Profesi Petani dan Tantangan Sektor Pertanian di Masa Mendatang

profesi, petani, tantangan, sektor, bertani, bercocok tanam

Contoh Profesi Petani Dan Masalah Yang Dihadapi

Banyak sekali profesi petani di Indonesia. Mulai dari petani sayur dan buah. Beberapa yang paling banyak ditemui yaitu :

  • Petani Padi

Padi adalah sumber makanan utama masyarakat Indonesia. Petani padi merupakan profesi yang banyak terdapat di Indonesia mengingat besarnya produksi padi di Negara ini. Walaupun merupakan tanaman yang banyak dibudidayakan namun kendala dalam budidayanya tetap akan selalu ada.

Beberapa kendala yang dihadapi dalam budidaya padi seperti gagal panen, rendahnya produksi padi, serta serangan hama dan penyakit. Serangan hama dan penyakit tersebut contohnya seperti serangan hama keong mas, tikus, burung pipit, penyakit bercak daun, busuk batang, fusarium, dll.

Untuk mengatasi hal tersebut tentunya harus diimbangi dengan penggunaan pestisida yang tepat dan akurat penggunaannya.

  • Petani Jagung

Jagung adalah salah satu makanan pokok di Indonesia. Maka tidak mengherankan jika banyak petani yang membudidayakan tanaman jagung. Selain merupakan salah satu makanan pokok, pertimbangan lain untuk menanamnya adalah sangat mudah untuk ditanam.

Tanaman jagung bisa tumbuh di berbagai macam tanah. Namun untuk mampu menumbuhkannya dengan baik jagung membutuhkan tingkat kadar air tidak terlalu banyak ditambah dengan sinar matahari yang cukup.

Kandungan nutrisi utama di dalam jagung adalah karbohidrat. Dan jagung ini sudah menjadi sumber pangan pokok di berbagai Negara, seperti Amerika Serikat, Negara – Negara di Amerika Tengah dan juga Amerika Selatan.

Beberapa kendala dalam melakukan budidaya jagung diantaranya yaitu menurunnya tingkat produksi akibat serangan hama dan penyakit. Hama dan penyakit tanaman jagung yaitu ulat tanah, ulat grayak, penyakit busuk tongkol, bulai, kutu daun, dll. Untuk mengatasi hal tersebut bisa menggunakan pestisida dengan pemberian dosis yang sesuai.

  • Petani Kedelai

Kedelai merupakan salah satu tanaman palawija yang banyak dibudidayakan. Produk olahan dapat kita temui dalam kehidupan sehari – hari, seperti tahu, tempe, kecap dan susu kedelai. Perannya tersebut menjadikan kedelai merupakan salah satu komponen penting sebagai komoditi bahan pangan Nasional.

Budidaya kedelai oleh petani kedelai bisa ditemui di banyak daerah, seperti Jogjakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Aceh, Sulawesi Selatan, dll. Tak mengherankan jika komoditi kedelai memiliki nilai jual cukup baik di pasaran.

Namun meskipun begitu produksi kedelai dalam negeri masih belum bisa mencukupi kebutuhan dalam negeri sehingga membuat Pemerintah mengimpor kedelai dari Negara lain.

Karena itu sudah menjadi tugas petani kedelai dan Pemerintah serta instansi terkait untuk meningkatkan tingkat produksi kedelai agar mampu mencukupi kebutuhan dalam negeri.

Tentu dalam proses budidayanya petani kedelai akan menemui kendala. Contohnya seperti harga bibit yang mahal, biaya pemeliharaan yang tidak sedikit serta ditambah dengan rentannya kedelai terhadap serangan hama dan penyakit.

Untuk mengatasi hal tersebut, banyak persiapan yang perlu dilakukan. Seperti menyiapkan benih kedelai yang baik, mesin perontok kedelai serta pemupukan teratur. Sehingga nantinya kedelai akan tumbuh sempurna dan hasilnya berkualitas bagus.

Dari beberapa contoh di atas, bisa diperoleh kesimpulan bahwa petani memerlukan berbagai sarana dan prasarana pendukung agar mampu mengoptimalkan hasilnya.

Baca Juga : Jual Benih Cabe Merah Keriting Phoenix 55 F1 Hibrida

Belanja Online Kebutuhan Bertani Murah Lengkap di LMGA AGRO

belanja, online, kebutuhan, murah, harga, harga murah

Belanja Online Kebutuhan Bertani murah dan lengkap di LMGA AGRO. LMGA AGRO jual berbagai macam sarana dan prasarana pertanian seperti benih tanaman, zpt, pestisida, pupuk, alat pertanian, spare part alat pertanian, dll.

LMGA AGRO bekerja salam dengan jasa pengiriman logistik berkualitas dan terpercaya di Indonesia untuk mengantar pesanan Anda seperti JNE, JNT, Tiki, Pos Indonesia, Wahana, Indah Logistik, KI8, dll. Kami memberi jaminan semua pesanan pasti akan sampai ke alamat tujuan.

LMGA AGRO juga melayani layanan konsultasi pertanian untuk Anda. Jadi untuk Anda yang ingin membeli produk atau bekonsultasi dengan kami bisa langsung menghubungi LMGA AGRO melalui CP. 082141747141 (Khusus Layanan Telepon) atau melalui 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS).

Sekian artikel tentang Profesi Petani dan Tantangan Sektor Pertanian di Masa Mendatang ini saya tulis dan sampaikan kepada Anda. Semoga pembaca semua bisa mengambil manfaat dari artikel ini. Apabila masih ada hal – hal yang kurang jelas Anda bisa langsung saja menghubungi kami melalui no. telepon diatas. Salam sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *