Jual Benih Cabe Keriting OR Victoria Murah Terlengkap

terlengkap, berkualitas, jual, bibit, benih, cabai keriting, cabai, or victoria
  1. Pemasangan Ajir

Pemasangan ajir sangat diperlukan untuk tanaman cabe keriting, terutama jika sudah cukup tinggi.

Hal ini dikarenakan jika tanaman terkena angin yang cukup kencang akan mengakibatkan robohnya tanaman jika tidak dipasangi ajir sebelumnya. Karena itu pemasangan ajir menjadi sangat penting untuk dilakukan untuk menghindari hal tersebut.

Proses pemasangan ajir bisa dilakukan saat tanaman sudah berumur sekitar ± 1 bulan setelah tanam

  1. Perempelan

Untuk mempercepat proses pembuahan, proses ini sangat wajib untuk dilakukan. Proses perempelan ini dilakukan dengan tetap memlihara cabang berbentuk V pada tanaman dan memangkas semua cabang di bawahnya tanpa terkecuali

  • Pengendalian Hama dan Penyakit

Dalam budidaya cabe keriting seringkali terserang hama dan penyakit. Hama dan penyakit tersebut tentu sangat mengganggu petani cabe. Beberapa penyakit dan hama yang sering menyerang tanaman cabe keriting diantaranya yaitu :

  1. Lalat Buah

Lalat buah merupakan salah satu hama utama dalam budidaya cabe keriting. Buah yang masih mentah ataupun sudah matang apabila sudah terserang hama ini akan rusak dan rontok.

Gejala serangan hama ini bisa terlihat dari adanya titik hitam pada bagian pangkal buah yang muncul akibat aktivitas lalat buah dewasa yang memasukkan telurnya . Telur yang sudah berkembang akan menimbulkan kerusakan pada bagian buah, bisa terlihat dari adanya warna buah kuning pucat dan layu.

Serangan hama ini akan lebih banyak terjadi pada musim hujan. Pada musim hujan bekas serangan hama lalat buah pada buah cabai akan tercampur dengan air hujan sehingga buah menjadi lebih cepat busuk.

Untuk mengendalikan hama ini beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu seperti memusnahkan tanaman yang terserang, memasang perangkap dan juga melakukan penyemprotan insektisida sesuai dengan dosis pada kemasan.

Baca Juga : Budidaya Tanaman Sayur di Pekarangan Rumah

  1. Thrips

Hama thrips juga merupakan salah satu penyebab utama kegagalan panen cabe keriting. Gejala serangannya bisa terlihat dari adanya garis keperakan pada daun, pertumbuhannya kerdil serta terdapat bercak kuning. Serangan hama ini akan lebih menggila pada musim kemarau.

Jika hama ini dibiarkan saja maka akan membuat tanaman mati. Selain itu juga hama ini juga bisa menjadi pembawa virus sehingga membuat penyebarannya semakin meluas.

Untuk mengendalikan hama thrips bisa dengan cara menggunakan mulsa perak serta menjaga kebersihan lahan, melakukan penyemprotan pada sore hari menggunakan insektisida berbahan aktif fipronil, dan juga memanfaatkan predator alami hama ini seperti kumbang atau kepik

  1. Penyakit bulai

Penyakit ini juga sering diseburt juga sebagai penyakit virus kuning. Penyakit virus kuning pada cabe keriting disebabkan oleh Gemini virus. Gejala penyakit virus kuning bisa terlihat dari adanya daun maupun batang yang terlihat menguning.

Penyebaran ini pada umumnya dibawa oleh hama seperti kutu. Selain menyerang cabai penyakit ini juga sering menyerang tanaman lain seperti jagung, tomat, tebu, padi, dll.

Untuk mencegah penyakit ini berkembang bisa dengan mengintensifkan pemupukan. Sementara untuk mengendalikan penyakit bulai ini bisa menggunakan cara melakukan rotasi tanam dan penyemprotan insektisida berbahan aktif abamektin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *