Jual Benih Semangka Arsenal F1 Murah Terbaru Produk Bintang Asia

semangka arsenal f1, jual benih semangka, semangka non biji, toko pertanian online, lmga agro
Jual Benih Semangka Arsenal F1

Jual Benih Semangka Arsenal F1 Murah Terbaru Produk Bintang Asia. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih semangka Arsenal F1, semangka non biji dan bentuk buah bulat. Benih unggul produk Bintang Asia terbaru dan murah.

Toko pertanian LMGA Agro online shop jual benih semangka Arsenal F1 berpengalaman sebagai supplier produk pertanian dari perusahaan benih dan pestisida terkemuka. Kami menerima kerjasama untuk dropship dan reseller pertanian.

Toko pertanian LMGA Agro jual benih semangka Arsenal F1 menerima layanan konsultasi gratis pertanian. Kami siap membantu dan menjawab pertanyaan Anda seputar pertanian. Kami siap antar pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama mitra Kami jasa ekspedisi JNE, KI8, Pos Indonesia dan masih banyak lagi.

Jual benih semangka Arsenal F1, semangka non biji dengan rasa manis maksimal dan menyegarkan. Jual benih Semangka Arsenal F1 termasuk semangka jenis bulat dengan bobot buah 8 – 10 kg. Kemasan benih 20 gram.

Jual benih Semangka Arsenal F1 hibrida tahan penyakit. Terutama penyakit yang disebabkan cendawan dan bakteri. Penyakit tersebut menjadi hal yang paling ditakuti oleh petani. Perawatan baik dan benar dapat menekan jumlah serangan penyakit semangka.

Karakteristik Jual Benih Semangka Arsenal F1

Semangka Arsenal F1, benih terbaru dan unggul dari PT Benih Citra Asia ( BCA ) dengan merk dagang benih unggul Bintang Asia. Benih toleran virus dan kemasan 20 gram.

Semangka Arsenal F1 merupakan jenis semangka non biji dengan bentuk buah bulat. Kulit buah tebal dan berwarna hijau tua. Kulit lurik dan hijau gelap.

Semangka Arsenal F1 adalah semangka berdaging merah. Bobot buah 8 – 10 kg dan rasa manis. Umur panen 58 – 62 hari setelah pindah tanam. Potensi hasil cukup tinggi yaitu 35 – 45 ton/ha. Cocok ditanam di dataran rendah sampai menengah.

Semangka Arsenal F1 toleran virus, antara lain penyakit layu fusarium, layu bakteri, Downey Mildew. Serangan hama dan penyakit bisa menyebabkan berkurangnya potensi hasil suatu tanaman.

Langkap pertama untuk meminimalisir serangan adalah dengan menggunakan benih unggul hibrida toleran virus. Toko pertanian LMGA Agro online jual benih terbaru semangka Arsenal F1 dari Bintang Asia.

Semangka Arsenal F1 pertumbuhan tanaman kuat dan mudah perawatannya. Pembentukan menjadi buah, mudah jadi dan buah tumbuh seragam. Kebutuhan benih menanam semangka Arsenal F1 sekitar 230 – 250 gr/ha. Jarak tanam sebaiknya 50 x 250 cm.

Semangka Arsenal F1 ( nama latin semangka : Citrullus lanatus ) termasuk suku timun-timunan atau Cucurbitaceae.  Semangka merupakan tanaman merambat berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan.

Semangka masih satu kerabat dengan tanaman melon, labu-labuan dan mentimun. Semangka Arsenal, semangka tanpa biji dipanen buahnya untuk dimakan segar atau untuk dibuat jus. Biji semangka anda keringkan lalu disangrai dan isi ( kotiledon) – nya dimakan. Itulah namanya kuaci.

Sebagaimana keluarga Cucurbitaceae lainnya, semangka tumbuhan merambat namun tidak bisa tumbuh akar adventif ( akar tumbuh di permukaan tanah ) dan tidak bisa memanjat. Jauh rambatan semangka bisa sampai belasan meter.

Baca Juga : Tanaman semangka Inul Eksotik dan Mudah Budidayanya

Syarat Tumbuh Ideal Jual Benih Semangka Arsenal F1

semangka arsenal f1, jual benih semangka, semangka non biji, murah terbaru, toko pertanian online, lmga agro
Pengolahan Tanah Jual benih Semangka Arsenal F1

Secara umum, tanaman semangka tahan terhadap kekeringan juga di fase pembentukan buah. Menanam semangka harus memenuhi kriteria ideal semangka Arsenal F1. Lingkungan ideal adalah dengan curah hujan ± 40 – 50 mm setiap bulan.

Suhu lingkungan ideal adalah ± 25 °C siang hari. Semangka Arsenal F1 cocok ditanam di dataran rendah sampai menengah. Daerah kering disukai tanaman semangka ditambah daerah tersebut cenderung miskin uap air.

Lahan semangka yang baik adalah tidak ada naungan, merupakan lahan terbuka dan kena sinar matahari langsung. Bila tanaman semangka ternaungi maka perkembangan tanaman menjadi terganggu. Penerimaan sinar matahari terhambat sehingga waktu panen lebih lama.

Tanah ideal tanaman semangka adalah banyak mengandung unsur hara tinggi dan tanah bersifat gembur. Tanah memiliki pH kisaran 6 – 7.  Iklim hangat sekitar 20 – 30 °C disukai semangka. Lahan juga mendapatkan sinar matahari penuh dan minimal 7 jam/hari.

Kelembaban udara perlu diperhatikan dalam budidaya semangka Arsenal F1. Karena semangka justru menyukai dan tumbuh baik di lahan relatif kering dan minim uap air. Semangka juga akan tumbuh maksimal di lahan terbuka dan lapang. Sinar matahari langsung juga sangat disukai tanaman ini.

Kekurangan cahaya matahari dapat menghambat proses perkembangan tanaman dan masa panen menjadi lebih lama atau tertunda. Proses pengapuran menggunakan Dolomit, bila pH dibawah angka normal. Pengapuran dilakukan sampai pH tanah mencapai angka normal.

Manfaat Dari Buah Semangka Arsenal F1

Buah semangka Arsenal F1 disukai karena kesegarannya. Disamping itu buah juga memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan. Buah semangka banyak mengandung vitamin A, B dan C sebagai antioksidan tubuh.

Kandungan kalori semangka Arsenal F1 rendah sehingga cocok bagi yang sedang diet. Potassium dan lycopen semangka naik untuk kesehatan jantung juga untuk mencegah penyakit kanker.

Semangka Sebagai Penangkal Radikal Bebas

Kandungan Lycopene, vitamin A dan C serta Potassium dapat menjadi penangkal dari radikal bebas. Radikal bebas di udara berasal sinar UV matahari, polusi, asap kendaraan dan lain-lain. Radikal bebas menjadi penyebab penyakit kanker, penuaan dini, kulit cepat keriput dan efek langsung adalah timbul flek hitam di wajah.

Semangka Baik Untuk Kesehatan Ginjal

Vitamin kompleks dan kalium di buah semangka berperan penting untuk kesehatan ginjal. Kalium akan membersihkan zat-zat racun yang mengendap di ginjal. Konsumsi semangka secara rutin dapat memperlancar proses ekskresi tubuh.

Semangka juga dapat mengurangi kadar asam urat pemicu terjadinya batu ginjal. Pembuangan racun dan zat-zat sisa dalam tubuh semakin lancar sehingga tubuh terasa lebih segar, bugar dan awet muda.

Semangka Baik Untuk Kesehatan Tulang dan Jantung

semangka arsenal f1, jual benih semangka, semangka non biji, murah terbaru, toko pertanian online, lmga agro
Manfaat Buah Jual Benih semangka Arsenal F1

Lycopene dalam buah semangka membantu tubuh memelihara fungsi kerja tulang dan jantung. Semangka membantu melancarkan aliran darah dalam jantung bekerja dengan baik.

Konsumsi semangka dapat menurunkan terjadinya serangan jantung secara drastis. Kandungan gizi dalam semangka membantu sel-sel tubuh beregenerasi dengan baik begitu juga dengan tingkat oksidatif pembuluh darah berjalan baik.

Semangka juga mengandung Kalsium bermanfaat secara aktif dapat membentuk kepadatan tulang menjadi kokoh dan terhindar dari keluhan osteoporosis.

Berikut akibat bila konsumsi berlebihan dari buah semangka :

  • Lycopene berlebihan dalam tubuh menyebabkan gangguan perut seperti diare, perit kembung, mual dan muntah.
  • Potassium/kalium berlebihan menyebabkan gangguan kardiovaskular jantung, yaitu detak jantung tidak teratur, gangguan di sistim kerja otot dan sistim syaraf.
  • Dapat mempengaruhi kerja ginjal karena harus bekerja ekstra keras untuk mengeluarkan potassium berlebih.
  • Dapat memicu diabetes karena semangka mengandung glikemik tinggi ( 72% ).
  • Menurunkan tekanan darah dengan cepat menjadi rendah sehingga tubuh menjadi lemas, pusing, leher kram dan kesemutan.

Semangka mengandung vitamin A cukup tinggi dan manfaatnya baik untuk kulit kita. Vitamin A membuat kulit selalu segar dan rambut tidak kering. Vitamin A dan C mendorong pertumbuhan kolagen baik untuk rambut agar sehat dan sel elastin dalam tubuh sehat pula.

Peluang Usaha Jual Benih Semangka Arsenal F1

Semangka Arsenal F1 buah menyegarkan, apalagi semangka Arsenal F1 tidak berbiji sehingga semakin mudah kita menikmatinya. Apalagi bila ada potongan buah semangka di kulkas, pasti siapapun yang melihatnya tergoda untuk ingin menikmatinya.

Semangka memiliki kandungan air tinggi dan serat nutrisi. Buah dapat dimakan dalam bentuk segar dan asli buah, namun juga dapat dibuat jus. Keunggulan inilah menjadikan semangka selalu banyak dicari masyarakat. Terutama di musim kemarau dan panas.

Semangka merupakan tanaman merambat dari Afrika bagian selatan. Daging buah berair dan ada yang berwarna merah juga kuning. Peluang usaha menanam semangka mudah, karena tanaman cukup tahan kekeringan.

Meski memasuki fase pembentukan buah, di musim kemarau panas, semangka masih bisa tumbuh dengan baik. Hal ini karena habitat asli semangka adalah daerah gurun dan panas.

Peluang usaha budidaya semangka Arsenal F1 sangat menggiurkan. Karena semangka adalah salah satu buah-buahan yang sangat digemari segala lapisan masyarakat. Harga buah semangka juga terjangkau, juga mudah ditemui di pasar dan supermarket terdekat.

Hal ini menjadikan peluang usaha menanam semangka selalu memiliki prospek baik dari waktu ke waktu. Harga juga relatif stabil dan jangka waktu dari mulai persiapan tanam hingga panen relatif pendek. Sehingga petani semangka bisa cepat menikmati hasil penjualan panen semangka.

Waktu panen yang pendek dan mudah perawatannya. Menjadikan peluang usaha menanam semangka Arsenal F1 menjadi pilihan usaha pertanian dan bisnis menjanjikan. Banyak petani menjadikan semangka sebagai agrobisnis menguntungkan.

Baca Juga : Jual Semangka Non Biji Volcano F1 Terbaik Cap Kapal Terbang

Teknik Menanam Jual Benih Semangka Arsenal F1

Semangka Arsenal F1 adalah masih ada bijinya namun tekstur tidak keras dan tidak berwarna hitam selayaknya biji semangka. Biji jenis semangka ini berwarna putih dan lapisannya lunak. Atau bisa disebut biji belum mengeras.

Semangka non biji merupakan semangka hasil hibrida. Kromosom semangka triploid disterilkan lalu dipisahkan biji-bijinya yang berwarna hitam. Biji buah muda diberi alkaloid dari tumbuhan yang disebut colchicine.

Hasilnya, bunganya menghasilkan dua sel kromosom dan kemudian membentuk 3 sel kromosom saat diserbuki. Namun perlu diketahui bahwa hasil hibrida semangka tanpa biji tidak mampu memproduksi buah dalam jumlah banyak.

Benih semangka tanpa biji nanti harus dikawinkan silang secara manual. Di dekatnya petani harus menanam semangka varietas unggulan lain agar terjadi penyerbukan dengan baik.

Adanya semangka tanpa biji adalah inovasi untuk memudahkan saat mengkonsumsinya. Perbedaan semangka biji dan tanpa biji secara fisik dapat dilihat dari kulit buahnya. Semangka tanpa biji memiliki kulit dan corak hijau lebih gelap dari kulit semangka berbiji.

Budidaya semangka non biji terdapat perlakuan khusus saat persemaian, penyerbukan dan pemupukan. Kemungkinan gagal terjadi bila setiap proses dilakukan dengan cara tidak tepat.

Masa panen semangka non biji lebih lama 10 hari dari semangka berbiji. Cara budidaya semangka non biji memang terlihat susah. Namun bila kita lakukan sesuai tahap-tahapnya maka keuntungan menggiurkan akan tiba.

Karena pada umumnya budidaya semangka mudah dilakukan. Dan semangka non biji dikembangkan dari persilangan semangka diploid ( jantan ) dan semangka tetraploid ( betina ).

Semangka non biji ini memiliki bunga jantan dan betina lengkap namun karena benang sari ( jantan ) mandul sehingga tidak terbentuk biji. Bila masih ditemui ada biji di semangka non biji adalah bukan kesalahan saat pembenihan. Namun hal itu terjadi karena kelebihan pemberian pupuk.

Benih Terbaik Semangka Berbiji Buah Bulat

Menanam tanaman semangka non biji memang tampak rumit. Namun bila dilakukan sesuai tahapannya maka sebenarnya tidak lah susah. Karena pada dasarnya menanam semangka tidaklah susah.

Menanam semangka non biji disampingnya juga ditanam semangka berbiji sebagai bunga jantan. Dibawah ini Kami jabarkan benih terbaik semangka berbiji di Toko Pertanian LMGA Agro. Semangka berbiji hibrida ini adalah andalah petani sebagai pejantan semangka non biji.

  1. Semangka F1 Mega Flower produk Known You Seed Taiwan. Berat buah 12 kg dan waktu panen 65 HST. kulit buah tebal, daging tidak berongga dan tahan penyakit embun tepung.
  2. Semangka F1 TT Dragon  produk Known You Seed Taiwan. Bentuk buah bulat semi lonjong, berat 14 kg dan umur panen 65 HST. Kulit tebal, keras dan buah padat. Toleran embun tepung.
  3. Semangka F1 Factor produk Known You Seed Taiwan. Buah lonjong, warna kulit hijau tua dengan lariklarik hijau tua cenderung gelap. Bobot buah sekitar 7 – 10 kg/buah. Kadar gula 12 – 13%, daging merah dan panen cepat umur 60 – 65 HST.
  4. Semangka F1 Bangkok Flower produk Cap Kapal Terbang. Bentuk buah bulat, berdaging merah dan berat 8 kg. Umur panen 60 HST dan toleran penyakit kresek. Buah tebal dan keras.
  5. Semangka F1 Dragon Ball produk Tunas Seed. Buah bulat, berdaging merah dan berat 12 kg. Umur panen 65 HST dan toleran penyakit kresek. Kulit tebal dan daging buah padat.
  6. Semangka F1 Nina produk NUNGHEM. Berat buah 13 kg, bulat dan berdaging merah. Umur panen 65 HST dan tahan penyakit embun tepung. Daging buah padat, kulit tebal dan keras.
  7. Semangka F1 Grand Master produk Tunas Seed. Berta buah 11 kg, bulat dan berdaging merah. Umur panen 60 HST dan tahan penyakit kresek. Kulit tebal, keras dan buah padat.
  8. Semangka F1 Apollo produk Cap Kapal Terbang. Berat 8 kg, bulat dan berdaging merah. Umur panen 60 HST, kulit tebal, keras dan tahan penyakit kresek. Daging buah padat.

Baca Juga : Benih Semangka dan Melon Berkualitas yang Direkomdasikan

Cara Pengolahan Tanah Budidaya Semangka Arsenal F1

Cara pengolahan tanah budidaya semangka Arsenal F1 yaitu dengan dibajak atau dicangkul. Kondisi lahan untuk budidaya semangka Arsenal F1 adalah tanah gembur, sedikit berpasir dan kaya bahan organik.

Bila lahan bekas kebun maka harus dibersihkan dari gulma-gulma dan bebatuan. Sedangkan bila di area sawah maka tanah harus dikeringkan dan dibersihkan dari bekas penanaman sebelumnya.

Berikan pemupukan dasar saat pengolahan tanah. Pupuk menggunakan pupuk kandang atau kompos. Atau pupuk organik lainnya seperti bokashi. Tujuan pupuk dasar untuk menambah unsur hara tanah dan meningkatkan kesuburan tanah.

Bila tanah makin subur, unsur hara makin banyak tersedia untuk pertumbuhan tanaman. Kembali tanah dicangkul hingga gembur dan pupuk menyatu dengan tanah. Dan untuk meminimalisir serangan hama dan penyakit juga menekan pertumbuhan gulma. Maka dipasang mulsa plastik hitam perak.

Pada budidaya semangka, bedengan sangat diperlukan untuk memudahkan air keluar dari saluran drainase yang sudah dibuat. Panjang bedeng 12 – 15 meter. Tinggi 30 – 50 cm dan lebar parit 30 – 50 cm.

Jumlah bedengan tergantung jumlah baris tanaman sesuai kehendak petaninya. Bentuk bedeng baris tanaman ganda, bedengnya melintang pada areal penanaman. Lebar bedeng 7 – 8 meter tergantung dari tebal tipis dan tinggi bedengan.

Lubang tanam dibuat menggunakan alat pelubang mulsa. Alat tersedia di Toko Pertanian Online LMGA Agro. Kedalaman lubang 8 – 10 cm dan dengan jarak tanam yang disarankan untuk semangka Arsenal F1 adalah 50 x 250 cm.

Dalam budidaya semangka Arsenal F1, tidak harus dibuat model bedeng ganda, dapat juga bedeng tunggal. Bedeng ganda nantinya akan mudah melakukan perawatan terutama pemberian air. Bedeng ganda memudahkan pengairan dengan sistim leb. Untuk bedeng tunggal, penyiraman menggunakan sistim drip.

Bila pH tanah masih rendah, lakukan pengapuran menggunakan Dolomit. Kemudian diamkan selama 7 – 10 hari. Saat setelah pemberian pupuk dasar, lalu diamkan selama 10 – 15 hari. Lalu dipasangkan mulsa plastik hitam perak.

Persemaian Bibit Jual Benih Semangka Arsenal F1

Benih semangka Arsenal F1 direndam dalam air hangat dan sudah diberi hormon tumbuh, fungisida/bakterisida. Perendaman selama 30 menit. Setelah itu angkat benih dan tiriskan hingga kering.

Benih ditiriskan dan dibungkus dengan kain basah/koran. Biasanya benih akan berkecambah setelah 3 – 4 hari. Setelah berkecambah, benih disemaikan di polybag atau tempat semai lain. Bibit siap ditanam setelah 7 – 10 hari karena serbuk sari tanaman semangka non biji tidak dapat dibuahi.

Persemaian menggunakan wadah polybag atau membuat bedeng semai. Toko pertanian Online LMGA Agro jual tray semai untuk persemaian lenih mudah dan efisien. Umur bibit siap dipindah setelah berumur 4 minggu.

Perlu juga melakukan penanaman semangka berbiji sebanyak 10% dari jumlah total tanaman semangka tanpa biji. Semangka berbiji digunakan untuk menyediakan dan diambil serbuk sarinya. Dan lalu membuahi bakal buah dari semangka non biji arsenal F1. Penyerbukan terjadi secara manual.

Pemeliharaan persemaian yaitu penyiraman rutin untuk menjaga kelembaban. Bila perlu semprotkan pupuk daun dicampur fungisida untuk memacu pertumbuhan bibit. Penyemprotan dilakukan 3 hari sekali.

Pertumbuhan bibit muda akan baik bila diletakkan di bawah sinar matahari sampai pukul 09.00. Tujuannya agar pertumbuhan bisa optimal. Setelah tumbuh 2 – 3 helai daun atau berumur 14 hari, bibit dipindah ke lahan tetap.

Persiapan penanaman bibit dengan membuat lubang tanam sehari sebelum penanaman. Sebelum penanaman bibit, lubang tanam disiram air hingga basah. Bibit di polybag diambil dengan hati-hati. Usahakan perakaran tidak pecah/rusak.

Selanjutnya bibit ditanam di lubang yang masih basah lalu tutup dengan tanah sambil ditekan-tekan sampai ujung pangkal bibit.

Pemeliharaan Tanaman Semangka Arsenal F1

semangka arsenal F1, jual alat siram kocor, lengkap, murah, harga promo, alat-alat pertanian toko online, lmga agro
Alat Siram Kocor Jual Benih semangka Arsenal F1

Penyiraman secara rutin tiap pagi dan sore terutama di musim panas. Penyiraman menggunakan sistim farrow irrigation. Yaitu air dialirkan lewat saluran air antar bedengan. Frekuensi pemberian air di musim kemarau selama 4 – 6 hari dan volume air secukupnya.

Bila penyiraman menggunakan diesel air atau pompa air sumur, air dialirkan lewat slang plastik berdiameter besar. Tujuannya agar air cepat mengairi seluruh bedengan.

Penyiangan yaitu dengan membersihkan lahan dari gulma rumput pengganggu yang ikut menyerap unsur hara dalam tanah. Tiap tanaman kita pelihara 2 buah saja agar mendapatkan ukuran buah besar dan sehat. Caranya dengan mempertahankan 2 – 3 cabang tanpa memotong ranting sekunder.

Pemangkasan pada cabang ranting yang tidak berguna, ujung cabang sekunder dan disisakan 2 helai daun. Pemangkasan juga pada cabang sekunder di batang yang ada buahnya. Tujuannya agar nutrisi bisa fokus diarahkan ke pembentukan buah.

Pemangkasan dilakukan mulai tanaman berumur 7 – 10 hari setelah pindah tanam. Alat pemangkasan harus dalam keadaan steril. Sebelum dan sesudah pemangkasan, alat harus direndam dengan cairan fungisida dulu.

Pengaturan cabang utama dan cabang primer untuk tidak saling bertumpukan menutupi. Agar sinar matahari dapat mengenai seluruh tanaman dan daun-daunnya hingga ke bawah.

Pembumbunan dilakukan 2 minggu setelah pindah tanam. Tujuannya agar akar tanaman dapat menyerap unsur hara dengan maksimal.

Menyortir dan membuang tunas-tunas muda tidak berguna. Tunas muda ini dapat mempengaruhi pertumbuhan dan pembentukan buah.

Baca Juga : Alat Siram Kocor, Praktis

Pemupukan Susulan Semangka Arsenal F1

Pemupukan susulan dilakukan mulai tanaman memasuki umur 10 HST. Pemupukan menggunakan NPK dosis 5 gram/300 ml air setiap tanaman. Pemupukan dilakukan dengan cara dikocor.

Selanjutnya pemupukan susulan dilakukan 4 – 5 hari sekali dengan penambahan dosis secara berkala. Budidaya semangka Arsenal F1 juga bisa ditambahkan pupuk daun Topsil D. Di fase pembentukan buah dan pemasakan, diberikan Topsil B untuk memperbaiki kualitas buah.

Pupuk daun diberikan bersamaan insektisida dan fungisida. Penyemprotan diberikan secara rutin. Pupuk daun diberikan pada umur 7, 14, 21, 28 dan 35 HST. Pupuk fase generatif umur 45 dan 55 HST.

Pemberian pupuk susulan dapat dilakukan 3 kali selama masa tanam semangka Arsenal F1. Pemberian pertama saat 10 hari setelah pindah tanam. Pupuk kedua diberikan saat tanaman setinggi 1 meter dan pupuk ketiga atau terakhir saat sudah muncul buah sebesar telur ayam.

Dosis pupuk susulan lain adalah campuran pupuk daun dan pupuk kimia. Yaitu NPK Mutiara 10 – 20 g/liter, KNO3 15 gram/liter dan pupuk mikro 10 gram/liter.

Di sela-sela melakukan pemupukan susulan, budidaya semangka non biji perlu melakukan langkah penyerbukan secara manual. Yaitu dilakukan saat tanaman berumur 25 HST.

Caranya dengan mengambil serbuk sari dari bunga semangka berbiji lalu dioleskan ke putik semangka non biji. Penyerbukan dilakukan pada pagi hari. Dan maksimal umur dilakukan penyerbukan adalah sampai umur 35 HST. Penyerbukan dilakukan maksimal 3 bunga per cabang.

Baca Juga : Mengenal Pupuk Nitrogen

Seleksi Buah Semangka Arsenal F1

Seleksi buah biasa dilakukan pada budidaya semangka untuk mendapatkan buah dengan kualitas terbaik. Seleksi buah semangka Arsenal F1 dilakukan bila sudah dipastikan bahwa buah telah jadi. Ukuran buah juga sudah sebesar buah duku. Buah kurang bagus lebih baik dibuang.

Untuk setiap ranting sekunder dan batang utama disisakan satu buah saja. Tujuan seleksi buah bila kita menghendaki bentuk buah yang seragam dan besar-besar. Seleksi buah dilakukan tanaman memasuki umur 40 HST.

Agar kulit semangka Arsenal F1 tetap mulus maka di permukaan tanag perlu diberi alas. Yaitu saat memasuki proses pembesaran buah maka diantara buah dipasang alas serasah. Serasah terbuat dari jerami atau alang-alang.

Selain pemberian alas, buah juga harus dibok balik. Tujuannya agar seluruh permukaan kulit semangka kena sinar matahari. Sehingga tidak ada warna kuning di permukaan kulit semangka.

Usaha Pengendalian Hama dan Penyakit Semangka

Begitu juga dengan budidaya semangka Arsenal F1, tak lepas dan bebas serangan hama dan penyakit. Pemilihan benih hibrida dapat menekan angka serangan hama dan penyakit. Namun perawatan dan pencegahan tetap harus dilakukan. Diantaranya adalah melakukan :

    • Sanitasi lingkungan atau lahan. Sanitasi kebun secara rutin dapat menghindari dan mencegah serangan organisme pengganggu tanaman ( OPT ). Selalu menjaga kebersihan kebun dan tidak membiarkan gulma tumbuh subur. Gulma ini seringkali digunakan sebagai tanaman inang hama vektor pembawa virus.
    • Rotasi atau pergiliran tanaman dilakukan dengan tanaman bukan dari Famili Cucurbitaceae. Pengaturan waktu tanam dan jarak tanam agar tidak terlalu rapat. Sehingga suhu lingkungan tidak terlalu lembab dan penetrasi sinar matahari juga bisa maksimal.
    • Pemangkasan daun-daun mati atau sakit, mencabut tanaman yang mati lalu harus dibakar di tempat jauh dari lahan.
    • Memanfaatkan peran dari musuh alami dari setiap jenis hama.
    • Pengendalian secara teknis menggunakan perangkap kuning ( Yellow Trap ). Yellow trap dipakai untuk menangkap hama lalat buah.
    • Pencegahan terhadap pembusukan buah yaitu usaha pencegahan jangan sampai buah terluka atau tergores permukaan kulitnya. Maka dari itu pemetikan panen buah dilakukan siang hari dan cuaca cerah, tidak berawan.
    • Bedengan dipasang mulsa plastik hitam perak. Mulsa menjaga kelembaban dan tanaman lebih aman dari serangan virus.

Pengendalian hama dan penyakit semangka dengan cara penyemprotan dilakukan rutin setiap minggu. Penyemprotan menggunakan fungisida, insektisida dan pupuk daun. Bila serangan cukup parah, penyemprotan dilakukan 3 hari sekali.

Mengenal Hama Utama Semangka

  1. Thrips. Ukuran hama kecil ramping dan warna kuning pucat kehitaman. Mempunyai sungut badan beruas-ruas. Hama menular dan keluar di malam hari, menetap dan berkembang biak. Semprotkan insektisida sampai basah dan merata
  2. Ulat Perusak Daun. Berwarna hijau dengan garis hitam atau kuning. Hama memakan daun hingga tinggal lapisan lilinnya dan dari jauh tampak seperti berlubang.
  3. Tungau. Berukuran kecil, berwarna merah agak kekuningan atau kehijauan. Hama menghisap cairan tanaman dan sanggup membela diri dengan cara menggigit dan menyengat. Serangannya tampak jaring-jaring sarang binatang di bawah pemukaan daun. Warna daunakan pucat.
  4. Ulat Tanah. Hama berwarna hitam, berbintik atau bergaris, panjang tubuh 2 – 5 cm. Hama aktif merusak dan bergerak di malam hari. Merusak daun terutama tunas muda dan ulat dewasa merusak pangkal tanaman.  Dikendalikan dengan cara penanaman serempak di daerah berdekatan untuk memutus siklus hidupnya. Juga dengan memberantas sarang ngengat disekitarnya.
  5. Kutu Putih dan Lalat Buah. Hama bersayap transparan berwarna kuning, bercak-bercak dan mempunyai belalai. Serangan tampak bekas luka di kulit buah, daging buah beraroma masam dan tampak memar. Dikendalikan dengan melakukan kebersihan lingkungan.

Baca Juga : Pestisida, Salah Satu Solusi Hama Budidaya Tanaman

Mengenal Penyakit Utama Semangka

  1. Layu Fusarium. Disebabkan karena lingkungan terlalu lembab sehingga mudah tumbuh jamur. Tanaman tadinya lebat dan subur tiba-tiba layu dan kemudian mati. Pencegahan dengan melakukan pergiliran tanaman. Benih sebelum ditanam, direndam dicampur fungisida.
  2. Bercak Daun. Penyebabnya adalah spora bibit penyakit dari tanaman sakit yang terbawa angin. Gejalanya terdapat bercak kuning di permukaan daun. Bercak kemudian menjadi coklat, daun mengering lalu mati.
  3. Antraknosa. Penyebabnya serangan jamur. Daun tampak bercak-bercak coklat, lalu berubah kemerahan dan daun menjadi mati. Bila menyerang buah, tampak bulatan berwarna merah dan makin lama akan meluas.
  4. Busuk Semai. Menyerang pada benih di persemaian. Batang bibit menjadi coklat, merambat lalu tanaman rebah dan mati.
  5. Busuk Buah. Disebabkan oleh jamur/bakteri patogen yang meninfeksi buah menjelang matang. Dan semakin aktif setelah buah dipetik. Pencegahan, cegahlah agar tidak ada kulit buah yang rusak. Baik selama penyimpanan maupun pengangkutan. Pemetikan dilakukan siang hari saat cuaca cerah dan tidak berawan.
  6. Karat Daun. Disebabkan oleh serangan virus yang dibawa oleh hama vektornya. Virus lalu berkembang di daun tanaman. Gejalanya daun melepuh, belang-belang dan daun berubah bentuk. Tanaman menjadi kerdil dan timbul rekahan membujur pada batang. Karena tidak ada obatnya, maka pengendalian dengan mencabut tanaman yang terkena.

Pemanenan Jual Benih Semangka Arsenal F1

Semangka Arsenal F1 dipanen pada umur 58 – 62 HST. Potensi hasil sebanyak 35 – 45 ton/ha. Buah manis dengan bobot buah 8 – 10 kg. Buah bulat, kuli tebal dan berdaging merah tanpa biji.

Ciri-ciri buah semangka matang yaitu kulit buah memudar dan sulur pada pangkal tangkai buah mengering. Cara panen dengan memotong tangkai buah denan pisau atau gunting tajam.

Pemanenan semangka dilakukan saat cuaca cerah karena untuk mendapatkan buah dengan permukaan kering. Sehingga bila buah dipanen demikian, buah dapat bertahan lamadan tidak cepat busuk.

Demikian artikel Kami tentang : Jual Benih Semangka Arsenal F1 Murah Terbaru Produk Bintang Asia. Hubungi Kami di nomer 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan segala kebutuhan pertanian mulai dari benih hibrida, pupuk, pestisida dan alat pertanian.

Semoga informasi tentang benih semangka Arsenal F1 dan cara budidayanya dapat menambah wawasan Anda. Benih semangka Arsenal F1 murah dan terbaru produk Bintang asia. Benih toleran virus.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk mencoba budidaya semangka Arsenal F1. Kami juga menerima layanan konsultasi gratis tentang budidaya tanaman lainnya. Membantu menjawab permasalahan Anda dalam berkebun dan bercocok tanam.

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Kami bekerja sama dengan jasa pengiriman barang JNE, KI8, Pos Indonesia dan masih banyak lagi. Selamat mencoba dan salam sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *