman dan pupuk KCl dengan dosis sebanyak 5 gram per tanaman

Baca Juga : Mengenal Hama Dan Penyakit Utama Tanaman Semangka

  • Pengendalian Hama Dan Penyakit

Hama dan penyakit merupakan ancaman nyata dalam budidaya tanaman. Karena itu, hama dan penyakit harus segera diatasi agar tidak mengganggu pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

Beberapa hama dan penyakit yang bisa menjadi ancaman diantaranya yaitu :

  1. Ulat Tanah

Ulat tanah (Agrotis Ipsilon) memiliki tubuh dimana umumnya memiliki warna ungu kehitaman dengan panjang tubuh ± 10 mm dengan larva berbentuk bulat kecil dan warna putih agak kekuningan.

Pada siang hari, ulat tanah akan bersembunyi di dalam terowongan dangkal kecil di bawah permukaan tanah. Ulat muda mencari makan di dekat tanah dan meninggalkan lubang kecil tak beraturan pada daun yang lembut. Di malam hari ulat yang lebih tua akan mulai aktif dan mencari makan di bagian pangkal tanaman.

Gejala serangan hama ulat tanah diantaranya yaitu batang terputus akibat gigitan ulat, kerusakan jaringan tanaman, serta pada serangan parah tanaman akan layu dan mati.

Untuk mengatasi serangan hama ini, cara yang bisa dilakukan diantaranya yaitu melakukan rotasi tanaman, menjaga kebersihan lahan tanam, mencabut dan memusnahkan tanaman yang terserang, serta melakukan aplikasi insektisida sesuai dengan dosis.

  1. Ulat Jengkal

Ulat jengkal (Plusia chalcites) pada umumnya berwarna merah. Panjang tubuhnya bisa mencapai ± 20 mm dengan ciri khusus yaitu berjalan dengan cara menjengkal ke tempat lainnya.

Ulat jengkal akan memakan daun tua dan daun muda, lalu meninggalkan gejala – gejala seperti daun menjadi berlubang akibat serangan hama tersebut dan pada serangan parah daun akan mengalami skeletonisasi dan tanaman menjadi gundul.

Untuk mengatasi serangan hama ulat jengkal, cara yang bisa dilakukan diantaranya yaitu menjaga kebersihan lahan tanam, memasang perangkap cahaya dan feromon, mengambil dan memusnahkan ulat jengkal secara langsung, serta melakukan aplikasi insektisida sesuai dengan dosis.

  1. Penyakit Akar Gada

Penyakit akar gada disebabkan oleh infeksi cendawan Plasmodiophora brassicae. Penyebarannya bisa melalui sisa – sisa tanaman, alat pertanian, air, angin ataupun hewan herbivora.

Gejala serangan penyakit akar gada diantaranya yaitu tanaman menjadi layu pada siang hari dan terlihat segar pada pagi dan sore hari, tanaman menjadi kerdil, dan akar terlihat membengkak.

Untuk mengatasi serangan penyakit akar gada, cara yang bisa dilakukan diantaranya yaitu menjaga kebersihan lahan tanam, melakukan rotasi tanaman, mencabut dan memusnahkan tanaman yang terserang, serta melakukan aplikasi fungisida sesuai dengan dosis.

  1. Ulat Grayak

Hama ulat grayak menjadi salah satu hama yang patut diwaspadai serangannya. Hama ini tinggal di bawah permukaan tanah pada siang hari lalu akan mulai aktif pada malam hari dan memakan daun. Serangan yang cukup parah mampu mengakibatkan tanaman habis dalam waktu semalam, sehingga disebut juga dengan ulat tentara.

Gejala serangan hama ulat grayak yaitu daun menjadi rusak, terdapat bekas gesekan ulat grayak pada permukaan daun, serta pada serangan parah hanya menyisakan bagian batang tanaman dan tulang daun saja.

Untuk mengatasi serangan hama ulat grayak, cara yang bisa dilakukan diantaranya yaitu memanfaatkan predator alami ulat grayak, menjaga kebersihan lahan tanam, melakukan rotasi tanaman, serta melakukan aplikasi insektisida sesuai dengan dosis.

  1. Ulat Daun

Ulat daun (Hyperaeschrella insulicola) merupakan larva dari ngengat berwarna coklat berbulu halus, dimana jantan memiliki antenna berumbai sirip dan betina memiliki antenna seperti cambuk tanpa sirip.

Ngengat akan menghasilkan telur berbentuk bulat, berukuran 0,75 – 1 mm dan berwarna hijau kekuningan dan diletakkan pada bagian permukaan daun bagian bawah. Hama ini menyerang pada daun muda ataupun daun tua dan meninggalkan gejala – gejala seperti terdapat lubang pada daun dan pertumbuhan tanaman menjadi tidak normal.

Untuk mengatasi serangan hama ulat daun, cara yang bisa dilakukan diantaranya yaitu menjaga kebersihan lahan tanam, melakukan rotasi tanaman, mencabut dan memusnahkan tanaman yang terserang, serta melakukan aplikasi insektisida sesuai dengan dosis

  • Pemanenan

Kembang kol Aquina F1 bisa dipanen setelah berumur ± 65 hari setelah pindah tanam. Potensi hasil panen yang bisa didapatkan dari budidaya bunga kol Aquina F1 adalah sebanyak ± 25 ton per ha.

Waktu pemanenannya sebaiknya dilakukan pada waktu pagi atau sore hari. Hal itu bertujuan agar mendapatkan hasil berkualitas baik. Cara pemanenannya yaitu dengan memotong tangkai dari bagian bunganya bersamaan dengan batang daunnya sepanjang ± 25 cm saja.

Setelah itu, bersihkan dari kotoran dengan cara dicuci dengan air. Kemudian sortir dan simpan di tempat penyimpanan yang baik agar lebih tahan lama. Cauliflower hibrida Aquina pun siap untuk dipasarkan.

Baca Juga : Penggunaan ZPT Tanaman Padi

Belanja Online Dan Jual Kembang Kol Aquina F1 Murah

belanja, online, belanja online, kembang kol aquina, aquina cap panah merah

Belanja Online Dan Jual Kembang Kol Aquina F1 Murah bisa Anda beli dengan harga murah di toko pertanian LMGA AGRO. LMGA AGRO jual dan menyediakan kembang kol Aquina F1 Cap Panah Merah harga murah berkualitas. Produk Aquina F1 yang kami jual dijamin original dari produsen.

Untuk mengirimkan pesanan produk sampai ke konsumen, LMGA AGRO bekerja sama dengan banyak perusahaan jasa pengiriman logistik di Indonesia. Perusahaan jasa pengiriman logistik yang bekerja sama dengan LMGA AGRO sudah banyak dikenal masyarakat dan memiliki reputasi yang terpercaya.

Beberapa mitra pengiriman LMGA AGRO contohnya yaitu Wahana, JNE, Tiki, Pos Indonesia, JNT, Indah Logistik, dll. Semua produk yang LMGA AGRO kirimkan melalui mitra pengiriman kami dijamin pasti akan sampai ke alamat tujuan.

Toko Pertanian LMGA AGRO juga memberikan layanan konsultasi pertanian untuk Anda semua. Jadi untuk Anda yang ingin berkonsultasi seputar masalah pertanian atau ingin membeli produk pertanian yang LMGA AGRO jual bisa langsung menghubungi melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS) atau 082141747141 (Khusus Layanan Telepon).

Demikian artikel berjudul Jual Kembang Kol Aquina F1 Murah Cap Panah Merah ini saya tulis dan sampaikan kepada Anda. Semoga artikel ini bisa memberikan berbagai manfaat positif untuk Anda semua. Jika masih terdapat hal – hal yang kurang jelas Anda bisa langsung menghubungi LMGA AGRO melalui no. telepon yang tertera di atas. Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *