Jual Labu Kuning Kusuma F1 Cap Panah Merah Murah

panah merah, cap panah merah, f1, hibrida, labu, labu kuning, buah labu, buah labu kuning, kusuma f1, buah labu hibrida kusuma

Jual Labu Kuning Kusuma F1 Cap Panah Merah Murah. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. LMGA AGRO merupakan toko pertanian online berkualitas dan terpercaya di Indonesia. LMGA AGRO sudah lama dikenal sebagai konsumen sehingga kualitas kami tidak perlu diragukan.

LMGA AGRO jual berbagai produk – produk pertanian termurah dan terlengkap. Produk – produk pertanian yang kami jual diantaranya seperti pupuk, benih tanaman, zpt, alat pertanian dan spare part, pestisida, dll. Semua tersedia lengkap di LMGA AGRO.

Tanaman Labu

Labu atau waluh merupakan jenis tanaman merambat yang termasuk ke dalam anggota suku labu – labuan (Cucurbitaceae). Buahnya pun sangat identik dengan budaya Halloween di musim gugur di negara – negara Barat.

Tanaman ini termasuk ke dalam tanaman yang cukup mudah dibudidayakan. Bahkan tanpa melakukan proses perawatan sekalipun labu tetap akan tumbuh dan menghasilkan buah.

Di Indonesia sendiri budidaya labu masih jarang dilakukan. Padahal dengan mudahnya menanam tanaman ini bisa menjadi peluang usaha dan peluang bisnis dalam meraup untung.

Manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi labu pun banyak sekali. Dengan mengkonsumsi buah labu, tubuh pun akan menjadi sehat. Beberapa manfaat labu untuk tubuh diantaranya seperti :

  • Menjaga kesehatan jantung

Buah ini mengandung serat dan citamin C di dalamnya. Serat dan vitamin C tersebut bermanfaat untuk tubuh dalam menjaga dan memelihara kesehatan jantung.

  • Menjaga kesehatan mata

Buah ini mengandung kandungan vitamin A. Vitamin A tersebut mampu membantu retina dalam memproses dan menyerap cahaya. Dengan begitu, penglihatan tetap tajam dan kesehatan mata tetap terjaga.

  • Menjaga kecantikan kulit

Kandungan labu yang kaya akan kandungan berbagai antioksidan, mineral, serat, dan vitamin mampu menjadikan kulit menjadi lebih lembut dan kenyal. Selain itu, juga mampu menangkal radikal bebas dan radiasi sinar matahari berlebihan sehingga membuat kulit terlihat lebih awet muda.

  • Meningkatkan sistem imun tubuh

Mengkonsumsi buah ini bisa menjadi salah satu cara dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C dan vitamin A di dalamnya mampu membantu tubuh dalam melawan penyakit, bakteri dan virus yang bisa menyerang tubuh.

  • Menurunkan tekanan darah

Kandungan kalium dalam buah ini sangat penting dalam menurunkan tekanan darah. Dengan begitu, tekanan darah tubuh yang tinggi bisa diturunkan

  • Membantu pertumbuhan tulang

Buah labu dikenal memiliki kandungan kalsium yang banyak, dimana nutrisi ini bermanfaat sekali dalam proses pembentukan tulang. Karena itu, dengan mengkonsumsi buah ini sangat dianjurkan untuk anak – anak karena membantu pembentukan tulang pada tubuh anak.

  • Mencegah penyakit kanker

Beta karoten merupakan salah satu nutrisi yang memiliki jumlah banyak pada tanaman labu. Dari penelitian yang dilakukan, orang – orang yang mengkonsumsi buah ini memiliki resiko cukup rendah terserang penyakit kanker, sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.

Baca Juga : Belanja Online Benih Panah Merah Di Indonesia

Labu Kuning

Labu kuning merupakan tanaman yang berasal dari benua Amerika, yaitu Meksiko dan Peru. Seiring berjalannya waktu, tanaman ini menyebar ke Eropa dan pada akhirnya ke seluruh dunia.

Labu kuning di Indonesia sendiri banyak dijumpai di hampir semua daerah di Indonesia karena penyebarannya cukup merata. Kalimantan Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang menjadi sentra budidaya dan pengolahan labu kuning.

Labu kuning sering dimanfaatkan sebagai bahan baku sayur labu / sayuran labu, kolak dan dodol. Waluh kuning bahkan sudah dikenal dan dimanfaatkan sebagai bahan makanan utama Sebelum Masehi oleh Bangsa Indian pada masanya.

Labu Kuning Kusuma F1 Cap Panah Merah

Labu kuning Kusuma F1 adalah benih labu kuning hibrida unggul yang diproduksi oleh PT East West Seed Indonesia, Tbk dengan merk dagang Cap Panah Merah.  Produk ini termasuk ke dalam produk unggul di kelasnya karena memiliki beragam keunggulan dibandingkan benih lain yang sejenis.

Labu kuning Kusuma F1 bisa Anda beli dan dapatkan sekarang juga di LMGA AGRO karena LMGA AGRO jual dengan harga murah dan bersaing. Tunggu apalagi segera pesan sekarang juga agar tidak kehabisan stok.

Karakteristik dari benih labu kuning Kusuma F1 diantaranya yaitu :

  • Cocok ditanam di daerah dataran rendah sampai dataran tinggi
  • Tahan terhadap serangan virus Gemini, penyakit layu bakteri, layu fusarium, dan Gummy Stem Blight
  • Memiliki vigor tanaman kokoh, merambat, serta memiliki percabangan yang banyak dan produktif
  • Jual labu kuning Kusuma F1 harga murah bisa menjadi peluang bisanis dan usaha dalam meraup untung
  • Pembentukan buah tetap mudah meskipun ditanam pada musim hujan, sehingga petani lebih mudah untuk menanam
  • Buah labu kusuma F1 memiliki buah dengan berat ± 3 – 5 kg, dan diameter ± 25 cm dengan warna kulit buah hijau tua saat berumur muda dan berubah menjadi berwarna coklat muda saat sudah tua
  • Jual labu kuning Kusuma F1 harga murah bisa Anda beli dan dapatkan di LMGA AGRO
  • Buah labu kuning Kusuma F1 Cap Panah Merah memiliki daging buah tebal dan keras, berwarna orange, dan rasa manis dengan kadar gula 12 % (Brix)
  • Buah labu hibrida Kusuma Panah Merah tahan simpan dan pengangkutan jarak jauh, sehingga lebih tahan lama
  • Kebutuhan benih labu kuning Kusuma F1 per ha adalah sebanyak ± 500 gram, dengan diberikan jarak tanam sekitar 1 meter x 2,5 meter
  • Bisa dipanen setelah berumur 80 – 85 hst (hari setelah tanam) dengan potensi hasil panen sebesar ± 40 – 45 ton per ha
  • Tersedia dalam kemasan sachet sachet berisi 90 butir

Peluang Usaha Dalam Budidaya Labu Kusuma F1

peluang, usaha, bisnis, peluang usaha, peluang bisnis, budidaya, budidaya labu, labu kusuma

Budidaya labu kuning di Indonesia masih tergolong jarang ditemui. Padahal, buah ini memiliki prospek cukup baik ke depannya. Karena itu, budidaya tanaman ini bisa dijadikan sebagai sebuah peluang usaha atau bisnis dalam meningkatkan penghasilan, terlebih lagi dengan menggunakan benih Kusuma F1 Cap Panah Merah.

Budidaya Labu Kuning Kusuma F1 terdiri dari beberapa proses atau tahapan. Cara menanam yang baik dan benar diperlukan dalam praktik budidayanya agar memperoleh hasil yang maksimal.

Tahapan dalam budidaya labu kusuma F1 yaitu :

  • Persiapan Lahan Tanam

Sebelum dilakukan proses penanaman, lakukan pengolahan lahan tanam terlebih dahulu. Pengolahan lahan tanam dilakukan bertujuan untuk membuat tanah menjadi gembur, membunuh sisa – sisa gulma dan tanaman, menurunkan laju erosi, serta memperluas ruang gerak tanaman.

Namun sebelum mengolah lahan tanam, pastikan lahan tanam bersih dari batu – batu besar, tidak terdapat bangunan atau pohon besar di sekitar areal lahan tanam agar tidak menghalangi cahaya matahari. Usahakan juga agar tanah memiliki daya serap yang bagus agar tidak menyebabkan air menjadi menggenang pada lahan tanam.

Setelah mengolah lahan tanam, buat bedengan pada lahan tanam. Buat bedengan dengan ukuran tinggi 30 cm, dan lebar 1 meter. Untuk ukuran panjangnya bisa disesuaikan dengan lebar lahan tanam. Berikan jarak antar bedengan sekitar ± 40 cm sebagai saluran air / drainase saat turun air hujan.

Buat lubang tanam pada bedengan. Diameter lubang sekitar ± 10 cm. Berikan jarak antar lubang tanam sekitar ± 40 cm. Terakhir, masukkan pupuk kompos atau bisa juga diganti dengan pupuk kandang pada setiap lubang tanam sebagai pupuk dasar. Lahan tanam pun siap untuk ditanami.

  • Penanaman

Berikan jarak waktu antara proses pemberian pupuk dasar dengan proses penanaman mulai dilakukan. Diamkan selama ± 2 – 3 hari sebelum proses penanaman mulai dilakukan.

Rendam benih dalam air hangat selama ± 2 – 4 jam. Setelah benih direndam dalam air hangat, pindahkan pada kain yang telah dibasahi dengan air. Diamkan selama 3 hari dan biarkan hingga mulai berkecambah. Jika kecambah sudah mulai muncul, maka bisa langsung dipindahkan ke lahan tanam yang telah disiapkan sebelumnya.

Jaga tingkat kelembaban tanah. Hal ini bertujuan agar benih yang Anda tanam bisa tumbuh dan berkembang secara optimal, sehingga hasil yang didapatkan pun tetap maksimal. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan mulsa plastik mulsa. Pasang plastik mulsa pada bedengan secara menyeluruh sehingga bedengan tertutupi secara sempurna.

  • Pemeliharaan

Proses pemeliharaan dalam budidaya labu kuning Kusuma F1 terdiri dari beberapa proses atau tahapan. Beberapa proses tersebut contohnya yaitu :

  1. Pemupukan Susulan

Pemberian pupuk susulan harus diberikan agar tanaman mendapatkan nutrisi yang cukup. Pupuk yang digunakan untuk proses ini dianjurkan menggunakan pupuk organik. Pemberian pupuk dilakukan setiap 3 bulan sekali sejak benih mulai ditanam.

Pemberian pupuk ini dilakukan dengan menggunakan perbandingan 1 : 1 atau melarutkan air sebanyak 1 liter dicampur dengan 1 kg pupuk kandang. Diamkan terlebih dahulu agar terjadi proses fermentasi.

Proses fermentasi pupuk tersebut dilakukan seminggu sebelum pupuk diberikan kepada tanaman. Setelah seminggu, berikan pupuk kandang tersebut pada tanaman dengan dosis sebanyak 1 liter untuk 1 m².

Baca Juga : Fungsi ZPT Bagi Pertumbuhan Dan Perkembangan Tanaman

  1. Penyulaman

Lakukan penyulaman bibit setelah berumur 7 hst. Jika terdapat kecambah yang terlihat kurang baik kualitasnya, segera gantikan dengan bibit lain yang memiliki kualitas baik. Dengan begitu, waktu panen pun tetap seragam dan bisa dilakukan secara bersamaan.

  1. Penyiangan Gulma

Gulma merupakan salah satu pengganggu dalam budidaya tanaman. Karena itu, memberantas gulma harus dilakukan agar nutrisi yang didapatkan tanaman tidak diambil oleh gulma. Penyiangan gulma harus dilakukan secara rutin. Jika dibiarkan saja maka gulma bisa menyebar secara cepat jika tidak disiangi.

Pada musim kemarau, pertumbuhan gulma tidak terlalu cepat sehingga penyiangan gulma bisa dilakukan secukupnya saja. Namun, untuk musim hujan pertumbuhan gulma bisa sangat cepat. Karena itu penyiangan gulma harus sering dilakukan agar populasi gulma tidak mengganggu pertumbuhan tanaman labu.

  1. Pemasangan Ajir

Pemasangan ajir sangat diperlukan untuk tempat merambat labu Kusuma F1. Untuk memudahkan perambatan tanaman, maka pemasangan ajir ini sangat penting dilakukan.

Ajir yang digunaka terbuat dari bambu dengan panjang 2 meter. Buat ajir dengan tinggi 1,5 meter atau bisa disesuaikan dengan tinggi badan Anda. Hal ini bertujuan supaya memudahkan dalam proses perawatannya.

Pemasangan ajir dilakukan saat tanaman masih berumur muda. Lilitkan sulur ke  bambu dan biarkan supaya sulur nantinya merambat ke atas.

  • Pengendalian Hama dan Penyakit Labu Kuning

Pengendalian hama dan penyakit tetap diperlukan agar tanaman bisa terhindar dari ancaman – ancaman tersebut. Beberapa hama dan penyakit yang bisa menjadi ancaman dalam budidaya labu kuning diantaranya yaitu :

  1. Antraknosa

Penyakit antraknosa pada tanaman labu disebabkan oleh infeksi cendawan Glomerella lagenarium. Siklus hidup cendawan ini sangat dipengaruhi oleh tingkat kelembaban lingkungan sekitarnya.

Jika tingkat kelembabannya cukup tinggi, maka cendawan ini bisa berkembang biak dengan sangat cepat. Maka dari itu serangan cendawan ini harus bisa dihindari agar tidak mengganggu pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

Gejala serangan penyakit antraknosa ditandai dengan adanya luka berair yang berubah menjadi bintik – bintik tak beraturan pada daun, dan pada buah juga terdapat bintik – bintik namun berbentuk bulat besar berwarna hitam dan cekung yang akhirnya menyebabkan buah menjadi membusuk.

Untuk mengendalikan penyakit yang disebabkan oleh infeksi cendawan Glomerella Iagenarium ini, cara yang bisa dilakukan diantaranya yaitu melakukan rotasi tanaman, menjaga kebersihan lahan tanam, mencabut dan memusnahkan tanaman yang terserang, serta melakukan aplikasi fungisida sesuai dengan dosis.

  1. Hawar Daun

Penyakit hawar daun disebabkan oleh infeksi cendawan Alternaria cucumerina. Cendawan ini mampu bertahan hidup pada gulma ataupun tanaman inang lainnya. Penyebaran penyakit ini bisa melalui angin, percikan air hujan, peralatan tanam, serta irigasi yang berlebihan.

Infeksi jamur Alternaria dimulai pada saat membasahnya daun selama 2 hingga 8 jam. Seiring bertambahnya waktu basahnya daun maka tingkat infeksi jamur ini akan semakin meningkat.

Beberapa gejala serangan penyakit hawar daun diantaranya yaitu muncul bercak – bercak kecil dan bundar pada daun tua, terdapat luka melingkar berbentuk cekung berwarna coklat pada buah dan kemudian buah menjadi tertutupi dengan lapisan tepung berwarna zaitun gelap sampai hitam.

Untuk mengatasi serangan penyakit hawar daun, caranya bisa dengan melakukan rotasi tanaman, menjaga kebersihan lahan tanam, mencabut dan memusnahkan tanaman yang terserang, serta melakukan aplikasi fungisida sesuai dengan dosis.

  • Pemanenan

Proses pemanenan labu kuning Kusuma F1 bisa dilakukan setelah 80 – 85 hst (hari setelah tanam). Potensi hasil panen yang bisa didapatkan dari budidaya tanaman ini yaitu bisa mencapai ± 40 – 45 ton per ha (3 – 4 kg per buah). Namun, sebelum melakukan proses panen pastikan terlebih dahulu buah labu sudah memiliki ciri – ciri buah yang siap untuk dipanen.

Beberapa ciri – ciri buah labu kuning yang sudah siap untuk dipanen yaitu :

  1. Memiliki warna coklat muda

Saat buah sudah mulai berwarna coklat muda, maka hal tersebut sudah merupakan indikator bahwa buah sudah siap untuk dipanen.

  1. Memiliki kulit keras

Tingkat kekerasan buah menjadi salah satu penentu siap panen atau tidak. Cek tingkat kekerasan pada buah. Jika masih lunak maka jangan dipanen terlebih dahulu karena akan lebih mudah busuk. Namun jika kulit buah cukup tebal dan bertekstur keras maka buah tersebut sudah siap untuk dipanen.

  1. Batang mengering

Secara perlahan – lahan, bagian sulur dan batang akan mengalami penyusutan dan akhirnya mengering. Jika sudah mengering, maka sulur dan batang akan sulit dilepaskan dari buahnya.

Untuk bisa melepaskan bagian buahnya dari batang dan sulur, gunakan gunting atau pisau yang tajam untuk memotongnya. Sisakan sedikit bagian batangnya agar buah tidak cepat membusuk.

Baca Juga : Jual Benih Sawi Putih Eikun Hibrida – Takii Seed

Belanja Online Dan Jual Labu Kuning Kusuma F1 Harga Murah

belanja, online, belanja online, pertanian, toko, toko pertanian, lmga, lmga agro, murah, harga murah

Belanja Online Dan Jual Labu Kuning Kusuma F1 Harga Murah bisa Anda beli di toko pertanian LMGA AGRO. LMGA AGRO jual dan menyediakan benih labu kuning Kusuma F1 kualitas tinggi dengan harga murah. Dijamin produk yang kami jual original dari pabrik.

Untuk mengirimkan pesanan produk sampai ke alamat tujuan, toko pertanian LMGA AGRO bekerja sama dengan berbagai perusahaan jasa pengiriman logistic di Indonesia. Perusahaan – perusahaan tersebut sudah banyak dikenal oleh masyarakat dan memiliki reputasi yang baik.

Perusahaan – perusahaan jasa pengiriman logistik yang bermitra dengan LMGA AGRO diantaranya seperti JNT, Tiki, KI8, JNE, Wahana, Indah Logistik, Pos Indonesia, dll. Semua pesanan yang kami kirimkan dijamin pasti akan sampai ke alamat tujuan.

Toko pertanian LMGA AGRO juga memberikan layanan konsultasi seputar masalah pertanian untuk pembaca semua. Jadi untuk Anda yang membaca artikel ini dan ingin beli produk yang LMGA AGRO jual atau sekedar ingin berkonsultasi masalah pertanian bisa langsung menghubungi LMGA AGRO melalui no. telepon 082141747141 (Khusus Layanan Telepon) atau 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS).

Demikian artikel berjudul Jual Labu Kuning Kusuma F1 Cap Panah Merah Murah ini saya tulis dan sampaikan kepada Anda. Semoga artikel ini mampu memberikan berbagai manfaat positif untuk Anda semua. Jika terdapat beberapa hal yang masih kurang jelas Anda bisa langsung menghubungi LMGA AGRO melalui no. telepon yang tertera diatas. Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *