Jual Benih Semangka Arsenal F1 Murah Terbaru Produk Bintang Asia

Mengenal Hama Utama Semangka

  1. Thrips. Ukuran hama kecil ramping dan warna kuning pucat kehitaman. Mempunyai sungut badan beruas-ruas. Hama menular dan keluar di malam hari, menetap dan berkembang biak. Semprotkan insektisida sampai basah dan merata
  2. Ulat Perusak Daun. Berwarna hijau dengan garis hitam atau kuning. Hama memakan daun hingga tinggal lapisan lilinnya dan dari jauh tampak seperti berlubang.
  3. Tungau. Berukuran kecil, berwarna merah agak kekuningan atau kehijauan. Hama menghisap cairan tanaman dan sanggup membela diri dengan cara menggigit dan menyengat. Serangannya tampak jaring-jaring sarang binatang di bawah pemukaan daun. Warna daunakan pucat.
  4. Ulat Tanah. Hama berwarna hitam, berbintik atau bergaris, panjang tubuh 2 – 5 cm. Hama aktif merusak dan bergerak di malam hari. Merusak daun terutama tunas muda dan ulat dewasa merusak pangkal tanaman.  Dikendalikan dengan cara penanaman serempak di daerah berdekatan untuk memutus siklus hidupnya. Juga dengan memberantas sarang ngengat disekitarnya.
  5. Kutu Putih dan Lalat Buah. Hama bersayap transparan berwarna kuning, bercak-bercak dan mempunyai belalai. Serangan tampak bekas luka di kulit buah, daging buah beraroma masam dan tampak memar. Dikendalikan dengan melakukan kebersihan lingkungan.

Baca Juga : Pestisida, Salah Satu Solusi Hama Budidaya Tanaman

Mengenal Penyakit Utama Semangka

  1. Layu Fusarium. Disebabkan karena lingkungan terlalu lembab sehingga mudah tumbuh jamur. Tanaman tadinya lebat dan subur tiba-tiba layu dan kemudian mati. Pencegahan dengan melakukan pergiliran tanaman. Benih sebelum ditanam, direndam dicampur fungisida.
  2. Bercak Daun. Penyebabnya adalah spora bibit penyakit dari tanaman sakit yang terbawa angin. Gejalanya terdapat bercak kuning di permukaan daun. Bercak kemudian menjadi coklat, daun mengering lalu mati.
  3. Antraknosa. Penyebabnya serangan jamur. Daun tampak bercak-bercak coklat, lalu berubah kemerahan dan daun menjadi mati. Bila menyerang buah, tampak bulatan berwarna merah dan makin lama akan meluas.
  4. Busuk Semai. Menyerang pada benih di persemaian. Batang bibit menjadi coklat, merambat lalu tanaman rebah dan mati.
  5. Busuk Buah. Disebabkan oleh jamur/bakteri patogen yang meninfeksi buah menjelang matang. Dan semakin aktif setelah buah dipetik. Pencegahan, cegahlah agar tidak ada kulit buah yang rusak. Baik selama penyimpanan maupun pengangkutan. Pemetikan dilakukan siang hari saat cuaca cerah dan tidak berawan.
  6. Karat Daun. Disebabkan oleh serangan virus yang dibawa oleh hama vektornya. Virus lalu berkembang di daun tanaman. Gejalanya daun melepuh, belang-belang dan daun berubah bentuk. Tanaman menjadi kerdil dan timbul rekahan membujur pada batang. Karena tidak ada obatnya, maka pengendalian dengan mencabut tanaman yang terkena.

Pemanenan Jual Benih Semangka Arsenal F1

Semangka Arsenal F1 dipanen pada umur 58 – 62 HST. Potensi hasil sebanyak 35 – 45 ton/ha. Buah manis dengan bobot buah 8 – 10 kg. Buah bulat, kuli tebal dan berdaging merah tanpa biji.

Ciri-ciri buah semangka matang yaitu kulit buah memudar dan sulur pada pangkal tangkai buah mengering. Cara panen dengan memotong tangkai buah denan pisau atau gunting tajam.

Pemanenan semangka dilakukan saat cuaca cerah karena untuk mendapatkan buah dengan permukaan kering. Sehingga bila buah dipanen demikian, buah dapat bertahan lamadan tidak cepat busuk.

Demikian artikel Kami tentang : Jual Benih Semangka Arsenal F1 Murah Terbaru Produk Bintang Asia. Hubungi Kami di nomer 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan segala kebutuhan pertanian mulai dari benih hibrida, pupuk, pestisida dan alat pertanian.

Semoga informasi tentang benih semangka Arsenal F1 dan cara budidayanya dapat menambah wawasan Anda. Benih semangka Arsenal F1 murah dan terbaru produk Bintang asia. Benih toleran virus.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk mencoba budidaya semangka Arsenal F1. Kami juga menerima layanan konsultasi gratis tentang budidaya tanaman lainnya. Membantu menjawab permasalahan Anda dalam berkebun dan bercocok tanam.

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Kami bekerja sama dengan jasa pengiriman barang JNE, KI8, Pos Indonesia dan masih banyak lagi. Selamat mencoba dan salam sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *